Kumpulan Ayat ALKITAB Penghiburan Untuk Menguatkan Orang yang Berduka

Kumpulan Ayat ALKITAB Penghiburan Untuk Menguatkan Orang yang Berduka
Kumpulan Ayat ALKITAB Penghiburan Untuk Menguatkan Orang yang Berduka
Kumpulan Ayat ALKITAB Penghiburan untuk Keluarga yang sedang berduka. Penguatan timbal balik dalam DOA untuk saudara kami yang sedang berduka adalah tugas kami. Bukan hanya dengan kata-kata tetapi kita bisa datang ke rumah yang berduka untuk melakukan ibadah. Mastimon.com sebelumnya sudah berbagi Contoh Doa Doa Kristiani untuk Keluarga yang Berduka. Dalam artikel ini saya mencoba untuk berbagi teman-teman saya tentang ayat-ayat Alkitab yang cocok untuk menghibur dan memberi semangat.

Ayat Alkitab Penghiburan ini selain dapat kita sampaikan melalui SMS, BBM Chat dan teman-teman Chat WA juga dapat berbagi ke media sosial seperti Facebook dan Instagram. Hal ini terbukti dari ayat konsolasi alkitabiah ini bahwa saudara kita yang bersedih dapat diperkuat dan berdampak positif. Setiap Firman Tuhan yang kita dengar dan baca dapat membawa perubahan dan ketenangan.
Kumpulan Ayat ALKITAB Penghiburan Untuk Menguatkan Orang yang Berduka

Kumpulan Alkitab penghiburan ini tidak terbatas pada satu Injil saja tetapi kita dapat membaca di tempat-tempat seperti Yohanes, Pengkhotbah, Filipi dan banyak lagi. Jika teman-teman rajin membaca Alkitab tentunya ayat ayat ini tidak asing. Firman Penghiburan dalam Alkitab Alkitab ini juga dapat membuat teman-teman dalam kartu Ucapan untuk membuatnya lebih menarik.

Untuk membuat Kartu Ucapan, teman dapat menggunakan aplikasi Corel Draw dan Photoshop. Untuk Backround Anda dapat mencari di Google tetapi gambar disesuaikan dengan kata-kata dari Alkitab di bawah ini. Jika Anda sudah mendapatkan latar belakang atau gambar, silahkan Sahabat mengambil ayat-ayat Alkitab di bawah ini untuk digabungkan.

Kumpulan Ayat ALKITAB Penghiburan untuk Keluarga yang sedang berduka


1. Matius 5:4

“Berbahagialah mereka yang berdukacita, karena mereka akan dihibur”. Ayat dari Injil Matius ini tentunya sudah seringkali diperdengarkan baik itu dalam kotbah ataupun renungan – renungan harian. Bagi kita yang masih merasakan kedukaan tentunya ayat ini bisa menjadi sumber penguatan karena akan selalu ada pelangi yang muncul sehabis hujan.

2. Mazmur 34:5

“Aku mencari Tuhan, lalu Ia menjawab aku, dan melapaskan aku dari segala kegentaranku”. Ketika kita merasakan perasaan baik itu senang ataupun sedih memang sebaiknya kita pergi untuk mencari Tuhan. Tuhan sendiri sebenarnya sudah mengetahui apa yang kita rasakan dan butuhkan. Dan dengan berjalan kepadaNya, maka ia akan membantu kita untuk terbebas dari segala perasaan yang tidak menyenangkan dengan damai yang Tuhan Yesus berikan sendiri.

3. Mazmur 147:3

“Ia menyembuhkan orang – orang yang patah hati dan membalut luka – luka mereka”. Hati kita mungkin akan terluka dengan cukup parah ketika kita ditinggalkan oleh seseorang yang dekat dan kita cintai, tetapi Tuhan sendiri lebih besar kuasaNya dibandingkan luka yang kita miliki. Dan Dia sanggup untuk menyembuhkannya.

4. Filipi 4:13

“Segala perkara dapat kutanggung didalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku”. Kuasa Tuhan adalah kuasa terbesar dan tidak ada kuasa lain yang mempu menandingi kuasaNya. Selama kita mau melibatkan Tuhan dalam segala perkara maka Ia akan mau membantu dan ikut campur dalam segala perkara kita.

5. Ulangan 31:6

“Kuatkanlah dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab Tuhan, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau”. Ini adalah ayat alkitab untuk menguatkan orang berduka selanjutnya yang sebaiknya tidak kita lupakan. Karena,  seiring adanya masalah kita cenderung melupakan Tuhan.

6. Mazmur 73:23

“Tetapi aku tetap didekatMu; Engkau memegang tangan kananku”. Tuhan itu tidak jauh, Ia dekat dan selalu menyertai kita umat kesayanganNya. Selama kita mau Tuhan untuk bersama – sama dengan kita, maka Dia akan selalu bersama – sama dengan kita.

7. Mazmur 116:15

“Berharga di mata Tuhan kematian semua orang yang dikasihinNya”. Manusia adalah makhluk ciptaan Allah yang paling sempurna dan berharga karena manusia diciptakan seturut gambar dan citra Allah. Maka, semua kematian orang beriman akan selalu berharga dan diterima oleh Tuhan.

8. Matius 11:28

Sponsors Link


“Marilah kepadaKu, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu”. Berada pada masa yang masih berduka tentunya akan sangat mempengaruhi emosi seseorang dengan cukup dahsyat sehingga karena kedukaannya, seseorang bisa merasa sangat lemah dan rapuh.

9. Amsal 18:10

Nama Tuhan adalah menara yang kuat, ke sanalah orang benar berlari dan ia menjadi selamat”. Salah satu karakter kristen sejati adalah ketika kita sedang menghadapi apapun, kita akan berlari menuju Tuhan dan meminta perlindungannya. Dan apabila hati ini masih mengalami kedukaan, maka sebaiknya juga kita berlari kepada Tuhan dan memintaNya untuk secara perlahan membantu memperbaiki kondisi hati kita.

10. Matius 28:20

“dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kami senantiasa sampai kepada akhir zaman”. Terkadang, ketika kita sedang berduka atau merasa sedih yang teramat dalam, kita akan merasa bahwa Tuhan meninggalkan kita. Tetapi, pada kenyataanNya, Dia tetap menyertai kita dan hal ini dibuktikan oleh adanya ayat Alkitab untuk menguatkan orang berduka ini.

11. 2 Korintus 5:1

ads
“Karena kami tahu, bahwa jika kemah tempat kediaman kita di bumi ini dibongkar, Allah telah menyediakan suatu tempat kediaman yang kekal, yang tidak dibuat oleh tangan manusia”. Kita bisa saja berduka untuk seseorang yang telah pergi dan meninggalkan kita, tetapi kita harus ingat bahwa kehidupan abadi yang akan ia dapatkan nantinya akan jauh lebih indah.

12. Wahyu 21:4

“Dan Ia akan menghapus segala air mata dari mata mereka, dan maut tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu”. Arti bersyukur dalam Alkitab adalah ketika kita bisa mengucap syukur dalam keadaan apapun. Segala sesuatu yang terjadi adalah atas kehendak Bapa dan tidak akan terlepas dari campur tanganNya.

13. Yesaya 40:31

“tetapi orang – orang yang menanti-nantikan Tuhan mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah”. Tuhan memanggil mereka karena mereka sangat berharga dimata Tuhan, dan Tuhan tidak ingin mereka mengalami penderitaan yang dapat membuat keadaan hati bersih mereka menjadi kotor karena dosa.

14. Mazmur 62:2-3

“Hanya dekat Allah saja aku tenang, dari padaNyalah keselamatanku. Hanya dia gunung batuku dan keselamatanku, kota bentengku, aku tidak akan goyah”.

15. 1 Tesalonika 4:14

“Karena jikalau kita percaya, bahwa Yesus telah mati dan telah bangkit, maka kita percaya juga bahwa mereka yang telah meninggal dalam Yesus akan dikumpulkan Allah bersama – sama dengan Dia”.

16. Yesaya 51:11

“Maka orang-orang yang dibebaskan TUHAN akan pulang dan masuk ke Sion dengan sorak-sorai, sedang sukacita abadi meliputi mereka; kegirangan dan sukacita akan memenuhi mereka, duka dan keluh akan menjauh.”

17. Yesaya 41:13

“Sebab Aku ini, Tuhan, Allahmu, memegang tangan kananmu dan berkata kepadamu: Janganlah takut, Akulah yang menolong engkau”.

18. Kisah Para Rasul 24:15

“Aku menaruh pengharapan kepada Allah, sama seperti mereka juga, bahwa akan ada kebangkitan semua orang mati, baik orang – orang yang benar maupun orang – orang yang tidak benar”.

19. 2 Tesalonika 2: 16 

“Dan Ia, Tuhan kita Yesus Kristus, dan Allah, Bapa kita, yang dalam kasih karuniaNya telah mengasihi kita dan yang telah menganugerahkan penghiburan abadi dan pengharapan baik kepada kita”.

20. Yohanes 11: 25-26

“Jawab Yesus: Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepadaKu, ia akan hidup walaupun ia sudah mati, dan setiap orang yang hidup dan percaya kepadaKu, tidak akan mati selama – lamanya. Percayakah engkau akan hal ini?”. Ayat alkitab untuk menguatkan orang berduka ini adalah salah satu dari sekian banyak janji – janji Tuhan Yesus bagi orang percaya.

21. Yohanes 14: 1-3

“Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepadaKu. Di rumah BapaKu banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempatKu, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada”. Hal ini memang benar adanya karena itulah makna kebangkitan Yesus.

Sponsors Link


22. Roma 14: 7-9

“Sebab tidak ada seorangpun di antara kita yang hidup untuk dirinya sendiri, dan tidak ada seorangpun yang mati untuk dirinya sendiri. Sebab jika kita hidup, kita hidup untuk Tuhan, dan jika kita mati, kita mati untuk Tuhan. Jadi, baik hidup atau mati, kita adalah milik Tuhan. Sebab itulah Kristus telah mati dan hidup kembali, supaya Ia menjadi Tuhan, baik atas orang – orang mati, maupun atas orang – orang hidup”.

23. Ibrani 13:14

“Sebab di sini kita tidak mempunyai tempat tinggal yang tetap; kita mencari kota yang akan datang”.

24. 1 Petrus 5: 7

“Serahkanlah segala kekuatiranmu kepadaNya, sebab Ia yang memelihara kamu”.

25. 1 Petrus 5: 10

“Dan Allah, sumber segala kasih karunia, yang telah memanggil kamu dalam Kristus kepada kemuliaanNya yang kekal, akan melengkapi, meneguhkan, menguatkan, dan mengkokohkan kamu, sesudah kamu menderita seketika lamanya”. Berada dalam masa berduka juga memerlukan kesabaran yang cukup besar untuk menghadapinya. Anda juga akan memerlukan beberapa ayat Alkitab tentang kesabaran untuk menghadapi itu. Ingatlah bahwa semuanya akan indah pada waktuNya.

Jika kumpulan Ayat Alkitab Penghiburan di atas sangat membantu, teman dapat membagikannya ke Facebook atau menyimpannya di borkmark untuk dilihat jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Anda juga dapat mengambil ayat-ayat di atas dengan bebas tanpa izin untuk dibagikan. Semoga dengan ayat Alkitab ini penghiburan ini dapat memperkuat kita dan keluarga yang berduka, Amin.