Contoh Doa Syafaat Kristen Singkat

Syafaat berarti berdoa untuk orang lain. Peran mediasi dalam doa sangat umum dalam Perjanjian Lama, dalam kasus-kasus Abraham, Musa, Daud, Samuel, Hizkia, Elia, Yeremia, Yehezkiel dan Daniel.Kristus digambarkan dalam Perjanjian Baru sebagai pendoa utama utama, dan karena itu, semua doa Kristen menjadi syafaat ketika mereka bangkit kepada Allah melalui dan melalui Kristus. Yesus menutup celah antara kita dan Allah ketika Dia mati di kayu salib.Karena syafaat Yesus, kita sekarang dapat bersyafaat atas nama orang Kristen lain atau bagi yang terhilang, meminta Tuhan untuk mengabulkan permohonan mereka sesuai dengan kehendak mereka. "Karena Allah adalah satu dan sama yang menjadi perantara antara Allah dan manusia, Yesus Kristus, manusia" (1 Timotius 2: 5).

“Kristus Yesus, yang sudah mati, bahkan lebih lagi, mereka yang telah dibangkitkan, yang juga duduk di sebelah kanan Allah, yang telah menjadi pembela kita?” (Roma 8:34).

Di Daniel 9 Anda dapat menemukan contoh-contoh doa syafaat yang indah. Bagian ini memiliki semua elemen dari doa syafaat yang benar. Doa ini adalah tanggapan terhadap Firman Tuhan (ayat 2), diwarnai dengan ketulusan (ayat 3) dan penyangkalan diri (ayat 4); mengidentifikasi tanpa pamrih dengan umat Allah (ayat 5), dikonfirmasi oleh pengakuan (ayat 5-15); itu tergantung pada karakter Tuhan (ayat 4, 7, 9, 15); dan tujuannya untuk kemuliaan Allah (ayat 16-19).

Seperti Daniel, orang Kristen harus datang kepada Tuhan atas nama orang lain dengan hati yang hancur dan penyesalan, mengakui harga diri dan penyangkalan diri.

Daniel tidak mengatakan, "Saya berhak menuntut ini dari Anda, Tuhan, karena saya adalah salah satu pendoa syafaat istimewa Anda." Dia berkata: "Saya seorang pendosa," dan sebagai hasilnya, "Saya tidak berhak mengklaim apa yang saya inginkan."

Doa syafaat yang benar tidak hanya mencari kehendak Allah dan pemenuhannya, tetapi juga untuk itu dipenuhi apakah itu menguntungkan kita atau tidak, berapa pun harganya bagi kita.

Doa syafaat yang benar mencari kemuliaan Tuhan, bukan diri sendiri.

Inilah daftar sebagian orang yang harus kita doakan: semua yang berkuasa (1 Timotius 2: 2), hamba-hamba Tuhan (Filipi 1:19); Gereja (Mazmur 122: 6); teman-teman (Ayub 42: 8); kompatriot (Roma 10: 1); orang sakit (Yakobus 5:14); musuh (Yeremia 29: 7); mereka yang menganiaya kita (Matius 5:44); mereka yang membuang kita (2 Timotius 4:16); dan semua (1 Timotius 2: 1).

Ada konsep salah dalam Kekristenan saat ini bahwa mereka yang berdoa untuk syafaat adalah kelompok khusus "orang-orang Kristen super", yang dipanggil oleh Allah untuk suatu pelayanan istimewa syafaat.

Alkitab dengan jelas menyatakan bahwa semua orang Kristen dipanggil untuk menjadi pendoa syafaat. Semua orang Kristen memiliki Roh Kudus di dalam hati mereka dan ketika Dia bersyafaat bagi kita sesuai dengan kehendak Tuhan (Roma 8: 26-27), kita harus bersyafaat satu sama lain. Ini bukan hak yang terbatas pada kelas-kelas tertentu dalam agama Kristen; Ini adalah pesanan untuk semua orang.

Sebenarnya, tidak menjadi perantara bagi orang lain adalah dosa. "Seperti aku, menjauhlah dari dosa melawan Tuhan dengan tidak berdoa untukmu" (1 Samuel 12:23)

Jelas bahwa ketika Petrus dan Paulus meminta orang lain untuk menjadi perantara bagi mereka, mereka tidak membatasi permintaan mereka kepada mereka yang memiliki panggilan khusus untuk bersyafaat. "Karena itu, Petrus ditahan di penjara, tetapi gereja berdoa dengan tekun untuk Tuhan" (Kis. 12: 5).

Perlu diingat bahwa gereja secara keseluruhan berdoa untuknya, bukan hanya mereka yang memiliki karunia syafaat. Dalam Efesus 6: 16-18, Paulus menasihati orang-orang percaya di Efesus, semuanya, di atas dasar kehidupan Kristen, termasuk syafaat "dalam segala keadaan, dalam semua doa dan petisi."


Contoh Doa Syafaat Kristen ibadah Rumah Tangga atau Keluarga

Syafaat dari setiap ibadah memiliki beberapa perbedaan. Jika di Gereja kita berdoa untuk perkembangan Gereja dalam penginjilan, khususnya para hamba Tuhan. Berdoalah untuk seluruh jemaat yang sedang bergumul atau sakit. Doakan juga semua anak yang masih duduk di bangku pendidikan (Sekolah).

Dalam artikel ini secara khusus membahas tentang Doa Syafaat dalam ibadah Keluarga atau Rumah Tangga. Subyek Doa Syafaat biasanya dilakukan setelah mendengarkan kesaksian tuan rumah. Dari kesaksian itu kita dapat berdoa untuk semua perjuangan mereka. Tidak hanya itu kita juga bisa berdoa untuk seluruh keluarga yang dimulai dari tuan rumah tanga, istri hingga anak-anak.

Contoh Doa Syafaat ibadah :


Bapa sorgawi, Bapa yang kami sapa didalam anakMu Yesus Kristus,
Ada sukacita yang kami rasakan pada mlm ini ya Tuhan, kami mengucap syukur dan berterima kasih karena kasih dan sayang Tuhan terus kami alami dalam kehidupan kami setiap hari, teristimewa pada malam hari ini, kami diberi kesempatan oleh Tuhan dapat berkumpul dirumah keluarga di tempat ini, kami memuji dan memuliakan namaMu, dan terlebih Tuhan kami bersyukur, dalam persekutuan kami saat ini, kami sudah mendengarkan sebagian dari kebenaran FirmanMu, kiranya apa yang sudah kami dengar saat ini tidak akan berlalu dengan sis-sia tetapi akan menjadi bagian dalam kehidupan kami untuk lebih dekat dengan Tuhan, dan hidup kami akan selalu diberkati.


Segala puji dan Sykur Kami ucapkan kehadiratmu Bapa,karna atas perkenanMu lah kami dapat berkumpuldi rumahMu yang kudus ini, untuk memujidan memuliakan NamaMuSebentar kami akan menyampaikan doa syafaat kamidengarkanlah doa kami ini Tuhan . Tuhan Yesus, kami berdoa untuk saudara kami yang sakitsemoga Engkau yang menjamah mereka. Buatlah mereka sembuhdan kembali bisa bersama kami untuk memuji dan memuliakan namaMuBapa, begitu juga dengan saudara kamiyang tertimpa musibah bencana atau yang berbeban beratringankan beban tersebut Bapa, buatlah mereka kembalidapat menjalankan hari - hari dengan tentram dan damaiKami juga ingin berdoa untuk saudara - saudara kamiyang akan melangsungkan pernikahan .berkati pernikahan tersebut Bapa, agar merekadapat menjadi rumah tangga yang beralaskan namaMu Ya Allah,kami mau berdoa bagi para pemuda.


Berikanlah kepada mereka hati yang selalu barudan teguhkanlah batin mereka,agar selalu mau membaharui kenyataan kehidupan.agar para pemuda tidak gampang menyerahdan berputusasa,namun terus belajar dan berkaryadengan iman dan pengharapan yang tidak pernah binasa. Jauhkanlah sungut-sungut dan keluhandari bibir dan hati mereka,sebaliknya penuhilah jiwa dengan pujian dan syukur. Tolonglah para pemudaagarmampu menemukan hal-hal baik dalam dirinya,dan mengembangkankebaikan itu sungguh-sungguh. Jangan biarkan mereka mencela,menghina danmerendahkan diri mereka sendiri,padahal Engkau sendiri menganggap mereka sungguh berhargadan spesial,sehingga Kristus bahkan rela mati untuk mereka.Sebentar lagi kami akan mendengarkan FirmanMu.Bukakanlah hati kami yang akan mendengar,agar kami dapat mendengar dan melaksanakannya dalam kehidupan kami. juga untuk hambaMu yang membawakan firmanMu,urapi hambaMu bapa, biarkanlah hanya kebenaran firmanMuyang diberitakan.Diatas segala itu, kami mohon ampun atas segala dosayang kami perbuat sengaja maupun tidak sengaja. Terima kasih Tuhan Yesus yang baikDoa kami ini hanya kami alaskan dalam Nama Yesus Kristus.AMIN


Jelas bahwa intersesi adalah bagian dari kehidupan Kristen bagi semua orang percaya.

Selain itu, Paulus meminta doa dari semua orang percaya di Roma dalam Roma 15:30. Dia juga mendorong orang-orang Kolose untuk berdoa baginya di Kolose 4: 2-3. Di dalam Alkitab sama sekali tidak ada permohonan syafaat yang menunjukkan bahwa hanya sekelompok orang tertentu yang dapat bersyafaat.

Sebaliknya, mereka yang meminta orang lain untuk bersyafaat baginya dapat memanfaatkan semua bantuan yang bisa mereka dapatkan. Konsep bahwa syafaat adalah panggilan yang benar dan khusus untuk orang Kristen tertentu adalah konsep tanpa dasar alkitabiah.

Juga, ini adalah konsep yang merusak; yang diterjemahkan menjadi kebanggaan dan merasa lebih baik dari yang lain.

Tuhan memanggil semua orang Kristen untuk menjadi pendoa syafaat. Tuhan ingin setiap orang percaya untuk aktif dalam doa syafaat.

Betapa indah dan tingginya hak yang kita miliki untuk memperoleh data

Belum ada Komentar untuk "Contoh Doa Syafaat Kristen Singkat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel