--> Skip to main content

8 Tips Memilih Laptop Gaming Terbaik Dan Berkualitas dengan Harga Miring!

Tips Memilih Laptop Gaming Terbaik Dan Berkualitas dengan Harga Miring!. Saat ini, banyak orang menggunakan laptop untuk bermain game. Berbagai jenis laptop gaming sering kita temui di beberapa toko komputer. Biasanya laptop gaming memiliki harga yang relatif mahal dengan spesifikasi yang bisa dibilang cocok untuk bermain game. Melalui artikel berikut, saya akan membagikan tips tentang cara memilih laptop gaming dengan benar.

Banyak orang mengklaim bahwa untuk urusan game, lebih baik menggunakan PC daripada laptop. Menurut saya anggapan itu tidak salah, mengingat PC sendiri memiliki banyak kelebihan dalam urusan gaming daripada laptop, Salah satu kelebihan PC adalah kemudahan dalam hal upgrade hardware komputer.

Tidak kalah dengan PC, laptop juga memiliki nilai plus tersendiri dalam urusan gaming. Salah satunya sederhana, efisien, dan mudah dibawa kemana-mana. Jadi Anda bisa bermain game di mana saja, entah itu di sekolah, kampus, atau kafe. Saya sendiri biasanya bermain game bersama teman sekolah saya selama jam istirahat.
Tips Memilih Laptop Gaming


Memiliki laptop gaming tidak harus mahal. Jika Anda tahu hal-hal apa saja yang perlu dipertimbangkan ketika hendak membeli laptop gaming, tidak menutup kemungkinan Anda bisa mendapatkan laptop gaming dengan harga murah. Baiklah, inilah hal-hal yang perlu diperhatikan.

Bagaimana Cara Memilih Laptop Gaming ?

1. Perhatikan seri chipset VGA, bukan besar memory VGA

Kesalahan yang sering dilakukan orang ketika akan membeli laptop gaming yang lebih memperhatikan memori pada VGA atau chipset seri VRAM pada VGA. Padahal yang perlu diperhatikan adalah seri chipset, bukan memorynya besar. Berbeda dalam hal desain grafis, VRAM sangat penting tetapi dalam game tidak terlalu diperlukan.

Agar lebih mudah memilih VGA yang tepat untuk bermain game, catat seri chipset. Misalkan NVIDIA GeForce GT 720M, cara membacanya sebagai berikut:


  • Digit pertama menunjukkan generasinya, artinya VGA tersebut generasi ketujuh
  • Digit kedua dan ketiga menunjukkan tingkatan kelas atau performanya, semakin tinggi angkanya semakin bagus performa suatu VGA.
  • Yang paling utama yaitu digit kedua dan ketiga, misalkan Nvidia GeForce GT 720M performanya dibawah Nvidia GeForce GT 635M tetapi GT 635M teknologinya lebih canggih karena generasinya lebih baru. Seri chipset VGA yang saya jadikan contoh di atas merupakan seri chipset VGA versi mobile, bukan versi dekstop.
2. Jangan mengabaikan peran processor


Banyak orang yang memprioritaskan VGA over Processor saat membeli laptop gaming. Mereka cenderung memilih kinerja VGA yang sangat baik tetapi tidak di imbangi dengan prosesor yang baik pula.

Ini tidak salah, tetapi perlu dicatat bahwa peran prosesor tidak bisa dianggap satu mata lagi, karena semakin banyak game yang melakukan perhitungan rumit pada prosesor.

Selain itu, jumlah core / core yang dimiliki oleh prosesor dapat meringankan proses rendering yang dilakukan oleh VGA. Saya sarankan memilih laptop dengan prosesor non ULV, karena prosesor seri ULV tidak bagus untuk bermain game.

3. RAM besar yang dimiliki oleh Laptop

Semakin besar kapasitas RAM yang dimiliki oleh laptop semakin lancar juga proses multitasking. Jangan terlalu sibuk dengan clock speed RAM karena rata-rata game saat ini lebih memilih kapasitas RAM daripada clock speed RAM.

4. Perhatikan kapasitas hard disk

Pastikan kapasitas hard disk minimal 500GB. Jika Anda memiliki dana lebih, tidak ada salahnya upgrade menjadi lebih besar.

Perlu diketahui juga, mengupgrade hard disk tidak hanya untuk memperbesar kapasitas penyimpanan, tetapi juga meningkatkan kinerja laptop.

5. Pilih laptop yang dapat ditingkatkan komponennya

Meski tidak semua komponen di laptop bisa ditingkatkan. Cobalah untuk memilih laptop yang mendukung upgrade komponen seperti RAM dan hard disk.

Komponen peningkatan dapat meningkatkan kinerja pada laptop. Komponen yang terutama ditingkatkan adalah RAM dan yang kedua adalah hard disk.

6. Perhatikan ukuran layar laptop

Ukuran layar adalah indikator yang nyaman dalam permainan game. Pilih ukuran layar sesuai kebutuhan, saya rasa laptop dengan ukuran layar 14 "lebih dari cukup.

Jika Anda ingin pengalaman gaming yang lebih menarik lagi, tidak ada salahnya jika Anda memilih laptop dengan ukuran layar 15 "- 17".

7. Pilih laptop yang memiliki beragam port

Pilihlah laptop yang menawarkan konektivitas yang beragam . Pastikan laptop tersebut memiliki minimal port-port berikut :


  • USB 2.0 port
  • USB 3.0 port
  • HDMI port
  • D-Sub port

Port USB 2.0 dan port USB 3.0 tentu saja sangat penting untuk memasang periferal yang mendukung kenyamanan gaming seperti mouse, keyboard, atau joystick. Kurang menarik jika menggunakan keyboard internal (laptop default) atau touchpad saat bermain game.

Jika Anda berniat memainkan game dan ingin menghubungkannya ke TV LCD atau monitor dengan ukuran layar yang lebih besar, pilih laptop yang juga menyediakan port HDMI dan port D-Sub.

8. Perhatikan lama garansi laptop 

Setiap vendor laptop berbeda dalam memberikan garansi kepada pelanggannya. Panjang rata-rata garansi pada laptop adalah 1 tahun, semakin lama semakin baik.

Klaim garansi perlu dilakukan jika sewaktu-waktu ada kerusakan pada perangkat keras laptop. Tidak ada salahnya jika Anda mempertimbangkan garansi dalam memilih laptop gaming.

Kesimpulan

Saat ini banyak laptop yang beredar dengan harga yang bervariasi dan spesifikasi yang beragam juga. Karena itu Anda harus menjadi lebih bijak lagi ketika hendak membeli laptop gaming. Perhatikan 8 hal yang telah saya sebutkan di atas, jangan dimakan persuasi salesman nakal.

Mungkin itu saja yang ingin saya sampaikan hari ini, semoga artikel singkat saya bermanfaat bagi Anda. Hehehehe
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar