--> Skip to main content

25 Cara Menghilangkan Bercak Noda Hitam Di Layar LCD Mudah Dikerjakan Sendiri

Penggunaan layar komputer atau monitor telah sangat meningkat. Dari dulu yang menggunakan monitor tabung, sekarang monitor sudah berubah ke bentuk LCD. LCD adalah teknologi tampilan setelah model tabung yang sekarang banyak digunakan. Keuntungan menggunakan LCD di atas monitor tabung, praktis karena bentuknya yang lebih tipis. Selain itu, listrik hemat energi. LCD membutuhkan lebih sedikit energi listrik daripada monitor tabung. Ini membuktikan bahwa fungsi komputer LCD lebih dari layar tabung. Kami akan menjelaskan salah satu masalah pada LCD, yaitu bagaimana menghilangkan noda hitam pada LCD.

LCD adalah singkatan dari Liquid Crystal Display. Dari namanya kita tahu bahwa LCD terbuat dari kristal cair untuk menampilkan sesuatu yang menjalankan CPU. LCD bekerja dengan memancarkan cahaya putih yang kuat pada satu filter. Kemudian filter akan mem-parsing cahaya putih ke warna yang ingin Anda tampilkan. Warna ini kita kenal sebagai piksel. Jadi semakin besar ukuran piksel, semakin banyak piksel dan kepadatan pada layar. Ukuran piksel biasanya disebut sebagai resolusi.
25 Cara Menghilangkan Bercak Noda Hitam Di Layar LCD Mudah Dikerjakan Sendiri

Monitor memiliki ukuran atau resolusi piksel sesuai dengan sizenya. Misalnya VGA yang memiliki piksel standar 640 x 320, berarti jumlah pikselnya adalah 2014.800. Saat ini notebook terbaru memiliki resolusi 1024 x 768 = 786.432 piksel.

Piksel terdiri dari tiga jenis sub-piksel, biasa disebut RGB. RGB berarti Merah, Hijau, & Biru. Ketiga warna ini adalah warna dasar yang membentuk warna-warna lain di LCD. Untuk resolusi 1024 x 768 terdiri dari 2,359,296 sub-piksel.

LCD adalah teknologi terbaru, tetapi itu tidak berarti LCD tidak memiliki kekurangan. Masalah umum dengan LCD adalah putih kosong pada LCD, monitor gelap pada LCD, LCD bergaris. Salah satu masalah yang dialami adalah terkadang hadirnya bintik hitam pada LCD. Bintik hitam pada LCD disebut dead pixel.

Dead pixel atau dot pixel adalah kerusakan titik monitor LCD atau seperti yang telah kita pelajari di atas. Ini terjadi jika salah satu sub-piksel tidak normal atau mati. Piksel mati bisa ringan atau redup. Jika noda hitam Anda berada dalam kisaran toleransi, misalnya 5 titik, kerusakan LCD tidak tergolong parah.

Masalah yang terjadi pada pixel yang dapat menimbulkan dead pixel :


  • Noda putih/bintik putih terjadi jika pixel tidak dapat mati atau terus menyala. Jika noda berwarna putih, memiliki istilah bright pixel.
  • Jika pixel mati total, akan menampilkan bintik atau noda hitam. Noda hitam ini disebut sebagai dead pixel.
  • Warna noda merah, biru, atau hijau mungkin saja terjadi jika lebih dari satu pixel mati total. Istilah ini bernama struck pixel.
dead pixel ini biasanya disebabkan oleh kerusakan pada transistor LCD. Masing-masing sub-pixel diwakili oleh satu transistor. Jika transistor bermasalah, maka pengiriman warna tidak akan sempurna. Tetapi bisa juga dari cairan terdistribusi yang tidak merata pada layar. Bintik hitam mungkin kecil, tetapi masih mengurangi kinerja maksimal dari LCD yang kita butuhkan.


Ciri-ciri atau karakteristik dead pixel adalah :

  • Tidak menular. Jika salah satu pixel terkena dead pixel, tidak akan mempengaruhi pixel di sekitarnya.
  • Bersifat individu. Dot pixel tidak berhubungan dengan dot pixel lainnya. Jadi jika ada dot pixel di beberapa tempat, mereka tidak berasal dari saling mempengaruhi.
  • Karena ukuran pixel tetap, dead pixel ini berkemungkinan kecil untuk menyebar.
  • Jika noda hitam melebar, berarti bukan bermasalah pada dead pixel. Bisa saja terjadi karena cairan kristalnya yang bermasalah. 
Ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk menghilangkan bintik hitam pada LCD ini. Jika cara-cara ini berhasil, anda tidak perlu mengganti LCD anda dan menghabiskan lebih banyak biaya.

Cara Menghilangkan Noda Hitam Di LCD :

  1. Bersihkan LCD anda. Ada cairan untuk membersihkan LCD, disarankan memakai cairan tersebut. Anda tentu sudah mengetahui cara membersihkan LCD laptop dengan benar.
  2. Setelah anda bersihkan, nyalakan LCD anda.
  3. Carilah letak noda hitam pada LCD anda. Caranya dengan membuka gambar putih, sehingga noda hitam atau dead pixel terlihat dengan jelas.
  4. Jika sudah ketemu, tekan pelan-pelan pada bagian dead pixel tersebut.
  5. Anda bisa menekannya dengan jari atau dengan kain lembut. Cara menekannya dengan pelan sehingga tidak meninggalkan noda lain di LCD.
  6. Jangan menekan menggunakan kuku anda, karena itu akan merusak monitor LCD.
  7. Setelah menekannya beberapa lama, matikan LCD anda.
  8. Ulangi langkah di atas hingga maksimal 3 kali.
  9. Jika noda hitam belum hilang, anda harus mencoba cara yang lain.

Di atas adalah cara pertama Anda harus mencoba untuk menghapus noda hitam pada LCD Anda. Jika di atas tidak bisa menghilangkan noda hitam, Anda bisa mencoba menggunakan perangkat lunak tertentu. Perangkat lunak yang biasa untuk ini adalah PixelRepair. Anda dapat mengunduhnya di internet.

Cara menghilangkan noda hitam di LCD dengan software PixelRepair :

  1. Instal PixelRepair.exe.
  2. Pada software tersebut terdapat ikon kaca pembesar atau lup. Klik lup tersebut untuk mengetahui bagian monitor anda yang terkena dead pixel. Jika memang berwarna berbeda, maka software ini akan segera mendeteksinya.
  3. Lalu pilihlah warna yang ada pada pattern (daftar warna).
  4. Tekan tombol enable untuk memunculkan warna dead pixel. Monitor akan berubah menjadi satu warna/pola.
  5. Periksalah jika ada warna yang berbeda di tampilan ini. Jika ada titik yang berbeda, maka LCD anda memang mengalami dead pixel.
  6. Klik Esc pada keyboard untuk kembali ke aplikasi PixelRepair.
  7. Pilihlah menu Repair, lalu klik add.
  8. Akan muncul kotak kecil yang dinamakan Repairer, kemudian drag kotak tersebut ke tempat dead pixel.
  9. Sesuaikan ukuran Repairer dengan ukuran noda hitam. Terdapat pengaturan size di bagian bawah.
  10. Secara defalut, Repairer akan memilih metode noise.
  11. Lakukan Set Frequency, yaitu samakan frekuensi yang ada pada LCD. Default frekuensinya biasanya adalah 60 Hz.
  12. Tunggu PixelRepair bekerja sekitar satu jam.
  13. jika dead pixel lebih dari satu tempat, anda bisa melakukan tambahan Repairer untuk area lainnya.
  14. Jika masih belum dapat menghilangkan dead pixel LCD anda, ulangi dengan metode solid.
  15. Tungulah selama satu jam lagi.
  16. Anda masih bisa menggunakan komputer anda seperti biasa selama menghilangkan dead pixel ini.
Cara menghilangkan noda hitam pada LCD menggunakan software ini tidak bisa dijamin berhasil 100%. Jika kerusakan pixel mati pada LCD Anda parah, PixelRepair tidak akan memperbaikinya. Selama tidak terlalu mengganggu, Anda dapat menggunakan LCD dengan benar.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar