--> Skip to main content

34 Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk di Kamar yang Bisa Ditanam di Rumah

Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk di Kamar yang Bisa Ditanam di Rumah. Saat memasuki musim hujan biasanya akan banyak sekali gerombolan nyamuk yang mengunjungi rumah-rumah tanpa izin. Keberadaan nyamuk ini sangat mengganggu, terutama ketika menjelang tidur, tentu tidak sedikit orang yang sulit tidur karena gigitan nyamuk. Untuk mengatasi hal ini bisa menjadi cara alami menjaga tanaman pengusir nyamuk di dalam rumah.

Seperti halnya tanaman tahan panas matahari, tanaman yang dapat mengusir nyamuk memang memiliki alasan sendiri mengapa nyamuk dan serangga kecil lainnya, seperti lalat, tidak menyukainya. Sebagian besar karena aromanya yang dihasilkan sangat menyengat sehingga membuat nyamuk pergi.

Ada banyak jenis tanaman pengusir nyamuk yang dapat dipertahankan di dalam atau di luar rumah (indoor dan outdoor). Beberapa mungkin akrab dengan telinga Anda, tetapi ada juga yang tidak. Untuk lebih jelasnya, silakan lihat beberapa nama tanaman pengusir nyamuk yang akan menyebutkan hal berikut.

SERAI WANGI
34 Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk di Kamar yang Bisa Ditanam di Rumah

Serai atau serai adalah semak yang sering digunakan oleh ibu rumah tangga sebagai hidangan bumbu. Tanaman buatan serai selain berguna untuk campuran rempah-rempah, itu juga mampu membuat nyamuk lari dari rumah karena mengandung citronnellol dan geraniol yang banyak. Isinya memancarkan aroma yang tidak disukai nyamuk, dan bahkan, zat sitronnellolnya bisa membuat nyamuk mati.

LEMON BALM
34 Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk di Kamar yang Bisa Ditanam di Rumah

Tanaman herba yang disebut lemon balm berasal dari keluarga mint Lamiaceae dan pertama kali ditemukan di Eropa, Afrika Utara, Asia Tengah, dan Mediterania. Di Indonesia, lemom balm digunakan untuk makanan, minuman, dan bahan obat. Salah satu kebesaran dari lemon balm adalah kemampuannya untuk mengusir nyamuk di sekitar rumah.

CATNIP
34 Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk di Kamar yang Bisa Ditanam di Rumah

Ibarat, catnip ini adalah tanaman ganja untuk kucing. Catnip dijilat dan dikunyah oleh kucing akan membuat kucing bertingkah imut di sekitar tanaman, sehingga banyak yang mengira kucing tersebut berkhayal karena catnip. Catnip juga termasuk tanaman pengusir nyamuk dan penolak tikus, Anda tahu.

MARIGOLD
34 Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk di Kamar yang Bisa Ditanam di Rumah

Marigold adalah sejenis tanaman hias bunga yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Marigold di Indonesia lebih mengenal dengan judul kenikir. Di beberapa tempat, marigold juga disebut sebagai kotoran ayam karena aroma yang agak tidak enak. Baunya tidak disukai oleh nyamuk sehingga marigold menjadi tanaman yang dapat mengusir nyamuk dengan cara yang indah.

DAUN SELASIH

Tanaman untuk mengusir nyamuk berikutnya adalah daun basil. Tentu Anda sudah familiar dengan nama basil, bukan? Basil dengan nama latin Ocimum basillicum (juga disebut daun basil) adalah tanaman semak tahunan yang dapat Anda tanam di dalam ruangan. Selain mempercantik ruangan, keberadaan basil juga membantu Anda untuk mengusir kawanan nyamuk yang beterbangan di rumah Anda. Selain ditanam di dalam ruangan, basil juga dapat ditempatkan di luar ruangan, meletakkannya di dekat pintu atau jendela.

BUNGA LAVENDER

Entah pecinta tanaman atau bukan, pasti sudah akrab dengan bunga cantik ini. Lavender adalah tanaman hias yang berguna untuk mengusir serangga penghisap darah yang disebut nyamuk yang berada di rumah Anda. Kehebatan lavender sendiri tidak perlu dibuktikan lagi karena bunga lavender telah digunakan sebagai bahan utama untuk membuat lotion anti nyamuk.

BAWANG PUTIH

Rempah-rempah yang dapat ditemukan dengan mudah di Indonesia, bawang putih, juga merupakan tanaman pengusir nyamuk yang paling kuat. Di India, ada minyak topikal untuk mencegah gigitan nyamuk dan serangga selama 8 jam yang mengandung 1% ekstrak minyak bawang putih. Tidak sampai di sana, bawang putih juga mampu membunuh jentik nyamuk karena mengandung zat belerang.

PENNYROYAL

Pennyroyal adalah tanaman yang paling ditakuti dari nyamuk berikutnya. Pennyroyal itu sendiri merpakan tanaman meranmbat kecil dengan bunga ungu berkelompok. Creepers tradisional digunakan untuk mengusir nyamuk, kutu, dan tikus yang masih menikah dengan permintaan (Lamiaceae). Pennyroyal sering digunakan sebagai bahan utama untuk membuat produk pengusir serangga dengan cara alami.

BUNGA ROSEMARY

Rosemary adalah tanaman yang tahan terhadap panas matahari, dapat tumbuh melalui transplantasi, dan tahan terhadap penyakit serta hama. Tanaman dengan bunga berwarna indah dapat menghasilkan aroma harum yang dapat mengganggu indra penciuman dan efektivitas radar nyamuk. Karena aromanya yang cukup pelit, tanaman ini bisa menjadi andalan bagi Anda yang sudah lama kesal dengan keberadaan nyamuk di rumah.

BUNGA GERANIUM 

Selain rosemary anti-mosquito plants, ada juga geranium atau lebih umum dengan nama tapak bunga. Bunga dengan kelopak bunga yang indah dan warna yang indah juga dapat ditanam di sekitar rumah Anda, seperti dinding luar dekat pintu. Kehadiran geranium dapat mencegah geng nyamuk menyelinap ke rumah Anda.

ZODIA

Zodia menjadi tanaman endemik Indonesia yang telah dikenal oleh masyarakat Papua. Mereka dulu menggunakan tanaman ini untuk mengusir serangga dengan menggosok daun zodia ke seluruh tubuh. Tanaman pengusir nyamuk ini dapat ditanam dalam pot dan diletakkan di dalam rumah atau di luar ruangan sebagai tanaman pengusir nyamuk terbaik dengan menghilangkan aroma khas yang tentunya tidak disukai oleh serangga dan nyamuk.

CITROSA MOSQUITO

Dibandingkan pencegahan dengan menggosokkan lotion anti nyamuk setiap kali Anda ingin tidur, mengapa Anda tidak menanam nyamuk citrosa hanya di sudut teras halaman rumah Anda ?. Citrosa nyamuk adalah tanaman yang bisa tumbuh dengan pencahayaan matahari dan kebutuhan air yang banyak. Keberadaan nyamuk citrosa sebagai tanaman outdoor dapat mengganggu kenyamanan nyamuk dengan mengeluarkan aroma jeruk yang sangat khas dan tajam.

KECOMBRANG

Kecombrang (obor jahe) sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai perpaduan bumbu masak karena rasanya yang lezat, biasanya sebagai campuran sayuran atau bumbu sup. Selain makanan, kecombrang juga bisa digunakan sebagai tanaman pengusir nyamuk. Aroma yang dimiliki oleh kecombrang adalah asam sehingga nyamuk akan menjauh dari rumah Anda.

AKAR WANGI

Jika sudah ada serai wangi, sekarang juga ada akar wangi. Grass grass grass adalah tanaman yang berasal dari India. Keberadaannya di Indonesia tidak ada yang tahu sejak kapan. Yang pasti, akar wangi yang termasuk jenis tumbuhan pengusir nyamuk demam berdarah yang ternyata telah lama digunakan sebagai parfum dan lotion untuk memberikan perlindungan bagi kulit dari gigitan nyamuk.

MINTROSA OF LADY DIANA

Bahasa Belanda, dan tidak banyak orang yang mengerti mengapa mendapatkan nama yang sama dengan mantan istri Pangeran Charles. Namun yang pasti, Mintrosa dari Lady Diana bisa mengeluarkan aroma yang sangat tajam dan tidak disukai oleh nyamuk. Tanaman ini dapat Anda beli di toko kelontong atau tanam sendiri dalam pot dan letakkan di halaman rumah.

SUREN

Suren adalah tanaman dari keluarga Meliaceae milik pabrik tahunan. Suren sendiri adalah tanaman berbentuk pohon yang tumbuh relatif cepat. Daun dari kulit pohon Suren memiliki aroma yang cukup tajam, umumnya digunakan sebagai pengusir nyamuk dan lalat. Selain itu, kulit batang juga digunakan sebagai bahan baku insektisida nabati yang tidak disarankan karena dapat mengganggu pertumbuhan tanaman.

BUNGA KRISAN

Bunga krisan adalah bunga hias yang bisa mempercantik ruang rumah Anda. Krisan yang cantik ini ternyata menjadi musuh besar nyamuk. Ini karena bunga krisan memancarkan aroma yang dibenci oleh nyamuk sehingga keberadaannya akan membantu rumah Anda terbebas dari serbuan nyamuk. Tanam obat nyamuk dengan penampilan mempesona yang bisa Anda tanam dalam pot atau polibag.

BUNGA KAMBOJA
34 Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk di Kamar yang Bisa Ditanam di Rumah

Kamboja dikaitkan dengan bunga sakral karena pertumbuhannya sering ditemukan di tempat-tempat yang tidak biasa, seperti makam. Terlepas dari gagasan mistis masyarakat, kamboja termasuk tanaman tahan panas matahari dengan bunga-bunga indah, tahan lama, dan harum. Aroma yang dipancarkan oleh kamboja hanya disukai oleh manusia, tetapi tidak untuk nyamuk sehingga banyak orang yang sengaja menanam kamboja sebagai tanaman pengusir nyamuk alami di rumah dengan mengekstraksi bunga kamboja.

CENGKEH
Cengkeh

Cengkeh adalah ramuan rempah-rempah yang juga banyak digunakan sebagai bahan obat. Cengkih atau mereka yang dalam bahasa Inggris disebut cengkeh memiliki tangkai bunga kering yang mengeluarkan aroma harum, tetapi tidak disukai oleh nyamuk. Aromanya yang cukup khas dari cengkeh itu disukai oleh banyak orang sehingga cengkeh digunakan sebagai bahan dasar rokok kretek di Indonesia.

KAYU PUTIH
KAYU PUTIH

Jika Anda memiliki halaman rumah kosong, cobalah menanamnya dengan eucalyptus. Kayu putih adalah salah satu tanaman pengusir nyamuk yang bisa membuat tidur Anda lebih nyaman tanpa gangguan nyamuk. Kayu putih dapat ditanam dalam pot dan ditempatkan di ruangan. Tanaman Eucalyptus akan bekerja sepanjang hari untuk mengusir nyamuk dengan menghilangkan aroma khas.

Itu pengusir nyamuk alami paling kuat di rumah. Selain nama-nama ini, ada lebih banyak tanaman yang terbukti berhasil dalam berurusan dengan nyamuk, seperti Bee Balm, Cadaga Tree (Eucalyptus torelliana), Catmint, Cedars, Ageratum, Cymbopogon citrates, Krispum Pelargonium, Lemon Thyme, Lemon Verbena, Mengangguk Bawang , Pitcher Plant, Artemisia, Snowbrush, dan Tea Tree.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar