24 Jenis Tanaman Hias Tahan Panas Matahari

24 Jenis Tanaman Hias Tahan Panas Matahari
24 Jenis Tanaman Hias Tahan Panas Matahari
Jenis Tanaman Hias Tahan Panas Matahari. Punya halaman rumah yang besar akan terasa lebih indah bila ditanam dengan tanaman hias. Namun, banyak yang khawatir bahwa tanaman akan layu dan mati karena cuaca panas. Oleh karena itu, lebih baik untuk menjaga tanaman tahan panas matahari di halaman Anda.

Ada banyak tanaman hias yang tahan terhadap sengatan matahari dan udara panas. Ada tanaman yang berasal dari daerah panas seperti gurun, tetapi ada juga yang tidak. Umumnya, tanaman yang memiliki ketahanan terhadap matahari tidak membutuhkan banyak air untuk pertumbuhannya.

Apa tanaman tahan panas? Di sini akan tanamtanaman.com menyebutkan beberapa jenis tanaman hias yang tahan terhadap panas matahari. Tanaman berikut ini cocok untuk ditanam di Indonesia yang hanya memiliki dua musim dengan suhu udara yang cukup tinggi.

BAYAM MERAH
Jenis Tanaman Hias Tahan Panas Matahari

Bayam merah adalah tanaman dari jenis bayam. Karena memiliki warna daun yang indah, bayam merah kini banyak digunakan sebagai tanaman hias. Bayam merah akan tumbuh optimal pada suhu tinggi, sehingga di tempat terbuka yang mendapat sinar matahari, bayam merah bisa tumbuh optimal.

JENGGER AYAM
Jenis Tanaman Hias Tahan Panas Matahari

Tanaman bunga dari keluarga Amaranthaceae diberi nama dengan ayam ayam karena bunga yang dihasilkan tampak seperti daging merah yang tumbuh di kepala ayam jantan. Ada banyak warna indah yang dimiliki tanaman dengan nama latin Celocia cristala, antara lain merah, kuninng, dan oranye. Jengger ayam adalah tanaman yang tahan terhadap panas matahari dengan periode berbunga beberapa kali sebulan.

KAKTUS

Dengan habitat asli di padang pasir yang tandus, tentu saja kaktus memiliki ketahanan terhadap matahari, terutama tanaman yang menghilangkan duri ini memiliki cadangan air di batang lilin yang dilapisi. Jika Anda ingin mengumpulkan tanaman hias tahan panas seperti kaktus, cobalah memilih salah satu dari beberapa jenis, seperti ariocarpus, astrophytum, tetragonous cereus, chepalocereus senilis, echinocactus grusonii, echhinofossulocactus, ferocactus, gymnocalycium, haworthia attenuata, lobivia oganmaru, dan sebagainya. .

BUNGA KERTAS (BOUGENVILLE)
BUNGA KERTAS (BOUGENVILLE)

Bougenville adalah tanaman hias berbunga yang tahan terhadap panasnya matahari. Bougenville (baca bugenvil) atau juga disebut bunga ini bisa ditanam di pekarangan rumah Anda. Perawatannya mudah dan bisa tumbuh di iklim tropis seperti Indonesia. Beberapa bunga kertas populer termasuk emas california, demam emas, setelah cahaya, bambino baby allison, bambino baby victoria, bambino baby lauren, cherry blossom, es kelapa, alexandra, barbara karst, dan bambino majik.

BUNGA KAMBOJA
BUNGA KAMBOJA

Jika Anda bertanya tanaman hias tahan bunga matahari di luar apa itu, jawabannya adalah kamboja. Bunga kamboja termasuk sebagai tanaman hias luar ruangan yang mampu beradaptasi dengan lingkungan dengan udara terbuka dan lebih sering mendapatkan paparan sinar matahari langsung. Bunga kamboja memiliki daya pikat pada kelopak mata yang indah dan indah dengan kombinasi warna putih dan kuning. Bunga kamboja bisa tumbuh subur meski tidak disiram air.

LIDAH MERTUA

Lidah mertua atau Sansevieria secara luas ditanam sebagai tanaman hias di rumah. Lidah mertua lebih sering ditanam di rumah karena dapat menetralkan udara kotor di ruangan, menyerap bau yang tidak menyenangkan dari perabot rumah tangga, dan obat herbal. Namun, itu tidak berarti bahwa lidah mertua tidak bisa tumbuh di luar rumah karena tanaman ini juga digolongkan menjadi tanaman hias yang tahan terhadap panas matahari. Jika ditanam di luar ruangan, lidah mertua akan bekerja untuk menyerap polusi udara di sekitar rumah.

PALEM

Halaman rumah kosong akan sangat disayangkan jika tidak ditanami apa pun. Karena itu, agar tidak meninggalkannya begitu saja, Anda lebih baik menanam tanaman hias tahan panas luar seperti sawit. Kelapa hias adalah tanaman yang dapat hidup di iklim tropis seperti Indonesia. Perawatannya yang mudah, seperti mendapatkan cukup air dan pencahayaan, membuat telapak tangan tumbuh sempurna untuk halaman rumah Anda.

SIKLOK

Siklok (Agave attenuata) adalah tanaman hias yang tahan terhadap cuaca panas dan kering. Tanaman ini bisa ditanam di depan rumah Anda sebagai penghijauan. Hal yang disukai tentang skateboard selain keindahannya adalah bahwa ia tidak perlu ditanam di petak besar karena siklok adalah tanaman kecil yang tidak akan tumbuh tinggi dan terjadi.

CEMARA NORFOLK
CEMARA NORFOLK

Bernama norfolk cypress karena pohon pinus ini berasal dari Pulau Norfolk di Selandia Baru. Cemara dari famili Araucariaceae dan genus Araucaria juga sering disebut cemara pinus atau pinus. Firs norfolk dengan nama binomia Araucaria heterophylla (Salisb.) Franco adalah salah satu jenis tanaman hias yang menyukai kondisi lingkungan dengan intensitas penuh sinar matahari.

TABEBUYA

Tabebuya adalah pohon asli Brasil besar yang kebanyakan orang menyebutnya dengan nama tanaman Sakura, karena bunganya mirip dengan bunga sakura. Pohon Tabebuya biasanya ditanam di kebun sebagai pohon hias. Pohon-pohon hias yang telah populer di berbagai belahan dunia dapat tumbuh di semua jenis tanah dan kondisi lingkungan di daerah subtropis dan tropis. Tabebuya yang biasa ditanam sebagai tanaman hias di halaman adalah Tabebuya Kuning dan Tabebuya Merah Muda.

BUNGA EUPHORBIA 
BUNGA EUPHORBIA

Jenis tanaman tahan panas berikutnya adalah Euphorbia. Tanaman berbunga yang berasal dari genus dengan 2.420 spesies ini memainkan banyak peran di tangan manusia. Selain tanaman hias karena memiliki banyak warna (merah, hijau, ungu, kuning, dan coklat), euphorbia juga berfungsi sebagai kandang ternak oleh orang Afrika dan pelumas atau bahan pembuat lilin oleh orang-orang Meksiko.

BERINGIN

Beringin atau waringin adalah tanaman yang bisa hidup subur di pekarangan rumah Anda. Tanaman hias daun yang satu ini bisa ditanam dalam pot. Beringin sudah lama mengenal pekebun di Indonesia sehingga budidaya tidak bisa dihitung lagi jumlahnya. Pohon beringin yang ditanam dalam pot tahan terhadap semua cuaca, termasuk cuaca panas.

BUNGA PENTAS

Bunga pentas pada pandangan pertama mirip dengan soka. Bunga yang indah dengan warna pink pada kelopak bunga ini menjadi salah satu tanaman hias bunga yang banyak ditumbuhi oleh penikmat tanaman karena perawatannya yang mudah juga menghasilkan bunga yang subur dengan periode pembungaan tidak lebih dari seminggu. Tanaman semak yang tidak disukai oleh hama seperti ulat dan kutu kebul inii milik tanaman hias yang tahan panas, tetapi tidak terlalu menyukai panas matahari karena dapat menyebabkan daun dan tangkai yang masih muda terbakar.

BUNGA LANTANA CAMARA
BUNGA LANTANA CAMARA

Di Indonesia, bunga lantana camara juga dikenal lebih mudah diucapkan, seperti bunga saliara atau bunga (tembelek). Ini adalah tanaman berbunga dari keluarga Verbenaceae yang pertama kali ditemukan di daerah tropis Amerika Tengah dan Selatan. Lantana camara yang di beberapa desa bisa disebut kembang waung, menurut beberapa orang mengeluarkan aroma yang cukup harum bahkan disebut beberapa potong bunga yang jelek. Bunga lantana camara dengan warna-warna indah di kelopak ini juga termasuk tanaman yang tahan terhadap sinar matahari.

DAUN ENCOK

Daun encok telah menyebar di berbagai belahan dunia, mulai dari dataran Afrika, India, hingga ke timur dan selatan menuju Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Tanaman daun rematik umumnya ditanam di seluruh Asia tropis sebagai tanaman obat dan tanaman hias. Tanaman yang tumbuh ini dapat ditemukan dengan mudah di Jawa Tengah dan Timur, Madura, dan Bali. Daun rematik yang dapat ditemukan di habitat terbuka seperti padang rumput adalah tanda bahwa tanaman ini dapat hidup di ladang dengan paparan sinar matahari langsung.

BUNGA KEMBANG SEPATU

Bunga kembang sepatu memiliki warna yang sangat indah dan mempesona. Daya tahannya juga ditambah dengan bentuk dan ukuran bunganya yang beragam, mulai dari berkelopak tunggal hingga berkupopak tumpuk yang begitu indah. Bunga yang mendapatkan banyak penggemar sudah banyak ditanam di pekarangan rumah sebagai tanaman hias. Hibiscus termasuk tanaman yang tahan terhadap tempat tinggal yang panas. Karena itu, bunga kembang sepatu juga termasuk dalam jenis tanaman tahan panas matahari.

BUNGA PORTULACA

Bunga portulaca mungkin lebih akrab di telinga dengan bunga jam sembilan. Dalam bahasa Inggris, portulaca disebut sebagai moss rose atau happy hour. Merupakan tanaman hias pendek dalam bentuk rumput berbunga. Warna bunga pada sembilan indah dan beragam (berwarna-warni). Bunga pukul sembilan akan tumbuh optimal jika ditanam di dataran dengan intensitas cahaya sepanjang hari.

BUNGA GAILLARDIA

Sekilas bunga gaillardia mirip dengan bunga matahari karena jika dilihat memang terlihat sangat mirip. Ini masuk akal karena gaillardia tergabung dalam keluarga bunga matahari dengan bunga kuning atau merah dan bisa juga warna yang dinilai pada kelopak. Tanaman ini memiliki keistimewaan untuk menjadi toleran terhadap cuaca panas dan tanah kering sehingga banyak digunakan sebagai bunga potong saat musim panas ..

BUNGA KALIANDRA MERAH

Calliandra atau kaliandra adalah tanaman berbunga yang berasal dari kacang-kacangan yang memiliki sekitar 200 jenis anggota. Bunga Kaliandra mencolok merah dengan bunga polong panjang menjadi pesona tersendiri. Di Indonesia dan beberapa negara lain, Kaliandra sering ditanam sebagai tanaman reboisasi. Kaliandra Merah juga toleran terhadap kondisi lahan kering sehingga tanaman hias tahan panas ini tidak terlalu haus akan air.

BUNGA THUNBERGIA

Thunbergia adalah kebun anggur yang memiliki bunga-bunga indah untuk menghias rumah Anda. Kehadiran bunga thunbergia akan membuat salah satu sudut rumah Anda ada kesan sejuk, indah, dan indah. Thunbergia ditemukan oleh ahli botani Swedia bernama Carl Peter Thunberg juga termasuk tanaman hias yang tahan terhadap panas matahari.

BUNGA MANDEVILLA SENDARI

Selain thunbergia, ada juga sendari mandevilla, tanaman merambat berbunga indah yang siap menawarkan suasana indah dan sejuk di lingkungan rumah Anda. Karena beragam tanaman berbunga berwarna-warni ini tumbuh merambat, kehadirannya sangat diperlukan sebagai naungan dan penutup dari tempat yang membutuhkan perlindungan dari matahari.

BUNGA SIKAT BOTOL

Mendengar namanya, mungkin sedikit aneh. Tetapi karena itu, sikat botol atau yang lebih universal dengan Callistemon adalah tanaman peneduh yang memiliki keindahan dan pesona yang tidak dapat ditolak oleh siapa pun yang melihatnya. Bunga sikat botol adalah tanaman asli dari benua Australia yang dapat hidup di daerah dengan cuaca yang cukup panas seperti beberapa kota besar di Indonesia.

BUNGA MARIGOLD

Marigold atau dalam bahasa Latin adalah Tagetes adalah bunga yang memiliki bentuk unik, yaitu minyak bulat dengan kelopak yang saling menumpuk. Warna bunga marigold didominasi oleh kuning dan oranye. Biasanya, bunga marigold berfungsi sebagai hiasan meja potong bunga sebagai tanaman hias indoor. Selain di dalam ruangan, bunga marigold juga tidak mengalami masalah ketika digunakan sebagai tanaman hias yang menggantung di luar rumah. Anda tidak perlu khawatir tentang keindahannya yang rusak oleh cuaca panas karena marigold dapat dipastikan sebagai tanaman hias yang suka sinar matahari.

BUNGA ANGELONIA

Angelonia termasuk tanaman hias bunga dalam pot atau tabulampot yang juga bisa bertahan dalam kondisi cuaca yang cukup panas akibat sinar matahari. Ada beberapa tanaman penghasil angelonia dan tanaman hias indoor atau outdoor yang paling sering digunakan adalah angelonia pink, ungu, bicolor, dan putih.

BUNGA GERANIUM 
BUNGA GERANIUM

Dalam posisi yang paling buncit ada bunga geranium. Mendengar namanya sendiri, pasti membayangkan betapa indahnya bunga ini. Geranium atau juga dikenal sebagai bunga Tapak Dara adalah tanaman hias yang sangat terkenal di Indonesia. Selain cantik, bunga ini juga memiliki beberapa kemampuan, yaitu tahan terhadap terik matahari dan juga bisa mengusir nyamuk. Luar biasa, bukan?

Itu adalah 24 spesies tanaman hias tahan panas matahari yang dapat menambah kesejukan dan keindahan di halaman rumah atau ruangan rumah Anda. Jika Anda masih bingung tentang mempertahankan yang mana, cobalah untuk memilih dari ukuran kecil dan perawatan yang mudah. Dengan ukuran tanaman yang kecil, maka di masa depan Anda bisa menambah keindahan lingkungan rumah dengan menambah jumlah tanaman hias jenis lainnya.