28 Jenis Tanaman Hias Bonsai Terbaik di Indonesia

28 Jenis Tanaman Hias Bonsai Terbaik di Indonesia
28 Jenis Tanaman Hias Bonsai Terbaik di Indonesia
Jenis Tanaman Hias Bonsai Terbaik di Indonesia. Bonsai adalah tanaman hias berukuran mini yang ditanam dalam pot atau batu. Bonsai yang mencakup seni pemangkasan tanaman atau pohon sudah ada sejak lama di Indonesia. Ada begitu banyak tanaman yang bisa menjadi bonsai. Berikut beberapa tanaman hias bonsai terbaik di Indonesia yang memiliki nilai estetika tinggi.
28 Jenis Tanaman Hias Bonsai Terbaik di Indonesia

28 Jenis Tanaman Hias Bonsai Terbaik di Indonesia

ASAM BELANDA

Bagi penggemar bonsai, tentu sudah akrab dengan asam belanda. Asam Belanda atau londo adalah pohon yang biasa ditemukan di jalan karena pohon rindang cukup teduh. Pohon yang tinggi dan ber-okogen tinggi tumbuh dengan batang-batang dan cabang-cabang seni yang tidak teratur yang memiliki nilai seni yang cukup untuk ditangkap.

Sulphur tree dulce (pitchecolobium dulce) adalah sejenis tanaman yang dapat dibonsai. Asam jawa cenderung mandiri, tidak rewel dan tidak manja, asalkan cukup perawatan. Asam-asam Belanda yang dibuat menjadi tanaman bonsai memiliki tampilan yang terlihat batang-batang tua yang membuatnya banyak dicari. Keuntungan dari pohon bonsai asam londo adalah bahwa ia dapat merangkul hampir semua jenis bonsai.

ASAM JAWA

Selain asam Belanda, ada juga pohon asam yang termasuk tanaman hias bonsai terbaik. Alasannya adalah asam jawa menjadi pilihan tanaman terbaik untuk dijadikan pohon bonsai karena memiliki struktur batang yang kuat dan ulet sehingga tidak mudah pecah ketika dibentuk menjadi pola tertentu sesuai keinginan pemiliknya.

Selain itu, alasan lain mengapa bonsai asam Jawa dipilih karena pembuatannya tidak terlalu sulit. Setiap orang dapat membuatnya sendiri, meskipun ia bukan ahli bonsai atau pencinta tanaman yang telah lama terlibat dalam seni mengerdilkan tanaman ini.

BERINGIN

Berdasarkan perkembangannya, beringin bonsai telah berhasil mengalahkan gengsi dari asam bonsai danda atau jawa.beringini bonsai lebih disukai karena selain memiliki tubuh yang besar, beringin juga tidak mudah mati. Selain itu, banyai bonsai juga memiliki karakter batang dan akar yang menarik sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

beringin bonsai tidak mudah mati karena daya tahan dan kemampuan beradaptasi dengan lingkungan geografis di Indonesia sangat tinggi. Banyai bonsai bisa mencapai umur yang sangat panjang. Beberapa pohon beringin yang dibonsai dikenal memiliki nilai estetika yang tinggi karena penampilannya yang menarik dan cara membuat bonsai banyai cukup sulit. Inilah yang membuat banyai bonsai bisa dijual dengan harga yang mahal.

KIMENG

Jenis tanaman untuk membuat bonsai berikutnya adalah kimeng. Kimeng yang juga termasuk dalam jenis pohon beringin mudah tumbuh. Munculnya batch kimeng tidak jauh berbeda dengan spesies banyan lainnya, memiliki batang dan daun yang sama. Bedanya, pada batang dan ranting warna kimeng bonsai lebih putih cerah dibanding banyai jenis bonsai lainnya.

Kimeng, juga dikenal sebagai Cina Bayan, Malaya Banyan, Tirai ara, dan India Laurel, adalah beringin yang berasal dari Sri Lanka dan kemudian ke India, Cina selatan, Kepulauan Melayu, Australia dan Kaledonia Baru. Bonsai kimeng yang dibuat dan dirawat memiliki ukuran besar dan menawarkan bentuk eksotis dapat membuat nilai seni dan harga jualnya tidak murah.

CEMARA UDANG

Cemara udang juga termasuk jenis tanaman yang bisa dijadikan bonsai. Tanaman atau pohon dengan daun runcing di tepi seperti jarum juga sering disebut sebagai jarum cemara. Selain bentuknya yang unik dari daun, udang cemara juga memiliki batang yang besar dan keras sehingga tidak heran jika banyak yang mengubah pinus udang menjadi pohon bonsai mini.

Udang cemara Bonsai bisa tumbuh tinggi dan besar. Keberadaan pohon-pohon cemara udang yang hidup di dalam pot dapat membuat rumah lebih indah. Untuk mendapatkan udang cemara, ada biaya yang harus dikeluarkan. Tidak terlalu mahal, tetapi tetap mengantongi nilai keindahan yang tinggi.

JERUK KINGKIT

Jeruk kingkit termasuk satu jenis tanaman yang cocok untuk bonsai dalam pot. Banyak pecinta atau pengumpul tanaman bonsai di pot dangkal yang menyehatkan kiru jeruk bonsai sebagai dekorasi yang mempercantik rumah. Mereka memilih ketegaran oranye karena memiliki karakter pohon yang ideal untuk dibentuk menjadi bonsai berkualitas tinggi.

Jeruk kingkit termasuk jenis tanaman yang mudah tumbuh dan tahan terhadap perawatan cabang pemangkasan. Pohon semak oranye ini memiliki ukuran daun yang relatif kecil dengan buah merah kecil untuk meningkatkan estetika bonsai jeruk.

KELAPA

Bagi penghobi tanaman bonsai, tentu sudah sangat akrab dengan bonsai kelapa. Bahkan di Internet, ada banyak informasi tentang cara membuat bonsai kelapa. Pohon kelapa dikenal sebagai tanaman berumur panjang, tetapi karena ini identik dengan lingkungan yang sejuk, banyak orang rela mengorbankan kesabaran mereka untuk membuat pohon kelapa mini.

Ada beberapa jenis kelapa yang bisa dibuat bonsai, seperti santan kelapa, kelapa merah gading, dan kelapa albino. Santan gading memiliki warna putih, biasanya ditanam di kebun bukan pohon palem. Kelapa gading merah memiliki warna merah kekuningan yang indah dan bentuk yang unik. Sedangkan kelapa albino memiliki warna batang perak putih seperti albino.

SANTIGI

Jenis tanaman yang dapat digunakan sebagai bonsai berikutnya adalah santigi. Bagi Anda yang masih asing dengan namanya, santigi yang dalam nama latin Phemphis adicula umumnya tumbuh di sekitar pantai, di bebatuan atau tanah pesisir yang menjorok ke laut. Karakter utama pohon bonsai adalah daya tarik bentuknya yang menonjol ke samping.

Banyak penggemar bonsai yang rela menghabiskan uang (walaupun dalam jumlah besar) hanya untuk memiliki santigi bonsai. Bonsai Santigi memiliki batang, akar, dan kulit batang yang menawan. Ekspresi santigi bonsai didukung oleh kesan lama yang disajikan oleh kulit kayu. Untuk membuat santigi bonsai, dibutuhkan keterampilan ekstra khusus dan kesabaran ekstra. Selain itu, para kolektor juga harus siap untuk menerima beberapa risiko bahwa santro bonsai mungkin tiba-tiba mati.

ADENIUM

Adenium adalah pohon kamboja dari Jepang. Tanaman ini mudah tumbuh di berbagai media tanam seperti pasir, kompos, dan tanah. Adenium sering digunakan sebagai tanaman hias bonsai karena memiliki bentuk yang unik dan pembuatan bonsai adenium dianggap mudah. Ada banyak jenis adenium, seperti dari warna bunganya yang merah, kuning, merah muda, atau berbagai warna lainnya. Adenium bonsai juga mempesona karena bentuknya yang indah.

BUNGA KERTAS

Tanaman hias yang diminati banyak orang, bunga kertas atau bugenvil, bisa memanjakan mata saat ditanam di sekitar rumah. Bunga yang indah saat bermekaran, dengan tampilan batang yang kokoh membuat bunga kertas (dalam bahasa Jawa) menempatkan dirinya sebagai primadona penggemar bonsai.

Pohon Loa

Pohon Loa (Ficus racemosa) adalah tanaman asli yang tumbuh banyak di Asia Tenggara dan anak benua India. Di Indonesia, ada beberapa hujan tropis di mana ada pohon Loa. Pohon Loa dengan daun lebat banyak digunakan sebagai tanaman naungan. Bagi penggemar bonsai, pohon Loa sering digunakan sebagai bonsai loa. Di dunia senia kerdil, diketahui bahwa bonsai loa yang mengantongi kriteria bagus bisa dijual jutaan dan bahkan puluhan juta rupiah.

SAWO

Tanaman Sawo bisa tumbuh liar dan juga bisa dibudidayakan. Tanaman ini sudah masuk ekke Indonesia sejak lama, bisa hidup di dataran dengan ketinggian 1.200 meter dari permukaan laut. Sawo termasuk hasil panen tahunan tanpa musim. Pohon sawo yang mudah dikenali, juga memiliki karakteristik yang membuatnya cocok untuk dimasukkan sebagai tanaman hias bonsai terbaik.

KEMUNING JAPAN

Kemuning Jepang memiliki bentuk akar proporsional dengan pertumbuhan cabang yang terdistribusi secara merata. Struktur cabang dan batang pada kemuning Jepang membuatnya cocok untuk dibuat bonsai dengan batang tegak lurus ke tengah seperti bentuk dasar bonsai Sapu Tegak atau Hokidachi. Bonsai kuning Jepang dikatakan memiliki gaya yang indah jika ranting-rantingnya tersusun rapi dan titik distribusi cabang dan ranting ke segala arah.

PINUS

Pinus atau tusam juga termasuk tanaman yang dapat digunakan sebagai tanaman hias bonsai. Pohon kusam kebanyakan buatan sendiri yang berarti di satu tanaman ada organ laki-laki dan organ betin tetapi keberadaannya terpisah. Di beberapa tempat di Indonesia, pinus juga biasa disebut sebagai bunga resin.

SIANTO

Nama lain dari Sianto adalah Cherry Brasil, Cherry Suriname, atau Cayenne Cherry. Tanaman keluarga Myrtaceae yang berasal dari Amerika Selatan, sianto, tumbuh di antara semak-semak, memiliki bentuk kerucut, dan pertumbuhannya secara bertahap mencapai ketinggian 8 meter.

Rasa asam manis buah, tergantung pada kultivar dan tingkat kematangannya. Pohon sianto dapat digunakan sebagai bonsai karena memiliki daun dan batang yang unik dengan warna putih dan keras. Begitu juga dengan akarnya yang unik dan mudah ditanam.

KUPA LANDAK

Kupa landak Brasil atau anggur adalah tanaman yang sangat ideal untuk bonsai. Pohon-pohon landak memiliki kulit dan batang yang sangat eksotis. Bagian ranting yang tumbuh merapat mengindetikkan tumbuhan ini bisa tumbuh di daerah tropis, seperti gunung. Daunnya kecil dengan kulit kemerahan. Termasuk tanaman yang cepat berbuah, rasa buahnya manis.

RUKEM

Bagi orang awam, tentu jarang terdengar nama tanaman ini. Rukem dalam bahasa Latin Flacourtia rukam adalah pohon buah yang awalnya ada di kepulauan Nusantara. Rukem banyak digunakan sebagai bonsai rukem atau bonsai rukam. Yang membuat gamis cocok sebagai bonsai karena memiliki ciri khas yang unik, terletak di daun dan batang. Buahnya bisa dimakan segar dengan memijatnya agar tidak sepat. Di Indonesia, rukem cukup sulit ditemukan. Hanya beberapa area yang ditumbuhi terlalu banyak.

MURBEI

Mulberry adalah tanaman penghasil buah yang umumnya ditemukan di dataran Indonesia. Pohon murbei atau mulberry menghasilkan buah yang menyerupai buah anggur, tetapi dengan ukuran lebih kecil dan erat. Murbai banyak tanaman bonsai yang dibuat oleh para penggemar karena memiliki nilai seni dan penjualan yang tinggi.

BOXUS

Dengan nama lengkap buxus sempervirens, adalah semak yang masuk ke dalam spesies tanaman berbunga di genus buxus. Buxus atau boxus tersebar di berbagai negara, seperti Inggris, Meroko, dan Turki. Boxus adalah tanaman Anda dapat membuat koleksi ornamen bonsai. Untuk membuatnya agak sulit, karena masih jarang di Indonesia. Keunikan yang dimiliki dalam daunnya kecil dan tebal dan akar dan batangnya alami.

MIRTEN

Mirten adalah tanaman berbunga dari keluarga Malpighiaceae yang berasal dari negara Karibia. Umumnya, tanaman bunga mirres dijadikan bonsai sebagai dekorasi rumah. Mirten akan menambah keindahan beberapa sudut rumah karena memiliki bentuk daun yang unik dan juga bunga putih diikuti oleh bunga-bunga merah.

Walikukun

Pohon Walikukun dapat ditemukan di kawasan hutan di sekitar Jawa dan Indonesia bagian timur. Walikukun sendiri adalah anggota pohon kecil dari suku Tiliaceae yang tinggi, bercabang dari dekat tanah dengan pertumbuhan mencapai 25 m tinggi. Daunnya memanjang, berbentuk oval yang kadang melengkung, berambut halus, dan berbeda warna di bagian atas dan bawah.

KAWISTA

Kawista adalah tanaman yang memanfaatkan buah, menyerupai jeruk. Sekarang itu jarang ditemui kawista meski bisa tumbuh di tanah yang buruk. Tumbuhan ini juga tahan penyakit. Kawista atau dalam bahasa Jawa-nya kawis, bisa dibuat bonsai dengan melakukan sentuhan alami untuk menghasilkan bonsai kawista yang bernilai ekonomi tinggi.

LOHANSUNG

Lohansung adalah pohon semak yang mirip dengan pinus, tingginya bisa mencapai 25 m. Bentuk pohonnya berbentuk kerucut dengan ukuran daun bervariasi. Lohansung adalah salah satu tanaman hias bonsai terbaik yang tersedia di Indonesia. Para penggemar sengaja menjadikannya bonsai karena memilikid aun kecil dan tebal dengan cabang dan batang yang kuat. Umur bonsai lohansung bisa mencapai ratusan tahun sehingga nilai seni dan jualnya melonjak.

MELATI

Jika bunga melati umumnya ditanam dalam pot dengan ukuran yang tepat, sekarang Anda bisa membuat bonsai jika ingin meletakkannya di atas meja di ruang tamu untuk membawa kesan indah di ruangan. Jasmine akan menghasilkan aroma yang harum, terutama warna putih.

SANCANG

Sancang memiliki daun-daun kecil yang bulat, hijau mengkilat, tebal dalam ukuran. Tanaman sancang mudah ditemukan di Indonesia. Penampilannya yang menarik membuat sancang fit dibuat sebagai tanaman bonsai bagi sebagian orang, terutama penggemar bonsai.

JAMBU BIJI

Jambu biji dihasilkan dari pohon-pohon yang hidup di daerah tropis, berasal dari Brasil, masuk ke Indonesia setelah melewati Thailand. Buah jambu biji diketahui mengandung banyak vitamin C, ada warna putih atau merah dengan rasa asam dan manis. Jambu biji juga termasuk tanaman yang sangat diminati oleh pengumpul bonsai karena batangnya keras dan halus dieja unik. Akar jambu biji juga indah.

DELIMA BATU

Batu delima adalah semak atau rumput yang memiliki duri tajam seperti kentut oranye. Pomegran bisa hidup di dataran rendah atau tinggi. Batang dan ranting yang unik dan daun-daun kecilnya menyerupai pohon menggonggong membuat pengepul bonsai disihir dengan pesona.

ANTING PUTRI

Jenis tanaman untuk membuat bonsai terakhir adalah anting-anting putri. Dengan nama latin Wrightia religiosa, adalah tanaman berbunga yang memiliki daun hijau kecil dengan warna bunga putih seperti melati kecil. Tanaman anting-anting betina hidup di beberapa habitat asli di daerah tropis Australia, Asia, dan Afrika. Anting-anting Bonsai putri banyak digunakan sebagai tanaman dekorasi rumah. Keberadaannya cukup langka membuat anting-anting bonsai putri dibandrol dengan harga jual yang sangat tinggi.

Masih banyak jenis tanaman hias bonsai dari harga termurah hingga termahal di Indonesia. Beberapa tanaman sangat sulit ditemukan karena tidak banyak yang tahu dan perawatannya cukup sulit, terutama dalam hal perawatan. Tapi itu jarang digunakan sebagai alasan untuk kolektor bonsai, mengingat cinta yang besar untuk tanaman kecil ini.