--> Skip to main content

25 Jenis Tanaman Aquascape Bagus Untuk Akuarium Yang Mudah Didapat

Jenis Tanaman Aquascape Bagus Untuk Akuarium. Tanaman aquascape adalah berbagai jenis tumbuhan yang kebanyakan ditempatkan di akuarium sebagai ornamen. Tanaman aquascape yang ada di akuarium tidak hanya menjadi akuarium memperindah, tetapi juga tempat untuk menyembunyikan ikan. Dengan adanya tanaman aquascape di akuarium, maka keberadaannya dapat memperkaya keindahan akuarium.

Tanaman aquascape memiliki banyak jenis. Sebagian besar tanaman ini dapat tumbuh dengan dukungan karbon dioksida tertentu, pencahayaan, suhu, dan pH untuk mendukung proses fotosintesis. Jika Anda ingin menanam aquascape, Anda harus terlebih dahulu mengetahui jenis tanaman aquascape yang mudah tumbuh dan cocok untuk pemula dengan melihat daftar tanamtanaman.com yang telah mengumpulkan hal berikut.

DWARF BABY TEARS (HEMIANTHUS CALLITRICHOIDES)
Jenis Tanaman Aquascape Bagus Untuk Akuarium

Hemianthus Callitrichoides mulai diperkenalkan pada tahun 2000an. Pengembangan nama tanaman aquascape yang berasal dari Kuba telah menyebar luas selama kurang dari sepuluh tahun. Sekarang, banyak orang yang menggunakan Dwarf Baby Tears sebagai dekorasi bagian depan akuarium.

Dwarf Baby Tears memiliki daun yang kecil dan padat. Pabrik aquascape ini memiliki tingkat pertumbuhan sedang dengan ketinggian rendah. Hemianthus Callitrichoides perlu mendapatkan cahaya yang tinggi, tetapi masih mampu beradaptasi dengan kondisi cahaya sedang. Dengan banyak cahaya, karbon dioksida terlarut, dan substrat kaya nutrisi dapat memberikan hasil pertumbuhan terbaik.

HYGROPHILA POLYSPERMA
Jenis Tanaman Aquascape Bagus Untuk Akuarium

Hygrophila Polysperms telah banyak ditanam oleh aquascaper selama bertahun-tahun untuk memberikan dekorasi di akuarium. Tanaman ini sepertinya tidak peduli dengan intensitas cahaya, yang paling penting cahaya masih ada meski intensitasnya rendah. Perawatannya sangat mudah sehingga tanaman aquascape ini cocok untuk pemula.

Untuk keperluan CO2, tampaknya Hygrophila Polysperma juga tidak benar-benar menganggapnya sebagai kebutuhan yang penting. Jadi jangan heran jika banyak orang lebih suka menaruh Hygrophila Polysperma karena tanaman ini selain sangat direkomendasikan untuk pemula, tetapi juga tidak menuntut perlakuan khusus. Satu lagi, Hygrophila Polysperma juga mencakup tanaman yang dapat hidup sebagian di atas permukaan air, dan beberapa tenggelam dalam air (diemisikan).

WINDELOV
Jenis Tanaman Aquascape Bagus Untuk Akuarium

Windelov adalah sejenis tanaman aquascape yang mendapat nama ilmiah Microsorum pteropus. Penamaan Windelov berasal dari Tropica Aquascape, pendiri Holge Windelov. Windelov memiliki ujung bercabang dan bentuk unik yang menjadikannya salah satu tanaman aquascape terindah di dunia.

Tanaman hias Windelov dapat tumbuh hingga 20 cm dengan lebar yang sama. Windelov adalah salah satu tanaman aquascape untuk pemula atau aquascaper yang ahli karena mudah dalam hal perawatan. Tanaman dekorasi penyu yang satu ini juga memiliki pertahanan diri yang kuat, terutama ketika diikat ke akar, ranting kayu, atau ditempelkan ke batu.

JAVA MOSS
Jenis Tanaman Aquascape Bagus Untuk Akuarium

Java Moss adalah tanaman berkelompok keluarga Hypnaceae, berasal dari Asia Tenggara dengan nama ilmiah Taxiphyllum barbieri. Jenis tanaman lumut aquascape java ini relatif mudah dalam hal pemeliharaan karena tidak membutuhkan banyak karbon dioksida dan intensitas cahaya yang tinggi. Java Moss bisa tumbuh dengan baik. Tingkat pertumbuhannya lambat.

MONTE CARLO
Jenis Tanaman Aquascape Bagus Untuk Akuarium

Selanjutnya ada Monte Carlo yang meliputi jenis tanaman aquascape yang dapat digunakan sebagai tanaman karpet di substrat akuarium dengan laju pertumbuhan yang relatif cepat. Monte Carlo tergolong tanaman aquascape yang unik. Ketika terkena cahaya yang kuat, tingkat pertumbuhan lebih tinggi dan menghasilkan karpet sampai batas tertentu.

BUCEPHALANDRA BLACK PHANTOM
Jenis Tanaman Aquascape Bagus Untuk Akuarium

Diperkirakan bahwa tanaman aquascape Bucephalandra Black Phantom berasal dari Kalimantan, Indonesia. Tanaman dari genus Bucephalandra yang satu ini juga biasa dikenal dengan nama Bucephalandra Brownie Phantom. Area tanam lebih tepat di depan akuarium. Untuk pertumbuhan, Bucephalandra Black Phantom tidak membutuhkan cahaya dan karbon dioksida yang tinggi sehingga sangat cocok untuk Anda yang masih pemula.

ANUBIAS COFFEEFOLIA
Jenis Tanaman Aquascape Bagus Untuk Akuarium

Anubias Coffeefolia pertama kali ditemukan di wilayah Afrika Barat. Tanaman air ini biasa ditempatkan di area tengah akuarium yang mendapatkan cahaya tidak terlalu banyak, begitu juga dengan CO2-nya. Anubias Coffeefolia memiliki warna daun merah atau coklat. Pertumbuhan tanaman akuarium Anubias Coffeefolia begitu kompak dan serempak.

CRYPTOCORYNE PONTEDERIIFOLIA
Cryptocoryne Pontederiifolia

Dilaporkan bahwa Cryptocoryne Pontederiifolia berasal dari Sumatera Barat dan Singapura. Tidak ada nama umum dari tumbuhan yang berasal dari keluarga Araceae, genus Cryptocoryne ini. Perawatannya mudah karena bisa beradaptasi dengan berbagai keadaan di mana hidup. Cryptocoryne Pontederiifolia tidak berbeda dengan kondisi pH air, pertumbuhannya tetap optimal dalam air yang sedikit asam atau basa.

CABOMBA CAROLINIANA
Cabomba Caroliniana

Berasal dari Amerika Selatan, Cabomba Caroliniana termasuk tanaman aquascape yang dapat menempati area midground dan latar belakang akuarium. Tingkat pertumbuhan tanaman cabomba ini cukup cepat pada suhu 15 - 26 derajat Celcius. Cabomba Caroliniana termasuk tanaman aquascape perawatan mudah, persyaratan cahaya sedang hingga tinggi, dan injeksi CO2 yang tidak perlu karena sedikit kebutuhan.

CRINUM CALAMISTRATUM 
Crinum Calamistratum

Nama umum dari jenis tanaman aquascape adalah Tanaman Bawang Afrika atau Crium Kamerun, ditemukan pertama di Afrika Barat, kini telah menyebar ke Indonesia. Crinum Calamistratum adalah tanaman hias yang indah, daunnya berwarna hijau gelap.

Tanaman ini membutuhkan tingkat pencahayaan yang tinggi, haus CO2, dan nutrisi yang cukup. Crinum Calamistratum bukanlah tanaman yang di emersikan. Namun, pertumbuhannya yang telah melewati permukaan air akan menghasilkan bunga yang indah.

ECHINODORUS TENELLUS

The aquascape tanaman Echinodorus Tenellus digunakan untuk menghasilkan karpet hijau di akuarium Anda. Tanaman dari kelompok Kata Amazon akan tumbuh menyebar dan menyebar hingga menyerupai rumput. Daun tanaman besar. Pertumbuhannya moderat, tetapi dapat dipercepat dengan menyuntikkan karbon dioksida dan intensitas cahaya yang tinggi. Echinodorus Tenellus dapat hidup mandiri tanpa dilindungi oleh tanaman lain di akuarium.

ELATINE TRIANDRA

Tanaman hias akuarium yang berasal dari Amerika Serikat dan Kanada adalah tanaman karpet di alam liar yang biasanya ditemukan di daerah perairan berlumpur. Bagi Anda yang masih pemula, sebaiknya tidak menanam Elatine Triandra karena tanaman ini milik tanaman yang sulit dirawat, membutuhkan pencahayaan tinggi, dan nutrisi melimpah.

HYDROCOTYLE LEUCOCEPHALA

Hydrocotyle Leucocephala menjadi tanaman aquascape pertama yang ditemukan di Amerika Selatan. Selain menjadi tanaman aquascape, ia juga tumbuh banyak di kolam dan paludarium. Tanaman yang dapat hidup di habitat basah dan cukup berawa memiliki ketahanan yang kuat, pertumbuhan yang sangat cepat menghasilkan daun hijau yang indah. Keberadaannya akan mengisi ruang kosong di akuarium serta menambah nilai estetika di akuarium Anda.

MARSILE HIRSUTA

Marsilea Hirsuta adalah pabrik karpet dari Australia. Tanaman yang tumbuh di karpet ini memiliki bentuk yang indah dengan kemampuan menyebar yang mengelilingi akuarium. Untuk memperoleh daun yang sempurna, tanaman ini harus diberi penerangan yang tinggi, daun Marsilea Hirsuta bisa hidup di emersed dan submersed.

LILAEOPSIS BRASILIENSIS

Sama seperti Marsilea Hirsuta, Lilaeopsis Brasiliensis juga merupakan tanaman karpet yang dapat meramaikan bidang akuarium Anda. Rumput yang dihasilkan oleh tanaman aquascape mirip dengan Hairgrass, Tennelus, dan seterusnya di mana daun terlihat memanjang dari akar tanpa memiliki batang. Aquascape bangkai Lilaeopsis Brasiliensis tumbuh menyebar ke samping. Untuk mendapatkan tanaman yang panjang, pencahayaannya tidak perlu banyak.

DIDIPLIS DIANDRA 

Didiplis Diandra digunakan sebagai tanaman aquascape untuk midground. Meskipun tanaman ini menghasilkan bentuk daun yang unik dan menarik perhatian, tetapi perawatannya cukup sulit sehingga kurang cocok untuk pemula. Dirinya termasuk tanaman hidup yang diemisikan. Ketika tumbuh di permukaan air, Didiplis Diandra akan menghasilkan bunga.

ECHINODORUS X SUBULATUS LUCANAS

Warna hijau yang dimiliki oleh Echinodorus x Subulatus Lucanas adalah keindahan yang sangat diakui. Sebagian besar aquascaper memilih tanaman ini karena perawatannya yang mudah. Tanaman ini memiliki karakteristik yang dapat hidup pada semua jenis kondisi air, bahkan dengan intensitas cahaya minim tanpa suntikan CO2. Daun oval memanjang membuat Echinodorus x Subulatus Lucanas sangat cocok untuk tanaman latar depan (di akuarium besar) atau tanaman di tengah-tengah (di akuarium kecil).

APONOGETON ULVACEUS

Aponogeton Ulvaceus berasal dari Madagaskar, tumbuhan air yang masuk ke dalam spesies Aponogeton. Aquascons di seluruh dunia menganggap varietas yang satu ini paling indah jika dilihat dari bentuk daunnya yang khas. Aponogeton Ulvaceus dapat tumbuh hingga ketinggian 60 cm sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai tanaman hias di belakang akuarium. Aponogeton Ulvaceus juga mudah diobati, sehingga Anda dapat menanamnya tanpa perlu keahlian khusus.

BLEPHAROSTOMA TRICHOPHYLLUM

Blepharostoma Trichophyllum adalah tanaman yang dapat tumbuh dengan mudah di media seperti batu atau kayu karena diklasifikasikan sebagai lumut atau lumut. Tanaman ini cukup kuat dan bisa tumbuh di daerah dengan sedikit penerangan sehingga tidak merepotkan dalam hal perawatan. Blepharostome Trichophyllum dapat tumbuh pada suhu di bawah 27 derajat Celcius.

EGERIA DENSA 

Egeria Densa adalah salah satu tanaman aquascape paling populer yang ditanam di akuarium atau kolam. Pabrik air yang satu ini berasal dari Argentina, Brasil, dan Uruguay. Egeria Densa dapat hidup dalam kelompok yang menghasilkan hamparan hijau yang sangat luas. Tanaman ini sangat direkomendasikan untuk pemula di bidang aquascape karena selain mudah dalam hal perawatan, Egeria Densa juga bisa diperoleh dengan harga yang tidak terlalu mahal.

ECHINODORUS VESUVIUS 

Echinodorus Vesuvius dapat ditempatkan sebagai latar belakang atau tengah (lebih cocok) karena daunnya yang spiral dan sempit. Dengan hasil daun seperti itu, Echinodorus Vesuvius juga lebih disarankan untuk pemula yang ingin memulai perawatan aquascape di akuarium karena tidak menuntut kondisi terbaik akuarium Anda.

CERATOPHYLLUM DEMERSUM

Tanaman aquascape ini dapat ditemukan di mana saja kecuali Antartika. Ceratophyllum Demersum atau yang memiliki panggilan CoonTail lainnya (karena bentuknya yang sama dengan ekor Racoon) tidak memiliki akar seperti tanaman aquascape pada umumnya. Sama dengan Echinodorus Vesuvius, tanaman ini juga tidak terlalu peduli dengan lingkungan sehingga sangat cocok untuk pemula.

CERATOPTERIS CORNUTA

Ceratopteris Cornuta pertama kali ditemukan dan diperkenalkan di Afrika, Asia, Amerika dan Australia. Tanaman air yang satu ini tumbuh mengambang atau mengambang. Meski begitu, itu masih bisa ditanamkan ke substrat seperti batang tanaman dengan catatan pertumbuhan menjadi lebih lambat sehingga membutuhkan intensitas cahaya lebih banyak.

CRYPTOCORYNE BECKETTII PETCHII

Untuk yang baru di dunia aquascape, mungkin disarankan untuk menjaga Cryptocoryne Beckettii Petchii. Tanaman hias yang sudah lama digunakan di akuarium ini mampu beradaptasi dengan kondisi air yang rendah atau tingkat kekerasannya tinggi. Kebutuhan cahayanya tidak terlalu penting bagi tanaman ini meskipun pertumbuhannya lebih baik pada pencahayaan intensif.

BACOPA SP COLORATA

Jenis tanaman aquascape terakhir adalah Bacopa sp Colorata yang belum diketahui dari mana asalnya. Nama umum dari tanaman ini adalah Bacopa Pink, tanaman yang dapat ditempatkan di daerah tengah akuarium dengan kebutuhan akan cahaya dan karbon dioksida sedang. Bacopa sp Colorata memiliki daun berwarna merah sehingga dapat memperkaya warna di akuarium Anda yang biasanya didominasi oleh tanaman aquascape dengan daun hijau.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar