--> Skip to main content

35 Macam Tanaman Hias Beserta Contoh dan Penjelasannya

Macam Tanaman Hias Beserta Contoh dan Penjelasannya. Tanaman hias dalam uraian umum merujuk pada semua tanaman yang sengaja ditanam sebagai komponen taman, kebun rumah, ruang hias, dekorator busana, atau sebagai bunga potong (buket dan karangan bunga).

Ada banyak jenis tanaman hias di Indonesia. Berdasarkan jenisnya, tanaman hias dibagi menjadi 5 bagian, yaitu tanaman hias, tanaman hias, tanaman hias, akar tanaman hias, dan batang tanaman hias. Sedangkan berdasarkan tempat, ada tanaman hias tanaman hias, tanaman gantung, dan tanaman hias air.

Semua tanaman hias menghadirkan kesan cantik dari tubuh, mulai dari bunga, daun, buah, batang, dan bahkan pepagannya. Beberapa tanaman hias juga diketahui memiliki bagian tanaman yang mengeluarkan aroma segar untuk mengharumkan ruangan, atau bisa juga ditanam untuk mempercantik ruangan dan mengusir nyamuk serta serangga.

Tanaman hias dapat ditanam di luar (outdoor) dan ruang indoor (dalam ruangan). Setiap orang dapat menanam tanaman hias mereka sendiri di dalam atau di sekitar rumahnya. Namun, apakah semua tanaman hias memiliki daya tarik? Belum tentu, setiap orang memiliki pandangan masing-masing dalam menentukan nilai kecantikan.

Karena itu, jika saat ini Anda tergoda untuk menanam tanaman hias, lebih baik lihat dulu ulasan dari tanamtanaman.com tentang berbagai tanaman hias beserta contoh dan penjelasan di bawah ini.

MACAM-MACAM TANAMAN HIAS

Seperti dijelaskan sebelumnya, ada lima jenis tanaman hias:


  • Tanaman hias bunga
  • Tanaman hias daun
  • Tanaman hias buah
  • Tanaman hias akar
  • Tanaman hias batang

Sedangkan berdasarkan tempatnya, tanaman hias terbagi menjadi 3, yakni:


  • Tanaman hias biasa
  • Tanaman hias gantung
  • Tanaman hias air

Setelah mengetahui jenis-jenis dan keumuman keberadaannya, selanjutnya Anda bisa melihat contoh dari kelima jenis tanaman hias tersebut berdasarkan kelompok jenis masing-masing.

1. TANAMAN HIAS BUNGA

Tanaman hias bunga didefinisikan sebagai tanaman yang memiliki bunga menarik yang indah dengan satu atau banyak warna. Bunga tanaman hias dapat menambah keindahan suatu ruangan atau lingkungan di sekitarnya dan membuatnya terlihat lebih indah. Anda bisa menanam tanaman hias bunga dalam pot atau di darat.

Ada banyak jenis tanaman berbunga yang bisa Anda tanam di dalam atau di luar (sekitaran) rumah. Berikut beberapa contoh tanaman hias bunga beserta gambar dan penjelasannya.

BUNGA ANGGREK
Macam Tanaman Hias Beserta Contoh dan Penjelasannya

Anggrek adalah tanaman hias bunga yang cukup populer di Indonesia. Bunga anggrek sering digunakan sebagai ungkapan cinta, simbol kemewahan dan keindahan selama ratusan tahun. Bunga yang masuk ke dalam suku Orchidaceae memiliki banyak variasi dengan keindahan yang membawa variasi masing-masing.

Di Indonesia, ada sekitar 5.000 - 6.000 jenis anggrek yang sengaja dibudidayakan atau tumbuh liar. Kita juga dapat dengan mudah menemukan anggrek yang dijual dalam pot di toko-toko tanaman. Anggrek juga biasa digunakan sebagai bunga potong. Pesona bunga anggrek telah membuatnya menjadi bunga nasional Singapura dan Thailand.

BUNGA MAWAR
Macam Tanaman Hias Beserta Contoh dan Penjelasannya

Mawar ini dijuluki sebagai "Queen of Flower" karena memiliki keindahan dan keunikan yang unik. Bentuk yang indah pada kelopak mawar didukung dengan aroma yang menarik. Selain anggrek, tanaman hias mawar juga diakhiri dengan simbol perasaan cinta terhadap seseorang.

Mawar memiliki warna-warna cerah, mulai dari putih, merah, pink, dan ungu. Mawar itu sendiri dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan tempat pertumbuhannya, mulai dari Teh Hibrida, Floribunda, Polyantha, Grandiflora, dan Climbing Rose. Mawar dimasukkan sebagai tanaman hias berbunga yang memiliki nilai ekonomi tinggi karena harga jual satu set tanaman, bunga potong, hingga bunganya bisa menabur jutaan rupiah.

BUNGA MELATI
Macam Tanaman Hias Beserta Contoh dan Penjelasannya

Jasmine diklasifikasikan sebagai tanaman herba yang dimiliki oleh berbagai tanaman hias bunga. Tanaman merambat yang terdiri dari sekitar 200 spesies ini tumbuh subur di iklim hangat dan tropis seperti Eurasia, Australasia, Oceania dan Indonesia. Jasmine terkenal dengan aroma khasnya.

Budidaya bunga melati di Indonesia sudah dilakukan sejak lama. Bahkan, ada satu jenis melati yang digunakan sebagai simbol nasional atau "puspa bangsa" yaitu melati putih (Jasminum sambac) yang melambangkan kemurnian, kemurahan hati, dan memiliki kaitan kuat dengan berbagai tradisi di banyak suku di Indonesia.

BUNGA KEMBANG SEPATU

Hibiscus rosa-sinensis alias hibiscus adalah bunga dengan kelopak berwarna merah yang indah yang tergabung dalam suku Malvaceae. Hibiscus adalah tanaman semak yang berasal dari Asia Timur. Di daerah dengan iklim tropis seperti Indonesia, kembang sepatu lebih sering ditanam sebagai tanaman hias.

Warna merah dengan ukuran kelopak besar melebar menjadi karakteristik dari kembang sepatu. Selain satu warna merah, ada juga hibiscus dengan warna lain seperti kuning, oranye, putih, merah tua, dan pink. Bunga kembang sepatu di Sumatera dan Malaysia disebut bunga. Sementara di Malaysia, tepatnya tanggal 28 Juli 1960, waru disahkan sebagai bunga nasional Malaysia.

BUNGA KAMBOJA

Ditemukan oleh seorang ahli botani Perancis, Charles Plumier, membuat bunga Kamboja menanggung nama Latin Plumeria. Keberadaan bunga kamboja di Indonesia menjadikan tempat bertumbuh untuk mendapatkan anggapan sebagai tempat keramat, seperti di kuburan atau tempat bagi sebagian orang yang masih menjalankan ritual tertentu.

Meski mendapat kesan horor, kamboja milik berbagai tanaman hias dengan keindahan bunga yang tak bisa ditepis. Bunga kamboja dapat digunakan sebagai tanaman obat karena menyimpan sejumlah senyawa bergizi, seperti triterprenoid amirin, lupeol, dan fulvoplumierin. Zat-zat ini dapat membantu meredakan demam, mengatasi peradangan, dan mengurangi rasa sakit.

BUNGA KEMUNING

Kemuning (Murraya paniculata) adalah tanaman tropis yang dapat mekar sepanjang tahun dengan ketinggian pohon mencapai 7 meter. Kemuning sering ditanam sebagai tanaman hias atau tanaman pagar. Bentuk daunnya yang kecil dengan bunga terminal yang harum membuat kemuning lebih dicintai oleh banyak pecinta tanaman.

Tanaman hias bunga kuning adalah salah satu dari banyak tanaman yang tumbuh (karena ditanam) di halaman Rumah Gadang di Minangkabau yang digunakan sebagai penghubung kuda. Dalam warna kuning ada senyawa terisolasi kelas coumarin seperti murremeranzin, murrangatin isopropylidene, murralonginal, dan pranferin. Oleh orang Indonesia dan Filipina, daun kuning umumnya digunakan untuk diare dan disentri.

BUNGA ALAMANDA

Allamanda cathartica biasa disebut sebagai bunga alam atau bunga terompet emas, bunga bel kuning, atau bunga buttercup adalah tanaman hias yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Selain kedua tempat ini, bunga-bunga alami juga banyak ditemukan tumbuh di Brasil yang biasa digunakan oleh masyarakat sebagai dekorasi karena memiliki bentuk yang indah.

Pesona alamanda tidak hanya bisa dinikmati oleh mata, tetapi juga tubuh. Hal ini diketahui berdasarkan hasil penelitian bahwa bunga alami memiliki beberapa fungsi medis, seperti getah tanaman yang memiliki sifat antibakteri dan antibiotik terhadap bakteri Staphylococcus. Bunga alami juga sering digunakan untuk mencegah komplikasi dari malaria dan pembengkakan limpa.

BUNGA LILY

Tanaman hias yang memiliki nama menawan, Lily, atau Lilium adalah bunga musim panas yang dapat mempercantik bagian depan atau belakang rumah Anda dengan menanamnya dalam pot. Bunga lili sudah dikenal sejak zaman Yunani Kuno tidak hanya menarik dari segi kelopak, tetapi juga memiliki aroma harum wanginya yang harum.

Di dunia ada sekitar 100 jenis bunga lily. Kebanyakan jenis tanaman bunga yang satu ini memiliki warna yang lembut. Penggunaannya selain tanaman hias juga sering dijual sebagai bunga potong. Siapa pun yang melihat bunga yang telah menyebar dari Eropa ke Asia pasti akan kagum dengan bunga-bunga indah, termasuk Anda.

BUNGA KENANGA

Selanjutnya ada juga Kenanga yang juga termasuk aneka bunga tanaman hias. Kenanga juga dikenal dengan nama latin Cananga odorata. Kenanga sendiri adalah nama bunga dan pohon yang menghasilkannya. Ada beberapa forma kenanga yaitu macrophylla, genuina, dan kenanga semak atau Cananga odorata fruticosa yang banyak ditanam sebagai tanaman hias di halaman.

Pertumbuhan kenang dipengaruhi oleh sinar matahari. Tanaman yang menghasilkan bunga indah ini menyukai tanah dengan kandungan asam di habitat aslinya di hutan hujan. Warna bunganya hijau kekuning-kuningan, keriting seperti bintang laut, daunnya panjang, halus, dan berkilau. Semak Kenanga adalah yang paling banyak ditanam karena tanaman dekorasi rumah dapat tumbuh setidaknya tiga meter.

BUNGA BOUGENVILLE
Macam Tanaman Hias Beserta Contoh dan Penjelasannya

Disampaikan dalam bahasa Indonesia, Bugenvil, adalah tanaman hias yang sangat populer di seluruh dunia. Bunga bougainvillea dihasilkan dari pohon kecil yang sulit tumbuh tegak. Keindahan yang menjadi daya tarik bugenvil terletak dari selubung bunga yang memiliki warna cerah yang menarik perhatian orang-orang yang melihatnya.

Di beberapa bagian tanaman bugenvil memiliki warna yang menambah keindahan bunga. Selain perawatan yang mudah, menanam bugenvil juga banyak dimaksudkan untuk menambah nilai keindahan halaman rumah atau taman. Pesona bunga bugenvil bisa menjadi bahan pembicaraan banyak orang, mulai dari bentuk ke warna.

BUNGA GERANIUM 

Geranium adalah tanaman abad pertengahan yang sebagian besar berasal dari Afrika Selatan. Warna bunga geranium terdiri dari putih, merah muda, merah dan ungu, dengan gradasi lembut dan tidak mengganggu. Campuran warna pada kelopak yang membuat bunga geranium sengaja ditanam untuk membawa suasana menenteramkan di atau halaman rumah.

Selain sebagai tanaman hias, bunga geranium juga diolah menjadi banyak wewangian untuk minyak yang biasa disebut sebagai minyak Pelargonium. Minyak pelargonium berwarna kuning pucat coklat atau kehijauan dengan bau menyerupai mawar. Minyak digunakan sebagai parfum, sabun, dan bahkan salep.

BUNGA EDELWEISS

Bunga Edelweiss adalah tanaman hias yang jarang ditanam sebagai tanaman dekorasi rumah. Mengapa? Karena Edelweis hanya mampu tumbuh di dataran tinggi seperti puncak dan gunung dengan intensitas sinar matahari penuh. Karena itu, bunga edelewis hanya bisa dilihat oleh pendaki gunung yang menyukai alam bebas.

Bunga Edelweiss yang sudah akrab dengan pendaki ini dapat menembus ke dalam jiwa melalui keindahan dan keabadian (pemekaran yang berpengalaman dalam waktu yang lama) yang ia tampilkan. Bunga edelweiss asli atau Bunga Abadi dapat ditemukan di beberapa daerah pegunungan di Indonesia, seperti di pegunungan Jawa, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, dan Lombok.

BUNGA MATAHARI

Bunga matahari adalah tanaman musiman dari kenikir-kenikiran yang sudah akrab bagi penduduk Indonesia. Kehadiran bunga matahari di depan rumah bisa menjadi penghias teras rumah karena bunga matahari juga termasuk dalam berbagai tanaman bunga hias yang populer di Indonesia.

BUNGA TULIP

Jika Anda sering melihat tulip di banyak lukisan, Anda mungkin berpikir bahwa tulip berasal dari Belanda. Meskipun tidak, tulip adalah bunga hias yang berasal dari negara Turki, atau lebih tepatnya ditemukan pada masa pemerintahan kekhalifahan Utsmani Utsmaniyah. Namun penyebarannya yang cepat membuat bunga tulip sebagai tanaman hias bunga yang identik dengan karakteristik bunga negara-negara Eropa, seperti Belanda.

BUNGA ASOKA 

Bunga Ashoka adalah tanaman hias yang sering dikaitkan dengan cinta dan kesucian. Bagi umat Hindu, pohon yang menghasilkan bunga dengan warna-warna indah dan bentuk unik dianggap sebagai pohon suci. Di Indonesia, ada dua jenis bunga asoka yang biasanya ditanam untuk reboisasi atau hanya sebagai tanaman hias.

BUNGA ASTER 

Aster cukup populer di Indonesia. Pertumbuhan menjadi keuntungan tersendiri karena tidak memiliki periode berbunga yang berarti aster dapat menghabiskan bunga sepanjang tahun. Selintas bunga aster menyerupai bunga matahari, tetapi banyak yang menganggap bahwa bunga aster jauh lebih indah daripada bunga matahari. Untuk alasan itu, banyak orang menggunakan bunga aster ungu untuk membentuk mahkota yang dipangkas rapi dengan warna yang cerah dan mempesona.

2. TANAMAN HIAS DAUN

Bunga tanaman hias adalah tanaman hias pertama, selanjutnya ada daun tanaman hias. Apa itu? Secara garis besar, daun tanaman hias merupakan salah satu jenis tanaman hias yang memiliki keindahan dan ciri khas pada daun. Di Indonesia, ada banyak peminat tanaman hias daun. Untuk mengetahui apa saja tanaman hias yang populer di Indonesia, berikut adalah beberapa di antaranya.

KUPING GAJAH

Teling gajah dengan nama latin Anthurium Crystallinum adalah tanaman hias daun yang banyak ditanam untuk menghias ruangan dan halaman rumah. Tanaman ini memiliki daya tarik tersendiri yang terlihat pada bentuk pola dan warna ornamen daun yang besar dan berbentuk seperti jantung yang tampak seperti telinga gajah.

SUPLIR

Selain suplir, tanaman ini juga dikenal sebagai Adiantum. Tanaman hias suplir atau adiantum memiliki penampilan khas yang membuatnya mudah dibedakan dengan jenis tanaman pakis lainnya. Suplir milik anak-anak suku Vittarioideae, suku Pteridaceae secara luas tumbuh untuk menghias ruang atau taman.

AGLAONEMA

Algeonema lebih akrab dengan salam sriaan rejeki, meruapakan tanaman hias yang berasal dari suku talas (Araceae). Sri Rejeki memiliki habitat asli di hutan hujan tropis dengan intensitas penyinaran rendah dan kelembaban tinggi. Modern, aglaonema telah dikembangkan menjadi tanaman yang sangat menarik dengan berbagai warna, bentuk, dan ukuran yang membuatnya menjadi milik berbagai tanaman hias daun yang berbeda dari spesies alami.

KELADI RED STAR (CALADIUM BICOLOR)

Keladi hias memiliki keindahan yang terletak pada bentuk dan warna daun. Kelopak tulang Bintang Keladi merah berbentuk seperti bintang dengan tangkai merah jambu merah terang dan hitam. Tanaman dekorasi rumah ini termasuk dalam tanaman yang menyukai cahaya, sehingga mereka dapat ditanam dan ditempatkan di luar rumah di bawah sinar matahari penuh.

PAKU TANDUK RUSA

Di Indonesia, tanaman keluarga Polypodiaceae juga dikenal dengan nama lain Simbar Menjangan. Tidak semua tanduk rusa yang termasuk kelompok paku epifit digunakan sebagai tanaman hias. Rusa tanduk rusa yang terkenal sebagai tanaman hias antara lain adalah P. bifurcatum. Jenis daun tanaman hias dari koloni rimpang memiliki banyak cabang sehingga memiliki lebih dari satu titik pertumbuhan.

DIEFFENBACHIA

Berbagai jenis tanaman hias adalah Dieffenbachia terkenal berikutnya yang biasa ditanam di pekarangan rumah. Keindahan dalam bentuk kanopi dan warna daun bervariasi: hijau dengan bintik-bintik hijau dan kuning. Dieffenbachia juga dikenal sebagai daun bahagia atau bunga bahagia.

SAKA ASPARAGUS PLUMOSUS

Daun tanaman hias selanjutnya adalah Saka Asparagus Plumosus yang tergabung dalam keluarga Asparagus Plumosus, tanaman hias dari sejenis paku yang memiliki daun lebat menyerupai jarum halus dengan jumlah besar. Jarum halus berbentuk daun yang membuat tanaman ini sangat cocok untuk dekorasi ruangan.

PALEM KUNING

Jika Anda memiliki halaman rumah yang besar dan bingung apa yang ditanam dengan tanaman, coba tanam Yellow Palem. Telapak tangan kuning adalah tanaman hias tahan sinar matahari yang tergabung dalam suku pinang-pinangan, berasal dari Madagaskar dan sekarang dapat ditemukan dengan mudah di negara ini.

ZAMIA

Tanaman hias zamia adalah tanaman gurun yang dapat menggambarkan periode purba. Karena padang pasirnya, zamia memiliki ketahanan terhadap udara kering (dapat hidup optimal pada 30 - 35 celcius). Bagi Anda yang ingin mengolah tanaman ini bisa dengan menggunakan tunas akar yang ditanam dalam pot. Tanaman hias Zamia bisa hidup selama lebih dari lima tahun.

CALATHEA

Berasal dari Amerika Selatan, tepatnya di Kolombia dan Venezuela, Calathe banyak digunakan sebagai tanaman hias rumah atau tanaman hais dalam ruangan. Tanaman yang memiliki nama tanaman doa populer atau tanaman merak ini mengantongi keindahan pada lebar daun bagiaan dengan bentuk elips dan oval yang sensitif terhadap cahaya gelap dan pada malam hari akan melipat dengan sendirinya.

SPIDER PLANT

Jika Calathea adalah tanaman doa karena daunnya dapat melipat dirinya sehingga dianggap sebagai tanaman yang sedang berdoa, tidak seperti halnya dengan Spider Plant. Tanaman hias ini disebut tanaman laba-laba karena ketika tangkai tanaman menyentuh tanah, maka akan memakan akar alias merambat. Tanaman Spider Tanaman diklasifikasikan menjadi tanaman hias gantung yang memiliki kemampuan untuk menyerap racun berbahaya yang mencemari udara di sekitar rumah Anda.

3. TANAMAN HIAS BUAH

Selanjutnya, kita akan melihat apa yang dimasukkan sebagai berbagai tanaman hias buah.

JERUK NAGAMI
JERUK NAGAMI

Pertama, ada Nagami atau Nagami Kumquat, tanaman penghasil jeruk yang berasal dari genus Citrus dicirikan oleh buah oval dan potongan kecil buah. Jeruk nagami tidak hanya ditanam sebagai tanaman dekorasi rumah, tetapi buahnya juga bisa dimakan langsung karena bekerja dengan rajin. Uniknya, nagami tidak hanya mampu menikmati keindahan dan rasa dagingnya, tetapi kulitnya juga memiliki rasa yang lebih manis dari daigngnya sendiri.

CABAI PELANGI 
CABAI PELANGI

Tidak banyak yang akrab dengan cabai pelangi. Cabai warna-warni adalah buah dari tanaman yang berasal dari Amerika Selatan (ada yang mengatakan dari Brasil dengan nama Bolivia Rainbow). Cabai yang lebih berwarna ditanam sebagai tanaman hias atau dibudidayakan dalam skala besar untuk memetik manfaatnya.

BUAH NAGA

Buah naga, siapa yang tidak tahu? Rasanya enak dan kesegaran daging membuat buah naga tidak pernah kehabisan penggemar. Selain dikonsumsi, buah naga yang ditanam itu juga bisa memberikan penampilan yang menarik di mata. Awalnya, tanaman ini dibawa oleh Prancis dan Guyana ke Vietnam pada tahun 1870 sebagai tanaman hias dan dianggap oleh orang Cina dan Vietnam sebagai buah berkah.

NANAS MEDUSA
NANAS MEDUSA

Nanas medusa atau nanas mahkota adalah sejenis tanaman hias yang menyimpan keunikannya sendiri. Keunikannya bisa dilihat dari penampilannya. Buah nanas yang dihasilkan dapat menghasilkan buah nanas miniatur yang menonjol di semua sisi buah nanas yang paling penting.

NANAS MERAH
NANAS MERAH

Selain nanas medusa, ada juga nanas merah yang benar-benar memiliki warna merah jambu. Tanaman penghasil buah yang indah ini umumnya ditanam hanya untuk memberikan nilai estetika pada halaman. Meski demikian, buah nanas merah tetap bisa dinikmati daging. Menurut orang Cina, nanas merah dianggap sebagai buah rezeki.

LEMON

Buah lemon yang tergabung dalam spesies tanaman hias diimpor jeruk impor dari Australia. Ciri khas buah lemon inport ini bisa dilihat dari penampilan buah yang berbentuk oval dan warna kuning cerah. Jeruk lemon impor dapat dikenali tidak hanya dalam warna, tetapi juga dalam aroma yang lebih harum daripada lemon lokal, dan juga kulit yang lebih tebal. Untuk rasa, jeruk nipis impor juga memiliki rasa asam, sama seperti lemon lokal.

***

4. TANAMAN HIAS AKAR
TANAMAN HIAS AKAR

Akar tanaman hias memiliki keunggulan pada akar. Beberapa jenis tanaman hias yang biasa ditanam adalah akar Ficus benyamina, Ficus elastica, Canarium spp., Artacarpus altilis, dan beberapa nama lain dari berbagai kelompok atau keluarga.

5. TANAMAN HIAS BATANG
TANAMAN HIAS BATANG

Batang tanaman hias adalah tanaman yang memiliki daya tarik pada batangnya, baik karena bentuk atau ukuran batangnya. Contoh spesies tanaman hias yang biasa ditemui adalah bambu air, bambu kuning, kamboja, kaktus, dan bambu.

APA ITU TANAMAN HIAS BIASA, GANTUNG, DAN AIR?

Tanaman hias biasa adalah tanaman hias yang tumbuh dan dirawat di tempat biasa, di tanah, tidak digantung dan tidak hidup di air. Biasanya ditanam di pot atau di tanah di pekarangan rumah. Beberapa tanaman hias yang sering ditanam adalah bonsai dan palem.

Menggantung tanaman hias adalah tanaman hias yang juga ditanam dalam pot, tetapi diletakkan di udara dengan digantung. Beberapa tanaman hias yang digantung adalah anggrek, lobelia, geranium, begonia, dan fuchsia.

Tanaman hias yang disebut air atau hidrofita adalah tanaman yang bisa menyesuaikan dengan habitat akuatik, baik dibenamkan sebagian atau terkubur semua bagian. Tanaman hias dapat digunakan sebagai kolam hias agar terlihat lebih indah dan menawan dengan keberadaan air tanaman hias. Beberapa tanaman hias populer termasuk lotus atau seroja, bambu air atau equisetum, lotus, papirus air, semanggi, kiambang, azolla, apu-apu, air melati, calla lily, enceng gondok, selada air, tetepok atau telipuk, tifa, air pisang, kuning air poppy, air canna, gulma gelung, keladi hitam, tanaman mosaik, dan keladi-keladian.

Anda bisa mempercantik ruangan dan halaman rumah Anda dengan nama-nama tanaman yang dimasukkan ke dalam berbagai tanaman hias. Dengan kehadiran mereka, rumah Anda akan terasa lebih segar, indah, dan indah.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar