Cara Mudah Menanam dan Merawat Bunga Sedap Malam

Cara Mudah Menanam dan Merawat Bunga Sedap Malam
Cara Mudah Menanam dan Merawat Bunga Sedap Malam
Cara Menanam dan Merawat Bunga Sedap Malam. Bunga sedap malam adalah salah satu dari banyak tanaman hias yang dirawat di halaman. Bunga-bunga yang sedap malam memiliki nama ilmiah Polianthes tuberosa, sedangkan dalam bahasa Melayu disebut bitch night. Tanaman dengan bunga cantik banyak digunakan untuk pembuatan parfum dengan mengambil minyak bunga.

Tanaman Bunga sedap malam bukan berasal dari Indonesia tetapi dari Meksiko. Bunga yang sering disebut oleh ratu malam ini bisa mekar di malam hari. Selain itu, tanaman diberi nama malam karena aroma harum dan harum dari bunga ini akan lebih berbau di malam hari.

Karena aromaBunga sedap malam itu identik dengan sesuatu yang eksotis, manis, dan rumit, banyak orang tertarik menanamnya. Ada beberapa tahapan dalam kegiatan penanaman maupun perawatan, berikut ini akan dibahas bagaimana mananam dan merawat bunga di malam hari dalam pot yang dapat disimpan di sekitar rumah Anda sebagai tanaman hias.
Cara Menanam dan Merawat Bunga Sedap Malam

CARA MENANAM BUNGA SEDAP MALAM


Yang pertama akan kita bahas adalah bagaimana menanam bunga malam yang lezat. Bagaimana?

SYARAT TUMBUH SEDAP MALAM
Untuk menanam tanaman tidak begitu sulit. Bunga malam sebagai tanaman hias tidak terlalu dimanjakan untuk tempat pertumbuhan. Jadi, sabun bisa ditanam langsung di media tanam tanah di tanah atau menggunakan media tanam lain seperti pot atau polybag.

Bunga malam adalah tanaman yang dapat mengalami pertumbuhan yang baik dengan hasil bunga yang baik ketika dibudidayakan di dataran rendah dengan kisaran ketinggian antara 600 - 1.500 meter di atas permukaan laut. Jika penanaman di dataran, maka sedap malam akan menghasilkan bunga dengan tangkai panjang yang kurang kuat sehingga nilai estetika akan berkurang.

Tanaman hias yang memiliki aroma khas pada bagian bunga ini dapat tumbuh optimal jika ditanam di dataran rendah dengan pH tanah bersuhu 5 - 5,7. Jika Anda menemukan bahwa Anda tinggal di dataran tinggi, maka lebih baik pikirkan kembali untuk membudidayakan tanaman ini karena meskipun dapat tumbuh di dataran tinggi, penampilan dan perkembangannya tidak baik.

PROSES PEMBIBITAN
Seperti halnya kegiatan pembibitan beberapa tanaman hias lainnya, bunga juga dibutuhkan benih yang harus dibiarkan terlebih dahulu agar mudah bertunas. Temukan bibit-bibit malam yang berangin, tujuannya adalah untuk melipatgandakan tanaman semanis malam.

Pilih umbi dari tanaman lama, minimal 1,5 tahun dengan tinggi 1 - 2 cm. Setelah umbi, simpan selama satu bulan penuh agar cepat tumbuh sehingga meningkatkan kemungkinan tanaman tumbuh sempurna ketika ditanam.

PROSES PERSIAPAN MEDIA TANAMAN
Karena menanam bunga malam yang kita diskusikan menggunakan media yang terdapat dalam bentuk pot atau polybag, maka media tanam yang lebih ideal untuk mengisinya adalah campuran dari beberapa media tanam. Buat campuran media tanam dengan perbandingan 1: 1: 1 dengan tanah, arang sekam, dan pupuk kandang atau kompos.

Setelah media tanam dicampur dengan rata, selanjutnya Anda langsung masuk ke pot atau polybag. Jangan lupa sebelum Anda menggunakan pot atau polybag di bagian bawahnya ada lubang kecil (drainase). Dengan demikian, risiko pembusukan akar tanaman karena penyiraman menjadi lebih kecil karena ada lubang drainase air di bawah media pertumbuhan.

PROSES PENANAMAN
Langkah terakhir adalah kegiatan penanaman. Proses penanaman bunga cukup mudah, Anda hanya perlu membuat lubang dalam 5 cm pada media tanam yang telah dimasukkan ke dalam pot. Setelah itu, masukkan umbi tanaman yang telah disimpan tadi ke dalam lubang, lalu tutup dengan tanah dan padatkan.

Ketika umbi ditanam, segera ambil air untuk menyirami tanaman. Lakukan penyiraman secara teratur agar umbi bertunas lebih cepat. Begitu sampai tahap ini, Anda hanya perlu berhati-hati untuk memperhatikan kelembaban penanaman agar tidak kering dan tidak terlalu basah.

CARA MERAWAT BUNGA SEDAP MALAM

Untuk menumbuhkan bunga malam agar tidak mudah layu dan juga tahan lama, Anda perlu menerapkan cara merawat bunga yang tepat di malam hari. Bunga mirip malam sama dengan tanaman lain yang memerlukan perawatan tertentu agar tumbuh maksimal.

Perawatan pertama yang harus Anda lakukan adalah menyirami tanaman rutin di pagi dan siang hari sampai umbi mengeluarkan tunas. Jika tanaman mulai tumbuh besar, dosis penyiraman dapat dikurangi menjadi satu hari, itu bersedia di pagi atau sore saja.

Pada saat memasuki usia 6 bulan, lakukan pemupukan tambahan untuk pertumbuhan yang didukung dengan baik. Untuk membuat pupuk, Anda bisa menggunakan kompos atau pupuk kandang. Selain pupuk kandang, Anda juga bisa menggunakan pupuk buatan sendiri dari campuran urea dan TSP dengan perbandingan 1: 1.

Perawatan perawatan di malam hari selain menyiram dan memberikan nutrisi adalah memberi cukup asupan matahari pada tanaman. Sinar matahari diperlukan untuk tanaman untuk memproses fotosintesis atau pengolahan makanan. Dengan terpenuhinya semua kegiatan perawatan, maka tanaman Anda yang sejuk akan lebih cepat berbunga.

KHASIAT DAN MANFAAT BUNGA SEDAP MALAM


Setelah Anda berhasil menanam bunga malam yang lezat, maka Anda juga harus tahu beberapa manfaat yang dimiliki oleh bunga malam.

Bisul dan Bengkak

Bagian akar bunga dapat digunakan untuk memecah bisul dan mengurangi rasa sakit memar atau bengkak. Cara membuat ramuan pengobatan adalah dengan mengambil akar malam seperlunya, lalu dicuci dengan air hingga bersih. Setelah bersih, hancurkan akarnya hingga halus dan tempelkan pada area permukaan kulit yang berisi bisul atau bengkak.

Katarak

Bagian dari kelopak bunga dapat digunakan oleh orang-orang dengan katarak. Caranya, sediakan sekitar 50 bunga bunga sedap malam, lalu rebus pada 1.500 cc air hingga mendidih. Diamkan hingga air dingin, lalu gunakan untuk mencuci mata.

Reumatik

Meski bunga malam digolongkan menjadi tanaman hias, namun di beberapa daerah banyak yang membuatnya sebagai keluarga tanaman obat. Orang menggunakan akar malam untuk mengobati rematik. Caranya, sediakan 30 gram akar bunga sabun malam, gula merah, jahe merah sekitar 20 gram, dan 400 cc air. Rebus semua bahan, sampai mendidih, saring dan minum air dua kali sehari.

Sakit tenggorokan

Jika Anda terserang sakit tenggorokan, segera ambil akar malam di halaman rumah Anda. Campurkan 20 gram akar gurih semalam dengan sambiloto sambiloto sebanyak 25 gram ke dalam 600 cc air mineral. Rebus hingga setengahnya tersisa, lalu saring dan minum ramuan sehari dua kali masing-masing 150 cc.

Influensa

Di dalam bagian akar tanaman disimpan banyak senyawa kimia yang memiliki fungsi pengobatan. Salah satunya untuk menyembuhkan influenza. Cara menggunakan, ambil sekitar 20 gram akarnya rendam malam, lalu siapkan juga 15 gram jahe dan 2 gram batang daun bawang putih. Rebus semua bahan dalam 600 cc air hingga tersisa setengahnya, lalu tunggu dingin dan minum dua kali sehari masing-masing dengan dosis yang sama.

Menambah Stamina

Jika aktivitas sehari-hari menguras energi Anda, maka segera kembalikan dengan membuat ramuan penambah stamina dari bunga malam. Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan malam dengan beberapa bumbu. Persiapkan 50 bunga bunga per malam, 1 butir telur ayam, 100 gram udang, 50 gram kacang polong, jahe dan bawang putih secukupnya. Tumis semua bahan dengan minyak goreng tanpa kolesterol dan encerkan jagung, masak hingga matang.

Campuran Parfum

Selain memiliki manfaat kesehatan, ternyata menjadi lezat juga bisa membuat seseorang lebih percaya diri karena memiliki aroma baju yang harum. Benar, malam sudah lama digunakan suku Asmat untuk membuat minyak parfum. Hingga saat ini, banyak produsen produk wewangian yang menggunakan campuran bahan salah satunya adalah malam bunga yang nikmat.

Begitulah cara menanam bunga malam yang enak, cara merawatnya bersama dengan manfaat atau kemampuan bunga malam yang lezat. Pastikan Anda selalu memperhatikan pertumbuhan dan kondisi tanaman agar tidak layu dan selalu menjaga rumah Anda tetap cantik dan harum.