--> Skip to main content

Pengertian Autocad dan Fungsinya Dibidang Industri

Autocad adalah perangkat lunak CAD yang memiliki fungsi menggambar atau mendesain objek 2 dimensi atau 3 dimensi dengan sistem CAD. Autocad adalah salah satu perangkat lunak yang cukup populer dengan keunggulannya dalam mengembangkan produknya. Perangkat lunak ini diproduksi oleh Autodesk mulai dari versi pertama 1.0 yang diluncurkan pada tahun 1982. Seiring dengan perkembangan zaman yang ada, Autocad terus mengembangkan versi terbaru dengan fitur-fitur menarik.

Biasanya Autocad digunakan oleh Insinyur Sipil, Arsitek, Listrik, Mesin dan beberapa pekerjaan serupa lainnya. Di zaman modern seperti saat ini, Autocad sangat populer terutama untuk menggambar 2 dimensi dan 3 dimensi dengan mudah. Selain mudah digunakan, keunggulan Autocad lainnya mampu melakukan pekerjaan dengan waktu yang relatif singkat dan tentu saja didukung oleh kualitas gambar yang baik. Bagi Anda yang tidak tahu dengan jelas perangkat lunak Autocad dan fungsinya, berikut adalah penjelasan tentang perangkat lunak Autocad.
Pengertian Autocad dan Fungsinya Dibidang Industri


Sejarah Autocad

Autocad adalah salah satu perangkat lunak yang dikembangkan oleh perusahaan desain otomatisasi terbesar di dunia yang berkantor pusat di California, Sausalito, Autodesk, Inc. Autocad pertama kali diluncurkan pada Desember 1982. Autocad menjadi produk andalan Autodesk dan telah menjadi program desain paling populer di dunia. Perangkat lunak Autocad berasal dari program yang disebut "Berinteraksi" yang ditulis dalam diskusi kepemilikan (SPL) oleh penemunya, Riddle Michael. Pada awal versi, perangkat lunak ini dapat digunakan pada Marinchip 9900 System.

Saat ini Autocad dilengkapi dengan satu set lengkap pemodelan solid dasar dan peralatan 3D. Autocad 2007 sudah memiliki pemodelan 3D yang bagus dan dapat digunakan untuk navigasi. Selain itu, juga dapat dengan mudah mengedit objek 3D. Untuk Autocad 2010, telah diperkenalkan dengan fungsi parametrik dan pemodelan mesh. Setelah merilis Autocad 2011 untuk Mac, untuk versi windows tidak memiliki fitur yang dapat ditemukan di Mac. Dan seiring dengan perkembangan teknologi baru, Autocad meluncurkan versi terbaru dengan fitur dukungan lanjutan lainnya.

Fungsi Autocad

CAD adalah singkatan dari Computer Aided Drafting and Design program. Jika dilihat dari situ, maka Anda bisa menebak apakah perangkat lunak ini digunakan dalam bidang gambar atau desain. Perangkat lunak ini sering digunakan dalam bidang desain grafis, arsitektur, sipil, mekanik, engginering dan berbagai bidang pekerjaan lain yang terkait dengan desain objek tertentu. Dengan menggunakan perangkat lunak ini, Anda akan lebih mudah menghasilkan objek yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Hasil gambar Autocad memiliki kualitas tinggi dan dapat dibuat menyerupai bentuk aslinya. Bahkan Anda juga bisa menyesuaikan ukuran hasil desain. Menggunakan Autocad, dapat menghasilkan gambar desain dengan akurasi tinggi, mudah dan dengan waktu yang sangat efisien. Beberapa fungsi Autocad sebagai alat dalam desain bangunan industri dan teknik adalah:


  • Rancangan design pesawat terbang
  • Rancangan bangunan rumah gedung atau jembatan
  • Rancangan design model industri mobil
  • Rancangan membuat baut, mur, palu, mesin dan masih banyak lainnya.

Keunggulan Menggunakan Autocad


1. Proses desain atau menggambar relatif singkat

Bagi Anda yang tidak punya banyak waktu untuk merancang pekerjaan Anda, Autocad menjadi program yang tepat. Menggambar menggunakan Autocad hanya akan membiarkan Anda menjalankan program Autocad yang sudah diinstal pada sistem komputer Anda. Pekerjaan TI Paling Penting, Tips Membeli Kebutuhan Kapasitas RAM yang Sesuai)

2. Presisi dan akurasi tinggi

Dengan menggunakan Autocad untuk mendesain suatu objek maka hasil yang diperoleh jauh lebih tepat jika dibandingkan dengan menggambar secara langsung.

3. Hasilnya mudah didokumentasikan

Autocad memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk langsung mencetak atau merencanakan. Agar file gambar yang telah Anda buat Anda dapat langsung menyimpannya di folder komputer dengan nama file yang Anda inginkan.

4. Mudah untuk mengedit

Perangkat lunak ini juga memungkinkan Anda untuk mengedit gambar yang Anda buat tanpa harus menghapus atau menariknya kembali. Tentu ini berbeda jika Anda menngambarnya secara manual. Semua objek yang dilakukan di Autocad dapat dengan mudah diedit seperti memindahkan, menghapus, menyalin, merusak, memangkas, memperpanjang, mirroe, array, memutar, dan banyak pengeditan lainnya.

5. Layar gambar besar

Autocad juga telah didukung dengan area gambar untuk mencetak dan merencanakan.


Tips Menggunakan Autocad


1. Memahami alur kerja Autocad

Banyak buku yang mengeksplorasi tentang penggunaan Atuocad, biasanya mereka akan menjelaskannya secara detail. Jadi pengguna pemula dapat mengoperasikan Autocad dengan benar. Tetapi kadang-kadang beberapa dari mereka tampak sangat sulit dimengerti. Jadi Anda harus memahami alur kerja perangkat lunak ini.

Dasar untuk mengoperasikan Autocad adalah untuk mengaktifkan alat dan memperhatikan baris perintah. Dengan cara ini Anda dapat dengan mudah memahami langkah apa yang harus dilakukan. Command line adalah panduan penting dalam pengoperasian Autocad. Tujuannya adalah untuk mempermudah menjalankan perangkat lunak ini. Semakin kompleks kebutuhan Anda akan smekain banyak baris perintah yang Anda temui.

2. Paham manajemen gambar Autocad

Perangkat lunak ini awalnya mengadopsi langkah gambar secara manual. Jadi untuk membuatnya mudah, Anda dapat mengoptimalkan fungsinya dengan menggunakan manajemen layar dengan lembar set pengguna dan beberapa fitur lainnya.

3. Mengoptimalkan kinerja F1 atau Help file

Jika Anda mengalami masalah, Anda dapat menggunakan fitur File bantuan bahkan jika tidak terhubung ke internet. Dengan menggunakan fitur ini, maka sistem yang Anda jalankan akan menemukan relevansi relevan yang mudah Anda temukan.

4. Kunjungi menu tentang Autocad

Anda dapat mengakses "tentang Autocad" dan mendapatkan informasi tentang berbagai fitur yang tidak Anda ketahui sebelumnya. Semakin banyak informasi yang Anda ketahui, semakin mahir Anda dalam mengoperasikan perangkat lunak.

Nah itu berbagai informasi tentang fungsi Autocad hingga manfaat fitur di dalamnya. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda untuk menjalankan desain perangkat lunak ini. Semoga berhasil.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar