--> Skip to main content

Macam Macam Software Presentasi Offline Selain Powerpoint

Bagi Anda pekerja kantoran atau siswa tentu tidak asing dengan presentasi. Presentasi banyak digunakan dalam dunia kuliah, kantor, atau dalam kehidupan komunitas. Misalnya jika Anda bekerja di kantor, jika Anda memiliki ide dan ingin menyampaikan kepada karyawan lain, Anda dapat menyampaikan informasi dan ide dalam presentasi. Makna penyajiannya adalah penyampaian materi kepada banyak orang dengan tujuan dan tujuan tertentu. Dengan tujuan itu, slide presentasi harus dibuat menarik dan efisien sehingga poin-poin penting dapat disampaikan dan orang-orang yang melihatnya tidak akan bosan.

Seiring perkembangan teknologi, banyak orang kini menggunakan perangkat lunak presentasi untuk membuat slide presentasi. Perangkat lunak presentasi yang paling banyak dicari adalah yang memiliki fitur untuk menyimpan cloud dan dapat dengan mudah dihubungkan oleh pemirsa yang melihat. Yang harus Anda perhatikan dalam memilih perangkat lunak presentasi adalah yang dapat mengimpor langsung dari berbagai media seperti gambar, teks, video, dan animasi. Dalam hal gratis atau berbayar tentu saja tergantung pada penggunaan pengguna.
Macam Macam Software Presentasi Offline Selain Powerpoint


Dengan melihat penjelasan diatas, tentunya software presentasi memiliki beberapa keunggulan, seperti:


  • dapat merancang suatu animasi pada pembuatan slide presentasi. Dengan menambahkan animasi ataupun gambar dan suara dalam slide anda pastinya akan membuat presentasi akan lebih hidup dan menarik perhatian audiens. Sehingga tidak akan membuat audiens cepat bosan dan informasi yang tersampaikan akan mudah dicerna.
  • dapat membuat presentasi dari sebuah produk, seminar, dan lainnya.
  • menampilkan slide-slide yang digunakan untuk presentasi.
Nah berikut ini kumpulan software-software presentasi yang banyak digunakan saat ini dari yang free hingga berbayar, bahkan dari yang offline hingga berbasis online.

Macam Macam Software Presentasi

1. Microsoft Power Point

Tentu saja perangkat lunak ini bukan sesuatu yang asing bagi pengguna komputer atau laptop Anda. Power point adalah fitur yang paling banyak digunakan pengguna. Ini karena kelengkapan fitur di dalamnya dan cara menggunakan software ini cukup mudah. Power point dikembangkan oleh Microsoft dan sudah mencapai versi 2010.

2. Impress - LibreOffice

Perangkat lunak presentasi ini adalah paket dari libreoffice. Seperti halnya power point, Impress dapat menampilkan presentasi dan cara membuatnya dengan sangat mudah dan efektif. Perangkat lunak ini menciptakan pengeditan yang fleksibel dan berbeda. Mode tayangan adalah normal, garis besar, selebaran, penyortir slide, catatan, dan banyak lagi. Impress juga dapat menambahkan gambar ke presentasi untuk membuatnya lebih menarik dan komunikatif.

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan efek, slide show, dan animasi sesuai dengan kebutuhan presentasi Anda. Impress juga dilengkapi dengan tipe fitur dan hanya huruf yang berbeda yang dapat memodifikasi penampilan presentasi Anda. Impress dapat digunakan di semua sistem operasi dan bahkan smartphone dengan basis android.

Untuk sistem requirements Impress antara lain adalah:

  • Minimal RAM 512 Mb
  • Space pada hardisk 2 Gb
  • Resolusi layar yang digunakan 1024×768
3. Prezi

Prezi adalah perangkat lunak presentasi dalam bentuk kanvas virtual yang disebut babi hutan di dunia nyata. Aplikasi ini sangat mendukung untuk menambahkan komponen ke presentasi seperti gambar, video, pengaturan ZOOM, atau menambahkan navigasi 2D dan 3D. Zoom digunakan untuk melihat presentasi dengan jelas sementara penambahan navigasi dimaksudkan untuk memfasilitasi kontrol materi saat Anda mempresentasikannya.

Teknologi terbaru dari prezi bahkan dapat digunakan pada browser, komputer, iPad, dan iPhone. Selain itu, prez juga menyediakan fitur untuk memudahkan Anda untuk berbagi presentasi di berbagai media seperti pdf, ppt, jpg, dan format lainnya. Prezi juga memudahkan bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu dalam membuat slide presentasi karena mereka menyediakan template di dalamnya.

Untuk sistem requirements:

  • Browser yang dapat digunakan antara lain Firefox 3,6, Chrome 4, Safari 4 dan lainnya
  • Untuk prosesor PC minimal 2,33 Ghz dan untuk notebook minimal Intel atom 1,6 Ghz
  • Ukuran RAM sebesar 1 Gb
  • Space hardisk 1 Gb
4. Kpresenter

Bagi Anda pengguna Linux tentu tidak asing dengan perangkat lunak yang satu ini. Perangkat lunak ini dirancang untuk digunakan sebagai Power Point KDE-nya. Oleh karena itu Anda akan menemukan beberapa kesamaan antara power point dengan Kpresenter. Ini bisa menjadi keuntungan jika Anda ingin pindah dari titik daya.

Fitur pendukungnya juga sangat membantu Anda dalam membuat presentasi seperti berbagai teks, gambar, bagan, dan banyak lagi yang dapat membuat presentasi Anda lebih menarik. Keuntungan dari Kpresenter lainnya adalah menghasilkan tayangan slide dalam bentuk HTML sehingga ketika Anda selesai mengerjakannya, Anda dapat langsung mengunggahnya ke situs web.

5. Keynote

Perangkat lunak yang satu ini dibuat oleh Aple yang mungkin menjadi saingan untuk produk dari Microsoft. Keynote jauh lebih unggul dalam transisi dan animasi jauh lebih halus dan memiliki berbagai fitur menarik di dalamnya. keynote diluncurkan dalam dua versi. Versi pertama untuk sistem operasi Mac dan dukungan kedua untuk iOS. Beberapa fitur menarik yang ada dalam perangkat lunak ini meliputi:

  • Fitur Tema: Fitur ini dapat memungkinkan pengguna keynot untuk menjaga konsistensi warna dan font dalam presentasi termasuk grafik dan tabel
  • Dual monitor support : fitur ini dapat membuat pengguna menunjukkan slide presentasi di layar monitor namun pengguna juga masih melihat dari dekstop atau catatan lain dari layar perangkat.
  • Dapat mendukung semua format video QuickTime dalam slide show
  • Kompatible dengan Apple remote dan aplikasi keynote remote pada iPhone dan iPod touch.
  • Fitur transisi slide 3D OpenGL didalamnya mampu membangun gulir kubus yang dapat membalikkan halaman presentasi sehingga terlihat menarik.
Nah itulah beberapa perangkat lunak atau aplikasi presentasi yang mungkin sering digunakan banyak orang saat ini. Dengan bantuan perangkat lunak seperti ini tentu akan membuat presentasi presentasi Anda lebih menarik dan tidak membuat bosan bagi orang yang membacanya. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar