--> Skip to main content

Perbedaan Windows 32 Bit dengan 64 Bit Kelebihan Dan Kekurangannya

Aktivitas harian Anda tampaknya tidak dapat dihindari dari penggunaan komputer. Komputer itu sendiri memiliki banyak fungsi baik di dunia offline maupun online. Bahkan di dunia yang semakin maju ini, tentunya kita dituntut untuk lebih memahami tentang teknologi. Karena itu tentunya Anda harus belajar lebih banyak tentang komputer dan sistem yang ada di dalamnya. Sistem operasi komputer yang paling banyak digunakan adalah ubuntu, linux, dan windows. Namun sepertinya penggunaan jendela cukup banyak di kalangan masyarakat sekarang. Dari pekerja ke siswa biasanya menggunakan sistem operasi windows dari Microsoft. Bagi Anda yang menggunakan windows pasti sudah mendengar sistem 32 bit dengan 64 bit. 

Lalu apa itu? Pada dasarnya windows dibuat dengan sistem 32 bit dan 64 bit. Kedua hal ini pasti memiliki perbedaan dan fitur pendamping di dalamnya. Sehingga performanya juga akan berbeda. Jadi Anda bisa tahu dengan jelas apa saja perbedaan windows 32 bit dengan 64. Berikut penjelasannya di bawah ini.
Perbedaan Windows 32 Bit dengan 64 Bit Kelebihan Dan Kekurangannya


1. Jumlah RAM yang digunakan

Perbedaan yang cukup mencolok antara sistem 32 bit dengan 62 bit pada sistem operasi windows adalah RAM maksimum yang dapat digunakan. Hal ini tentunya banyak diketahui pengguna pengguna komputer. Setiap sistem memiliki batasan yang berbeda. Untuk sistem operasi berbasis Windows 32 bit memiliki pembatasan RAM lebih sedikit bila dibandingkan dengan sistem 64 bit. Windows 32 bit hanya memiliki batas maksimum penggunaan memori RAM kurang dari 4 GB (sekitar 3,2 GB) dan akan bekerja paling baik ketika menggunakan 1 GB atau 2 GB RAM. Sedangkan untuk windows 64 bit saja dapat menggunakan lebih dari 4 GB RAM. Ketika windows 32 dipaksa menjadi 4GB RAM maka hanya 3GB yang akan dibaca. Ini karena perbedaan antara arsitektur prosesor windows 32 bit dengan 64 bit.

2. Peforma sistem windows

Perbedaan juga bisa dilihat pada kinerja prosesor. Jika dibandingkan, tentu saja teknologi prosesor 64 bit lebih canggih bila dibandingkan dengan teknologi 32 bit. Windows 32 bit dengan prosesor 32 bit juga memiliki kemampuan di bawah 64 bit. Jadi kombinasi prosesor dan windows hanya mampu melakukan pekerjaan ringan saja. Selain itu, prosesor 32 bit tidak dapat digunakan untuk membuka aplikasi berat. Adapun windows 64 dengan 64 bit processo sangat tepat ketika digunakan untuk melakukan pekerjaan berat seperti desain, video, editing dan lain-lain.

3. Kemampuan dalam memproses data

Perbedaan lain adalah dalam hal kinerja komputer itu sendiri. Angka 32 dan 64 yang tercantum sebenarnya mewakili jumlah data yang dapat diproses dalam satu putaran. Untuk windows 32 bit saat melakukan proses satu kali, data yang dapat dimuat adalah 32 bit. Adapun windows 64 bit akan memproses data 64 bit lebih cepat dan maksimal dalam satu putaran.

4. Segi Kompatibilitas Software

Perbedaan mencolok lainnya yang cukup berpengaruh adalah kompatibilitas perangkat lunak yang dapat digunakan pada sistem operasi windows. Untuk windows 32 bit, sistem ini tidak dapat menjalankan perangkat lunak 64 bit. Sebaliknya, 64 bit windows dapat dengan bebas menjalankan perangkat lunak 32 bit atau 64 bit.

Dari perbedaan yang disebutkan di atas maka Anda dapat melihat berbagai kekurangan dan kelebihan sistem windows 32 bit dan sistem windows 64 bit.

Kelebihan windows 32 bit:


  • dapat menjalankan aplikasi-aplikasi terdahulu dengan basis 16 bit seperti komputer versi lama
  • lebih kompatibel bila digunakan pada driver lama dan cocok bila digunakan pada komputer yang RAM nya kurang dari 4 GB dan laptop atau notebook versi lama.
  • Lebih optimal bila digunakan untuk RAM dengan kapasitas 2 GB


Kekurangan windows 32 bit:


  • tidak dapat menggunakan RAM yang kapasitasnya lebih dari 4 GB
  • tidak dapat menjalankan program-program yang berbasis 64 bit
  • tidak dapat menjalankan aplikasi dan game yang terlalu berat dan emmbutuhkan spesifikasi yang besar.


Kelebihan windows 64 bit:


  • Lebih cepat dan maksimal dalam pengolahan data serta lebih efisien
  • dapat bekerja optimal pada prosesor 64 bit
  • dapat juga menjalankan program-progam yang berbasis 32 bit dan kompatible
  • sangat direkomendasikan untuk digunakan untuk membuka aplikasi dan game yang berat serta program program terbaru.


Kekurangan windows 64 bit


  • sangat tidak direkomendasikan bila digunakan untuk PC lama
  • bagi anda yang menggunakan sistem windows ini harus memiliki spesifikasi PC yang tinggi.

Untuk mengetahui apakah komputer yang anda jalankan menggunakan windows 32 bit atau 64 bit anda dapat melakukan cara-cara dibawah ini

Untuk komputer yang menggunakan windows 7 atau vista:

  • Buka system dengan meng klik start lalu klik kanan pada computer, kemudian klik properties
  • Di bagian bawah system , anda dapat melihat jenis sistem windows apa yang ada gunakan di komputer anda.

Untuk komputer yang menggunakan sistem operasi windows XP:

  • Klik start
  • Lalu klik kanan pada my computer dan klik properties
  • Bila anda tidak melihat kata “x64 edition” terdaftar maka sistem windows yang anda gunakan adalah sistem windows 32 bit windows XP
  • Jika anda menemukan “x64 edition” di bawah sistem maka anda saat ini sedang menggunakan sistem windows 64 bit pada komputer anda
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar