--> Skip to main content

Membuat Aplikasi Android Sederhana Dengan Android Studio

Siapa orang-orang hari ini yang tidak mengenal Android? Android adalah OS open source yang dikembangkan oleh Google Inc. dan telah menjadi salah satu OS paling populer untuk smartphone yang digunakan oleh komunitas dunia saat ini. Android dikenal memiliki beberapa versi yang namanya terinspirasi oleh nama camilan manis, seperti Froyo (Forzen Yoghurt), Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jellybean, Kitkat, Lollipop, Marsmallow, Nougat, dan versi terbaru untuk menjadi dirilis nanti adalah versi Oreo. Bahkan, ada juga berbagai jenis antarmuka pengguna Android yang dikenal oleh masyarakat karena banyaknya varian vendor smartphone smartphone,

Hampir semua perangkat smartphone beredar di seluruh dunia menggunakan OS Android. Android kini akrab bagi komunitas dunia di era teknologi saat ini, bahkan mereka dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan OS Android itu sendiri.

Seiring dengan perkembangannya sebagai OS smartphone yang paling banyak digunakan, banyak pengembang aplikasi yang mencoba untuk mendapatkan keuntungan melalui platform Android ini. Banyak dari aplikasi mereka yang sering digunakan oleh banyak orang, misalnya Whatsapp, Facebook, Path, Shareit, Trello, dan lain-lain. Tentu saja, setiap aplikasi memiliki kelebihannya sendiri dan menyesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.
Membuat Aplikasi Android Sederhana Dengan Android Studio

Anda mungkin penasaran, bagaimana aplikasi bisa menguntungkan? Lalu bagaimana cara membuat aplikasi Android? Apakah Anda suka mengutak-atik perangkat Android Anda dan ingin mencoba membuat aplikasi Android Anda sendiri? Tenang, kami akan memberi Anda beberapa cara untuk membuat aplikasi Android Studio sebagai perangkat lunak pembuatan aplikasi berbasis Android. Jangan butuh waktu lama, mari kita lihat cara:

1. Instal Android Studio

Nah namanya juga akan membuat aplikasi Android, pastinya Anda membutuhkan perangkat lunak untuk membuat aplikasi. Nah, nama perangkat lunak untuk membuat aplikasi Android adalah Android Studio. Anda dapat mengunduh perangkat lunak Android Studio di situs web Pengembang Android. Kemudian Anda menginstal Android Studio di komputer Anda (PC) atau laptop. Cara menginstal Android Studio cukup mudah kok. Jika Anda bingung, Anda dapat mengunjungi situs web Pengembang Android, karena ada bantuan dalam memasang Android Studio di komputer Anda.

2. Buat Proyek Baru

Setelah terinstal, Anda dapat menjalankan aplikasi Android Studio yang telah Anda instal di komputer Anda. Caranya, di perangkat lunak Android Studio, di menu Mulai Cepat, pilih "Mulai Proyek Studio Android Baru".

Kemudian, akan muncul Tab Form. Isi "Nama Aplikasi" dengan nama aplikasi yang ingin Anda buat, "Domain Perusahaan" untuk nama domain perusahaan Anda (Contoh: www.exitit.com Anda dapat dengan bebas mengisi bagian ini); dan teman-teman dapat memasuki lokasi proyek. Setelah itu, klik tombol "Next" untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

Di bagian selanjutnya, periksa opsi "Telepon & Tablet", lalu tentukan SDK minimum yang sesuai dengan perangkat Android Anda. Ya Anda tidak salah baca, perangkat Android Anda. Nanti, Anda akan menggunakan perangkat Android Anda untuk uji coba aplikasi yang telah Anda buat untuk Android. Namun, jika Anda tidak memiliki perangkat Android, Anda masih dapat menggunakan beberapa emulator Android terbaik yang tersedia di internet.

Selanjutnya klik "Next" lagi. Kemudian klik "Aktivitas Kosong", simpan formulir secara default. Terakhir, klik "Selesai".

3. Edit Tampilan Aplikasi Pertama Anda

Sekarang, Anda memasuki area activity_main.xml. Anda harus perhatikan, Tab Desain harus terbuka dengan tampilan activity_main.xml. Langkah selanjutnya, seret dan jatuhkan kata "Halo, Dunia!" Ke pusat layar untuk tampilan yang lebih baik. Kemudian, di bagian Project File System, yang dapat Anda temukan di sisi kiri layar, buka Folder Nilai. Kemudian klik dua kali pada bagian "strings.xml".


Di dalam file, cari kata "Halo, Dunia!". Anda dapat mengganti kalimat dengan kalimat pilihan Anda. Kalimat itu gratis, misalnya Anda ingin menggantinya dengan kata-kata "Selamat Datang" atau kalimat lain. Nah, sekarang Anda bisa kembali ke activity_main.xml.

4. Menambahkan Tombol Operasi

Buka kembali menu Tab Desain dan buka file activity_main.xml. Kemudian di menu Paletter, pilih varian "Button" yang terletak di sisi kiri layar. Tarik dan jatuhkan tombol ke area tengah layar. Simpan tombol di bawah kalimat sebelumnya yang Anda buat.

Untuk menyesuaikan tampilan tombol, pilih bagian Properties yang terletak di sisi kanan layar dan klik "Next". Di bagian ini, ubah kata "Tombol Baru" yang sesuai dengan selera Anda. Contoh "Mulai Aksi", "Berikutnya" atau kata lain.

5. Merancang Tampilan Aplikasi Lanjutan

Sekarang, kita akan membuat tampilan aplikasi berikutnya yang akan Anda buat. Cara pertama, klik kanan pada menu "Aplikasi". Klik Baru> Aktivitas> Aktivitas Kosong. Anda mengganti Activity dengan kalimat yang sesuai dengan selera Anda, misalnya "Other Views". Kemudian, klik "Selesai". Kemudian, Anda pergi ke bagian Tab Desain, tepatnya masuk ke area activity_second.xml.

Selanjutnya, drag dan drop pada Text Box ke area tengah layar. Kemudian, ketikkan saja Id Kotak Teks dalam file. Buka lagi strings.xml. Kemudian, buat area baru di bawah Kotak Teks sebelumnya yang telah Anda pilih sebelumnya. Buat kalimat baru sesuai keinginan Anda. Misalnya "Anda memasukkan pandangan berikutnya", dan kalimat lainnya.

Sekarang Anda kembali ke activity_second.xml. Kemudian, klik "Kotak Teks" lagi. Di menu Properties, klik "Text" dan pilih "@ string / second_page". Baik! Di bagian ini, Anda dapat mendesain berbagai macam bagian yang ingin Anda sertakan ke dalam aplikasi buatan Anda. Anda dapat menambahkan fitur, gambar, musik dan sejenisnya sesuai dengan tema aplikasi yang Anda buat.

Misalnya jika Anda ingin menambahkan gambar ke aplikasi yang Anda buat, caranya adalah menyalin gambar dari folder gambar yang Anda simpan. Sebagai saran, salin gambar dengan ekstensi .png agar tidak gagal saat aplikasi dimuat ke dalam ekstensi apk. Kemudian, buka proyek aplikasi Anda di Android Studio, klik aplikasi> klik res> klik kanan pada drawable. Tempel gambar Anda hanya ke folder itu. Kemudian beri nama baru untuk gambar Anda dan akhirnya klik OK. Jika demikian, masukkan sintaks tertentu ke dalam file XML.

6. Percobaan

Setelah aplikasi siap dijalankan, klik tombol Run. Selanjutnya akan muncul pilihan aplikasi yang akan dijalankan / dibuild pada perangkat apa. Jika Anda memiliki perangkat Android, hubungkan perangkat Android Anda ke komputer Anda. Setelah terhubung, perangkat Android Anda akan menampilkan tampilan Pilih Perangkat. Agar lebih cepat, Anda tinggal memilih Pilih Menjalankan Perangkat. Namun, jika Anda tidak memiliki perangkat Android, maka Anda dapat memilih "Launch Emulator" lalu klik OK.

Selain menggunakan emulator yang disediakan oleh Android Studio, Anda juga dapat menggunakan perangkat lunak Bluestack untuk mencoba aplikasi buatan Anda. Jika Anda mengikuti cara-cara untuk menghubungkan Android Studio dengan Bluestack di situs kami dengan baik, Anda dapat segera mencoba aplikasi Anda di aplikasi Bluestack.

Keuntungan jika Anda menggunakan perangkat Android Anda sendiri adalah, komputer Anda tidak akan mengambil sumber daya memori yang cukup karena semua proses aplikasi Android Anda berjalan pada perangkat Android Anda. Sangat cocok bagi Anda yang memiliki spesifikasi komputer yang kapasitas memorinya agak kecil. Namun, Anda pasti akan harus menyesuaikan aplikasi Anda dengan perangkat Android Anda. Jadi, Anda harus menyesuaikan kembali jika Anda ingin membuat aplikasi untuk perangkat Android lainnya.

Namun, jika perangkat Android Anda memiliki kapasitas RAM yang kecil, ada cara untuk mengatasi Android lambat karena RAM kecil, terutama ketika Anda mencoba aplikasi Anda sendiri. Anda dapat membacanya di situs kami.

Begitu banyak artikel kami kali ini tentang cara membuat aplikasi Android Studio. Semoga cara-cara yang telah kami bahas di atas dapat menambah rasa ingin tahu Anda untuk mencoba membuat aplikasi Android. Jangan menyerah saat membuat aplikasi Android, karena kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar