--> Skip to main content

Cara Instal Ulang Windows Laptop untuk Pemula Paling Mudah Dilakukan

Laptop adalah salah satu alat yang dibutuhkan kebanyakan orang saat ini. Peran laptop yang bisa menjadi "komputer" yang bisa dibawa ke mana saja membuat perangkat ini adalah perangkat komputasi utama masyarakat saat ini. Seiring waktu, produsen laptop ini merilis produk laptop terbaru dengan keunggulan baru, seperti penggunaan OS terbaru, penggunaan SSD (Solid State Drive), USB 3.0, layar lebih jernih, dan ketebalan laptop semakin tipis.

Terkadang, ada masalah di OS (operating system) yang membuat performa laptop kita tidak bagus. Masalahnya bisa disebabkan oleh beberapa hal, umumnya disebabkan oleh virus. Memang, masalah virus di komputer dapat ditangani dengan menginstal antivirus di laptop kita. Namun, seiring perkembangan zaman, virus komputer dapat membuat OS laptop bisa semakin bermasalah. Jika demikian, salah satu cara untuk menghapus virus malware pada OS yang sudah diinstal pada laptop harus diinstal ulang sehingga virus komputer yang menginfeksi laptop dapat hilang. Seringkali, untuk menyelesaikan semua masalah OS di laptop, instal ulang cara terakhir untuk memecahkan masalah.
Cara Instal Ulang Windows Laptop untuk Pemula Paling Mudah Dilakukan

Jika laptop Anda membutuhkan penginstalan ulang, Anda membaca artikel yang tepat. Pada kesempatan ini kita akan membahas cara menginstal ulang laptop. Hal yang harus Anda perhatikan adalah, cara yang akan kita tunjukkan kali ini ditujukan untuk pengguna OS Windows Vista / 7/8 / 8.1 / 10. Jika Anda adalah pengguna Windows XP atau Linux, Anda dapat menyesuaikan beberapa poin tentang cara-cara yang akan kita bahas. Oh ya, pastikan Anda sudah mengetahui perbedaan Linux dengan Windows dengan baik. Nah, tanpa basa-basi lagi, di sini kita mulai membahas.

1. Back-Up Data Anda di OS Lama

Sebelum Anda menginstal ulang, buat cadangan semua data yang tersimpan di laptop Anda, terutama yang disimpan di partisi C. Alasannya adalah bahwa partisi ini akan diformat ketika akan diinstal ulang untuk diinstal dengan OS baru. Anda dapat menggunakan CD-RW, CD-R, DVD-R, DVD-RW, flash disk, atau hard disk drive terbaik untuk penyimpanan data cadangan. Untuk mencari file cadangan dengan mudah setelah penginstalan ulang, buat folder terpisah pada media penyimpanan yang Anda gunakan.

2. Colokkan Charger Laptop Anda ke Sumber Listrik

Instal ulang laptop terkadang membutuhkan waktu lama. Untuk mencegah daya baterai laptop habis ketika proses instal ulang berjalan, Anda harus menghubungkan charger laptop Anda ke sumber listrik. Bagus saat baterai penuh atau hampir penuh. Kalau mau habis, ga ga tau tau lagi kan?

3. Siapkan Instalan OS Baru

Namanya juga menginstal ulang, artinya Anda harus menyiapkan perangkat instal untuk OS yang akan Anda instal. Jika Anda telah membeli CD instalasi OS laptop Anda, baik versi resmi (asli) atau bajakan, maka Anda cukup mengaturnya. Namun, jika Anda hanya memiliki soft copy dari instalasi OS laptop Anda, maka Anda harus menggunakan flash disk yang digunakan sebagai media instalan OS. Untuk membuat media instalasi OS dari flash disk, Anda perlu mengatur:


  • sebuah flash disk berukuran minimal 8 GB
  • software “burning” file image disk ke flash disk (Contoh: Windows 7 Download Tool, Win to Flash)

Sebagai informasi, biasanya soft copy dari instalan OS berupa image disk dalam format ISO (berekstensi .iso). Setelah ketiga alat di atas telah siap, maka Anda ikuti cara bootable flashdisk di bawah ini:


  • Instal software “burning” image disk ke flash disk
  • Colokkan flashdisk ke laptop
  • Buka software pembaca file image disk
  • Pilih file ISO yang akan “di-burn”
  • Pilih flashdisk yang akan dijadikan media instalan OS
  • Pilih Start Over pada software
  • Tunggu hingga proses pembuatan media instalan OS selesai
  • Jika sudah selesai dan flash disk akan digunakan untuk media instalan OS di laptop lain, cabut flash disk dengan baik dan benar menggunakan Safety Eject Removable Media
  • Namun jika akan digunakan untuk media instalan OS di laptop yang sama, jangan cabut flash disk-nya.
Oh iya, pastikan instalan OS yang akan Anda instal sesuai dengan kemampuan laptop Anda, khususnya pada bit yang dipakai, apakah 32 atau 64 bit. Pastikan Anda sudah tahu perbedaan Windows 32 bit dengan 64 bit.


4. Nyalakan ulang Laptop Anda

Untuk memulai proses penginstalan ulang, Anda harus keluar dari semua aktivitas di OS lama Anda. Oleh karena itu, tutup semua aplikasi yang terbuka di laptop dan simpan semua data yang masih bekerja pada OS lama. Setelah itu, Anda dapat me-restart laptop Anda.

5. Masuk ke BIOS Laptop Anda

Setelah laptop Anda dihidupkan ulang dan memunculkan logo produsen laptop, segera tekan tombol tertentu untuk masuk ke pengaturan BIOS. Kunci untuk masuk ke pengaturan BIOS bervariasi, tergantung pada produsen laptop. Misalnya, salah satu cara memasukkan BIOS laptop HP adalah dengan menekan tombol Esc. Ada juga beberapa produsen laptop yang menggunakan tombol F2, Fn + F2, atau F1. Jika Anda bingung, lihat saja bagian bawah layar ketika laptop menunjukkan logo pabrikan laptop. Pastikan laptop Anda tidak memiliki gejala komputer tidak bisa masuk ke BIOS.

6. Masukkan Media Instalan OS ke Laptop

Sebelum mulai mengatur BIOS, masukkan terlebih dahulu media penginstal OS laptop Anda. Jika media Anda menginstal CD atau DVD, masukkan ke dalam CD / DVD Drive di laptop Anda. Jika media instalannya merupakan flash disk, maka tancapkan ke port USB di laptop Anda. Poin ini harus diikuti jika Anda menggunakan flash drive sehingga ketika mengatur urutan boot di BIOS, flash disk Anda dapat dibaca.

7.Atur Urutan Booting Melalui CD / Flash Disk menjadi Urutan Pertama

Di pengaturan BIOS, buka tab Boot atau Boot Device. Kemudian pilih Boot Device Choices atau menu untuk memilih urutan perangkat boot. Biasanya, dalam urutan pertama, adalah hard drive. Ubah urutan CD / DVD atau Flash Disk ke urutan pertama. Jika ya, simpan pengaturan BIOS. Kemudian, keluar dari tampilan BIOS.

8. Tekan Sembarang Tombol

Setelah Anda keluar dari tampilan BIOS dan logo produsen laptop muncul, Anda akan melihat "Tekan sembarang tombol untuk boot dari CD atau DVD...". Nah, sesuai dengan petunjuk di layar, tekan tombol apa saja pada keyboard untuk masuk ke menu instalasi OS.

9. Mulai Instal Ulang

Di bagian ini, pilih Bahasa Inggris di opsi Bahasa; Bahasa Indonesia (Indonesia) dalam pilihan format Waktu dan mata uang; dan AS untuk pilihan Keyboard atau metode input (biasanya dipilih secara default saat memilih bahasa). Kemudian pilih Berikutnya. Dan kemudian pilih Instal Sekarang. Kemudian ketika dalam hal lisensi lihat, centang "Saya menerima persyaratan lisensi" lalu klik Berikutnya.

10. PIlihan Instal Ulang

Anda akan disajikan dengan dua opsi, yaitu Upgrade atau Custom. Dalam diskusi kali ini, kita akan membahas banyak tentang opsi Custom. Jadi pilih Kustom.

11. Pilihan Partisi

Sekarang kita memasuki tahap yang cukup membingungkan dalam menginstal ulang (sebenarnya mudah jika Anda mengerti). Di bagian ini, Anda akan memilih di mana partisi OS baru Anda akan diinstal. Jika Anda ingin menghapus semua data di OS lama, pilih partisi OS lama Anda (biasanya pada jenis akan mengatakan "System"), lalu pilih Drive Options, lalu pilih Format. Klik OK untuk melanjutkan dan menunggu proses memformat partisi OS lama Anda.

Jika demikian, maka Anda dapat menghapus partisi "sistem cadangan" dan partisi yang baru saja Anda format. Biasanya, setelah dihapus, kedua partisi bergabung menjadi "ruang yang tidak terlindungi". Dari alokasi, Anda dapat membagi lagi ukuran partisi untuk OS baru Anda. Hanya setelah semua alokasi "ruang yang tidak ditata" telah habis, Anda memilih partisi yang telah Anda bagikan. Kemudian, pilih Berikutnya.

Atau jika Anda malas membagi-bagi partisi, Anda tinggal memilih partisi yang baru saja Anda format. Kemudian pilih Berikutnya.

Setelah itu, tunggu hingga proses instalasi OS Anda sampai tertulis "Mulai ulang dalam 10 detik ..."

12. Setelah Restart

Setelah laptop restart, itu akan muncul lagi "Tekan sembarang tombol untuk boot dari CD atau DVD...". Untuk saat ini, Anda tidak menekan tombol apa pun pada keyboard. Setelah tulisan hilang dan tampilan boot OS baru muncul, maka Anda harus menunggu sisa proses instalasi OS baru Anda sampai tampilan baru muncul.

13. Atur Nama Pengguna dan Nama Komputer

Tampilan baru setelah proses instalasi OS baru selesai adalah mengatur nama pengguna dan nama komputer. Untuk bagian ini, ketikkan nama sesuai keinginan Anda. Kemudian, klik Berikutnya.

14. Atur Password OS Laptop

Kemudian, Anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi untuk masuk ke OS. Jika Anda tidak ingin OS laptop Anda menjadi kata sandi, Anda tidak perlu mengisi apa pun dan klik Next. Sementara itu, jika Anda ingin menambahkan kata sandi untuk masuk ke OS laptop Anda, atur kata sandi sesuai keinginan. Pastikan kata sandi mudah diingat. Jangan lupa juga untuk mengisi Password Hint untuk membantu Anda jika sewaktu-waktu Anda lupa kata sandi OS laptop Anda.

15. Masukkan Product Key

Ketik kunci produk OS laptop Anda. Pastikan tidak ada salah satu karakter yang salah. Kemudian, hapus centang "Secara otomatis mengaktifkan Windows ketika saya sedang online". Kemudian klik Next.

Tetapi jika Anda tidak memiliki kunci produk, cukup klik Berikutnya.

16. Windows Update

Di bagian ini, jika OS Anda asli, pilih "Gunakan pengaturan yang disarankan". Tetapi jika tidak, pilih "Ask me later”. Lalu, klik Next.

17. Setel Tanggal dan Waktu Laptop

Di bagian ini, pastikan jam dan tanggal pada laptop sama dengan saat Anda menginstal ulang. Jika Anda yakin, klik Berikutnya.

18. Pilihan Jaringan

Jika Anda terhubung ke jaringan internet (atau jaringan lokal) maka Anda akan dihadapkan dengan opsi jaringan yang Anda gunakan. Pilih Jaringan Publik.

Tetapi jika Anda tidak terhubung ke internet, maka Windows biasanya akan memindai sinyal wi-fi di sekitar laptop Anda. Jika Anda malas menghubungkan laptop Anda dengan wi-fi, Anda dapat memilih Skip. Atau jika Anda bahkan ingin mundur, maka pilih jalur akses yang menjadi sumber koneksi internet Anda.

19. Masuk ke OS Laptop Anda

Jika Anda sebelumnya mengatur kata sandi untuk masuk ke OS, maka masukkan kata sandi. Kemudian tekan Enter pada keyboard atau klik tombol panah di layar. Selamat, sekarang laptop Anda telah diinstal ulang.

20. Instal Driver Komponen Laptop Anda

Setelah OS telah diinstal ulang, langkah selanjutnya adalah menginstal driver untuk komponen laptop Anda. Biasanya driver yang dibutuhkan adalah driver suara, video, LAN, jaringan nirkabel, touchpad, bluetooth, dan chipset.

Jika ketika Anda membeli laptop Anda, Anda sudah mendapat CD driver, kemudian masukkan CD ke CD Drive di laptop Anda. Namun, jika Anda tidak memilikinya, Anda dapat mengunduhnya dari situs web resmi pabrikan laptop Anda. Setelah diunduh, instal driver.

Atau, Anda dapat mencoba perangkat lunak pencarian driver otomatis tanpa koneksi internet. Perangkat lunak ini akan menemukan driver untuk komponen di laptop Anda. Yang menarik, Anda tidak perlu menggunakan internet untuk dapat menggunakan perangkat lunak ini.

Sudahkah Anda mendaftarkan semua cara untuk menginstal ulang laptop yang kita diskusikan di atas? Meskipun menginstal ulang adalah cara yang ampuh, tetapi Anda tidak boleh menginstal ulang terlalu sering, karena ada bahaya laptop sering diinstal ulang. Semoga Anda dapat menginstal ulang OS di laptop Anda dan semoga artikel ini kami dapat membantu memecahkan masalah laptop Anda.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar