--> Skip to main content

9 Macam Macam User Interface Terbaik Smartphone Android

Antarmuka pengguna adalah tampilan yang ditampilkan kepada pengguna untuk dapat berinteraksi dengan sistem, dalam hal ini sistem operasi android. sampai sekarang ada berbagai antarmuka pengguna yang tersedia untuk sistem operasi android. Berikut beberapa antarmuka pengguna yang tersedia untuk sistem operasi Android:

1. Stock UI

Stock UI adalah UI default dari google. Setiap ponsel keluaran google seperti android dan nexus menggunakan UI ini. UI dari google ini tergolong lebih ringan dibandingkan UI lainnya karena google tidak menambahkan service service yang terlalu berat pada UI ini. Anda bisa mengatakan UI ini adalah UI yang berisi tampilan dasar OS Android. Tampilan UI asli ini dirancang oleh google sehingga pengguna UI ini akan benar-benar merasakan desainnya sederhana namun mudah diingat yang biasanya disajikan oleh desain aplikasi yang dibuat oleh google. Saat ini versi android terbaru adalah versi android 7.o nougat.

2. MIUI

MIUI adalah UI yang dikembangkan oleh Xiaomi untuk ponsel merek Xiaomi. Produsen ponsel android dari tirai bambu China sangat antusias untuk mengembangkan UI khusus untuk digunakan untuk produksi ponsel. Di masa-masa awal kemunculan UI ini telah banyak kritikan karena beberapa alasan. Salah satu alasan paling terkenal adalah UI Xiaomi yang dikerluarkan ini terasa sangat mirip dengan tampilannya dengan iOS.

Pengguna iOS yang menggunakan MIUI pasti akan merasa seperti itu. tetapi UI ini terus berkembang hingga sekarang dan bahkan sekarang telah mencapai MIUI 9 berdasarkan android 7 nougat. Untuk menggunakan MIUI ini, pengguna juga diharuskan memiliki akun MI yang dapat digunakan untuk cadangan dan juga untuk memperbarui telepon

3. Flyme OS

Flyme OS adalah UI yang dikembangkan oleh Meizu untuk ponsel android-nya. Meizu juga merupakan produsen negeri tirai bambu domestik. UI yang satu ini juga sangat mirip dengan iOS dan Windows Phone. Pengembangan OS Flyme ini sekarang telah mencapai versi Flyme OS 6.

Flyme OS dapat dianggap sebagai salah satu UI terbaik, terutama dengan dukungan pengembang dari meizu yang secara teratur memperbarui UI ini. Membuat UI ini memiliki fungsionalitas yang baik dibandingkan versi stok dan menjadi salah satu UI yang disukai oleh pengguna ponsel android. Flyme juga menyarankan penggunanya untuk memiliki akun flyme yang dapat digunakan untuk cadangan data dan pembaruan perangkat lunak.

4. Touchwiz

Touchwiz adalah UI yang dikembangkan oleh produsen ponsel Android nomor satu di dunia yaitu samsung. Menjadi produsen nomor satu tentu membuat samsumg melakukan segala kemungkinan untuk tetap unggul dari pesaing lain di bidang produsen android yang terus bermunculan dari waktu ke waktu. Touchwiz memiliki fitur yang lebih unggul di antara UI lainnya. UI dikenal memiliki fitur kontrol layar sentuh yang sederhana dan mudah digunakan. Hingga kini samsung masih menggunakan touchwiz untuk ponsel produksi dan pengembangan touchwiz kini telah mencapai versi 6.

5. EMUI

EMUI adalah UI yang dikembangkan oleh Huawei. Tema di bawah UI adalah UI baru yang lebih baru dan lebih canggih. berbeda dengan produsen android Cina lainnya yang mendesain UI dengan gaya buatannya mirip dengan iOS dan windows phone, tampilan UI EMUI terkesan lebih orisinil dan memberikan kesan yang berbeda.

Bahkan huawei juga mengembangkan UI ini untuk dapat membedakan mana sentuhan pada layar yang dilakukan secara sengaja dan mana yang tidak serta melakukan tindakan yang tepat pada setiap peristiwa yang terjadi. Versi terbaru dari EMUI sekarang adalah versi 5.o berdasarkan nougat android.

6. UI Sense

Sense adalah UI yang dikembangkan oleh HTC. HTC juga menyertakan salah satu pabrikan android yang sangat peduli dengan perkembangan UI khusus untuk digunakan pada produksi ponsel. Sense Ui atau lebih sering dikenal sebagai sense HTC dapat dianggap sebagai salah satu dari UI revolusioner yang ada di jajaran UI terbaik.

Stabilitas UI, fitur yang disempurnakan, dan juga pembaruan tampilan yang ditunjukkan oleh HTC sense sangat terasa dan terkesan sebagai penyesuaian tingkat atas dari Stock UI. pengguna yang terbiasa menggunakan UI saham akan merasakan perbedaan yang sangat signifikan saat menggunakan rasa HTC ini. sekarang perkembangan akal HTC ini telah mencapai pada versi 7 yang memiliki dasar penggunaan nougat android.

7. LG UX

LG UX adalah UI yang dikembangkan oleh LG. LG sebagai salah satu produsen android top memiliki taktik tersendiri untuk mendongkrak ponselnya dengan tema unik di UI yang dikembangkannya. Dengan tema unik yang tidak sama dengan para pengguna UI saingan mereka memiliki pengalaman tersendiri saat menggunakannya.

Versi terbaru LG UX yang digunakan pada ponsel LG G6 akan menampilkan rasio 18: 9 yang memiliki kemampuan penglihatan penuh. Sebagai contoh, peningkatan kamera UX memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dan mengedit foto secara bersamaan, kemampuan multi tasking yang mampu menjalankan dan meninjau aplikasi pada android canggih dan lebih banyak fitur baru.

8. Xperia UI

Xperia UI adalah UI yang dikembangkan oleh Sony untuk ponsel Android versi Xperia. Kelebihan dari Xperia UI salah satunya adalah menawarkan kecepatan pemrosesan yang ringan dan juga menawarkan kemampuan untuk menghemat baterai yang lebih unggul dibandingkan dengan pesainggnya. Mengenai masalah desain, tampilan Xperia UI ini terasa sederhana dan sangat klasik. untuk pencita sony ponsel tema yang diusung Xperia UI ini akan sangat kental dengan ponsel sony. Namun sayangnya Xperia UI memiliki kelemahan di sisi pengolahan kamera. Di mana menurut penggunanya, Experia UI tidak memiliki pemrosesan gambar yang sangat handal yang dapat memaksimalkan potensi perangkat keras.
9 Macam Macam User Interface Terbaik Smartphone Android

Tersebut adalah jenis-jenis antarmuka pengguna android yang saya dapat menulis di artikel ini. Kesimpulan yang dapat diambil adalah berbagai UI telah ada dan dibuat oleh vendor ponsel android sesuai dengan ponsel produksi. dimungkinkan untuk memasang antarmuka produksi vendor untuk dipasang ke ponsel produksi vendor yang lain. tetapi prelu perhatikan faktor yang cocok dari UI.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar