--> Skip to main content

12 Kelebihan dan Kekurangan Ulead Video Studio Terbaru

Ulead video studio adalah softwate untuk penyuntingan video yang dikembangkan pada platform microsoft oleh Ulead System. Pada tahun 2006 Sistem Ulead Diakuisisi oleh core sehingga Ulead Video Studio kini telah berganti nama menjadi Corel Video Studio. Saat ini Corel telah mengeluarkan VideoStudio Pro X10 sebagai versi terbaru dari perangkat lunak ini. Sebagai salah satu perangkat lunak yang digunakan untuk mengedit video. Studio video Ulead memiliki kelebihan dan kekurangan. Keuntungan dan kerugian dari studio video ulead di bidang editing video adalah sebagai berikut:
12 Kelebihan dan Kekurangan Ulead Video Studio Terbaru


Kelebihan

1. Mudah digunakan oleh pemula

Video Studio Pro memiliki antarmuka pengguna yang intuitif dan juga memiliki dokumentasi fitur yang bagus. Pengguna video studio baik pemula maupun ahli akan merasa bahwa perangkat lunak ini dirancang dengan baik dan terencana dengan baik. Banyak tutorial dan forum untuk bertukar informasi, mendiskusikan masalah, dan juga berinteraksi di antara pengguna perangkat lunak di forum Corel juga menambah fleksibilitas dan integritas perangkat lunak untuk memudahkan penggunanya.

2. Fitur tergolong lengkap

Fitur khusus yang perlu ada dalam editor video dari video impor, penstabil video, koreksi warna, memutar, menggabungkan / bergabung, memisahkan, dan banyak fitur standar lainnya semuanya ada dalam perangkat lunak ini. Para pengembang perangkat lunak video studio ini tidak akan pernah mau diam dan merindukan jika mereka merasa bahwa ada fitur yang tertinggal dalam perangkat lunak yang mereka kembangkan. Selain itu, ada versi utama dari VideoStudio yang menampilkan lebih lengkap dari versi pro. Di dalam versi terakhir ada aset template untuk pengeditan video dan juga suara. (baca juga: Perangkat Lunak Gratis Untuk Mengedit Video - Fungsi Lightroom Photoshop)

3. Stabil

Sejarah pengembangan VideoStudio telah sangat lama dan dikembangkan oleh pengembang besar. ini membuat perangkat lunak VideoStudio menjadi stabil. Setelah Corel mengakuisisi Ulead, corel telah membuat banyak perubahan pada stabilitas perangkat lunak. Corel bahkan membuat fitur obrolan langsung pada perangkat lunak untuk dapat melakukan kontak langsung ke layanan pelanggan untuk melaporkan kesalahan dan juga mengajukan pertanyaan dalam penggunaan perangkat lunak. Fitur inilah yang membuat corel dapat secara sistematis menemukan bug dan memperbaiki bug dalam perangkat lunak sehingga Video Studio menjadi sangat stabil.

4. Fitur live chat ke customer support Corel

Berbeda dari pesaingnya, pengembang video studio menyediakan layanan obrolan langsung yang terintegrasi dalam perangkat lunak. Ini memungkinkan pengguna untuk dapat memberikan pertanyaan dan juga melaporkan kesalahan yang terjadi selama penggunaan video studio. Para pengembang sangat proaktif untuk memastikan bahwa perangkat lunak mereka tidak memiliki bug sehingga di setiap laporan, masukan pengguna akan dianggap serius oleh pengembang.

5. Fitur Motion Tracking

Pelacakan Gerakan adalah sesuatu yang baru yang ditambahkan ke perangkat lunak Video Studio. Fitur ini merupakan fitur yang cukup mewah yang biasanya hanya dapat ditemukan di editor video dengan harga perangkat lunak kelas menengah atau tinggi. Dengan menggunakan fitur ini, pengguna dapat menandai area video. Saat area bergerak, akan ada jalur atau petunjuk ke video tentang arah gerakan dari area tersebut. Dengan harga software maksimal hanya $ 200, pengguna Video Studio sudah dapat menikmati fitur ini dan menggunakannya untuk keperluan pengeditan video. Penawaran yang cukup fantastis.

6. Harga bersaing

Perangkat lunak ini dibanderol dengan harga $ 130 untuk versi ultimatenya, dan untuk versi pro dibanderol $ 90. Tetapi fitur-fitur yang ada dalam versi pro dan ultimate sangat berbeda. Sangat disarankan untuk editor video profesional dan menggunakan perangkat lunak ini untuk bekerja membeli versi akhir dari versi pro yang memiliki fitur fitur. Perangkat lunak pengeditan video dari saingan biasanya dijual dengan harga lebih tinggi.

7. Subtitle Editor

Video studio diapit oleh fitur editor subtitle yang secara otomatis menambahkan subtitle ke video dengan mendeteksi percakapan pada video. Namun, kata-kata dalam subtitle perlu diperiksa lagi untuk memastikan bahwa kata-kata dalam subtitle benar dan tidak ada kesalahan di dalamnya.

Kekurangan

1. Tidak ada fitur watermark video

Dibandingkan dengan adobe saingannya yang memiliki fitur watermark di video. Ketiadaan fitur ini di VideoStudio dapat dikatakan sebagai kelemahan yang menurunkan daya saing perangkat lunak pengeditan video ini. Dalam hal ini, belum diketahui alasan pengembang perangkat lunak untuk tidak menyertakan fitur ini dalam perangkat lunak yang dibuat. Mungkin para pengembang menganggap bahwa fitur ini tidak signifikan dalam pembuatan video. Jadi para pengembang mengesampingkan fitur ini. Namun tidak menutup kemungkinan para pengembang akan menyediakan fitur ini di masa depan.

2. Video track terkesan kaku

Persaingan di bidang perangkat lunak pengeditan video sangat ketat sehingga sedikit kekurangan dalam satu aspek perangkat lunak akan sangat disorot oleh pengguna. Misalnya, pada fitur trek video, dibandingkan dengan pesaing dari adobe yang memiliki fitur lebih fleksibel, trek video vokasi VideoStudio tampaknya lebih kaku dan lebih sulit digunakan. Ini mungkin juga karena fitur ini sebelumnya ada di pesaingnya di adobe sehingga membuat pengguna merasa sedikit kaku dalam menggunakan fitur-fitur baru.

3. Keterbatasan Video Trac

Masih ada di fitur trek video. Entah untuk membatasi sumber daya atau alasan lain, VideoStudio tidak dapat menjalankan trek video secara bersamaan lebih dari 21 buah. Pengembang mungkin beralasan bahwa 21 adalah angka yang sudah cukup banyak, sehingga tidak akan membutuhkan track video lebih dari 21 buah. Tetapi masih di mata pengguna, keterbatasan adalah kelemahan. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa pengembang VideoStudio akan meningkatkan jumlah ketersediaan VideoTrack.

4. Motion track terkadang mengalami masalah

Trek gerak baru diterapkan ke Video Studio. ini membuat terkadang penggunaan Motion Track terasa aneh dan juga memiliki masalah. Terkadang area yang ditandai hilang dan jalur yang ditampilkan juga kurang tepat. dengan masalah masalah ini, maka fitur ini masih perlu banyak perbaikan sebelum dapat dikatakan stabil.

Seperti itulah kelebihan dan kekurangan dari Video Studio. Kesimpulan dari kelebihan dan kekurangan adalah bahwa perangkat lunak ini memiliki kualitas yang sangat baik meskipun memiliki beberapa kekurangan, tetapi Corel sebagai pengembang besar harus memperhatikan umpan balik dari pengguna dan perbaikan berkelanjutan. Apalagi dengan harga yang sangat terjangkau, software ini cocok untuk pemula dan bahkan profesional yang bekerja di bidang video editor.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar