--> Skip to main content

13 Jenis jenis Ubuntu Linux Dan Penjelasan Perkembangannya

Ubuntu adalah salah satu sistem operasi berbasis linux. Ubuntu dikembangkan berdasarkan sistem operasi linux lain yang disebut debian. Sistem Operasi Ubuntu dikembangkan dari sistem operasi linux yang merupakan proyek open source sehingga semua turunan dan jenis sistem operasi ini dapat diperoleh secara gratis. Sebagai sistem operasi berbasis linux yang paling populer, pembaca pasti telah berhubungan dengan sistem operasi Ubuntu ini baik secara sadar maupun tidak sadar. Menurut kegunaan dan juga variasi ada beberapa macam jenis ubuntu yang ada hingga sekarang. Jenis-jenis ubuntu yang terkenal antara lain adalah sebagai berikut:

1. Ubuntu Desktop
Ubuntu desktop adalah versi standar ubuntu yang dikembangkan oleh Canonical Ltd. Ubuntu adalah versi ubuntu yang paling standar dari jenis ubuntu lainnya. Awal perkembangannya Ubuntu Desktop atau yang disebut Ubuntu menggunakan Gnome 2 sebagai lingkungan desktop untuk menampilkan antarmuka pengguna. maka penggunaan gnome 2 digantikan oleh lingkungan desktop persatuan yang lebih modern. Hingga saat ini ubuntu telah dikembangkan adalah ubuntu versi 17.10 yang menggunakan lingkungan desktop Gnome.

2. Ubuntu Gnome
Ubuntu Gnome adalah versi ubuntu yang menggunakan Gnome sebagai lingkungan desktop untuk menampilkan antarmuka pengguna kepada pengguna. Pada awal munculnya ubuntu gnome adalah pada saat Canonical Ltd. sebagai pengembang utama Ubuntu memutuskan untuk mengganti standar lingkungan desktop menggunakan lingkungan desktop Unity untuk menggantikan Gnome 2. Sejumlah orang kemudian mengembangkan Ubuntu yang menggunakan Gnome 3 sebagai lingkungan desktop dan beri nama Ubuntu Gnome. Mulai dari versi Ubuntu ke 17.10, Canonical Ltd. menggunakan Gnome 3 pada distribusinya sehingga pengembang Ubuntu Gnome menghentikan pengembangannya dan bergabung untuk mengembangkan Ubuntu. (Juga Baca: Jenis jenis Debian Linux)

3. Ubuntu Mate
Ubuntu Mate adalah versi dari ubuntu yang menggunakan Mate sebagai lingkungan desktop untuk antarmuka penggunanya. Mate adalah lingkungan desktop yang dikembangkan dari gnome 2. Sejak awal, Ubuntu Mate tidak mendapatkan pengakuan resmi dari Canonical Ltd. sehingga dianggap sebagai versi tidak resmi dari Ubuntu. tetapi setelah menerima pengakuan dari Canonical Ltd. Ubuntu Mate mengubah statusnya menjadi salah satu varian resmi atau jenis Ubuntu. (baca juga: Keuntungan dan Kerugian Slackware Linux)

4. Ubuntu Budgie
Ubuntu Budgie adalah versi dari ubuntu yang menggunakan Budgie sebagai lingkungan desktop untuk pengguna antarmukanya. Sama seperti jenis ubuntu lainnya, pengembang ubuntu ini memasangkan budgie yang merupakan lingkungan desktop yang berkembang dengan Gnome. Pengembangan lingkungan desktop budgie bertujuan untuk menciptakan pengalaman antarmuka pengguna yang berbeda dari Gnome. Ubuntu budgie telah menerima pengakuan resmi dari Canonical Ltd. dan termasuk jenis ubuntu resmi. (baca juga: Keuntungan dan Kerugian Redhat Linux)

5. Lubuntu
Lubuntu diperoleh dari penggabungan LXDE dan Ubuntu. Lubuntu memiliki kelebihan dalam hal peningkatan sumber daya perangkat keras dan juga konsumsi energi dibandingkan jenis ubuntu lainnya. Dengan keterbatasan perangkat keras komputer jadul, ubuntu jenis ini bekerja dengan baik. Karena kelebihan inilah Lubuntu banyak digunakan pada mikrokontroler, tablet, dan komputer komputer yang juga memiliki spesifikasi rendah.

6. Kubuntu
Kubuntu adalah singkatan dari KDE dan Ubuntu. Kubuntu menggunakan KDE sebagai lingkungan desktop untuk menampilkan antarmuka kepada pengguna. Kubuntu pada awalnya disponsori oleh Canonical Ltd. dan dikembangkan sebagai salah satu tipe dari ubuntu resmi. Sejak 2012, Kubuntu mengubah sponsorship menjadi Blue System.

7. Ubuntu Bussiness Desktop Remix
Versi Ubuntu ini adalah versi ubuntu yang dibundel khusus untuk penggunaan perusahaan. Berbeda dengan versi standar yang tidak spesifik digunakan. Versi ini memiliki beberapa fitur fitur yang tidak ada pada versi desktop dan dikhususkan untuk fungsionalitas perusahaan

8. Ubuntu TV
Versi ubuntu ini dikembangkan khusus untuk menjadi sistem operasi untuk televisi pintar yang dapat menjalankan sistem operasi untuk operasinya. Versi ubuntu ini dikembangkan oleh Canonical Ltd. karena pandangan pasar dan kebutuhan smart TV berkembang pesat.

9. Edubuntu
Versi Ubuntu ini adalah versi ubuntu yang memiliki cukup banyak pengguna. meskipun versi ubuntu ini belum secara resmi didukung oleh Canonical Ltd. tetapi reputasinya sudah dikenal oleh pengguna ubuntu. Edubuntu mengkhususkan pengembangannya untuk pengguna di lingkungan pendidikan terutama sekolah dan juga di rumah.

10. Mythbuntu
Versi ubuntu ini adalah versi ubuntu yang ditujukan untuk komputer home theater yang digunakan bersama dengan Myth TV. Jenis ubuntu ini menggunakan Xfce sebagai lingkungan desktop-nya. Mula-mula Mythbuntu digunakan untuk menyederhanakan proses menginstal aplikasi untuk home theater MythTV di komputer. Proyek ini tumbuh dan dikenal di antara Ubuntu dengan nama Mythbuntu

11. Ubuntu Studio
Jenis Ubuntu ini memiliki fungsi yang sangat khusus yang dikhususkan untuk editor video dan juga foto dan audio. Fitur fitur-fitur khusus seperti kernel real-time, kernel low-latency, display dan juga suara dari tema khusus, serta akses khusus ke ubuntu repository membuat jenis ubuntu ini tidak tertandingi untuk digunakan untuk editor profesional dari editor foto dan editor video .

12. Ubuntu Touch
Ubuntu Touch adalah jenis ubuntu yang mengabdikan pengembangannya untuk digunakan untuk ponsel pintar. Pada awal perkembangannya, Ubuntu touch diyakini sebagai pesaing yang sebanding untuk sistem operasi ponsel pintar yang kami sangat kenal dengan android. Namun seiring waktu, sistem operasi Android mendapat lebih banyak dukungan dan popularitas di dunia sistem operasi untuk ponsel pintar. Hingga akhirnya pada tahun 2017, Canonical Ltd. secara resmi membatalkan proyek Ubuntu Touch ini.

13. Ubuntu Server
Server Ubuntu adalah jenis ubuntu yang dikhususkan untuk menjadi sistem operasi pada server. Perbedaan terpenting antara server ubuntu dan ubuntu lainnya adalah tidak adanya tampilan lingkungan desktop di ubuntu. Karena itu seperti yang kita semua tahu bahwa secara umum server jarang memiliki tampilan desktop yang diperlihatkan kepada pengguna. Karena tampilan desktop ini akan mengambil sumber daya dari server yang harus digunakan untuk memenuhi tujuan dari server tersebut untuk menyediakan feed dari situs web.
13 Jenis jenis Ubuntu Linux Dan Penjelasan Perkembangannya

Demikianlah beberapa jenis sistem operasi ubuntu yang bisa saya tulis di artikel ini. Kesimpulan yang dapat diambil adalah: Ubuntu memiliki banyak jenis berdasarkan tampilan antarmuka pengguna dan juga bundling perangkat lunak yang menyertai distribusi. Setiap jenis memiliki fungsi khusus tersendiri. Selain Ubuntu, ada banyak sistem operasi berbasis linux lain yang dapat diinstal secara gratis.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar