--> Skip to main content

9 Cara Memperbaiki VGA Onboard yang Rusak dan Bermasalah

Cara Memperbaiki VGA Onboard yang Rusak dan Bermasalah. Dalam pembahasan artikel ini, saya akan berbagi cara memperbaiki VGA Onboard yang bermasalah. VGA On-board adalah VGA yang telah terintegrasi langsung dengan motherboard komputer, hal ini membuat VGA jenis ini tidak dapat dilepaskan dari motherboard dimana sudah terpasang. Perlu diingat juga VGA on-board adalah VGA yang cukup sulit untuk diperbaiki di perangkat keras.

Kebanyakan bengkel komputer yang dihadapkan pada tugas perbaikan VGA on-board akan memberikan solusi untuk ini dengan saran untuk mengganti motherboard atau membeli VGA tambahan untuk memecahkan masalah yang ada pada VGA yang diinstal. Dalam kasus terburuk di mana Anda harus mengganti VGA yang ada pada komputer yang diinstal, Anda perlu mengetahui jenis VGA yang kompatibel dengan komputer Anda. Untuk dapat melakukannya Anda dapat melakukan pemeriksaan VGA laptop atau komputer untuk mengetahui VGA yang cocok dengan komputer Anda.
Cara Memperbaiki VGA Onboard yang Rusak dan Bermasalah

Seperti yang sudah dibahas dalam pembahasan artikel lainnya. Kerusakan pada VGA dimulai dari masalah kecil seperti munculnya artefak pada layar monitor hingga masalah berat dimana layar komputer tidak dapat digunakan kembali karena VGA telah benar-benar mati. Biasanya komputer Anda akan menunjukkan tanda-tanda VGA rusak ketika VGA Anda mulai mengalami masalah. Sebelum mencoba memperbaikinya Anda perlu menganalisis kerusakan pada VGA Anda. Informasi ini akan membantu memberikan gambaran umum dan membantu Anda menemukan solusi terbaik tentang VGA Anda.

Sebelum kita melanjutkan pembahasan tentang cara memperbaiki VGA onboard yang bermasalah. Mari kita cari tahu lebih banyak tentang apa itu VGA onboard.

VGA Onboard pada Komputer

Onboard VGA adalah istilah teknis dari VGA yang terintegrasi langsung pada sistem komputer motherboard. VGA ini adalah salah satu jenis VGA yang biasa ditemukan di komputer.

Keseluruhan VGA adalah salah satu perangkat keras komputer yang digunakan untuk menerjemahkan data sinyal digital dari CPU untuk ditampilkan ke monitor komputer. Onboard VGA dan kartu VGA adalah dua jenis kartu VGA yang paling umum saat ini.

Perbedaan antara VGA Onboard dan kartu VGA terletak dari kinerjanya. Onboard VGA tidak memiliki sistem akselerasi perangkat keras sementara kartu VGA memilikinya. Tentu ini akan mempengaruhi kinerja tampilan layar komputer Anda. Ketika membandingkan VGA onboard, fungsi kartu VGA lebih mungkin pada penggunaan komputer yang membutuhkan kinerja grafis tinggi.

Keadaan kinerja VGA pada komputer bagi sebagian orang menjadi salah satu faktor penentu yang membuat komputer bisa digunakan atau tidak. Kinerja yang baik dari kartu VGA tentu akan mendukung pekerjaan atau kegiatan yang terkait dengan pekerjaan yang membutuhkan kinerja grafis tinggi.

Secara keseluruhan bila dilihat dari performa VGA onboard tidak dapat menjalankan semua fungsi yang dimiliki oleh kartu VGA. VGA onboard hanya dapat melakukan fungsi dasar seperti menerjemahkan tampilan sinyal digital ke sinyal grafis pada layar komputer. Meskipun hanya dapat menjalankan fungsi dasar, VGA onboard masih dapat menerima jumlah RAM dengan kapasitas yang cukup besar untuk dapat menerjemahkan informasi digital ke dalam sinyal grafis di komputer. Namun tetap tidak melebihi apa yang dimiliki oleh kartu VGA.

Oleh karena itu, VGA onboard tidak cocok jika digunakan untuk bermain video game atau untuk menjalankan berbagai macam perangkat lunak 3d dan untuk melakukan pekerjaan grafis visual yang membutuhkan kinerja VGA yang tinggi. Saat ini pada kebanyakan komputer yang digunakan oleh banyak orang, pengguna dapat memilih untuk menonaktifkan fungsi VGA onboard dan hanya menggunakan kartu VGA untuk mendapatkan kinerja yang lebih baik.

Setelah mengenali lebih lanjut tentang VGA onboard, mari kita bahas pembahasan berikutnya yaitu bagaimana memperbaiki VGA onboard.

Memperbaiki VGA On-board yang bermasalah

Ada tiga masalah yang umumnya dapat menyebabkan kegagalan VGA onboard untuk melakukan tugasnya. Masalah yang dimaksud di sini adalah kegagalan dalam sistem tampilan grafis sub karena VGA onboard tidak berfungsi dengan baik. Tiga masalah adalah perangkat keras, perangkat lunak dan pengaturan kontrol BIOS.

Dalam kasus masalah dalam perangkat keras, sebagaimana telah disebutkan dalam diskusi awal. Jika VGA Onboard rusak tidak akan ada perbaikan yang dapat dilakukan secara efektif, bahkan untuk seorang ahli sekalipun. Secara umum ada dua hal yang dapat Anda lakukan ketika Anda menyadari masalah VGA onboard Anda dalam perangkat keras. Ini mengembalikan motherboard di mana VGA bermasalah onboard terpasang ke penulis atau memasang kartu VGA tambahan.

Masalah dalam hal perangkat lunak dapat diperbaiki oleh pengguna komputer secara umum. Biasanya ini bisa terjadi karena kesalahan dalam pengaturan BIOS yang ada pada komputer.

Untuk memperbaiki masalah VGA on-board yang ada karena kesalahan pengaturan BIOS Anda dapat mencoba mengatur ulang CMOS pada VGA Onboard yang Anda gunakan. CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor) adalah komponen perangkat motherboard yang tertanam di setiap motherboard komputer. CMOS berfungsi sebagai RAM yang berfungsi khusus yang juga kecil dengan kapasitas hanya 64 byte. CMOS ini digunakan untuk menyimpan pengaturan yang ada di BIOS ketika komputer dimatikan.

Di komputer, CMOS digunakan untuk menyimpan informasi dasar seperti informasi tentang program konfigurasi, program diagnostik, dan pengaturan informasi tanggal dan waktu yang tidak akan hilang meskipun komputer Anda dimatikan.

Perlu dipahami ketika Anda membersihkan atau mengatur ulang CMOS, pengaturan BIOS di komputer Anda akan kembali normal. Penting juga untuk memahami bahwa ketika membersihkan atau mengatur ulang CMOS pada VGA Onboard, Anda akan mengembalikan kode BIOS ke kondisi semula. Dimana sebelum proses konfigurasi pabrikan selesai.

Berikut merupakan cara yang dapat anda lakukan untuk memperbaiki VGA onboard anda yang bermasalah secara software.


  1. Seperti biasa ketika anda ingin bekerja dengan komponen yang ada didalam sebuah perangkat sistem komputer, pastikan bahwa sumber daya listrik yang ada pada komputer telah menghilang. Ini dapat dilakukan dengan mencabut semua kabel sumber daya yang terhubung dengan komputer.
  2. Jika anda sudah melakukannya, buka panel penutup dari case CPU anda.
  3. Tandai lokasi/ tempat dari tiga jumper yang digunakan untuk mereset kembali CMOS apda motherboard.
  4. Motherboard anda akan memiliki dua pin shorting jumper yang biasanya dilabeli dalam situasi yang normal.
  5. Lepaskan pin jumper shorting satu dan dua, kemudian gantikan jumper tadi pada pin dua dan tiga.
  6. Setelah itu tekan kembali tombol power pada komputer. Nantinya ini akan membuat sistem pada komputer anda tidak akan menyala.
  7. Lepaskan jumper yang hendak direset dari pin dua dan pin tiga, kemudian gantikan pin tersebut pada pin satu dan dua.
  8. Sistem komputer anda akan meminta anda memasukkan setup dan pengaturan default dari komputer anda. Pastikan bahwa setup, tanggal, dan waktu yang anda masukkan adalah informasi yang benar karena nantinya ini akan digunakan secara otomatis untuk melakukan proses pengaturan lainnya yang berhubungan dengan BIOS anda.

Jika mengatur ulang CMOS Anda tidak memberikan efek pada komputer Anda, Anda tidak akan melihat apa pun di layar monitor komputer Anda ketika Anda menyalakannya kembali.

Begitulah pembahasan tentang cara memperbaiki VGA onboard yang bermasalah. Sampai ketemu lagi di diskusi berikutnya.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar