--> Skip to main content

Penyebab Dan Cara Memperbaiki VGA Laptop Yang Bermasalah

VGA (Video Graphic Array) adalah perangkat keras (perangkat keras) yang memainkan peran penting dalam memberikan tampilan visual grafis pada layar komputer. Fungsi kartu VGA yang mengubah sinyal digital di komputer menjadi informasi tampilan grafis pada layar monitor sangat penting bagi pengguna komputer.

Sama seperti perangkat elektronik dan juga perangkat keras lainnya, jenis kartu VGA umumnya tidak selalu lolos dari kerusakan. Faktor-faktor umum seperti kurangnya perawatan, dan penggunaan yang tidak tepat adalah penyebab paling umum dari cacat VGA yang umum ditemukan.
Penyebab Dan Cara Memperbaiki VGA Laptop Yang Bermasalah

Gejala VGA yang rusak pada komputer dapat dilihat dari layar komputer yang memiliki bintik-bintik, garis horizontal, atau tampilan grafis aneh yang tidak seharusnya terjadi. Kesalahan gambar / tampilan yang disebabkan oleh kerusakan kartu grafis / VGA dikenal sebagai artefak. Umumnya keadaan artefak VGA dapat disebabkan oleh berbagai masalah apakah itu masalah perangkat keras atau perangkat lunak / driver.

Permasalahan yang disebabkan artifak rusak dapat diidentifikasi dengan cara berikut.


  • Jika tampilan artifak pada layar monitor telah ada sebelum OS berhasil dimuat/ saat komputer masih berada dalam tahap BIOS, dapat dipastikan bahwa permasalahan VGA berasal bukan dari permasalahan driver/ software melainkan dari permasalahan hardware. Ini merupakan salah satu tanda ciri – ciri VGA rusak.
  • Jika tampilan artifak hanya muncul ketika komputer menjalankan salah satu program, terdapat kemungkinan bahwa VGA memiliki permasalahan dengan kompatibilitas program/ software tertentu. Hal ini mengakibatkan munculnya tampilan visual artifak pada layar monitor.
  • Jika tampilan artifak muncul setelah OS termuat dan ketika menjalankan beberapa program, permasalahan yang ada dapat  berasal dari Driver ataupun dari segi softwarenya.
Semua orang berharap bahwa VGA atau perangkat keras dari komputer mereka akan dapat bertahan untuk jangka waktu yang lama dan juga dapat digunakan tanpa sering diperbaiki. Untuk mencapai ini Anda tentu harus dapat merawat VGA Anda dan mencoba untuk menghindari penyebab - penyebab yang dapat membuat VGA menjadi rusak. Untuk itu dalam pembahasan berikutnya saya akan berbagi penyebab umum yang bisa membuat VGA menjadi rusak.


Penyebab VGA Rusak yang Umum Ditemukan Secara Hardware.


Berikut merupakan penyebab – penyebab yang dapat membuat VGA menjadi rusak.

1. Overheating.

Overheating secara umum bisa menjadi penyebab VGA rusak. Faktor ini adalah salah satu penyebab utama yang dapat membuat VGA menjadi rusak atau menghasilkan artefak tampilan visual. Banyak faktor yang membuat overheating mulai dari sistem pendingin yang tidak berfungsi dengan baik, hingga beban komputer yang berat ketika menjalankan program yang membutuhkan sumber daya kartu grafik yang berlebihan.

Suhu yang ada pada VGA sebenarnya merupakan respon dari jenis program apa yang menjalankan komputer. Suhu yang dihasilkan oleh VGA akan relatif cukup normal ketika bekerja dengan program 2D. Namun saat menjalankan program 3D yang membutuhkan tampilan visual yang cukup tinggi (HD), ini bisa membuat VGA menghasilkan suhu yang cukup tinggi.

Untuk dapat mengurangi dampak overheating pada VGA komputer Anda dapat memanfaatkan sistem pendingin yang cukup baik untuk mengurangi panas di laptop atau di komputer. Jangan lupa membatasi penggunaan komputer untuk bekerja dengan display HD dalam jangka waktu tertentu, usahakan tidak melebihi 5 hingga 10 jam per hari tanpa mengistirahatkan komputer dari pekerjaan berat seperti rendering visual grafis, atau bermain game HD.

Perhatikan juga debu dan sirkulasi heat sink, dan ingat untuk selalu mengganti thermal paste pada papan VGA selama beberapa bulan agar VGA menjadi lebih awet.

2. Sering Melakukan Overclock

Overclocking yang terus menerus bisa menjadi salah satu penyebab rusaknya VGA. Memaksa grafis / kartu VGA untuk bekerja dengan kinerja yang melebihi kinerja biasa akan membuat VGA menjadi cepat rusak.

Ini karena proses overclocking komponen pada komputer akan membuat bagian dalam komputer menjadi panas dengan suhu tinggi. Seiring berjalannya waktu, beban dan kerusakan yang dialami oleh VGA secara kumulatif akan merakit sampai akhirnya menjadi rusak, dan memberikan hasil tampilan artefak.

Munculnya artefak ini akan memburuk sampai mencapai keadaan di mana VGA tidak dapat digunakan lagi. Melakukan overclocking pada komputer adalah hal yang wajar, tapi pastikan Anda tidak melakukannya terlalu sering.

3. Kualitas Ram Buruk

Kualitas RAM yang buruk adalah salah satu penyebab kerusakan VGA. Ini bisa terjadi karena terlalu seringnya kegagalan informasi transfer data yang berasal dari RAM. Faktor ini akan mempengaruhi kinerja VGA yang dipasang di komputer.

4. Kesalahan Instalasi Video Card pada Motherboard

Kesalahan Instalasi dari Video Card atau VGA bisa menjadi salah satu penyebab VGA tidak bisa berfungsi dengan baik. Jika tidak terpasang dengan benar selain tidak dapat berfungsi dengan baik, itu juga bisa menjadi faktor yang menyebabkan VGA rusak. Kesalahan pemasangan Kartu Video akan membuat kinerja Motherboard di mana VGA yang terpasang tidak dapat bekerja dengan maksimal.

5. Permasalahan Sumber Daya/ Tegangan Listrik pada VGA

Masalah sumber daya / tegangan pada VGA bisa menjadi salah satu penyebab VGA menjadi rusak. Miskin Power Supply pada komputer adalah masalah umum masalah sumber daya yang dapat menyebabkan kerusakan pada VGA. Selain itu tegangan listrik yang kurang dan komputer yang sering mati mendadak akan menjadi masalah yang dapat membuat kartu VGA di komputer tidak dapat bekerja dengan maksimal dan lama kelamaan bisa menjadi penyebab kerusakan kartu VGA.

6. Kumpulan Debu pada bagian dalam komputer

Cluster debu yang ada di komputer dapat menghambat kinerja VGA. Dengan akumulasi debu pada perangkat komputer, komponen - komponen yang ada di dalamnya akan menghasilkan panas lebih tinggi dari biasanya. Beban panas ini pada akhirnya menyebabkan VGA rusak. Selain itu, koleksi debu yang ada di komputer bisa menjadi penyebab berkurangnya ram.

Itulah penyebab VGA rusak. Sebagai salah satu perangkat komputer komputer dan fungsinya sangat penting untuk dapat menerjemahkan tampilan grafis pada layar monitor komputer, maka Anda harus mencoba untuk menghindari penyebab VGA yang rusak tadi. Dengan begitu Anda bisa membuat VGA Anda menjadi lebih tahan lama. Sampai ketemu lagi di diskusi berikutnya.

Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar