--> Skip to main content

Cara Memperbaiki Hardisk Eksternal Lemot Loading Hardisk lambat dan Not Responding

Hard disk adalah perangkat keras (perangkat keras komputer) yang berfungsi sebagai penyimpanan data pada komputer seperti dokumen, gambar, musik, video, program komputer hingga jenis sistem operasi komputer. Mengingat semuanya disimpan dan dicatat pada hard disk, menjadikan bagian dari komputer ini sangat penting.

Tidak sedikit pengguna yang membutuhkan hard disk eksternal untuk mendukung pekerjaan mereka. Pengguna dengan mobilitas tinggi akan sangat terbantu oleh fleksibilitas hard disk eksternal. Atau dengan kata lain bisa dibawa kemana-mana.
Cara Memperbaiki Hardisk Eksternal Lemot Loading Hardisk lambat dan Not Responding

Namun, berbagai masalah sering terjadi dalam penggunaan perangkat keras komputer. Mulai dari bad sector pada hard disk internal hingga hard disk eksternal yang lambat dan mengganggu kinerja komputer dalam mendukung pekerjaan pengguna.

Nah, di artikel ini kita akan membahas masalah seputar hard disk eksternal dan cara memperbaikinya. Ingin tahu? Lihat artikel di bawah ini!

Hard disk Eksternal

Ada dua jenis hard disk yang bersifat internal dan eskternal. Hard disk internal adalah media penyimpanan yang berfungsi untuk mengambil data digital dengan menggunakan rotasi disk. Sedangkan hard disk eksternal juga merupakan media penyimpanan tetapi bersifat portable dan biasanya memiliki kapasitas yang lebih besar jika dibandingkan dengan hard disk internal.

Pengguna komputer harus terbiasa dengan penggunaan hard disk eksternal. Khususnya bagi pengguna yang berurusan dengan file besar. Mirip dengan hard disk internal, hard disk eksternal juga digunakan untuk menyimpan file dalam berbagai bentuk, dari Gambar, musik, video dan banyak lagi. Meski begitu, pada dasarnya fungsi hard disk di komputer sama saja.

Secara fisik keduanya memiliki perbedaan yang mencolok. Ukuran hard disk eksternal lebih kecil dari hard disk internal. Meskipun tidak memiliki kecepatan transfer data yang cepat atas hard disk internal tetapi hard disk eksternal lebih unggul dalam hal fleksibilitas karena dapat dihubungkan ke komputer manapun.

Hard drive internal secara otomatis memperoleh daya begitu komputer dihidupkan. Sedangkan eksternal membutuhkan media untuk mendapatkan transfer daya sehingga bisa digunakan. Kekuatan dapat diperoleh dengan menggunakan kabel USB atau kabel data yang terhubung ke perangkat komputer.

Hard disk eskternal juga bisa disebut sebagai flash raksasa atau flash yang memiliki ukuran lebih besar dan kapasitas flash pada umumnya. Kapasitas hard disk eksternal juga bervariasi. Mulai dari 500 MB, 1 TB hingga 2 TB. Berbagai merek yang dijual di pasar dengan kualitas dan harga jual juga beragam.

Masalah pada Hard disk Eksternal

Ketika hard disk Anda rusak maka dapat dipastikan bahwa Anda akan kehilangan semua data Anda. Dan itu sering terjadi dan dialami oleh banyak pengguna komputer. Masalahnya akan sangat merugikan Anda terutama jika Anda menggunakan komputer untuk bekerja. Tentunya Anda tidak ingin kehilangan data pekerjaan Anda, bukan?

Bahkan hard drive eksternal terbaik dapat rusak jika penyebab kerusakan sering terjadi. Berbagai masalah dapat terjadi dengan berbagai penyebab juga. Masalah pada hard disk eskternal yang sering dijumpai antara lain:

  • Terkena Virus
  • Tidak terbaca dan terdeteksi
  • Hard disk eksternal lemot

Pada umunya penyebab kerusakan harddisk dapat diakibatkan karena hal dibawah ini :


  • Salah penggunaan dan penempatan
  • Adanya gangguan ketika melakukan transfer data
  • Melapas hard disk dengan cara yang salah
  • Kebutuhan daya tidak tercukupi
  • Adanya kontak fisik dengan benda lain

Hard disk eksternal tidak disarankan untuk instalasi program ataupun untuk editing data karena hal tersebut dapat membuat komponen penyusunnya mengalami penurunan stabilitas sehingga usia hard disk eskternal menjadi pendek.

Contoh interupsi pada saat transfer data adalah logoff atau mematikan komputer atau dengan kata lain untuk memaksa-menghentikan proses transfer data yang sedang berlangsung. Termasuk jika melepas USB atau kabel data saat mentransfer data. Itu membuat kerusakan pada data juga pada media penyimpanan (Hard disk).

Kontak fisik dengan objek lain maskudnya adalah adanya gesekan atau benturan keras yang dapat menyebabkan cacat fisik dan kerusakan pada hard disk. Hard disk juga bisa rusak jika terkena cairan karena hard disk yang sebenarnya adalah barang elektronik. Terjadinya bentrokan keras atau kontak fisik 'ekstrim' lainnya mungkin menjadi salah satu penyebab hard disk eskternal yang tidak dapat dibaca.

Cara Memperbaiki Hard disk Eskternal Lemot
Salah satu masalah yang sering dialami oleh pengguna hard disk eskternal adalah masalah lambat atau kecepatan transfer yang lambat. Lemot di sini berarti proses transfer data (Menyalin) menjadi sangat lambat meskipun hard disk kosong atau tidak penuh. Ini jelas mengganggu kinerja pengguna di tempat kerja dan jelas merugikan.

Jangankan proses transfer data besar, data kecil akan diproses sangat lambat.

Ini biasanya disebabkan oleh: Kekurangan daya, kehadiran virus pada hard drive, bad sector pada hard disk dan faktor kecepatan dari komputer itu sendiri.

Bagi Anda yang memiliki masalah serupa, jangan panik. Karena ternyata banyak jalan menuju Roma, banyak cara untuk memperbaiki lemot konsot harddisk.

Solusi di bawah ini juga dapat digunakan untuk flash atau kartu memori dengan masalah yang sama. Cara memperbaiki harddisk eksternal lemot adalah:


  1. Klik kanan pada USB Drive (Hard disk anda) kemudian pilih tombol “Properties”
  2. Pada pop up window properties pilih tab “Hardware”
  3. Pilih USB Drive Anda pada bagian bawah All Disk Drives kemudian pilih “Properties”
  4. Klik “tab Policies” dan pilih “Optimize for Performance”
  5. Terakhir, klik tombol OK sebanyak dua kali.

Cara lain yang dapat digunakan untuk memperbaiki hard disk yang lemot adalah dengan cara mematikan service, Ini dia langkah-langkah yang dapat dilakukan pada windows 7 :


  1. Pada tombol start pilih expand à services and applications
  2. Klik Services
  3. Pada jendela daftar window services, carilah Background Intelligent transfer
  4. Kemudian klik kanan dan pilihkan properties
  5. Setelah itu akan muncul tab menu baru
  6. Perhatikan bagian startup type kemudian pilih Disables
  7. Terakhir tekan tombol OK.

Selain itu, terdapat cara untuk meningkatkan kinerja hard disk yang lambat yang mungkin juga dapat berguna bagi anda. Adapun cara-caranya adalah : 

  1. Format Hard disk
  2. Hindari Program yang tidak berguna
  3. Menghapus file duplikat dari hard disk
  4. Defragment hard disk
  5. Hapus data yang tidak penting
Itulah penjelasan masalah hard disk eksternal dan cara mengatasinya. Untuk menghindari berbagai macam masalah pada perangkat komputer maka lakukan perawatan rutin pada perangkat komputer Anda. Gunakan komputer dengan benar dan bijaksana sesuai dengan standar penggunaan yang benar. Hindari mematikan komputer atau hard disk eskternal sehingga komputer tidak mengalami bad sector atau hard disk eskternal Anda menjadi lambat dan rentan rusak.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar