--> Skip to main content

5 Cara Mengetahui Penyebab Blue Screen Pada Windows

Bagi pengguna Windows 10, mungkin fenomena blue screen of death atau disebut juga BSOD, atau disingkat blue screen saja, adalah salah satu dari berbagai fenomena yang mengindikasikan crash pada Windows 10. Seperti versi Windows lainnya, fenomena layar biru pada Windows 10 dapat menyebabkan pekerjaan kita terganggu, dan karena itulah ada baiknya mengetahui apa yang menyebabkan layar biru Windows 10. Dengan mengetahui apa yang menyebabkan layar biru di Windows 10, tentu Anda akan dapat menghindari dan mungkin dapat memperbaiki masalah yang membuat layar biru di Windows 10.

Apakah Anda sudah tahu apa yang menyebabkan layar biru Windows 10 dan bagaimana mengatasinya? Jika Anda tidak tahu, maka tentu saja Anda harus membaca artikel yang satu ini untuk menyelesaikannya. Dengan membaca artikel kami kali ini, Anda tentu dapat melakukan pencegahan dan juga penanganan masalah layar biru yang terjadi pada Windows 10, karena Anda dapat menerapkan cara mengatasi layar biru Windows 7.
5 Cara Mengetahui Penyebab Blue Screen Pada Windows


Apa penyebab layar biru pada Windows 10? Inilah beberapa di antaranya.

1. Driver rusak

Driver adalah bagian penting dari komputer. Keberadaan pengemudi dapat membuat penggunaan komputer menjadi lancar karena itu sistem operasi dapat berkomunikasi secara optimal pada perangkat keras yang kita pasang di komputer atau laptop kita. Jika driver rusak, maka tentu saja komunikasi antara sistem operasi tidak akan dapat berjalan dengan lancar dan bahkan dapat mengakibatkan sistem crash yang parah, terutama jika driver sering digunakan seperti driver VGA.

Salah satu akibat dari kerusakan pada driver yang kita miliki adalah terjadinya layar biru kematian. Seberapa sering dan seberapa parah acara BSOD akan tergantung pada driver apa yang rusak dan juga kondisi komputer Anda. Ada kalanya kesalahan layar biru hanya akan muncul sekali, atau mungkin juga beberapa kali sebulan karena kondisi driver dan juga kondisi perangkat keras yang mungkin telah rusak. Oleh karena itu, jangan lupa untuk memperbarui driver Anda jika mereka bermasalah, dan periksa kesehatan fisik perangkat keras Anda sehingga Anda dapat menggantinya tepat waktu ketika waktunya untuk diganti. Dengan demikian, komputer Anda akan bekerja secara optimal dan Windows 10 Anda tidak akan menjalankan layar biru.

2. Crash aplikasi

Aplikasi yang dijalankan oleh Windows 10 memakan banyak sumber daya seperti RAM atau prosesor. Mulai dari aplikasi game hingga aplikasi pemrosesan dokumen, semuanya membutuhkan aktivitas dari perangkat keras dan juga kerjasama dengan sistem operasi yang Anda instal, dalam hal ini adalah Windows 10. Dalam hal operasi aplikasi yang bermasalah, seperti kode kesalahan, atau memori tidak cukup untuk menjalankan aplikasi, maka ada kemungkinan sistem operasi juga akan crash.

Salah satu jenis crash atau error yang terjadi saat Anda menjalankan aplikasi yang error pada sistem operasi Anda adalah tampilan layar biru. Layar biru akan membuat sistem Windows 10 Anda tidak akan dapat melanjutkan operasinya. Oleh karena itu Anda biasanya harus me-restart jika Anda ingin melanjutkan kembali Windows Anda.

Untuk memperbaiki aplikasi crash yang menyebabkan layar biru ini, tentu Anda harus menyelesaikan masalah kesalahan aplikasi yang Anda miliki. Ada banyak alasan mengapa aplikasi bisa mendapatkan kesalahan, dan itulah mengapa Anda harus mencari tahu secara detail apa yang mungkin membuat aplikasi Anda kesalahan dan akhirnya membuat layar biru kematian. Jangan lupa untuk melihat layar biru catatan kesalahan kematian sehingga Anda tahu penyebab pastinya. Jika aplikasi crash karena HDD badsector, mungkin Anda dapat mencoba untuk memperbaiki hard disk bad sector dengan regenerator HDD.

3. HDD rusak

Hard drive adalah salah satu perangkat keras paling penting di laptop atau komputer Anda, tidak peduli sistem operasi apa yang Anda gunakan, termasuk sistem operasi Windows 10. Hard disk atau sistem penyimpanan umumnya digunakan untuk menyimpan semua file yang perlu digunakan untuk menjalankan sistem operasi atau aplikasi komputer lainnya. Dengan kata lain, jika file tidak dapat diakses dengan baik karena masalah hard drive, tentu saja sistem operasi yang Anda miliki juga tidak akan dapat bekerja secara maksimal.

Salah satu dampak atau konsekuensi yang mungkin terjadi jika Anda memiliki hard drive yang rusak adalah munculnya layar biru kematian yang menampilkan pesan kesalahan pada penyimpanan alias penyebab layar biru. Jika ini sudah banyak Anda alami cukup sering, maka ada baiknya jika Anda segera mengecek harddisk atau penyimpanan Anda, bahkan jika perlu segera bersiap mencari pengganti hard disk atau perangkat penyimpanan yang Anda miliki, karena kemungkinan hard Anda kerusakan drive cukup parah.

4. RAM Rusak

Semua orang yang menggunakan komputer, kemungkinan besar sudah tahu perangkat atau perangkat keras yang satu ini. RAM atau Random Access Memory adalah salah satu perangkat keras yang penting di komputer karena dengan prosesor RAM ini dapat bekerja mengolah data dari input sistem yang Anda miliki, baik dalam perangkat keras maupun perangkat lunak. Tanpa RAM, komputer tidak akan bisa berjalan, meskipun Anda memiliki prosesor yang sangat bagus. Seperti otak manusia, kita membutuhkan memori jangka pendek untuk bekerja. Memori jangka pendek ini adalah apa yang kita sebut komputer yang disebut RAM.

Jika RAM yang dimiliki komputer Anda rusak, misalnya ada sektor RAM yang cacat fisik, maka kinerja komputer Anda akan terganggu. Salah satu kerusakan yang paling parah dan mungkin adalah munculnya layar biru kematian di Windows 10, atau bahkan komputer Anda secara instan tidak responsif dan benar-benar mati saat digunakan atau laptop sering mati dengan sendirinya. Karena itu, jika RAM Anda rusak, maka Anda harus segera menggantinya agar tidak memburuk.

5. File sistem operasi rusak

Penyebab layar biru Windows 10 yang kami ulas di artikel ini, tetapi bukan berarti penyebab terakhir layar biru pada Windows 10, adalah penghancuran file sistem operasi Windows yang Anda miliki. Kerusakan file sistem operasi tentu saja akan membuat sistem operasi tidak dapat berfungsi atau beroperasi dengan lancar, dan akan mengakibatkan crash atau error, salah satunya adalah layar biru. Bahkan, kemungkinan besar akan selalu terjadi blue screen jika komputer Anda rusak dalam file sistem operasi. Oleh karena itu, jika ada file sistem operasi Anda yang rusak, ada baiknya jika Anda segera memperbaiki Windows Anda dengan cara menginstal ulang atau melakukan perbaikan lagi.

Itu semacam penyebab blue screen Windows 10 yang bisa kita bahas di artikel ini. Semoga dengan beberapa pengetahuan diatas, Anda bisa mengatasi masalah layar biru Windowsmu dengan baik ya. Jangan lupa pelajari cara memperbaiki layar biru juga ya.

Selamat memperbaiki Windows 10 Anda!
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar