--> Skip to main content

Manfaat Email Client: Macam Macam Dan Contoh Email Client

Manfaat Email Client: Macam Macam Dan Contoh Email Client. Email atau yang lebih dikenal dengan electronic mail (surat elektronik) adalah sarana sarana komunikasi di internet yang digunakan untuk mengirim pesan elektronik ke alamat tujuan tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Untuk membuat email Anda sendiri tidaklah sulit dan sangat mudah dilakukan. Cara membuat email baru bisa dilakukan oleh siapa saja yang memiliki akses internet.

Namun, dengan tersedianya berbagai jenis email client yang ada, seringkali membuat pengguna awam menjadi sulit untuk memilih jenis email client yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Dengan adanya berbagai klien email yang memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, tentu saja memilih jenis klien email yang paling sesuai kebutuhannya adalah apa yang diinginkan banyak orang.
Manfaat Email Client: Macam Macam Dan Contoh Email Client


Fungsi dan Penggunaan Email Client

Untuk dapat menggunakan pengguna internet email harus memiliki klien email. Klien email adalah perangkat lunak atau aplikasi yang digunakan untuk mengakses dan juga mengelola email yang dimiliki oleh pengguna. Email secara keseluruhan terdiri dari berbagai jenis.

1. Email Berbasis Pop Mail
Email berbasis SMTP / Pop Mail adalah email yang menggunakan server SMTP / POP (Protokol Transfer Surat Sederhana / Protokol Kantor Pos). Pengguna yang menggunakan email POP Mail harus menggunakan perangkat lunak klien email yang digunakan untuk membaca dan mengirim email dari dan ke server SPMTP / POP untuk mengelola email mereka. Dalam email berbasis POP email ada juga istilah POP 3. Protokol atau jaringan yang digunakan untuk mengambil surat elektronik atau email dari server email ke perangkat atau email klien yang dimiliki oleh pengguna adalah definisi POP 3.

2. Email berbasis web
Email berbasis web tentu lebih mudah dan gratis. Pengguna yang menggunakan email berbasis web menggunakan layanan email web gratis seperti Yahoo Mail dan Gmail. Dengan menggunakan email berbasis web, Anda dapat memeriksa email dari mana saja dan dengan menggunakan browser apa pun.

3. Email Forwarding
Penerusan Email adalah layanan email yang akan membantu meneruskan email yang telah diterima di server layanan ini ke alamat email lain. Jenis email ini akan sangat membantu jika Anda ingin mengirim email dari alamat yang berbeda di alamat resmi. Contoh umum menggunakan alamat email ini adalah alamat email perusahaan. Dengan memahami karakter dari setiap jenis email yang disebutkan di atas, kita setidaknya akan memahami kelebihan dan kekurangan email secara umum

Macam  macam email client

Dalam pembahasan berikut kita akan membahas tentang jenis klien email yang umum digunakan. Email berbasis desktop (Surat POP) serta email berbasis web adalah dua jenis email yang biasa digunakan untuk pengguna email.

Email berbasis desktop (Surat POP)


  • Outlook

Outlook adalah salah satu klien email yang dikembangkan oleh Microsoft. Outlook telah ada sejak tahun 1990-an dan sekarang menjadi bagian dari Microsoft Office Suite dan sering dikaitkan dengan lingkungan bisnis untuk penggunanya. Integrasi dengan Windows Desktop Search memberi Anda kemampuan untuk mencari dengan lebih mudah dan mengelola semuanya dari email hingga penjadwalan pada kalender yang ada di komputer Windows Anda.


  • Apple Mail

Aplikasi Apple Mail, juga dikenal sebagai Aplikasi Mail atau Mail, adalah kelanjutan dari aplikasi yang dikembangkan oleh Apple. Seperti integrasi yang ada antara Windows Desktop Search dan Outlook, Mail juga memiliki integrasi dengan Spotlight yang dapat membantu Anda mengelola email yang masuk pada perangkat Mac Anda.


  • Thunderbird

Thunderbird adalah aplikasi open-source yang dikembangkan oleh Mozilla, yang juga merupakan pengembang browser open source yang banyak digunakan oleh banyak orang yaitu Mozilla Firefox. Thunderbird adalah aplikasi email client yang memiliki struktur yang solid dan yang mendukung sistem pengkodean yang tidak jauh berbeda dengan browser Firefox.

Email berbasis web


  • Gmail

Google terkenal dengan banyak fitur aplikasi menarik yang ditawarkannya. Salah satu yang tidak dapat dipisahkan adalah Gmail yang merupakan klien email berbasis Web. Anda tidak hanya akan mendapatkan akun email ketika Anda mendaftar untuk membuat akun email. Anda juga akan memiliki integrasi dengan layanan Google lainnya seperti Youtube, Google Drive, dan sebagainya.

Banyak fitur di Gmail tidak revolusioner, seperti kemampuan untuk memfilter email masuk, menandai atau melabeli email. Fitur-fitur ini dapat ditemukan di banyak jenis klien email lainnya. Meskipun demikian apa yang membuat fitur tersebut menarik adalah karena implementasinya sangat mudah sehingga tidak banyak orang mengalami kesulitan menggunakan klien email ini. Ini adalah salah satu hal paling menarik yang membuat Gmail telah banyak digunakan oleh pengguna email.

Sebagai klien email yang telah banyak digunakan oleh penggunanya. Gmail juga akan memudahkan Anda untuk membantu jika Anda lupa kata sandi yang pernah Anda miliki di email ini. Jika Anda memiliki akun Google, Anda lupa kata sandi Anda akan dapat memulihkannya dengan cara memulihkan kata sandi yang terlupakan.


  • Layanan Email Yahoo.

Yahoo adalah pelopor layanan email gratis yang sudah ada sejak tahun 90-an. Yahoo Email Services adalah salah satu penyedia layanan email yang telah menyaingi Gmail dalam beberapa tahun yang lalu. Selain menyediakan layanan email, Yahoo saat ini juga menyediakan Integrasi dengan layanan penyimpanan cloud, dan penyimpanan foto DropBox dan Flickr.


  • Windows Live Hotmail

Windows Live Hotmail adalah layanan email yang disediakan oleh Microsoft. Jenis klien email ini adalah bagian dari rangkaian Essensials Windows yang terdiri dari program-program seperti Live Mail, Live Writer, Galeri Foto, Pembuat Film, dan OneDrive. Koleksi perangkat lunak ini telah terhubung, dengan Messenger yang semakin diganti dengan Skype. Sayangnya perangkat lunak tidak lagi diperbarui sejak 2012.

Meski begitu Windows Live Mail 2012 yang pernah ada tidak akan berhenti berfungsi, dan Anda masih akan dapat menggunakannya sebagai layanan email standar. Tetapi karena tidak ada dukungan yang tersedia, Mirosoft telah memindahkan semua layanan email dan layanan lainnya seperti Office 365, Hotmail, Live Mail, MSN Mail, Outlook, dan layanan lainnya dari Microsoft ke dalam sistem layanan Outlook.com tunggal.

Dengan memiliki akun email ada berbagai macam klien email yang dapat mempermudah segala sesuatunya. Seperti cara mendaftar akun paypal menggunakan Google.

Itu adalah diskusi tentang mengetahui jenis klien email yang sering digunakan. Sampai ketemu lagi di diskusi berikutnya.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar