--> Skip to main content

Cara Mengetahui Password WiFi di Windows 10 Paling Mudah

Mungkin ada situasi atau situasi di mana Anda ingin mengetahui kata sandi WiFi dari jaringan tempat laptop Anda terhubung. Anda juga mungkin lupa kata sandi WiFi dari jaringan yang biasa Anda gunakan. Atau Anda ingin memberi tahu kata sandi Anda kepada kerabat Anda yang merupakan penumpang di jaringan WiFi Anda yang terhubung. Tentunya masalah ini tidak akan terjadi jika Anda mengingat kata sandi WiFi yang akan Anda gunakan.

Jika Anda menggunakan Windows 10 yang memiliki tampilan yang sedikit berbeda ke Windows sebelum ini mungkin akan menyulitkan untuk melihat kata sandi WiFi yang pernah terhubung ke laptop Anda. Pandangan yang berbeda dari antarmuka pengguna sangat berbeda dari pendahulunya Windows membuat beberapa orang merasa sulit untuk menavigasi komputer yang mereka gunakan untuk menghapus kata sandi WiFi yang terhubung ke komputer mereka.
Cara Mengetahui Password WiFi di Windows 10 Paling Mudah

Windows 10 memang merupakan salah satu versi Windows yang paling banyak digunakan, di samping desain dan fungsionalitas Antarmuka Pengguna yang sederhana. Penggunaannya sendiri secara keseluruhan tidak terlalu sulit jika Anda sudah mengenalinya untuk sementara waktu. Selain penggunaan Windows 10 sebagai sistem operasi laptop juga tidak membutuhkan banyak ruang dan dapat digunakan pada laptop yang memiliki spesifikasi yang tidak begitu tinggi.

Anda dapat menginstal Windows 10 dengan menggunakan metode menginstal Windows 10 pada laptop baru jika Anda tidak tahu cara menginstal satu versi Windows yang satu ini.

Penggunaannya secara keseluruhan tidak terlalu sulit. Secara keseluruhan Windows 10 memiliki tampilan yang bebreda dengan versi Windows sebelumnya. Jika Anda mengalami kesulitan dengan itu Anda berada di tempat yang tepat, karena kali ini saya akan berbagi cara melihat kata sandi WiFi di Windows 10 laptop.

Cara melihat password WiFi di laptop Windows 10 

Untuk melihat kata sandi WiFi pada laptop Windows 10, pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan versi Windows sebelumnya seperti Windows 8.1, Windows 8, atau Windows 7. Hanya saja perbedaannya adalah bagaimana tampilan visual dan juga langkah - langkah yan gharus diambil untuk melihat Kata sandi WiFi pada laptop Windows 10. Jika Anda tidak mengetahuinya tentu Anda akan kesulitan.

Untuk dapat melihat kata sandi WiFi pada laptop Windows 10 Anda, Anda dapat menggunakan beberapa metode yang akan saya bagikan dalam diskusi berikut. Dua metode ini dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus menginstal aplikasi tambahan di laptop Anda. Sedangkan pada metode ketiga akan membutukan aplikasi tambahan. Untuk langkahnya sendiri akan dibahas dalam pembahasan berikut.

Melihat password WiFi Melalui Open Network and Sharing Center.

Metode pertama merupakan metode yang paling mudah dimana anda hanya akan mengakses password anda melalui fitur Open Network and sharing Center. Fitur ini sebenarnya telah ada pada versi sebelumnya. Pada Windows 10 tampilan yang dimiliki oleh fitur ini tidak banyak berubah. Jadi dengan menggunakan metode ini seharusnya anda juga bisa melihat password WiFi pada versi Windows sebelumnya. Berikut langkah – langkah yang dapat anda lakukan.


  1. Langkah pertama yang perlu anda lakukan tentunya adalah menghidupkan laptop anda yang telah menggunakan Windows 10. Pastikan juga bahwa laptop anda sebelumnya pernah terhubung dengan jaringan WiFi yang hendak ingin anda lihat passwordnya.
  2. Setelah laptop siap untuk digunakan arahkan kursor mous yang anda gunakan ke bagian ikon WiFi yang terletak di bagian pojok kanan bawah taskbar Windows 10.
  3. Jika sudah dari sana klik kanan lalu pilih bagian “Open Network and Sharing Center”.
  4. Nantinya akan muncul informasi jaringan WiFi yang sedang anda gunakan saat ini yang akan dimunculkan pada jendela yang akan terbuka.
  5. Selanjutnya ketika jendela baru telah terbuka, perhatikan bagian Wireless Properties. Pada bagian tersebut klik untuk membuka bagian lebih lanjut.
  6. Saat Wireless Network Properties tebruka, pilih bagian tab Security.
  7. Pada bagain tersebut centang pilihan Show Characters. Dengan melakukan hal ini, password WiFi yang sebelumnya tersembunyi nanti akan dapat terlihat.
Melihat password WiFi dengan menggunakan CMD.


CMD atau lebih dikenal dengan command prompt adalah salah satu aplikasi yang dapat memuat perintah berbasis Command Line Interface di laptop Anda. Selain bisa digunakan untuk melihat kata sandi WiFi, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk melakukan cara memperbaiki Windows 10 dengan CMD.

Melihat kata sandi WiFi menggunakan CMD biasanya dilakukan untuk mengetahui kata sandi WiFi yang tidak terhubung dengan laptop Anda tetapi informasi SSID masih tersimpan di komputer Anda. Untuk dapat melihat kata sandi WiFi dengan menggunakan metode ini, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil.

  1. Sama seperti langkah sebelumnya, pertama hidupkan laptop Windows 10 yang akan anda gunakan.
  2. Jika laptop anda telah menyala dan siap untuk digunakan. Buka aplikasi Command Prompt yang ada pada komputer anda.
  3. Setelah jendela command prompt terbuka, masukkan perintah berikut pada aplikasi Command Prompt netsh wlan show profiles
  4. Setelah anda memasukkan perintah tersebut, nantinya command promp t akan memunculkan beberapa SSID yang pernah terhubung dengan laptop anda.
  5. Untuk mengetahui SSID WiFi yang ingin anda cari, anda bisa memasukkkan perintah beriku, netsh wlan show profile name="nama SSID yang dimaksud"=key=clear
  6. Jika anda telah melakukan langkah – langkah yang sudah disebutkan sebelumnya. Nantinya command prompt akan memunculkan banyak informasi dari SSID sesuai dengan yang anda masukkan sebelumnya. Didalam informasi tersebut juga akan terlihat password WiFi dari SSID yang sudah disebutkan sebelumnya.
Melihat password WiFi menggunakan software pihak ketiga.

Selain dua cara yang telah disebutkan di atas sebenarna Anda juga dapat menggunakan perangkat lunak pihak ketiga untuk melihat kata sandi WiFi yang tersimpan di komputer Anda. Sebenarnya cara ini mengharuskan Anda menginstal perangkat lunak.

Dengan menggunakan metode ini Anda tidak perlu lagi melihat kata sandi WiFi di komputer Anda satu per satu dan Anda dapat melihatnya secara bersamaan. Nama perangkat lunak yang akan digunakan disebut kata sandi WiFi Revealer. Perangkat lunak ini akan menampilkan semua kata sandi WiFi yang tersimpan di komputer Windows Anda.

Jadi hanya berikut ini adalah cara untuk menampilkan kata sandi WiFi di laptop Windows 10 dengan menggunakan metode ini.

  1. Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah menginstall aplikasi WiFi Password Revealer.
  2. Jika anda belum memilikinya anda dapat mendownloadnya lewat situs resminya.
  3. Setelah selesai didownload, install aplikasi tersebut pada laptop Windows 10 anda.
  4. Kemudian jalankan aplikasi ini untuk melihat password WiFi yang ada pada laptop anda.
Metode di atas adalah beberapa metode yang dapat membantu Anda melihat kata sandi WiFi di laptop yang memiliki sistem operasi Windows 10. Jika Anda mengalami masalah dengan masalah WiFi, Anda dapat mencoba cara mengatasi WiFi Windows 10 yang terbatas.

Jika Anda memiliki komputer atau teman-teman Anda terhubung ke jaringan yang ingin Anda gunakan. Tentu saja Anda bisa berselancar dan menggunakan internet sesuai keinginan Anda. Anda juga dapat memperbarui driver Windows 10 dengan lebih mudah jika Anda sudah memiliki koneksi internet.

Begitulah pembahasan tentang cara melihat kata sandi WiFi pada laptop Windows 10. Sampai jumpa lagi di pembahasan berikutnya

Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar