--> Skip to main content

20 Cara Menghapus Virus Trojan di Android Secara Cepat dan Pencegahannya

Perangkat OS Android seperti ponsel cerdas juga rentan terhadap virus. Virus dapat berasal dari mana saja, dan paling sering penyebaran dilakukan melalui internet. Untuk itu kita harus berusaha mencegah virus tidak menyerang perangkat yang kita miliki dan mencuri data untuk merusak perangkat.

Virus Trojan

Trojan sering disebut virus, tetapi sebenarnya Trojan adalah bagian yang terpisah dari malware; sama seperti virus yang juga merupakan bagian dari malware. Malware adalah program jahat, seperti file yang merusak dan menyusun, memata-matai untuk mencuri data dari perangkat yang diserangnya. Anda dapat membaca jenis malware sebagai informasi tambahan.
20 Cara Menghapus Virus Trojan di Android Secara Cepat dan Pencegahannya

Perangkat lunak perusak terdiri dari tiga grup. Kelompok pertama bertujuan untuk menginfeksi, misalnya virus dan worm. Kelompok kedua bertujuan untuk memata-matai untuk mencuri data, misalnya spyware. Dan kelompok ketiga, adalah program yang 'bersembunyi' dalam arti program yang terlihat penting dan berguna, tetapi sebenarnya mengandung virus atau malware jahat lainnya; misalnya Trojan.

Trojan di Android

Trojan juga dikenal sebagai 'trojan horse', menamakannya mengacu pada kisah perang di Yunani kuno. Saat itu serdadu elit Yunani berpikir telah menyerah dalam perang, bersembunyi di patung kuda trojan yang megah. Lawan mengambil patung kuda trojan sebagai rampasan perang dan menempatkannya ke dalam benteng. Dengan begitu elit Yunani dapat dengan mudah memasuki benteng, lalu keluar dari tempat persembunyian di malam hari dan menyerang.

Cara kerja Trojan sama seperti taktik kuda Troya. Trojan tampaknya menjadi perangkat lunak atau aplikasi yang bermanfaat, sedangkan program jahat seperti virus atau malware lainnya tidak hanya dapat merusak perangkat tetapi juga merekam data penggunaan perangkat untuk mencuri data penting Anda, seperti pin atau kata sandi. Trojan juga sangat pandai bersembunyi sampai sulit dilacak oleh antivirus biasa

Cara Menghapus

Jika Trojan terlah sudah masuk dan menyerang smartphone Anda, maka sesegera mungkin Anda harus melakukan penghapusan, sebelum smartphone Anda memburuk. Berikut beberapa cara Anda dapat menghapus trojan dari smarphone Anda. (Baca juga: cara menghapus virus malware).

1. Kosongkan cache

Cache adalah file penyimpanan data sementara untuk aplikasi atau browser yang sedang berjalan. Dengan memanfaatkan data yang tersimpan di dalam cahce, seperti data situs web yang telah kami kunjungi, akan membuat proses loading menjadi lebih cepat karena browser tidak lagi perlu mengunduh data dari situs web (baca juga: fungsi master bersih di smartphone android ).

Sayangnya cache sering menajadi tempat nesting virus. Untuk itu cache harus dibersihkan sehingga biji virus juga dibuang. Jika virus belum menginfeksi OS Anda, itu bisa berfungsi. Untuk mengosongkan cache Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:

Membersihkan cahe pada semua aplikasi


  • Buka menu Setting > Storage & USB
  • Jika anda juga menggunakan SDcard, maka akan tampil dua opsi penyimpanan, pilih Internal Storage
  • Lalu klik pada opsi Cached Data
  • Akan muncul popup clear cached data for all apps klik Ok untuk menghapus cache

Membersihkan cache pada satu aplikasi saja


  • Buka menu Setting > Apps
  • Klik Aplikasi yang akan anda bersihkan cachenya, misalnya Chrome
  • Akan muncul jendela APP Info aplikasi Chrome. Klik pada menu Storage
  • Klik tombol Clear Cache yang terletak di bawah cache

*catatan: penulis menggunakan smartphone dengan OS Android 6.0 Marshmallow

2. Scanning dengan Stubborn Trojan Killer

Jika Trojan sudah mulai menginfeksi perangkat Anda apalagi masuk ke dalam sistem dan mengendalikan ponsel cerdas Anda, seperti membuat ponsel cerdas tiba-tiba mati sendiri saat tidak digunakan; menghapus cache saja tidak akan banyak gunanya. Menscannya dengan antivirus biasa juga tidak bisa menghapus Trojan sepenuhnya, karena sifat Trojan yang sangat pintar bersembunyi akan sulit dideteksi oleh antivirus umum.

Pembunuh Trojan yang membandel adalah aplikasi khusus yang dibuat untuk menghapus Trojan yang menginfeksi perangkat smartphone. Aplikasi ini cukup kuat untuk dapat mendeteksi Trojan dan menghapusnya sepenuhnya, bahkan pada ponsel yang telah diserang sekalipun sistem

Cara menggunakan Stubborn Trojan Killer


  • Download Stubborn Trojan Killer dari Google Play Store
  • Install dan jalankan aplikasi
  • Tekan tombol Scan untuk melakukan scanning
  • Tunggu hingga Stubborn Trojan Killer selesai melakukan scanning
  • Klik tombol Kill untuk menghapus semua virus yang terdeteksi
  • Aktifkan proteksi Stubborn Trojan Killer, untuk mencegah Trojan menyerang kembali.
3. Reset Pabrik


Jika Anda tidak dapat memindai perangkat dengan aplikasi Pembunuh Trojan yang Keras Kepala, misalnya karena tidak dapat menginstal; Anda dapat mencoba pengaturan ulang pabrik atau mengembalikan perangkat ke pengaturan pabrik. Tetapi semua data Anda di perangkat juga akan dihapus, karena itu harus terlebih dahulu membuat cadangan semua data penting Anda.

Untuk pengguna smartphone android 5 ke atas, pastikan Anda mengingat akun google yang Anda gunakan sebelum direset, karena ponsel akan meminta Anda untuk masuk ke akun google untuk dapat mengaktifkan perangkat. Jika Anda lupa, perangkat tidak akan berfungsi.

Ada dua cara untuk melakukan reset pabrik, yaitu ketika perangkat berada dalam posisi reset cahaya / lunak dan melalui mode simpan, yang hard reset. Langkah-langkah berikut untuk melakukan reset pabrik pada perangkat android Anda:

Melakukan Soft reset

  • Buka menu Setting > Backup and Reset > Factory data reset
  • Klik Reset Phone untuk menjalankan factory reset
  • Ponsel akan merestart, tunggu hingga proses selesai
  • Saat ponsel menyala kembali, ponsel anda akan kembali seperti saat anda membelinya.
Melakukan hard reset

  • Matikan Smartphone
  • Tekan power + volume up
  • Pilih bahasa yang anda kuasai, tekan tombol power untuk melanjutkan
  • Anda akan masuk ke menu Recovery
  • Pilih opsi Wipe Cahce/ Factory Reset. Untuk mengarahkan gunakan tombol volume up / down, untuk memilih tekan tombol power.
  • Pilih Yes – deleted all user data
  • Tunggu proses penghapusan selesai
  • Reboot
4. Install Ulang OS

Instal ulang sistem operasi Android pada perangkat Anda perlu dilakukan, jika Trojan telah menginfeksi perangkat lunak default ponsel dan menghancurkannya. untuk ini Anda harus melakukan flashing, baik melalui komputer atau langsung di perangkat Anda. Tetapi untuk melakukan flashing ini harus diserahkan kepada para ahli, jika Anda tidak yakin Anda dapat melakukannya sendiri. Untuk menghindari kesalahan flash yang bahkan dapat membuat ponsel tidak dapat digunakan

Cara Pencegahan

Setelah Anda berhasil menghapus Trojan dari ponsel Anda, Anda harus melakukan beberapa cara berikut untuk mencegah Trojan dan malware lain menyerang ponsel cerdas Anda. berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan:

1. Instal anti virus dan update

Keberadaan antivirus di ponsel sangat penting untuk menjaga keamanan ponsel anroid dari berbagai serangan virus, Trojan, atau malware lainnya. Apalagi jika ponsel Anda telah diroot. Ponsel yang telah diroot lebih rentan terhadap virus, karena pada dasarnya dengan meroot, Anda melumpuhkan sistem keamanan dari OS.

Pilih antivirus tepercaya, dan kami sarankan untuk mengunduh langsung dari Google Play. Agar tidak menginstal antivirus yang Anda instal, Anda malah menginstal aplikasi berisi virus jahat. Sebagai referensi, Anda dapat melihat peringkat aplikasi, pilih yang mendapat lebih dari 4 bintang.

2. Update Sistem Operasi

Vendor smartphone biasanya merilis pembaruan OS reguler. Anda juga perlu memperbarui Sistem Operasi Android Anda secara rutin untuk mendapatkan fitur dan menu terbaru, dan mendapatkan jaminan keamanan yang lebih baik dari OS.

Pada setiap rilis pembaruan OS Android baru, pengembang telah menutup celah pada sistem yang ditemukan, yang sering dimanfaatkan oleh virus untuk menyerang ponsel. Dengan begitu ponsel Anda akan lebih aman.

Beberapa vendor ponsel cerdas menyediakan layanan peningkatan versi OS secara otomatis, jadi Anda cukup menekan tombol 'OK' saat pemberitahuan munculan muncul untuk ditingkatkan. Tetapi beberapa vendor tidak menyediakan layanan ini, jadi kami harus menginstal upgradenya secara manual.

3. Jangan Buka Laman/ Link Sembarangan

salah satu cara penyebaran virus adalah melalui internet. Belakangan ini sering di media sosial saya sering menemukan posting yang mengarah ke halaman tertentu, atau mengandung link tertentu. Seringkali dalam bentuk situs porno.

Jangan klik / kunjungi halaman jika Anda merasa halaman tersebut aneh atau mencurigakan. Karena bisa jadi link / halaman berisi virus atau worm, jadi secara tidak sadar Anda sudah mengundang virus untuk masuk menyerang ponsel Anda.

4. Jangan Mendownload atau Menginstal Aplikasi Sembarangan

Agar lebih aman, jika Anda membutuhkan aplikasi, unduh dari toko resminya, atau Google Play Store. Karena bahkan jika aplikasi sudah ada di Google Play tidak berarti aplikasi tersebut aman, karena masih banyak aplikasi rawan malware. Terutama jika file sumber aplikasi dari halaman tersebut tidak jelas, semakin banyak malware yang disisipkan oleh malware, termasuk Trojan.

Saat mengunduh dan menginstal aplikasi, pertama-tama Anda harus mencari tahu tentang aplikasi tersebut. Baca deskripsi aplikasi, dan pilih aplikasi yang memiliki lebih dari 4 bintang. Kemudian perhatikan juga aplikasi 'Akses Pesmission'. Baca satu per satu izin, jika ada permintaan izin yang mencurigakan, segera batalkan instalasi

5. Hati hati Menggunakan Wifi Publik

Sekarang kita dapat menggunakan wifi umum dengan mudah, baik di kafe, mal, perpustakaan, bahkan di taman umum seperti di taman Fotografi atau taman Musik di Bandung. Namun perlu diingat bahwa wifi umum sering digunakan oleh peretas / peretas untuk masuk ke sistem smartphone kami.

Perkembangan dunia digital semakin maju, dan semakin peretaspun kemampuannya semakin juga semakin sulit dideteksi. Untuk itu setiap kali akan terhubung dengan wifi umum, Anda harus berhati-hati untuk menghindari para peretas. Pastikan jaringan Wi-Fi publik aman, berasal dari badan yang dapat dipercaya, dan menghindari transmisi data penting.

Demikian beberapa cara Anda dapat menghapus virus Trojan di Android, serta cara mencegahnya kembali dan menginfeksi ponsel cerdas Anda lagi. Untuk menghapusnya Anda dapat menggunakan aplikasi Stobborn Trojan Killer, lakukan hard reset, atau instal ulang OS Android Anda

Semoga artikel ini bisa memberi Anda informasi yang Anda butuhkan. Jika Anda memiliki pertanyaan, penambahan atau komentar yang membangun, silakan tinggalkan pesan, dan jangan lupa untuk membagikannya jika menurut Anda artikel ini bermanfaat. Itu saja dan terima kasih.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar