--> Skip to main content

6 Software Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik

Film animasi sedang berkembang, termasuk di Indonesia. Anda mungkin pernah mendengar atau menonton film animasi 'Family Somat' atau film 'Adit Sopo Jarwo', film animasi anak-anak bangsa yang berjalan secara teratur di salah satu statsiun TV lokal Indonesia.

Selain film masih banyak lagi film-film animasi buatan Indonesia yang bisa dibilang bagus, baik dari segi cerita juga dari tampilan kualitas animasi 3d yang disediakan seperti Battle Of Surabaya, Achieving Dreams, Halilintar Picks, Garuda Riders, dan masih banyak lagi.

6 Software Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik

Jika Anda tertarik untuk membuat animasi 3D, atau mencari aplikasi 3D yang sesuai dengan kebutuhan Anda, di sini akan dijelaskan beberapa perangkat lunak pembuat aplikasi animasi 3D terbaik tahun ini, untuk referensi Anda.

1. Software Aplikasi Animasi 3D paling Top: Autodesk

Autodesk Maya dan Autodesk 3Dds Max adalah aplikasi teratas menurut penulis. Autodesk Maya memberikan semua fungsi yang diperlukan dalam pembuatan animasi, termasuk pemodelan, simulasi, rendering, serta pengomposan. Penggunaan aplikasi ini juga termasuk mudah dan sangat user friendly, sehingga sangat cocok untuk pemula.

Meskipun banyak digunakan oleh pemula, Autodesk Maya juga digunakan oleh industri pembuatan film animasi besar di Hollywood. Anda harus tahu film Lord of the Ring, atau Finding Nemo. Dua film populer adalah contoh karya yang dihasilkan menggunakan Autodesk Maya.

Sama seperti Autodesk Maya, Autodesk 3D Max juga merupakan pembuat aplikasi autodesk keluaran animasi 3D. Perbedaan Autodesk 3D Max lebih mudah digunakan dalam mode skrip untuk game, membuatnya cocok untuk pengembangan game.

Sayangnya harga dua aplikasi pembuat animasi 3D ini dari autodesk cukup mahal. Tetapi jika Anda seorang siswa, Anda dapat menggunakan Versi Siswa dari autodesk untuk mendapatkannya secara gratis tetapi legal. Lisensi untuk siswa / siswa berlaku selama 3 tahun.

2. Software Aplikasi Animasi OpenSource Terbaik: Blender

Blender adalah aplikasi animasi 3D open source sehingga Anda bisa mendapatkannya dengan sangat murah, bahkan secara gratis. Tidak seperti Autodesk yang hanya dapat digunakan pada PC / Laptop dengan OS Windows, Blender dapat digunakan pada berbagai OS, baik Windows, Linux atau Max.

Meski gratis, fasilitas yang disediakan Blender sangat lengkap. Blender dapat digunakan untuk membuat animasi, pemodelan, Rendering, efek visual - pengomposan, dan lainnya. Ukuran blender juga cukup ringan, sehingga cocok untuk digunakan pada PC atau laptop dengan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi.

Pengembangan blender juga sangat cepat, pembaruan blender dirilis hampir setiap 3 bulan. Pengembang blender menanggapi kebutuhan pengembangan industri animasi 3D, serta respons pengguna. Sayangnya Blender cukup sulit digunakan, terutama untuk pemula. Namun pengguna Blender cukup banyak terseber di seluruh dunia, banyak pengguna forum yang dapat membantu Anda mempelajari aplikasi ini dengan mudah.

3. Software Aplikasi Animasi 3D Terbaik untuk Rendering: Cinema 4D


Cinema 4D adalah aplikasi animasi 3D dari Maxon. Cinema 4D mudah digunakan, bahkan lebih mudah daripada Autodesk; sehimgga cocok untuk pemula. Namun, aplikasi ini masih memenuhi syarat untuk penggunaan profesional. Fiturny lengkap, bisa digunakan untuk pemodelan, rendering, animasi, texturing, juga pencahayaan. Ukuran installernya juga cukup ringan sehingga tidak membutuhkan spesifikasi komputer yang tinggi.

Sinema 3D terkenal dengan proses rendering yang cepat, dan hasil rendernya mendekati realistis. Contoh animasi 3D yang menggunakan Cinema 4D dapat dilihat di film animasi Tron Legacy, Ghost Rider, Fantastic Four, dan banyak lainnya. Namun harga lisensi dari perangkat lunak ini cukup mahal.

4. Software Aplikasi Animasi 3D Terbaik untuk Composting: Nuke

Nuke adalah aplikasi compositor yang dibuat oleh The Foundry. Aplikasi ini tidak menyediakan fasilitas pemodelan atau animasi. Nuke mengkhususkan diri dalam proses akhir, penyatuan dan memberikan efek dari semua gambar yang diberikan, atau yang disebut bagian pengomposan.

Kelebihan Nuke dalam pengomposan memang bisa diacungi jempol, tidak mengherankan jika Nuke mendapatkan penghargaan dalam kategori efek visual terbaik. Biasanya Nuke digunakan oleh editor film, ilustrator dan sejenisnya untuk menyempurnakan pekerjaan mereka. Nuke memiliki banyak alat yang memungkinkan pengguna untuk membuat kompos, sehingga proses pengomposan dapat dilakukan lebih cepat.

Nuke telah banyak digunakan oleh berbagai industri film animasi berbasis seperti Dreamwork Animation, MPC, dan lain-lain. Contoh karya yang dihasilkan menggunakan aplikasi Nuke dapat Anda lihat di film Petualangan Tin Tin, Iron Man, Transformer 3, dll.

5. Software Aplikasi Animasi 3D dengan Plugin Terbaik: Houdini

Houdini adalah perangkat lunak animasi 3D dari SideFx. Houdini memiliki berbagai macam ekstensi dengan berbagai kemampuan yang dapat memenuhi kebutuhan Anda. Houdini sangat fleksibel. Anda dapat mengintegrasikan berbagai plugin yang Anda butuhkan, sehingga kemampuan yang diberikannya benar, sesuai dengan kebutuhan Anda.

Houdini juga menyediakan berbagai fasilitas seperti pemodelan, animasi, rendering, pencahayaan, juga pengomposan. Program untuk para profesionalnya bahkan dapat memungkinkan Anda untuk membuat volume gas yang kompleks. Dengan banyak fitur dan opsi yang disediakan, Houdini cukup kompleks untuk dipelajari. Namun, tutorial online yang diberikan, sangat membantu penggunaan aplikasi ini.

Houdini juga cukup banyak digunakan oleh industri film animasi, misalnya Distney Pictures, DNA Production, dll. Contoh karya yang dihasilkan dengan menggunakan Houdini seperti film Rio, Ant Bully, atau Chiken Little.

6. Software Aplikasi Animasi 3D Terbaik untuk Pembuatan Karakter (Modelling) : ZBrush

Zbrush adalah aplikasi animasi 3D yang berfokus pada pemodelan. Dengan Zbrush Anda dapat melakukan pemahatan digital, texturing dan oainting. Jutaan cara sclupting yang dapat Anda gunakan di Zbrush memungkinkan Anda untuk membuat model berbagai materi yang ada dalam pikiran Anda.

Perangkat Zbrush sangat banyak, memungkinkan Anda membuat model dengan detail yang sangat detail, dan resolusi tinggi. Mulai dari membuat frame, pose, pembentukan otot, dan detail ornamen karakter yang Anda buat bisa Anda lakukan dengan Zbrush. Batas kemampuan pemodelan yang dapat dibuat melalui aplikasi ini hanyalah imajinasi Anda.

Demikian juga artikel tentang aplikasi pembuat animasi 3D terbaik. Perangkat lunak aplikasi terbaik untuk Pemodelan adalah Zbrush, yang terbaik untuk pengomposan yang dipegang oleh Nuke, paling baik untuk rendering adalah Cinema 4D. Aplikasi plugin terbaik adalah Houdini, sedangkan perangkat lunak terbaik ditangani sepenuhnya oleh Autodesk dan Blender.

Semoga artikel ini bisa memberi Anda informasi yang Anda butuhkan. Jika Anda memiliki pertanyaan, penambahan atau komentar yang membangun, silakan tinggalkan pesan, dan jangan lupa untuk membagikannya jika menurut Anda artikel ini bermanfaat. Itu saja dan terima kasih.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar