--> Skip to main content

20 Cara Mempercepat HP Android yang Lemot Terbukti Ampuh

HP android adalah HP yang telah banyak digunakan oleh pengguna smartphone di seluruh dunia. Sebagai salah satu smartphone yang sangat diminati oleh vendor dan pengguna. Android adalah salah satu smartphone yang paling cepat berkembang. Sama seperti perangkat smartphone lainnya, HP android tidak dapat dipisahkan dari keadaan lambat.

Situasi di mana HP android lambat atau lambat adalah hal yang normal dan dapat dialami oleh perangkat smartphone lainnya. Apakah android dengan kapasitas RAM yang kecil atau yang besar dapat mengalami dampak ini jika tidak disetel dengan baik.
20 Cara Mempercepat HP Android yang Lemot Terbukti Ampuh

HP lamban atau lambat sangat tidak nyaman untuk digunakan. Dengan era yang tumbuh cepat semua perangkat elektronik diharapkan oleh pengguna untuk dapat berjalan dengan cepat. Konsekuensi yang dirasakan dari HP Android yang lamban adalah awal yang lambat dari smartphone HP, aplikasi yang secara paksa menutup diri mereka, munculnya pesan kesalahan, sampai HP mati karena telah bekerja keras.

Faktor – Faktor Penyebab Android Menjadi Lemot

Beberapa faktor utama yang menyebabkan android menjadi lemot adalah sebagai berikut


  1. kapasitas RAM yang tidak mencukupi. Khususnya kapasitas RAM yang kecil yang tidak mencakup jumlah RAM yang diperlukan untuk menjalankan semua aplikasi – aplikasi yang ada pada HP anda.
  2. Spesifikasi smartphone yang kurang memadai atau smartphone android tidak memiliki spesifikasi yang baik.
  3. Penggunaan aplikasi pada HP android yang berlebihan
  4. Pemasangan widget yang berlebihan, widget yang terlalu banyak terpasang akan membutuhkan banyak memori RAM dan pada akhirnya akan membuat HP smartphone menjadi lemot.
  5. Aplikasi yang dipasang atau diinstall terlalu banyak. Pemasangan aplikasi yang anda jarang gunakan hanya akan menambah beban pada media penyimpanan dan juga beban pada RAM.
  6. Multi tasking atau menjalankan banyak aplikasi secara bersama – sama pada HP android.
  7. Banyaknya aplikasi yang tidak terupdate atau masih menggunakan  versi yang lama.
  8. Terlalu banyak cache pada smartphone yang jarang dibersihkan.
  9. Smartphone memilki virus atau junk file yang terllau banyak sehingga membebani beban pada smartphone.
Cara Agar HP Android Tidak Lemot Saat Internetan


Dengan membuat HP android tidak lambat tentu akan membuat HP Anda menjadi lebih nyaman digunakan. Berikut beberapa cara Anda dapat membuat HP androd tidak lambat saat berselancar.

1. Perhatikan jumlah memori yang digunakan. Ketika memori internal yang tersedia rendah maka android Anda akan menjadi lambat bahkan ketika digunakan untuk internetan. Oleh karena itu, adalah bijaksana untuk menghindari menyimpan terlalu banyak data internal pada HP. Anda dapat membeli smartphone yang dilengkapi dengan memori internal yang cukup atau memberikan dukungan kartu memori baru.

2. Gunakan aplikasi serbaguna. Daripada menginstal banyak aplikasi yang akan membuat memori internal dari smartphone menjadi penuh, lebih baik menginstal satu aplikasi yang memiliki banyak fungsi. Jika Android Anda di-root, salah satu aplikasi multiguna serbaguna serbaguna yang paling populer adalah Apps2Sd.

3. Jangan Gunakan Aplikasi Antivirus lebih dari satu. Hampir semua sistem aplikasi default, terutama aplikasi antivirus pada smartphone dapat berjalan di smartphone latar belakang. Jika Anda tidak menyadarinya, maka tanpa disadari akan membuat HP Android Anda menjadi lambat. Apalagi saat digunakan untuk internetan. Dengan pengetahuan internet yang bijaksana dan juga hanya satu antivirus yang dapat diandalkan. Itu sebenarnya cukup untuk menangkal virus android yang paling berbahaya sehingga Anda tidak perlu menginstal lebih dari satu antivirus.

4. Cobalah untuk tidak membuka terlalu banyak aplikasi dengan cara yang sama. Dengan melakukan HP ini akan menjadi cepat panas, dan tentu saja akan membuat HP android Anda menjadi lambat. Jika Anda tidak menyadarinya, itu akan menjadi penyebab cepat android panas.

5. Jangan gunakan ponsel Anda saat mengisi daya. Ini akan memberikan beban tambahan pada HP android dan juga akan membuat HP Android Anda cepat panas. Hot Android akan membuat baterai yang ada di HP Anda akan menjadi cepat rusak. Oleh karena itu, penting juga untuk mengetahui cara memperpanjang masa pakai baterai Android.

6. Tutup dan matikan aplikasi yang berjalan di belakang layar HP Anda. Dengan demikian ini akan membuat HP Anda menjadi lebih ringan dan membuatnya tidak lambat.

7. Jika HP Anda menyimpan banyak file. Pertimbangkan untuk menghapus file-file tersebut untuk memberi ruang pada media penyimpanan data Anda yang juga dapat meningkatkan kinerja ponsel Android Anda menjadi tidak lambat.

8. Gunakan jaringan 4G atau WiFi. Jika Anda sering bermain game atau melakukan internetan. Penggunaan jaringan 4G atau WiFi akan membantu ponsel android Anda menjadi lambat. Cara mempercepat koneksi wifi di android dengan cepat akan membuat perangkat Anda tidak lambat.

9. Manfaatkan fitur autokill yang ada dalam aplikasi yang Anda gunakan sebagaimana dapat ditemukan dalam aplikasi Master Bersih. Membuka banyak aplikasi secara bersamaan di HP android tidak bisa dipungkiri akan membuat smartphone smartphone android Anda menjadi lambat. Untuk menghindari ini, Anda dapat mencoba menggunakan fitur Pembunuhan Otomatis.


10. Gunakan aplikasi berbayar bila tersedia. Menggunakan aplikasi gratis terkadang cukup bagus dan juga gratis, tetapi tahukah Anda aplikasi gratis bukan berarti tanpa pembayaran sama sekali? Biasanya pembuat aplikasi ini akan memasukkan program tertentu yang membuat HP Anda lambat. Aplikasi berbayar atau premium memastikan Anda sebagai pembeli mendapatkan kinerja premium alias mendapatkan sesuatu saat Anda membayar.

11. Selalu perbarui perangkat lunak. Ini bertujuan untuk memastikan program atau aplikasi yang ada di HP Anda terbebas dari masalah yang ada di program atau aplikasi sebelumnya.

12. Jangan menginstal widget widget terlalu banyak pada smartphone. Penggunaan terlalu banyak widget adalah penyebab HP menjadi lambat. Jadi akan lebih baik jika Anda mengurangi penggunaan Widget di ponsel android Anda.

13. Jika Anda telah menginstal banyak aplikasi dari playstore dan tidak banyak menggunakannya. Jadi alangkah baiknya jika Anda mengurangi aplikasi yang diinstal pada HP smartphone Anda.

14. Animasi yang ada di android akan menggunakan RAM di perangkat android untuk dapat beroperasi. Untuk membuat HP Android Anda lebih cepat Anda dapat mematikan fitur atau mengurangi fitur ini.

15. Kosongkan cache data. Jika cache yang tersisa untuk mengakumulasi ini akan menjadi faktor yang membuat HP android menjadi lambat. Adalah bijaksana untuk sesekali membersihkan data cache yang ada di ponsel android. Anda dapat menggunakan fungsi master bersih yang membersihkan cache data yang ada di android.

16. Bersihkan Partisi Cache. Sama seperti data cache yang biasa, partisi cache jika tidak dibersihkan secara teratur dapat membuat HP Android Anda menjadi lambat.

17. Matikan Sinkronisasi Otomatis. Fitur Auto-Sync membantu komputer Anda terhubung dengan semua akun Android yang Anda instal. Seringkali fitur sinkronisasi otomatis akan berdampak pada kinerja komputer Anda. Seringkali fitur Auto-Sync akan memberikan beban tambahan ke ponsel android. Ini akan mengakibatkan HP Android Anda menjadi lebih lambat. Jadi jika Anda ingin HP Android Anda menjadi tidak lambat Anda dapat mencoba untuk mematikan fitur Auto-Sync pada ponsel android Anda.

18. Gunakan peluncur lain. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh HP android adalah banyaknya opsi yang dapat digunakan untuk membantu Anda melakukan kemudahan dalam hal kustomisasi. Selain memberikan tampilan baru, beberapa peluncur ini dapat membuat ponsel android Anda menjadi lebih ringan untuk digunakan.

19. Lakukan Pengaturan Ulang Pabrik. Mungkin sebagian dari Anda banyak yang sudah sering melakukan factory reset / mengembalikan data Anda kembali ke pengaturan awal. Bisa jadi dengan begitu Anda hanya ingin menghilangkan masalah yang ada di android Anda. Namun perlu diingat karena fungsinya yang akan mengembalikan semua fitur yang ada di android maka dengan mengembalikan pengaturan ke pengaturan pabrik juga akan membantu menyelesaikan masalah yang membuat HP android Anda menjadi lambat.

20. Gunakan ROM Kustom. Dengan menggunakan custom ROM Anda dapat meningkatkan kinerja sistem operasi Android.

Begitulah pembahasan tentang Cara Membuat HP Android Bukan Lemot Saat Internetan. Sampai ketemu lagi di diskusi berikutnya.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar