--> Skip to main content

Cara Membersihkan Cache di Chrome Di Komputer dan Android

Google Chrome adalah salah satu perangkat peramban terbaik yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet pada umumnya. Performanya cukup ringan, sederhana dan juga cepat dalam memuat halaman, menjadikan Google Chrome browser yang banyak digunakan oleh banyak orang untuk mengakses internet. Dengan hadirnya cache tentu akan membantu Google Chrome menjadi lebih efisien dalam bekerja.

Apa itu cache? Mungkin banyak orang tidak akrab dengan istilah ini. Namun perlu diketahui, cache adalah salah satu elemen penting dalam dunia internet modern yang memungkinkan Anda mengakses segala informasi di internet.

Cache browser digunakan untuk menyimpan informasi tertentu seperti halaman web, gambar atau konten yang diunduh sementara di komputer. Jadi ketika Anda ingin mengakses halaman atau informasi di komputer atau ponsel cerdas Anda, Anda tidak perlu lagi memuat ulang seluruh konten halaman yang ingin Anda muat.
Cara Membersihkan Cache di Chrome Di Komputer dan Android

Tentu saja dengan penerapan teknologi ini waktu yang digunakan untuk memuat halaman di situs web akan lebih cepat. Karena halaman telah dikunjungi sebelum cache browser secara otomatis akan menyimpan informasi penting yang ada di halaman yang Anda akses sebelumnya.

Apa yang terjadi jika Anda tidak menghapus Cache Browser?

Seiring berjalannya waktu, set data cache di browser Anda akan terus bertambah seiring dengan penggunaan akses internet pada browser yang Anda gunakan. Karena setiap kali Anda membuka halaman tertentu di browser, browser juga akan menyimpan informasi cache yang berisi halaman. Jika dalam jangka waktu lama Anda tidak pernah menghapus cache browser Anda, pengumpulan data cache akan terus bertambah mengikuti jumlah halaman yang Anda muat di browser Anda.

Koleksi cache akan terakumulasi dalam jumlah besar dan tentunya akan memberikan dampak negatif pada kinerja komputer Anda. Dengan begitu Anda tidak akan dapat menerima dampak positif dari kelebihan dan kekurangan browser Google Chrome.

Data cache yang disimpan adalah data yang dibuat untuk permintaan untuk memuat halaman dengan cepat dan mudah. File cache dibuat untuk menyimpan informasi yang sering digunakan dalam proses memuat halaman. Menghapus data cache tidak akan mempengaruhi komputer Anda dalam arti negatif. Beberapa orang bahkan merekomendasikan untuk secara berkala menyimpan data untuk membantu meningkatkan privasi Anda. Komputer atau perangkat lain akan dapat membangun kembali data cache dari halaman yang Anda kunjungi dengan mudah dan cepat setelah cache dihapus

Khususnya android yang biasanya tidak memiliki banyak memori penyimpanan, keberadaan cache akan membuat android lebih lambat dari biasanya. Karena kapasitas RAM dan memori internal pada sebagian HP android biasanya tidak terlalu besar. Maka dampak yang diberikan oleh adanya cache data akan sangat terasa membuat smartphone Anda menjadi lambat.

Data cache yang terlalu banyak disimpan di hard drive akan mengurangi kapasitas media penyimpanan hard disk di komputer. Sebaiknya sesekali lakukan proses penghapusan cache di Google Chrome sehingga Anda akan terhindar dari pemasangan pengumpulan data cache. Ini juga akan membantu trobleshooting komputer yang sering macet.

Karena sifatnya yang sementara, cache yang dihapus juga tidak akan berdampak signifikan pada komputer Anda dan bahkan akan memberikan manfaat positif karena membantu meningkatkan kinerja komputer Anda. Ini juga akan membantu mempercepat kinerja laptop.

Namun, jika Anda menghapus cache browser Anda, beberapa situs web akan kembali menjadi agak lambat untuk dimuat. Meskipun hanya untuk beberapa saat dan itu juga tergantung pada koneksi internet yang Anda gunakan.

Menghapus Cache di Google Chrome pada PC

Cara menghapus cache umumnya serupa dengan cara menghapus riwayat penelusuran Google Chrome. Berikut merupakan langkah – langkah yang dapat anda lakukan untuk menghapus cache di Google Chrome pada PC


  1. Buka Google Chrome yang ada pada komputer anda.
  2. Pada bagian toolbar pilih ikon more yang terletak pada bagian pojok kanan atas bagian jendela Google Chrome.
  3. Dari bagian More Tools, tadi klik Clear Browsing data. Ini akan menghapus semua hal yang beruhubungan dengan akses browsing internet anda.
  4. Cara alternatifnya anda bisa menekan tombol Ctrl + Shift + Del.
  5. Nanti akan ada jendela kecil yang berisikan pilihan untuk memastikan data yang akan anda hapus.
  6. Pilih tombol Clear Browsing Data.
  7. Tunggu hingga prosese penghapusan cache di Google Chrome selesai


Menghapus Cache di Google Chrome pada smartphone

Cara menghapus cache di Google Chrome pada smartphone tidaklah jauh berbeda dengan cara yang digunakan untuk menghapus cache Google Chrome pada smartphone


  1. Buka Google Chrome yang ada pada HP anda.
  2. Pada bagian jendela ang terbuka pada smartphone anda,, sama seperti metode sebelumnya pilih ikon more.
  3. Dari sana pilih bagian history.
  4. Kemudian tap clear browsing data.
  5. Pada bagian clear browsing data, jangan lupa untuk mencentang cookies, site data dan cache images and files untuk melengkapi proses penghapusan cache di Google Chrome pada smartpohne.
  6. Pilih waktu riwayat yang ingin anda hapus. Jika anda tidak yakin anda bisa memilih semua waktu yang ada.
  7. Setelah anda yakin untuk melanjutkan proses penghapusan, tap clear browsing data.


Menghapus Semua Data Cache semua aplikasi di Android.

Jika anda ingin menghapus tidak hanya cache pada aplikasi android anda dan untuk menghapus semua cache pada aplikasi yang ada pada perangkat android anda. Anda dapat mencoba langkah berikut ini. Cara ini juga akan membantu anda menghapus data cache yang mungkin telah menjadi corrupt karen atelah lama tersimpan. Berikut merupakan langkah – langkah yang anda lakukan utnuk menghapus semua cache pada aplikasi yang ada di perangkat android.


  1. Pergi ke bagian menu setting yang ada pada HP android anda.
  2. Kemudian cari bagian storage dan tap bagian tersebut.
  3. Setelah itu tap bagian Cached Data.
  4. Nantinya akan ada pemberitahuan yang akan meminta anda untuk memasukkan konfirmasi.
  5. Tap OK untuk menghapus semua data cache dari sistem android anda. Ini termasuk juga cache di Google Chrome apabila terinstall.
  6. Jika sudah selesai nantinya anda akan dapat merasakan peningkatan performa yang terjadi pada HP android anda.


Itu tadi pembahasan mengenai cara menghapus cache di Google Chrome. Sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar