--> Skip to main content

Cara Merubah File PDF ke Excel Dan Word secara offline Dan Online Gratis

Cara Merubah File PDF ke Excel Dan Word secara offline Dan Online Gratis. Format PDF adalah salah satu format file yang paling banyak digunakan untuk pekerjaan komputer, selain format file Microsoft Word (.doc atau .docx). Format PDF biasanya digunakan ketika mengirim laporan ke atasan, rekan kerja, atau mengirim berbagai file lain. Salah satu alasan mengapa format PDF banyak digunakan dalam file sharing adalah karena format data yang kompatibel di semua OS, baik itu Windows, Mac, iOS, Android, dan berbagai platform lainnya. Selain itu, ia akan menampilkan semua di semua platform.

Namun, masalah dapat muncul ketika kita membutuhkan data dalam bentuk tabel yang terdapat dalam laporan, pernyataan, atau penerimaan dalam format PDF untuk beberapa tujuan. Teknik "copy paste" dapat memakan waktu, tidak efisien, dan tidak dapat digunakan pada dokumen yang dipindai. Jika Anda melihat, dalam cara mengedit file PDF yang dipindai yang telah kita diskusikan, hampir tidak ada diskusi tentang mengubah tabel hasil pemindaian. Nah, solusi untuk mengatasi ini adalah dengan menggunakan perangkat lunak atau fitur yang berfungsi untuk mengubah format file PDF ke Excel.
Cara Merubah File PDF ke Excel Dan Word secara offline Dan Online Gratis

Yup, sebagai salah satu dari berbagai perangkat lunak spreadsheet, Microsoft Excel dipercaya oleh banyak orang untuk memproses data dalam bentuk tabel, yang kemudian dapat diproses kembali ke bentuk grafik, tabel, kurva, dan lain-lain. Jadi, keberadaan file Excel juga kurang lebih sama dengan keberadaan file Word.

Kasus di atas mirip dengan kasus di mana Anda perlu melakukan cara memindahkan file PDF ke Word yang telah kita bahas sebelumnya. Nah, pada saat ini, kita akan membahas tentang cara mengubah PDF ke Excel. Oh ya, sebelum mendengarkan artikel di bawah ini, pastikan komputer atau laptop Anda sudah menginstal Microsoft Office. Jika tidak, pertimbangkan cara menginstal Microsoft Office yang telah kita diskusikan di situs ini. Oke, jangan berlama-lama, berikut ini caranya:

1. Perangkat Lunak Khusus / Software Khusus

Ada berbagai perangkat lunak yang memiliki fungsi untuk mengonversi file PDF ke file Excel, tetapi setiap perangkat lunak memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Dalam data atau dokumen kita akan mengenali tabel formulir. Tabel dalam file PDF mungkin berbeda dalam distribusi setiap baris dan kolom. Nah, jika Anda ingin mengubah tabel data dalam file PDF ke file Excel, Anda dapat menggunakan perangkat lunak. Salah satu perangkat lunak terbaik untuk mengonversi file PDF ke dalam Excel adalah Able2Extract. Jika Anda tidak tahu cara menggunakan perangkat lunak ini, di sini kami memberi tahu caranya:

  • Memilih Sebuah Tabel Pada PDF

Dengan Able2Extract, Anda dapat memilih tabel yang ingin Anda ubah ke bentuk Excel. Misalnya, jika Anda memiliki 100 halaman dalam dokumen PDF, dan tabel yang ingin Anda konfigurasikan tampaknya berada di halaman 50, sedangkan Anda tidak memerlukan hasil dari seluruh perubahan halaman. Yang harus Anda lakukan adalah pergi ke halaman dan pilih tabel yang Anda inginkan.

  • Menentukan Jenis Konversi

Able2Extract menyediakan dua opsi konversi data ketika Anda memilih untuk mengonversi data itu menjadi file spreadsheet Excel.

Opsi pertama adalah "Otomatis". Pilihan ini dapat meringankan pekerjaan Anda, karena perangkat lunak ini akan mengenali struktur baris dan kolom dalam tabel yang ingin Anda konversi secara otomatis. Sementara itu, opsi kedua adalah "Custom", yang memungkinkan Anda untuk mengatur dan menentukan baris dan kolom Anda sendiri untuk diubah dalam spreadsheet Excel baru. Opsi ini juga dapat digunakan jika Anda ingin menggabungkan dua garis menjadi satu.

Hal yang sama berlaku untuk kolom. Garis dan kolom diwakili oleh garis merah. Jika Anda menemukan baris yang tidak penting yang membedakan antara baris dan kolom yang tidak diperlukan, pilih "Hapus Baris Baris / Hapus Baris Kolom" untuk menghapusnya. Tetapi jika Anda ingin menambahkan baris atau kolom, pilih "Add Columns / Add Rows".

  • Tinjau Hasil Konversi

Fitur penting lainnya yang secara signifikan memiliki kemampuan untuk meninjau perubahan yang disimpan dalam format kustom melalui pemilihan opsi "Tampilkan Pratinjau".

  • Sesuaikan pengaturan baris dan kolom

Tabel dalam file PDF memiliki struktur yang sedikit berbeda. Jika kami memiliki dokumen dengan 1000 halaman, kami dapat melakukan penyesuaian ke seluruh halaman. Untuk menyesuaikan kolom, pilih bagian kolom mana yang ingin Anda buat. Anda juga dapat menyesuaikan jenis kolom tertentu seperti kolom dengan format angka, teks, dan format lainnya. Untuk penyesuaian garis, Anda dapat memilih satu atau beberapa baris untuk ditampilkan.

2. Ubah Ke TXT

Huh, serius menggunakan format TXT? Yup, ternyata ada loh cara mengubah PDF ke Excel menggunakan file Notepad (.txt). Inilah caranya:

  • Buka file PDF untuk dimodifikasi menggunakan Foxit Reader
  • Simpan dokumen ke teks, dengan memilih File - Save As, tentukan lokasi penyimpanan, dan di "Save as type" pilih File TXT (*. Txt). Kemudian, klik "Simpan"
  • Jalankan Microsoft Excel, lalu pilih Data> Dapatkan Data Eksternal> Dari tab Teks
  • Kemudian cari file teks hasil dari langkah kedua di atas, lalu klik Impor.
  • Anda akan melihat Wisaya Impor Teks jendeal. Di "Tipe data asli" pilih Fixed width. Jika ya, klik Berikutnya
  • Selanjutnya, atur lebar kolom yang akan muncul di Excel. Caranya klik pada garis dengan panah atas dan kemudian geser sesuaikan lebar kolom
  • Jika ada kolom yang terpotong oleh garis dan tidak diperbaiki, kemudian tabel di file Excel yang dihasilkan akan menjadi berantakan. Cara untuk memperbaikinya adalah: Gulir atau kosongkan pembatas yang memotong kolom. Caranya, klik pada garis lalu geser atau klik 2x untuk menghapus.
  • Jika Anda merasa kolom di tabel rapi, klik Berikutnya
  • Selanjutnya Anda dapat menentukan data format kolom dari masing-masing kolom yang ada. Jika ya, klik "Selesai"


3. Online

Saat ini, ada banyak situs yang menyediakan alat online yang berfungsi sama seperti perangkat lunak telah dibahas di atas. Jadi Anda tidak perlu mengunduh dan menginstal perangkat lunak khusus terlebih dahulu untuk mengubah format file sesuai keinginan.

Keuntungan menggunakan alat daring adalah jika Anda tidak memiliki fitur yang diinginkan di situs, Anda dapat mencari situs lain yang memiliki lebih banyak fitur. Sedangkan kekurangannya, Anda harus terhubung ke internet jika ingin menggunakannya. Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir kuota data Anda akan terkuras banyak karena alat online sangat ringan dan prosesnya cepat.

Bandingkan jika Anda menggunakan perangkat lunak. Memang, salah satu kelebihannya adalah Anda dapat menggunakan perangkat lunak ini kapan saja dan di mana saja tanpa harus terhubung ke internet. Sedangkan kekurangannya, dengan menggunakan perangkat lunak berarti akan mengurangi kapasitas penyimpanan komputer.

Sebelum memulai, pastikan Anda telah menyiapkan file PDF yang akan diubah menjadi format file Excel. Dan pastikan file PDF tidak dilindungi kata sandi. Untuk mengetahui apakah file PDF dilindungi kata sandi, Anda cukup membuka file PDF. Jika perangkat lunak pembaca PDF tidak meminta Anda untuk mengisi kata sandi, maka file PDF tidak memiliki kata sandi. Sedangkan sebaliknya, itu berarti file PDF dilindungi oleh kata sandi dan Anda harus tahu kata sandi file tersebut.

Lalu, bagaimana mengubah PDF ke Excel menggunakan alat online ini? Berikut langkahnya:

  1. Persiapkan file PDF yang ingin Anda ubah
  2. Buka situs web konverter dari PDF ke Excel di bawah ini: www.smallpdf.com/pdf-to-excel. Anda dapat membukanya di peramban komputer, laptop, atau ponsel cerdas Anda
  3. Kemudian, pilih "Pilih file" dan masukkan file PDF yang ingin Anda ubah
  4. Tunggu hingga unggahan selesai
  5. Klik Unduh File untuk mengunduh file Excel yang dikonversi. Jika Anda ingin menyimpan file yang dikonversi ke Google Drive, klik ikon Google Drive dan masuk dengan akun Google Anda.
  6. Setelah diunduh, buka file jika di komputer Anda sudah menginstal perangkat lunak Microsoft Office. Jika dibuka, maka secara otomatis perangkat lunak Microsoft Excel akan muncul dan membuka hasil konversi file. Deh baru, Anda dapat menerapkan beberapa rumus excel lengkap yang Anda kuasai untuk memproses file konversi.


Begitu banyak artikel kali ini tentang cara mengubah PDF ke Excel. Semoga artikel ini bisa menjadi inspirasi Anda.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar