--> Skip to main content

4 Cara Mengedit Hasil Scan PDF ke Word Mudah dan Cepat

Cara Mengedit Hasil Scan PDF ke Word Mudah dan Cepat. Ketika Anda kuliah, mungkin Anda pernah menemukan sebuah buku yang mendukung tugas kuliah Anda. Kalau begitu, Anda tidak ingin meminjam buku karena itu hanya dikutip dari buku hanya beberapa bagian. Jika Anda difoto, Anda pasti harus mengetik ulang teks dari foto. Biarkan saya ga ribet, Anda bisa melakukan beberapa cara untuk mengubah file JPG ke PDF di Android yang sudah kita bahas sebelumnya.

Nah, setelah Anda melakukan cara-cara yang telah kami bahas, Anda menemukan bahwa ada beberapa teks dalam sebuah buku yang tidak terbaca oleh situs aplikasi atau konverter online, jadi ketika Anda melihat hasil pemindaian dalam PDF, ada beberapa teks dari buku yang tidak terlihat. Mulai dari kata yang salah dibaca, atau ada kata-kata yang kurang beberapa huruf. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan memberikan informasi tentang cara mengedit file PDF yang dipindai.

Semua cara yang akan kita bahas di bawah ini menggunakan teknologi OCR. Apa sih itu OCR? OCR (kependekan dari Optical Character Recognition) adalah teknologi yang berfungsi untuk memindai teks pada gambar dan mengubahnya menjadi file teks yang dapat dimodifikasi. Teknologi ini biasanya merupakan fitur pendukung dalam pemindai. Dengan teknologi OCR, pemindaian yang memiliki teks tulisan tangan, penulisan mesin tik, atau teks yang diketik komputer dapat dimanipulasi. Teks yang dipindai dengan OCR dapat dicari per kata atau per kalimat. Setiap teks yang ditemukan dapat dimanipulasi, diganti, atau bahkan diberi kode batang.

Bisa dibilang, artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel kami sebelumnya. Daripada mantap tuh kalo setelah buku itu difoto, lalu discan, maka hasil scan kurang diperbaiki? Jadi, kami akan memberikan informasi tentang cara mengedit file PDF yang dipindai kepada Anda di bawah ini:

1. Menggunakan Perangkat Lunak

Cara pertama adalah dengan menggunakan perangkat lunak khusus hasil scan editor PDF yang telah banyak dirilis di internet. Berikut perangkat lunaknya:

FreeOCR ke Word
Perangkat lunak ini bisa dibilang salah satu perangkat lunak OCR terbaik yang kami sarankan, karena tingkat keakuratannya sangat besar, yang bisa mencapai 99,8%. Selain itu, perangkat lunak ini mampu mempertahankan format asli dari bagian dokumen. Judul, konten, dan format teks akan diubah menjadi dokumen Word yang dapat diedit.

Perangkat lunak ini juga mendukung semua format gambar, termasuk file Photoshop (.PSD). Selain itu, perangkat lunak ini hanya tersedia untuk perangkat yang telah menginstal Windows OS dan Anda dapat mengunduhnya secara gratis.

gImageReader
Perangkat lunak ini membutuhkan Google Tesseract OCR Engine yang akan digunakan. Meski begitu, software ini memiliki tampilan yang bagus. Pembaca dalam perangkat lunak ini dapat bekerja dengan baik karena dapat mendeteksi tata letak halaman secara otomatis. Atau jika ada tata letak teks yang berantakan, Anda dapat menyesuaikannya sendiri.

Hasil pemindaian teks ditempatkan di sisi kanan tangkapan layar atau dokumen yang dipindai, membuatnya lebih mudah bagi Anda untuk mencocokkan pindaian teks dengan pindaian sebelumnya. Tapi cara ini tidak termasuk untuk pengeditan teks dasar serta pemeriksa ejaan teks. Eitsss, Anda benar-benar dapat melakukannya jika Anda mengunduh kamus yang sesuai.

Capture2Text
Perangkat lunak OCR ini memiliki dua fungsi utama. Pertama, Anda dapat menggunakannya sebagai alat screenshot yang dapat mengambil gambar dan menyalinnya sebagai teks ke clipboard Windows. Jadi, Anda dapat menempelkan teks di mana pun Anda mau. Kedua, perangkat lunak ini memiliki teknologi Voice Recognition yang dapat mengubah kata-kata ucapan menjadi teks. Sayangnya, fitur ini masih belum sempurna, jadi Anda tidak berharap lebih pada fitur ini. Apalagi fitur tersebut biasanya hanya berfungsi untuk bahasa Inggris saja.

OCR gratis
Perangkat lunak OCR ini hanya tersedia untuk OS Windows saja. Selain itu, perangkat lunak ini hanya dapat digunakan untuk versi Windows Vista yang lebih lama. Sementara itu, untuk Windows XP, Anda masih dapat menggunakan aplikasi ini dengan menginstal beberapa add-on tambahan.

FreeOCR dapat bekerja untuk pemindai TWAIN, file PDF, dan gambar TIFF, dan output teks yang dihasilkan adalah file Microsoft Word. Untuk dapat menggunakan perangkat lunak ini, Anda juga harus mengunduh mesin Google Open Source Tesseract OCR (yang juga diperlukan oleh perangkat lunak gImageReader).

Nah, inilah cara menggunakan OCR Gratis. Jika Anda menggunakan perangkat lunak OCR lainnya, Anda dapat menyesuaikan cara di bawah ini dengan perangkat lunak yang Anda gunakan.


  • Download dan instal Free OCR di komputer atau laptop Windows Anda.
  • Jalankan Free OCR.
  • Pilih Load PDF, dan masukkan file hasil scan pdf yang akan di-edit teksnya
  • Pilih menu Page untuk memilih halaman berapa yang ingin Anda edit teksnya, Kemudian zoom in hingga 200%, dan pilih menu OCR.
  • Tunggu hingga proses OCR selesai.
  • File PDF hasil scan kini sudah berubah menjadi teks. Jangan lupa untuk mengkoreksi kembali hasil OCR. Biasanya, jika gambar teksnya kabur atau tidak jelas, maka hasil teksnya akan sedikit berantakan. Itulah mengapa Anda menggunakan OCR ini, yaitu untuk memperbaiki hasil yang berantakan tersebut.


2. Menggunakan Microsoft Office OneNote

Selain menggunakan beberapa perangkat lunak yang kita diskusikan di atas, ternyata Microsoft Office memiliki fitur untuk mengkonversi file PDF yang dipindai ke dalam bentuk teks. Fitur-fitur ini dapat ditemukan di Microsoft OneNote. Beginilah cara menggunakannya:

  • Bagi mereka yang telah menginstal Microsoft Office, Microsoft OneNote dapat langsung digunakan. Jika tidak, pertimbangkan cara menginstal Microsoft Office di situs kami.
  • Buka perangkat lunak, lalu buat dokumen baru, dengan menekan Ctrl + N pada keyboard.
  • Pilih menu "Sisipkan Gambar", lalu pilih gambar pindaian yang ingin Anda ubah teksnya, lalu klik kanan dan pilih "Salin Teks dari Gambar"
  • Kemudian coba sisipkan dalam aplikasi pengolah kata, seperti Notepad atau Microsoft Word.

3. Menggunakan Situs Online

Jika Anda malas menginstal perangkat lunak tambahan, Anda juga dapat menggunakan layanan online OCR. Salah satu situs yang menyediakan fitur ini adalah OCR Online Gratis. Situs ini dapat membantu Anda mengonversi dokumen PDF, JPEG, PNG, GIF, TIFF, dan file gambar DjVu ke dalam bentuk teks. Selain itu, aplikasi online ini juga dapat menampilkan OCR sesuai dengan tata letak halaman dokumen yang Anda miliki. Cara mengedit file PDF yang dipindai cukup mudah. Anda cukup membuka situs dari aplikasi ini, lalu unggah file yang ingin Anda kirimi teks. Setelah proses konversi selesai, Anda dapat melihat hasil OCR di bawah gambar dokumen yang Anda unggah. Anda juga dapat mengunduh hasil konversi dengan mengklik tombol unduh, atau melakukan terjemahan bahasa yang mengugnakan Google Translate, Bing Translator, dan melakukan pengeditan online.

4. Perangkat Lunak /software Berbayar

Salah satu cara untuk mengkonversi JPEG ke PDF yang satu ini memiliki kemiripan dengan nomor satu, yang keduanya menggunakan perangkat lunak. Bedanya, perangkat lunak yang akan kita gunakan ini adalah perangkat lunak berbayar, yaitu Nitro PDF Pro. Jadi, bagi Anda yang menggunakan Nitro PDF Pro sebagai perangkat lunak pembaca PDF, Anda tidak perlu repot untuk menginstal perangkat lunak OCR lagi. Lalu jika Nitro PDF yang Anda pasang tidak ada fitur seperti apa caranya? Nah, upgrade dong ke versi Pro. Oke, ini dia caranya:

  • Persiapkan file JPG untuk dikonversi menjadi bentuk teks dalam format pdf.
  • Klik kanan file JPG yang ingin Anda ubah, pilih "Convert to PDF with Nitro". Tunggu hingga proses konversi selesai
  • Setelah selesai, maka file tersebut akan terbuka secara otomatis di Nitro. Kemudian klik tab "Edit", pilih OCR.
  • Pastikan Jenis Output adalah "Teks Editan" atau pilih "Buat Dapat Dicari dan Dapat Diedit". Terakhir klik OK.
  • Tunggu hingga proses selesai.
  • Ketika selesai akan membuka tab hasil OCR baru. Sekarang Anda dapat menyalin teks ke aplikasi pemrosesan teks seperti Microsoft Word, Notepad, dan banyak lagi.
  • Namun, jika Anda ingin mengkonversi semua file ke Word, maka Anda hanya Ekspor ke Word dengan menekan Ctril + Shift + W dan pilih "Convert".
  • Atau Anda dapat mengaksesnya melalui menu Beranda> Konversi Ke Kata. Selanjutnya akan muncul jendela "Convert PDF to Word", lalu tekan "Convert".
  • Tunggu hingga proses konversi selesai
  • Selesai, sekarang file yang dikonversi akan terbuka di Word.
Cara-cara di atas juga beberapa cara memindahkan file PDF ke Word yang telah kita diskusikan sebelumnya di situs ini.

Jika gambar, file PDF, atau pindaian tidak dapat dibaca oleh perangkat lunak OneNote atau perangkat lunak OCR, biasanya karena posisi gambar (huruf atau angka dalam gambar) tidak tegak atau miring). Oleh karena itu, Anda harus mengedit gambar atau pindai menggunakan salah satu dari berbagai perangkat lunak grafis untuk posisi yang lebih tegak. Karena pada prinsipnya, melakukan pemindaian dan foto langsung adalah sama. Perbedannya hanya pada kualitas saja.

Beberapa artikel kali ini tentang cara mengedit file PDF yang dipindai. Semoga artikel ini bisa menjadi inspirasi Anda.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar