--> Skip to main content

3 Cara Merubah File JPG ke PDF di HP Android Dengan Mudah

Cara Mengubah JPG ke PDF di HP Android. Ketika Anda sedang mengerjakan tugas kuliah atau kantor, pernahkah Anda diminta untuk mengirimkan gambar yang ada di HP Android dalam bentuk file PDF? Mengubah gambar dalam format jpg, png, atau bmp ke format PDF dapat dilakukan secara online melalui Personal Computer (PC), tetapi tidak efisien jika Anda tidak memiliki koneksi internet. Beberapa solusi yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan aplikasi yang berfungsi untuk membuat Android memiliki fungsi seperti scanner, dan kemudian mengubah hasil pemindaian menjadi PDF.

Ada beberapa cara untuk mengonversi file JPG ke PDF di Android yang dapat Anda pilih. Nah, setelah kemarin kami memberikan informasi tentang cara memindahkan file PDF ke Word, pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang cara mengubah file JPG ke PDF di Android. Anda dapat memilih cara mana yang terbaik berdasarkan kebutuhan Anda. Berikut beberapa cara yang dapat Anda pilih:

1. Cara Convert JGP ke PDF Secara Online

Metode ini cocok bagi Anda yang memiliki rencana data (yang masih banyak tentunya) dan Anda tidak ingin menginstal aplikasi tambahan. Anda cukup mengunjungi halaman jpg2pdf.com, lalu unggah semua file gambar untuk digunakan sebagai file PDF. Setelah selesai, unduh hasilnya. Berikut langkahnya:

  • Kunjungi situs jpg2pdf.com dari HP atau tablet Android.
  • Sentuh tombol Unggah File.
  • Jika Anda ingin mengubah banyak file jpg sekaligus, unggah semua gambar atau foto yang ada di Android Anda untuk diselesaikan.
  • Pilih tombol "Combine" dan unduh hasilnya.


2. Ubah Image Ke PDF Menggunakan Aplikasi PDF Reader Android

Jika kapasitas penyimpanan di perangkat Android Anda masih banyak, Anda bisa melakukan cara ini untuk mengonversi JPG ke PDF, yaitu dengan menginstal aplikasi. Nah, salah satu aplikasi Pembaca PDF Android terbaik yang dapat Anda gunakan adalah Xodo Docs atau Xodo PDF Reader.

Sebenarnya, aplikasi ini tidak hanya tersedia untuk versi Android, tetapi juga tersedia untuk Windows Phone yang dapat Anda unduh langsung di Microsoft Store, sedangkan untuk pengguna OS Android pasti bisa langsung mengunduh Xodo PDF Reader dari Google Play Store.

Aplikasi ini berfungsi sebagai pembaca file PDF di Android, seperti Adobe Reader di PC. Namun, aplikasi ini terbukti memiliki kelebihan dibandingkan aplikasi pembaca PDF lainnya, yang dilengkapi dengan fitur untuk mengkonversi file gambar JPG ke file PDF. Bahkan dalam aplikasi ini juga memiliki fitur untuk menggabungkan file PDF terpisah menjadi satu dengan mudah dan cepat. Inilah caranya:

  • Unduh aplikasi Xodo PDF Reader dari Google Play Store dan pasang di perangkat Android Anda. Jika Anda belum memiliki akun Google Play, pertimbangkan artikel tentang cara membuat akun Google Play Store yang telah kami diskusikan di situs ini.
  • Jalankan di perangkat Android Anda
  • Setelah aplikasi terbuka, sentuh tombol tanda plus (+)
  • Pilih "PDF Dari Gambar"
  • Selanjutnya, pilih Galeri. Kemudian cari file foto atau gambar yang ingin Anda simpan sebagai PDF dari perangkat Android Anda
  • Setelah file gambar dipilih, kemudian tentukan lokasi penyimpanan file pdf yang akan dihasilkan, lalu sentuh "Pilih"
  • Setelah proses konversi selesai, file gambar akan terbuka tetapi telah berubah ke format PDF.
  • Cukup mudah bukan? Jika kita simpulkan, langkah-langkahnya cukup membuka aplikasi Pembaca PDF Xodo, lalu pilih tombol +, lalu pilih "PDF dari gambar", cari file gambar yang Anda inginkan ke PDF dari galeri HP, tentukan lokasi folder penyimpanan, dan selesai.


Setelah mencoba beberapa kali, mengubah file gambar jpg ke PDF di HP Android dengan aplikasi Xodo sangatlah mudah. Keuntungan dari cara ini adalah Anda dapat melakukannya secara offline tanpa paket data. Namun kekurangannya, Anda tidak bisa secara langsung memberi nama atau menentukan nama file PDF yang akan dibuat. Misalnya, jika file foto Anda pada awalnya bernama "IMG_1020", maka setelah itu diubah menjadi file PDF, namanya akan tetap "IMG_2020". Hanya saja, jenis file telah berubah. Tentu saja format file tidak lagi JPG, tetapi PDF.

3. Cara Mengubah File JPG ke PDF Menggunakan Aplikasi Scanner Android

Cara ketiga untuk mengonversi file JPG menjadi PDF di Android adalah menggunakan aplikasi pemindai untuk perangkat Android seperti Cam Scanner, Tiny Scan, dan aplikasi lain. Dalam artikel ini, kami akan mencontohkan penggunaan aplikasi "Scan Tiny: PDF Document Scanner" untuk mengonversi file JPG menjadi PDF. Berikut langkahnya:

  • Pertama unduh aplikasinya di Google Play Store. Jika Google Play Store Anda tidak diperbarui, lihat bagaimana artikel pembaruan Google Play yang telah kami diskusikan di situs ini.
  • Instal aplikasi di perangkat Android Anda, lalu jalankan.
  • Dari menu utama aplikasi, Anda dapat memilih untuk mengambil foto langsung menggunakan kamera di perangkat Android Anda. Fitur ini berguna ketika Anda ingin mengubah bukti fisik kertas menjadi file digital dalam bentuk file PDF. Misalnya, saat memindai tanda terima ke pdf.
  • Atau, Anda dapat memilih ikon gambar jika gambar yang ingin Anda konversi sudah ada di galeri perangkat Android Anda.
  • Selanjutnya, Anda dapat mengubah ukuran kertas atau memotong hasil pemindaian. Jika demikian, pilih tanda centang.
  • Secara default, Tinyscan akan menyimpan file PDF dalam warna hitam dan putih. Jika Anda ingin menyimpan file yang dipindai menjadi berwarna, pilih gambar ikon, lalu pilih ikon gambar berwarna lagi. Setelah selesai, pilih Checklist.
  • Akhirnya, beri nama file PDF yang akan dibuat.

Keuntungan menggunakan aplikasi Tiny Scan adalah kita bisa menentukan ukuran pemindaian, atau memotong, sehingga hasil pemindaian bisa lebih rapi. Terutama jika Anda memindai dari kamera perangkat Android Anda. Selain itu. kami juga dapat menentukan nama file yang akan dibuat. Nah, kekurangan cara ini merupakan langkah yang cukup panjang jika dibandingkan dengan cara pertama dan kedua.
3 Cara Merubah File JPG ke PDF di  HP Android Dengan Mudah

Setelah Anda berhasil mengkonversi file gambar dalam format JPG ke file PDF, jangan lupa untuk menyimpannya. Lebih baik jika Anda menyimpan file PDF yang dikonversi ke sistem penyimpanan cloud. Salah satu penyimpanan awan populer adalah DropBox. Fungsi DropBox adalah tempat untuk menyimpan file berdasarkan pada sistem cloud, di mana Anda dapat mem-backup file Anda di Dropbox ini.

Jika Anda perhatikan, saat ini hanya ada 2 metode utama untuk mengkonversi file JPEG ke PDF, yaitu metode offline dan online. Nah untuk cara offline kita akan membutuhkan perangkat lunak atau aplikasi tambahan yang bisa dijalankan di perangkat Android. Sementara itu, untuk cara online ada banyak pilihan, selain situs jpg2pdf yang kami ulas di sini.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar