--> Skip to main content

5 Cara Merubah File PDF ke WORD secara Online Atau Offline Terlengkap

Cara Memindahkan/ Convert File PDF ke Word Terlengkap. PDF (Portable Document Format), adalah format file berbasis teks yang dibuat oleh Adobe System, Inc. Jenis format file ini sangat populer dan banyak digunakan oleh e-book (buku elektronik) karena dapat dibuka dengan mudah menggunakan berbagai aplikasi pembaca PDF gratis. Untuk dapat membuka file PDF, Anda memerlukan perangkat lunak pembaca PDF yang tersedia secara luas. Perangkat lunak dapat dibayar atau perangkat lunak bebas, dan dapat diakses di PC atau gadget

Jika dibandingkan dengan format dokumen lain, seperti file Microsoft Word, PDF lebih aman dan dapat didistribusikan atau dibuka pada perangkat apa pun dengan tampilan yang sama (asalkan perangkat sudah menginstal perangkat lunak pembaca PDF). Selain itu, file ini tidak mudah diubah, baik konten maupun tampilan teks, kecuali Anda memiliki perangkat lunak editor PDF. Selain itu, Anda dapat memberikan hak terbatas menggunakan kata sandi untuk menjaga keamanan file PDF.

Namun, meskipun PDF memiliki beberapa kelebihan, tak jarang masih banyak orang yang lebih suka menggunakan file Word dalam urusan teks. Alasannya adalah karena sebagian besar pengguna komputer atau laptop telah membuat perangkat lunak Microsoft Office, paket perangkat lunak induk dari Microsoft Word, sebagai perangkat lunak "standar" yang harus diinstal pada perangkat baru. Selain itu, pengguna dapat memanfaatkan fungsi aplikasi pengolah kata yang terdapat dalam perangkat lunak Office. Jadi kadang-kadang file PDF harus dikonversi ke file Word agar dapat diakses oleh mereka.
5 Cara Merubah File PDF ke WORD secara Online Atau Offline Terlengkap

Nah, untuk mengkonversi file PDF ke file Word (file dengan doc atau ekstensi docx) Anda bisa melakukan dua cara yaitu, offline dengan perangkat lunak dan online tanpa perlu perangkat lunak tambahan. Beruntung jika Anda adalah pengguna Microsoft Office 2013 ke atas, karena Microsoft telah menyediakan fitur yang memungkinkan perangkat lunak dalam paket Microsoft Office untuk mencetak dokumen dalam format PDF.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan informasi tentang cara mentransfer file PDF ke Word. Di sini kami menyampaikan informasi:

1. Secara Online Tanpa Perangkat Lunak / Software

Cara pertama adalah menggunakan layanan pengubah dokumen online gratis. Saat ini, sudah ada banyak situs yang menyediakan layanan seperti ini dengan berbagai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sama seperti bagaimana mengkonversi JPEG ke PDF, Anda juga dapat mengkonversi file PDF ke Word dengan situs-situs ini. Salah satu situs yang dapat Anda coba adalah "convertonlinefree".

Kelebihan situs convertonlinefree meliputi: Anda tidak perlu mendaftar, tidak perlu menggunakan alamat email untuk mengunduh file yang dihasilkan, ukuran ukuran file yang dapat diunggah cukup besar yaitu 50MB, dan ada dua opsi file output yang dapat dipilih, yaitu .doc dan .docx. Jadi jika Anda masih menggunakan Microsoft Office 2003 atau versi bawah, Anda masih dapat menggunakan layanan ini. Begini caranya:

  1. Kunjungi alamat situs http://convertonlinefree.com/PDFToWORDEN.aspx
  2. Tentukan jenis file output yang diinginkan. Caranya, pilih tab "PDF to DOC" atau "PDF to DOCX".
  3. Selanjutnya klik Browse, dan cari dokumen PDF yang ingin Anda pindahkan ke Word.
  4. Klik "Konversi" dan tunggu hingga proses konversi selesai. Selanjutnya, akan muncul untuk mengunduh file yang berhasil diubah. Klik "OK" untuk mengunduh ke komputer Anda.


2. UniPDF

Saat ini ada banyak perangkat lunak yang dapat digunakan untuk memindahkan file PDF ke file Word. Salah satunya adalah UniPDF. Salah satu jenis perangkat lunak yang kompatibel untuk komputer atau laptop yang diinstal OS Microsoft Windows 8, 7, Vista, XP dan 2000. Selain itu, perangkat lunak ini gratis dan mudah digunakan. Di sini adalah bagaimana cara menggunakannya.
  1. Unduh dan instal UniPDF di komputer atau laptop Anda.
  2. Jalankan aplikasi kemudian buka tab Pengaturan pastikan dalam format Word pilih .doc (lihat gambar di bawah)
  3. Selanjutnya kembali ke Tab Home.
  4. Dalam format Output pilih Word, klik Tambah dan cari file yang ingin Anda ubah dari PC Anda
  5. Terakhir, klik Konversi dan tunggu sampai selesai.


Sebenarnya, ada lebih banyak situs yang menyediakan layanan untuk mengonversi file PDF ke file Word. Namun, caranya hampir identik dengan yang kami jelaskan di atas.

3. Microsoft Office

Cara mentransfer file PDF ke Word ini dapat dilakukan jika di laptop atau komputer Anda, telah menginstal Microsoft Office versi 2013 ke atas, karena seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, bahwa sejak versi tersebut, Microsoft telah menyediakan fitur yang memungkinkan Anda untuk membuka , edit, dan simpan file PDF langsung di Microsoft Word. Berikut langkahnya:

  • Jalankan perangkat lunak Microsoft Word 2013 atau versi yang lebih baru yang tersedia di laptop atau komputer Anda
  • Pilih Menu File> Buka, dan cari dokumen PDF yang ingin Anda proses.
  • Selanjutnya akan muncul peringatan. Anda cukup klik "OK" dan tunggu hingga proses konversi file selesai. Dokumen PDF terbuka dengan sempurna.
  • Pilih Menu> File> "Save As" untuk menyimpan file ke Word 97-2003 (doc) atau format docx.
  • Salah satu kelebihan membuka file PDF menggunakan Microsoft Office adalah: setelah proses konversi selesai, Anda dapat langsung mengedit dokumen sebelum menyimpannya sebagai file Word. Kelemahannya, jika file PDF yang sedang diproses terlalu besar (di atas 100 MB), biasanya file PDF akan membuka sangat lama. Ia bahkan bisa gagal karena memori yang tersedia tidak cukup. Pastikan Anda telah melakukan cara menginstal Microsoft Office dengan benar, jadi tidak ada masalah ketika Anda ingin membuka file PDF di Word.


4. Menggunakan Adobe Acrobat Pro

Bagi Anda yang memiliki perangkat lunak Adobe Acrobat Pro, berikut cara memindahkan file PDF ke dalam file Word:

  • Jalankan perangkat lunak Adobe Acrobat Pro. (Ingat, Pro yah .. jika versi lain, tidak ada fitur-fitur ini)
  • Kemudian buka file PDF yang ingin Anda ubah.
  • Pilih File> Save As Other> Microsoft Word> pilih Word Document jika Anda ingin menyimpannya sebagai file docx, atau Word 97-2003 Document jika Anda ingin menyimpannya sebagai file doc.


5. Online Dengan Google Docs

Cara lain Anda dapat memilih untuk mengonversi file PDF ke dalam dokumen dalam format docx (yang mendukung Office 2010, 2013, 2016) adalah dengan Google Docs.

Ini adalah salah satu yang termudah karena Anda hanya membutuhkan akun Google. Kemudian, buka halaman Google Docs dan unggah file PDF. Kemudian, simpan atau unduh file sebagai file docx. Berikut langkahnya:

  1. Kunjungi halaman Google Docs dan masuk dengan akun Google Anda.
  2. Dalam template galeri, pilih Blank.
  3. Kemudian pilih Menu File> Buka.
  4. Pilih Unggah tab lalu unggah file pdf dari komputer Anda dan tunggu hingga selesai.
  5. Setelah dokumen berhasil diunggah, pilih Menu File - Unduh sebagai - Microsoft Word (.docx) seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut dan pilih Simpan untuk menyimpan ke komputer.



Anda harus mencatat, dari semua cara yang telah kami uraikan di atas, tidak ada jaminan untuk menghasilkan file Word yang sama dengan file asli. Alasannya adalah karena beberapa eksperimen, terkadang ada file PDF yang menghasilkan kekacauan setelah dipindahkan ke kata, terutama jika file berisi banyak tabel.

Oh iya, lalu bagaimana jika file PDF itu akan diubah menjadi Wordnya malah dilindungi oleh kata sandi? Oke, kali ini kami akan memberikan bonus untuk mengatasi file PDF yang dikunci kata sandi. Berikut cara memperbaikinya:

Buka kembali situs tempat Anda mengunduh pdf, karena bisa jadi kata sandi adalah pengunggah file untuk melindungi file-filenya dari pembajakan. Oleh karena itu, Anda mencoba untuk memeriksa di bawah tautan unduhan, apakah ada persyaratan untuk mendapatkan pdf kata sandi yang dilindungi kata sandi.

Jika Anda lupa situs di mana Anda donwload dan masih ingin tahu tentang isi PDF, Anda dapat membukanya dengan paksa, baik secara offline atau online.
Beberapa artikel kami adalah tentang cara mentransfer file PDF ke Word. Semoga artikel ini kami dapat membantu Anda. Mungkin Anda ingin melirik perangkat lunak perkantoran gratis dan berkualitas, seperti Open Office? Anda dapat mendengarkan kelebihan dan kekurangan Open Office di situs ini.a
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar