--> Skip to main content

3 Cara Paling Mudah Menghapus / Menghilangkan Virus di Laptop, Komputer Tanpa Menggunakan Antivirus

Istilah virus komputer bukan istilah yang akrab bagi pengguna komputer. Virus komputer atau malware adalah program yang sering berdampak negatif terhadap korbannya. Perkembangan virus komputer tidak dapat dipisahkan dari perkembangan teknologi komputer yang saat ini telah berkembang ke berbagai kalangan masyarakat. Virus komputer saat ini kebanyakan beredar melalui media internet di mana ketika pengguna sedang browsing atau mengklik tautan aneh yang ada di internet.

Virus komputer memang perlu diakui sebagai salah satu sumber dari banyak masalah yang mengganggu dan membahayakan pengguna komputer. Mulai dari kerugian sederhana seperti perubahan pengaturan komputer hingga pencurian data pribadi yang penting dapat dilakukan oleh virus komputer. Virus komputer juga merupakan salah satu aspek penyebab pv ram penuh. Karena itu, virus komputer sering dikaitkan dengan hal-hal yang bersifat negatif.

Bisakah saya menghapus virus di laptop tanpa menggunakan antivirus?

Jika Anda ingin menghapus virus di laptop Anda, Anda tidak harus menggunakan antivirus untuk menghapus antivirus yang menginfeksi komputer Anda. Ada beberapa program penghapusan virus yang dapat membantu Anda menghapus virus di laptop Anda dengan lebih kuat dan juga lebih akurat.

Program penghapusan virus adalah program yang dikembangkan untuk menghapus virus / malware di komputer. Tidak seperti penghapusan virus antivirus biasanya memiliki database dan juga program sistem yang dapat mendeteksi virus yang tidak dapat dideteksi oleh program antivirus secara umum dengan mudah.

Meskipun keduanya memiliki fungsi melindungi komputer Anda dari bahaya virus komputer. Program penghapusan virus hanya memberikan perlindungan pasif, sementara anti-virus memberikan perlindungan secara aktif. Oleh karena itu, biasanya penghapusan anti virus dan virus dipasang berdampingan oleh sebagian besar pengguna. Salah satu program penghapusan virus yang diakui yang dapat membersihkan komputer pengguna dari berbagai jenis virus adalah program aplikasi Malwarebytes Anti-Malware.

Cara Menghapus Virus di Laptop tanpa Menggunakan Antivirus

Ada beberapa cara Anda dapat membersihkan komputer Anda dari virus komputer. Metode-metode yang akan dibahas dalam pembahasan di bawah ini adalah cara menghapus virus malware yang ada di komputer. Berikut ini metode ampuh untuk menghapus virus di laptop tanpa menggunakan antivirus.

Scanning

Metode ini adalah metode yang menggunakan program di komputer untuk mencari virus atau malware lainnya di komputer melalui proses pemindaian. Ketahuilah bahwa ada banyak program berbeda yang tersebar di internet yang memiliki kategori sebagai perangkat lunak penghapusan virus. Sebagian besar program ini tersedia secara gratis. Namun, jangan pernah menggunakan penghapusan virus yang tidak memiliki reputasi baik karena hanya akan memberikan dampak negatif bagi penggunanya.
Penting untuk diingat bahwa program penghapusan virus yang berbeda akan memberikan berbagai jenis hasil juga dan tidak satupun dari mereka dapat memberikan hasil dengan tingkat deteksi virus 100%. Misalnya Anda dapat melakukan proses pemindaian menggunakan salah satu program penghapusan virus, dan menghapus virus. Namun, ketika Anda menggunakan program penghapusan virus jenis lain, Anda bahkan akan mendapatkan lebih banyak virus yang sebelumnya tidak dapat ditemukan oleh program penghapusan virus lainnya.

Oleh karena itu untuk dapat menghapus virus komputer yang keras kepala, satu opsi yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan beberapa program penghapusan virus ini secara bergiliran. Namun, sebagian besar jenis virus yang dibuat dalam beberapa tahun terakhir memiliki tingkat pemrograman yang cerdas dan dapat mencegah Anda menjalankan program penghapusan virus di program Windows atau sistem operasi lainnya. Untuk mengatasi ini, Anda perlu menjalankan sistem operasi Anda dalam Mode Aman/Safe mode.

Berikut merupakan langkah – langkah cara menghapus virus laptop tanpa menggunakan antivirus dengan metode scanning.

  1. Ketika Anda telah memastikan bahwa laptop Anda dalam mode Aman, Anda perlu menjalankan beberapa program pemindaian antara satu sama lain sehingga tidak ada lagi infeksi pada komputer Anda.
  2. Beberapa program penghapusan virus yang dapat Anda gunakan dan juga memiliki Reputasi yang baik adalah SUPER, Anti-Spyware dan MalwareBytes Anti-Malware, diikuti oleh Spybot, dan Ad-Adware. Untuk dapat melakukan proses pemindaian ini Anda memerlukan koneksi Internet. Oleh karena itu jika Anda menggunakan Safe Mode pastikan juga bahwa Safe Mode yang Anda gunakan memiliki izin untuk terhubung ke internet.
  3. Dengan melakukan proses pemindaian, dalam banyak kasus infeksi yang ada Anda harus bebas dari beberapa malware beruang yang menginfeksi komputer Anda sebelumnya. Memang langkah ini sebenarnya tidak terlalu praktis, dan membutuhkan kesabaran dan juga beberapa pekerjaan teknis, tetapi cara ini cukup ampuh untuk menghapus virus di laptop Anda tanpa perlu menggunakan antivirus.


Rescue Disk

Selain metode sebelumnya yang menggunakan metode Safe Mode, Anda juga harus mencoba memindai laptop saat komputer Anda akan dimulai. Anda dapat melakukan ini menggunakan pemindai pra-boot.

Untuk program Rescue Disk, Anda dapat menggunakan Windows Defender Offline. Aplikasi ini dapat membantu Anda menghapus virus pada laptop jika metode sebelumnya tidak berhasil dalam mennghapus virus pada laptop Anda secara keseluruhan.

CMD (Command Prompt)

Dalam menghapus virus di laptop Anda, Anda juga dapat menggunakan command prompt untuk dapat membersihkan virus yang menginfeksi komputer Anda. Namun, jika Anda tidak memiliki pengalaman dalam menggunakan antarmuka baris perintah berbasis perintah, Anda hanya akan dapat menghapus jenis file virus dasar yang sangat mudah ditemukan di komputer yang terinfeksi. Metode ini dapat digunakan sebagai cara untuk menghapus shortcut virus yang biasa ditemukan di media flashdsik.

Berikut langkah-langkahnya - cara menghapus virus menggunakan CMD (Command Prompt)

1. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka program CMD. Untuk dapat membuka program CMD Anda dapat menekan tombol Windows + Start.

2. Jika jendela CMD telah terbuka, buka direktori yang menurut Anda telah terinfeksi oleh virus. Untuk melakukan ini, cukup ketikkan partisi yang ingin Anda tuju (misalnya D :).

3. Jika sudah tekan tombol perintah ketik type attrib -s -h *.* /s /d lalu tekan enter.

4. Setelah Anda berada di direktori partisi dalam perintah dir tipe pertanyaan (perintah ini akan menampilkan semua program di partisi ini)

5. Perhatikan file-file aneh terutama yang memiliki akhiran .exe

6. Jika Anda menemukan file aneh yang Anda yakin buka adalah bagian dari sistem operasi laptop yang Anda gunakan. Silakan hapus file karena mungkin file adalah file virus yang menginfeksi komputer Anda.

Cara menghapus virus dengan CMD meskipun mudah dilakukan, tidak dapat digunakan untuk menghapus sebagian besar virus umum yang menginfeksi di komputer. Bahkan jika Anda telah membersihkan komputer Anda dari bahaya virus. Akan lebih baik jika Anda mengikuti cara mencegah komputer dari terinfeksi virus, sehingga komputer Anda tidak dapat lagi terinfeksi oleh virus komputer.

Begitulah pembahasan cara menghapus virus di laptop tanpa menggunakan antivirus ketemu lagi di diskusi berikutnya.

Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar