--> Skip to main content

Cara Mengatasinya Laptop Tiba-tiba Mati Sendiri dan Penyebabnya

Laptop tiba-tiba mati sendiri adalah salah satu hal yang dapat mengganggu kita dalam pekerjaan atau pembelajaran sehari-hari. Hilangnya data penting, kerusakan pada bagian laptop, dan efek lainnya dapat membuat insiden laptop yang tiba-tiba mati itu harus kita selesaikan. Apalagi jika laptop menjadi laptop utama kami dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Karena itu, ada baiknya jika kita tahu mengapa laptop bisa mati sendiri, dan tahu juga beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Lalu apa penyebab laptop tiba-tiba mati sendiri? Apa saja hal yang dapat membuat laptop kita tiba-tiba mati tanpa izin terlebih dahulu? Jadi Anda bisa mencari tahu, maka ada baiknya jika Anda membaca artikel kami yang satu ini untuk menyelesaikannya. Dengan demikian Anda bisa mendapatkan berbagai informasi tambahan tentang masalah laptop tiba-tiba mati sendiri dan dapat berperilaku tepat ketika kita kemudian mengalaminya.
Cara Mengatasinya Laptop Tiba-tiba Mati Sendiri dan Penyebabnya

Penyebab Laptop Mati Sendiri

Salah satu hal yang perlu kita ketahui dari awal adalah tentang apa yang menyebabkan laptop kita mati sendiri atau menyebabkan laptop mati mendadak. Ada beberapa hal yang kalau bisa menjadi penyebab laptop mati sendiri, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Terlalu panas/ Overheat

Panas berlebih atau panas berlebihan yang ada di laptop dapat memicu laptop kita untuk mati dengan sendirinya. Pembuat laptop, terutama pada prosesor, sering membuat mekanisme shutdown otomatis ketika panas laptop berlebihan, meskipun dengan perkembangan prosesor generasi saat ini, tidak mungkin masalah seperti itu akan terjadi karena tingkat manajemen panas meningkat. Namun, tidak ada salahnya jika kita mewaspadai masalah overheating pada laptop, sehingga masa pakai perangkat keras kita juga bisa lebih lama.

2. RAM Rusak

RAM yang rusak juga bisa memicu terjadinya fenomena atau event laptop yang tiba-tiba mati sendiri. Selain itu, terkadang juga ada lemot luar biasa pada laptop Anda, meskipun prosesor atau spesifikasi lainnya dan penggunaan aplikasi Anda tidak begitu buruk. Jika ini terjadi, maka mau tidak mau Anda harus mengganti RAM yang terpasang di laptop Anda, sehingga Anda bisa menyembuhkan penyakit laptop lambat Anda dan juga bisa mati sendiri.

3. Kehabisan sumber daya

Kehabisan baterai atau secara prinsip terputus dari sumber listrik, juga bisa menjadi alasan mengapa laptop Anda tiba-tiba mati sendiri. Tentu saja dengan tidak adanya listrik, laptop atau komputer dan perangkat elektronik pada umumnya tidak akan dapat bekerja atau menyala. Oleh karena itu, untuk mengatasinya tentunya kita harus menyediakan sumber daya yang cukup untuk menjadikan laptop dapat berjalan dengan baik. Tentunya setiap laptop memiliki karakteristik sumber daya yang berbeda, jika laptop Anda tidak dapat dijalankan tanpa biaya, maka Anda harus selalu menghubungkan laptop Anda ke sumber listrik.

Untuk mengatasi masalah kehabisan sumber daya ini, selain mengatasi masalah fisik, ada baiknya jika Anda juga mencoba mengatasi dalam hal aplikasi. Cobalah untuk mematikan laptop Anda atau masuk ke mode hibernate atau standby ketika jumlah sumber daya yang tersedia hanya sepuluh atau mungkin lima belas persen. Ini akan membantu Anda untuk menghindari laptop Anda yang mati mendadak dan membahayakan kehidupan perangkat keras Anda dalam jangka panjang.

4. Prosesor rusak

Selain beberapa masalah di atas, masalah lain yang bisa menyebabkan laptop tiba-tiba mati sendiri adalah jika prosesor yang ditemukan di laptop kita rusak. Tentunya ini sangat wajar mengingat laptop adalah otak utama laptop kita. Jadi jika prosesor laptop rusak, maka kemungkinan besar laptop akan segera mati akan terjadi. Oleh karena itu, kami harus memperhatikan keadaan prosesor kami, dan jika Anda dapat melakukan perawatan secara rutin sehingga masa pakai prosesor kami bisa panjang atau panjang. Selain itu, kerusakan pada prosesor juga bisa menjadi penyebab laptop mati total.

Cara Memperbaiki Laptop Mati Sendiri


Setelah mengetahui beberapa hal penting tentang penyebab laptop mati itu sendiri, maka kita juga perlu memiliki wawasan bagaimana cara memecahkan laptop tiba-tiba mati sendiri. Dengan demikian, kita dapat mengatasi masalah laptop yang mati sendiri lebih tepat dan cepat. Bagaimana cara memecahkan laptop mati sendiri yang bisa kita lakukan? Bagi Anda yang penasaran dan ingin mencobanya, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda gunakan atau lakukan untuk memecahkan masalah laptop mati Anda sendiri.

1. Mengganti baterai atau memperbaiki sumber listrik

Seperti yang telah kita bahas di atas, salah satu jenis masalah yang menyebabkan laptop mati sendiri adalah karena sumber daya yang buruk atau karena hilangnya sumber daya listrik yang dimiliki oleh laptop. Oleh karena itu salah satu cara kami dapat memperbaikinya adalah dengan mengganti baterai atau memperbaiki sumber daya lain yang merupakan sumber daya laptop Anda. Sering kali pengguna mengubah baterai laptop mereka, tetapi tidak menutup kemungkinan kita juga perlu memastikan atau mengganti kesehatan charger, slot atau port charger dan konektor baterai, dan berbagai masalah lainnya.

2. Memperbaiki sistem pendingin laptop

Selain masalah sumber daya yang buruk, masalah lain yang bisa membuat laptop mati sendiri seperti yang telah kita bahas di atas adalah karena sistem pendingin yang buruk. Oleh karena itu, maka kita dapat menerapkan cara mengatasi laptop itu sendiri dengan memperbaiki sistem pendingin laptop. Untuk melakukan ini, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan. Di antaranya mengganti thermal paste, membersihkan kipas laptop, mengganti heatsink, dan lain sebagainya. Anda dapat meminta hal-hal di atas kepada teknisi yang berkualifikasi jika Anda kesulitan melakukannya secara mandiri.

3. Ganti perangkat yang rusak

Kerusakan pada prosesor atau kerusakan RAM, seperti yang telah kita bahas di atas, bisa menjadi salah satu alasan mengapa laptop bisa mati sendiri. Karena itu, tentu saja cara mengatasi ini adalah mengganti atau memperbaiki perangkat. Dengan melakukan ini, maka kita dapat memastikan bahwa perangkat ini dapat berfungsi dengan baik dan lancar kembali.

Kesimpulan

Itulah beberapa hal tentang penyebabnya dan juga cara memecahkan masalah laptop sering mati dengan sendirinya. Tentu saja masih ada berbagai penyebab dan juga cara mengatasi laptop mati itu sendiri yang belum kita bahas di atas, tetapi Anda bisa bertanya kepada teknisi komputer tepercaya di daerah Anda. Semoga informasi di atas membantu Anda, selamat atas perawatan komputer Anda!
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar