--> Skip to main content

2 Cara Membuat Sound Card External yang Mudah Dibuat

Perangkat komputer atau laptop harus memiliki komponen yang berfungsi untuk menerima input atau input suara dan membuat suara. Komponen ini disebut kartu suara. Soundcard adalah perangkat keras yang mengumpulkan data dalam bentuk suara dari luar komputer untuk kemudian dikeluarkan melalui perangkat lain seperti speaker.

Spesifikasi yang dimiliki oleh kartu suara dapat bervariasi. Ada soundcard yang hanya mengeluarkan suara normal, sampai ada soundcard yang kualitas suaranya bisa diatur menggunakan equalizer yang terdapat di media player atau menggunakan perangkat lunak default (default) dari kartu suara itu sendiri. Kartu suara ini biasanya memiliki dua port jack 3,5 mm. Satu jack berfungsi sebagai input dan satu lagi jack berfungsi sebagai output.

Komponen-komponen ini sering terlewat karena fungsi soundcard yang jarang digunakan, terutama pada laptop (karena kebutuhan akan output suara, laptop menyediakan speaker internal). Jadi, terkadang ketika hendak digunakan kembali, tiba-tiba kartu suara di komputer atau laptop tidak dapat beroperasi dengan baik atau tidak mengeluarkan suara / suara.
2 Cara Membuat Sound Card External yang Mudah Dibuat

Jika kartu suara internal pada laptop atau komputer Anda telah ditunjukkan rusak, maka itu berarti Anda harus bersiap-siap untuk mengatasinya. Nah, bagaimana cara mengatasi suara PC bukan suara ini?

Alih-alih membeli kartu suara internal yang asli dari komputer atau pabrikan laptop Anda, lebih baik menggunakan kartu suara eksternal. Yup, kartu suara eksternal adalah fungsi yang sama dengan kartu suara internal yang terdapat pada komputer atau laptop. Bedanya, kartu suara ini harus terhubung ke port di komputer atau laptop Anda. Port dapat berupa port PCMCIA / Express Card atau port Universal Serial Bus (USB). Fungsi port pada komputer yang berguna untuk menghubungkan komponen lain di luar komputer dan laptop sangat berpengaruh di sini.

Karena saat ini banyak pabrikan laptop dan komputer tidak menyertakan port PCMCIA pada produk mereka, begitu banyak kartu suara eksternal sekarang terhubung ke port USB. Keuntungan dari kartu suara eksternal menggunakan port USB adalah fitur "Plug and play", di mana Anda tidak perlu menginstal driver kartu suara secara manual menggunakan CD. Ini karena biasanya kartu suara eksternal adalah perangkat lunak driver tertanam yang akan diinstal secara otomatis ketika kartu suara eksternal terhubung untuk pertama kalinya ke laptop atau komputer Anda. Selain itu, Anda juga tidak perlu perangkat lunak pencarian driver otomatis tanpa koneksi internet, karena kartu suara sudah memiliki driver sendiri.

Nah, di artikel ini, kita akan membahas tentang cara membuat kartu suara eksternal untuk laptop atau komputer Anda. Meskipun cara kami akan mengirimkan di bawah ini sama-sama mahal, tetapi kami menjamin hasilnya memuaskan dan Anda dapat menggunakan sebagai pengganti kartu suara internal yang rusak. Baiklah, inilah bahasannya:

1. Sound Card External Buatan Sendiri

Ya, Anda tidak salah baca. Kami akan menunjukkan cara membuat kartu suara eksternal yang dapat Anda buat sendiri di rumah. Anda hanya perlu keterampilan menyolder dan beberapa komponen elektronik yang mudah ditemukan di toko komponen elektronik.

Komponen elektronik yang Anda butuhkan untuk membuat seri kartu suara eksternal adalah sebagai berikut:


  • IC PCM 2702
  • IC LDO TPS 7633Q
  • Kapasitor Non-Polar 1uF, 470uF, 100nF, 100pF, 330pF, 10uF, 1.8nF, 33pF
  • Polar Capacitor 10uF
  • Resistor 600 Ohm, 56k Ohm, 150k Ohm, 10k Ohm, 50k Ohm, 12k Ohm, 3.9k Ohm, 1 MOhm, 22 Ohm,
  • Transistor PNP
  • Lampu LED
  • IC Comparator OPA 2353
  • Kristal 12MHz


Kartu suara yang akan dibuat ini berfungsi untuk menghilangkan sinyal audio yang berasal dari komputer atau laptop melewati port USB. Jadi, rangkaian sound car ini tidak bisa digunakan untuk menerima suara dari luar komputer atua laptop menggunakan mikrofon. Komponen utama yang digunakan dalam sirkuit kartu suara eksternal melalui port USB adalah PCM 2702 IC. IC PCM 2702 adalah Integreted Circuit (IC) yang berfungsi sebagai Digital To Analog Converter (DAC), yang berarti bahwa IC ini mengubah sinyal digital dari komputer atau laptop menjadi sinyal analog yang dikeluarkan melalui port jack 3,5 mm. Kelebihan dari IC ini adalah antarmuka untuk port USB.

Untuk membuat kartu suara eksternal ini, maka rangkaian kartu suara ini harus dibantu dengan beberapa komponen pendukung. Output atau output sirkuit kartu suara ini memiliki output stereo untuk saluran R (Kanan) dan L (Kiri). Jadi kartu suara ini dapat langsung terhubung ke perangkat keras audio seperti headphone, earphone, atau speaker. Output dari kartu suara ini juga dapat dihubungkan ke amplifier.

Sebagai informasi, IC PCM 2702 membutuhkan dua sumber tegangan DC, yaitu +3, 3 Volt dan +5 Volt. Untuk mendapatkan sumber tegangan DC +3,3 Volt, maka Anda memerlukan regulator tegangan tetap IC 3, 3 Volt, yaitu LDO IC TPS76733Q. Sedangkan untuk mendapatkan sumber tegangan DC +5,5 Volt, maka Anda membutuhkan komponen IC TPS 76701.

Pemasangan komponen kartu suara eksternal dipasang pada dua permukaan PCB. Pemasangan komponen tipe SMD pada sisi tata letak PCB, sementara komponen besar dipasang di bagian atas PCB (di sisi lain, rangkaian kartu suara eksternal ini dapat memperoleh sumber tegangan dari port USB komputer yang biasanya memiliki tegangan +5 VDC , atau dari catu daya eksternal +5 Volt DC.

Untuk gambar sirkuit, penjelasan lengkap, dan desain permukaan PCB, Anda dapat melihatnya dari sumber kami di tautan ini.

2. Beli Sound Card External

Jika Anda tidak ingin repot-repot membuat kartu suara eksternal menggunakan sirkuit elektronik, Anda bisa membelinya. Saat ini, ada banyak toko online yang menjual kartu suara eksternal yang dapat dihubungkan ke komputer atau laptop menggunakan port USB. Metode ini adalah salah satu cara untuk memperbaiki laptop tanpa suara yang mudah dilakukan.

Harganya bervariasi, tergantung fitur yang ditawarkan oleh masing-masing kartu suara eksternal. Ada kartu suara eksternal yang menampilkan "mute" untuk mematikan suara atau memutuskan sambungan dari komputer atau mikrofon (input audio), beberapa di antaranya tidak memiliki fitur. Ada juga fitur untuk menghapus audio yang bass, halus, dan jernih. Tentu saja, fitur-fitur ini menentukan harga jual kartu suara eksternal.

Kartu suara eksternal yang kami lirik di pasaran bahkan memiliki fitur penguat headphone yang terintegrasi. Ini berarti bahwa kualitas suara yang dikeluarkan dari kartu suara ini akan difilter dan diatur secara otomatis oleh kartu suara ini. Dengan demikian, suara yang dihasilkan cukup bagus. Pada kartu suara eksternal juga terdapat fitur Bass Booster, yang memberikan kualitas suara dengan bass yang lebih halus, lembut dan keras daripada suara bass yang dikeluarkan oleh perangkat audio laptop internal. Dan harganya lebih mahal daripada kartu suara eksternal biasa.

Jika ditanya mana yang lebih mahal, apa cara pertama atau kedua? Jawabannya tergantung. Tergantung pada komponen elektronik yang Anda beli saat mengikuti cara pertama, dan tergantung pada kartu suara eksternal yang Anda beli di pasar. Harga rata-rata komponen elektronik berkisar antara Rp 100, - hingga Rp 25.000, -. Harga tidak termasuk komponen modul port USB dan 3,5 mm jack. Sementara harga kartu suara eksternal di pasar berkisar antara Rp 24.000, - hingga Rp 300.000, -. Jadi Anda ingin memilih jalan mana? Semua tergantung pada Anda.

Begitu banyak artikel kami kali ini tentang cara membuat kartu suara eksternal. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi Anda, terutama yang ingin mengganti kartu suara internal dengan kartu suara eksternal.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar