--> Skip to main content

7 Penyebab Kenapa Laptop Sering Mati Sendiri Saat Digunakan Dan Cara Mengatasinya

Laptop. Siapa yang tidak tahu perangkat elektronik ini? Kelebihan itu bisa menggantikan peran komputer desktop ketika melakukan pekerjaan di mana saja, membuat perangkat ini banyak dilirik oleh masyarakat. Banyak orang yang menggunakan laptop untuk mendukung produktivitas, seperti siswa sekolah, siswa, hingga karyawan kantor.

Agar laptop Anda digunakan secara terus menerus, Anda harus mengambil beberapa langkah perawatan. Ini karena ancaman kerusakan pada laptop yang bisa menimpa Anda setiap saat. Beberapa kerusakan laptop yang sering terjadi, termasuk laptop yang sering mati sendirian saat digunakan. Nah, kali ini, kita akan mengulas masalah laptop yang penuh sering mati sendiri, mulai dari penjelasan, penyebab, hingga cara mengatasinya. Berikut ulasan dari kami:

Penjelasan

Masalah laptop sering mati dengan sendirinya adalah masalah pada laptop dimana ketika itu sedang berjalan tiba-tiba kehilangan daya sehingga menghentikan semua pemrosesan data pada semua komponen laptop, seperti prosesor, RAM, layar, dan lain-lain. Ini mengakibatkan semua aktivitas yang dilakukan oleh pengguna laptop menjadi tidak diproses dengan benar.
7 Penyebab Kenapa Laptop Sering Mati Sendiri Saat Digunakan Dan Cara Mengatasinya

Masalah ini harus segera diatasi, agar tidak mempengaruhi kerusakan pada komponen laptop lainnya. Apalagi jika penyebab laptop mati mendadak terkait dengan listrik. Komponen laptop yang rentan terhadap kerusakan karena masalah ini adalah hard drive internal pada laptop Anda. Ini karena ketika hard drive tidak mendapatkan daya listrik, maka lap disk di laptop berhenti tiba-tiba. Bahkan, kemungkinan besar jarum pembaca disk di dalam hard disk sedang membaca data yang disimpan di dalam disk. Yah, itu bisa menyebabkan bad sector di hard drive Anda.

Jika bad sector pada hard drive tidak tertangani, maka bisa mengakibatkan hard drive Anda tidak bisa membaca data yang tersimpan di dalamnya. Itu sebabnya, laptop yang mati itu sendiri adalah salah satu penyebab kerusakan pada hard drive di komputer atau laptop. Ini jelas masalah yang dihindari oleh pengguna laptop, mengingat hard drive merupakan komponen vital dari laptop.

Penyebab Laptop Anda Mati Sendiri


Berbicara tentang masalah, pasti ada penyebabnya. Apa penyebab laptop mati sendiri? Beberapa kasus telah dialami oleh pengguna laptop sering dijumpai beberapa penyebab berikut:

1. Baterai laptop Anda lemah

Itu artinya baterai laptop Anda tidak mampu menampung daya listrik sebagaimana mestinya. Biasanya, ketika daya baterai laptop sudah mencapai kapasitas 10% saat tidak di-charge, akan muncul peringatan. Jika Anda mengabaikan peringatan, baterai akan terus berkurang hingga mencapai sisa kapasitas 5%, peringatan lain akan muncul tetapi dengan status "kritis".

Jika masih terabaikan, daya baterai akan terus berkurang hingga OS Windows di laptop Anda akan mengambil tindakan mematikan laptop "hibernate", kondisi ketika laptop untuk shutdown secara otomatis, tetapi kondisi terakhir dari laptop akan tersimpan pada hard drive. disket. Tujuannya adalah ketika laptop akan digunakan kembali, kondisi akan sama seperti laptop sebelum hibernate, mulai dari jendela yang terbuka, aplikasi yang berjalan, dan banyak lagi.

Seiring waktu, kualitas baterai laptop akan mulai menurun. Ini akan mempengaruhi pembacaan daya baterai laptop yang tersisa pada OS. OS pada laptop Anda dapat mendeteksi bahwa daya baterai laptop Anda adalah 15%, tetapi tiba-tiba laptop Anda mati dengan sendirinya karena kehabisan energi sama sekali. Jadi tiba-tiba, OS tidak menampilkan peringatan bahwa keadaan baterai sangat penting dan hibernate.

2. Kipas pendingin prosesor kotor

Kipas pendingin prosesor selalu berputar selama laptop dihidupkan. Ini menghasilkan kipas pendingin prosesor yang secara konstan meniupkan udara panas dari prosesor. Masalahnya, udara yang ditiup belum tentu bersih dari debu. Meskipun debu tersedot ke dalam laptop dalam bentuk debu halus, tetapi akhirnya debu akan menumpuk pada kipas dan pada akhirnya akan menghambat kinerja kipas.

Penghambatan putaran kipas mengakibatkan prosesor akan cepat memanas. Ini karena pendinginan kurang optimal dan dapat menyebabkan penurunan kinerja laptop. Jika masalah terus terjadi, suhu prosesor akan terus meningkat hingga prosesor terlalu panas dan laptop langsung mati.

3. Pasta prosesor mengering

Pasta prosesor biasanya ditempelkan antara prosesor dan logam pendingin. Apa lagi pendinginan metal? Komponen ini terletak di antara kipas pendingin dengan prosesor. Jika pasta ini mengering, prosesor terlalu panas, seperti penyebab poin sebelumnya. Hanya dalam hal ini, pendinginan dari kipas laptop sudah optimal.

4. Kaki RAM berkerak

Loh kaki RAM bisa jadi berkerak ya? Ini bisa terjadi jika laptop telah digunakan cukup lama tanpa pernah melepas atau memutakhirkan RAM. Ini karena munculnya kerak pada tembaga di soket RAM karena panas yang terjadi ketika energi listrik mengalir pada elemen kuningan dalam RAM yang melekat pada soket logam RAM pada motherboard untuk waktu yang lama.

5. Komponen yang ditunjukkan rusak

Ketika ada komponen laptop yang rusak, biasanya layar laptop akan menampilkan teks dengan latar belakang biru, yang biasa disebut Blue Screen / Blue Screen of Death (BSOD). Tulisan di layar memberitahu Anda bahwa komponen tidak terdeteksi oleh Windows. Komponen-komponen ini dapat berupa hard drive internal, RAM, dan lainnya.

6. Komponen yang terindikasi rusak

Kabel fleksibel adalah kabel yang menghubungkan motherboard dengan layar laptop. Kabel ini biasanya terletak di engsel laptop. Jika kabel ini rusak, maka tampilan layar pada laptop menjadi hitam dan tidak menampilkan gambar apa pun. Meski begitu, sebenarnya laptop masih menyala karena masalahnya hanya pada tampilan saja.

7. Sistem operasi bermasalah

Setelah pada titik sebelumnya, beberapa penyebab laptop sering mati dengan sendirinya pada perangkat keras atau perangkat keras, kali ini yang lain menyebabkan lebih banyak masalah perangkat lunak. Lebih tepatnya, sistem operasi yang digunakan pada laptop Anda.

Biasanya, ketika laptop tiba-tiba restart, layar akan muncul hanya layar ke layar boot dengan kata-kata "ntldr hilang" di Windows XP atau "bootmgr hilang" di Windows 7 dan versi Windows ke atas, atau peringatan muncul "tolong masukkan perangkat boot "Sebelum kematian. Ini menunjukkan ada masalah dengan partisi sistem Windows Anda.

Solusi Masalah Laptop Sering Mati Sendiri


Baru-baru ini Anda telah melihat beberapa penyebab laptop sering mati sendiri. Nah, bagaimana cara mengatasi laptop mati itu sendiri? Ini solusi dari kami:

1. Selalu bekerja di dekat stopkontak

Untuk mengantisipasi laptop mati mendadak karena baterai sudah rusak, sebaiknya gunakan laptop di tempat yang dekat dengan stop kontak listrik. Selain itu, pastikan Anda selalu membawa pengisi daya ketika ingin menggunakan laptop.

2. Bersihkan debu pada kipas laptop

Lebih disukai, metode ini dilakukan secara rutin. Namun untuk membersihkan kipas ini, dibutuhkan keterampilan khusus. Karena untuk membuka casing laptop, Anda harus menyesuaikan dengan karakteristik pengaturan komponen pada setiap laptop. Ada kebutuhan untuk membuka keyboard terlebih dahulu, beberapa dapat dibuka langsung dari bagian bawah laptop, dan beberapa bahkan mengharuskan Anda untuk membuka seluruh bagian bawah laptop untuk dapat mengakses kipas pada laptop.

3. Bersihkan kerak pada kaki RAM

Caranya, keluarkan RAM dari laptop Anda dengan hati-hati. Kemudian dengan lembut bersihkan kaki RAM Anda dengan penghapus pensil sampai kerak di kaki RAM hilang.

4. Perbaiki sistem operasi atau instal ulang

Anda dapat menggunakan fitur Perbaikan Windows yang tersedia di setiap versi OS Windows atau jika Anda bingung dengan sumber masalahnya, Anda dapat menginstal ulang Windows di laptop Anda.

5. Cadangkan data di laptop

Agar data Anda di laptop tidak terpengaruh oleh kerusakan yang disebabkan oleh penyebab komputer itu sendiri, Anda harus mem-backup data Anda di berbagai media penyimpanan, mulai dari hard drive eksternal, flash, hingga penyimpanan cloud. Jika Anda memilih hard drive eksternal, pastikan Anda memilih hard drive eksternal terbaik

Begitu banyak diskusi kami seputar masalah laptop sering mati sendiri. Semoga artikel ini kami dapat membantu Anda dalam menyelesaikan masalah pada laptop Anda, terutama mereka yang sering mati mendadak.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar