--> Skip to main content

8 Cara Menyambung Kabel Headset / earphone yang Putus Atau Rusak

Siapa yang tidak tahu headsetnya? Di era serba canggih ini, kebutuhan akan headset sepertinya masih dibutuhkan. Meskipun beberapa pemutar musik telah berubah bentuk, mulai dari CD Compact, Walkman, MP3 Player, hingga smartphone, peran headset untuk menghilangkan suara dari perangkat multimedia langsung ke telinga masih digunakan oleh banyak orang hingga saat ini.

Perangkat yang sering disebut sebagai headphone biasanya tersedia sebagai aksesori tambahan yang disertakan dalam kotak ponsel cerdas yang Anda beli, dibeli melalui toko online, atau dapat dibeli langsung di toko aksesori ponsel. Bahkan, sekarang ada banyak pedagang kaki lima di trotoar yang menjual berbagai macam headset. Harganya pun bervariasi, mulai dari hanya sepuluh ribu hingga ratusan ribu dolar. Tentu saja, perbedaan harga menentukan kualitas suara yang dihasilkan dan juga fitur-fitur yang tertanam di dalam headset.

Namun, semahal atau seanggun headset apa pun yang Anda miliki, sebagai perangkat audio yang menggunakan kabel sebagai perantara, risiko kawat di dalam kabel headset yang rusak tetap ada. Bisa jadi, ketika Anda asyik menggunakan headset untuk mencoba aplikasi piano untuk laptop atau saat Anda sedang mendengarkan musik di perangkat multimedia Anda, tiba-tiba headset yang Anda gunakan mulai menunjukkan masalahnya. Mulai dari suara yang tercekik, hingga suara yang keluar dari headset hanya di satu sisi saja. Tentu, ini cukup menyebalkan.

Bisa jadi, Anda menggunakan headset nirkabel yang terhubung via bluetooth dan belajar cara menggunakan bluetooth headset. Namun, harga headset bluetooth yang cukup mahal membuat kita harus mengakali kerusakan headset yang harus digunakan kembali.

Karena itu, Anda perlu tahu cara menyambungkan kabel headset yang rusak. Tenang saja, dalam artikel ini, kami akan memberikan informasi itu kepada Anda. Jika Anda menggunakan headset di laptop, cara di bawah ini dapat menjadi beberapa cara untuk mengatasi headset yang tidak terdeteksi di laptop. Tidak perlu banyak bicara. Berikut informasi untuk Anda:

Sebelum memulai langkah-langkah perbaikan, Anda harus menyiapkan beberapa alat dan bahan untuk melakukan perbaikan, termasuk:

  • Solder
  • Timah solder
  • Tang kabel
  • Cutter atau gunting
  • Selang bakar
  • Hair dryer (jika punya)


1. Uji kabel headset Anda
8 Cara Menyambung Kabel Headset / earphone yang putus Atau Rusak

Sebelum memperbaiki kabel headset, coba gunakan headset Anda dan nyalakan pemutar audio di perangkat Anda. Coba tekuk kabel headset Anda hingga 90 derajat melalui bagian atas ibu jari Anda. Kemudian, coba lentur juga di bagian lain di sepanjang kabel. Jika Anda menemukan bunyi headset terputus-putus, artinya Anda telah menemukan titik masalahnya. Nah, ketika Anda telah menemukan titik kerusakan, tandai titik dengan pita listrik atau pita perekat yang berbeda dari warna kabel (misalnya, pita hitam atau gelap untuk kabel headset putih, atau berwarna gelap tape bukan kabel headset hitam)

2.  Kupas kulit kabel
8 Cara Menyambung Kabel Headset / earphone yang putus Atau Rusak

Gunakan tang kabel untuk mengupas kulit kabel pada titik masalah. Anda juga bisa menggunakan pisau, tetapi gunakan dengan hati-hati di bagian luar kabel. Kupas kabel sedalam setengah inci atau 1,25 cm dari kulit kabel. Setelah itu, lanjutkan mengupas kabel sampai Anda melihat bagian yang rusak. Nah, itulah bagian yang akan Anda perbaiki.

Terkadang, beberapa jenis kabel headset mungkin berbeda secara mendalam. Jika kawat headset Anda tampak seperti dua kawat yang direkatkan satu sama lain, itu berarti bahwa setiap kabel akan memiliki bagian isolator (sinyal) dan kawat telanjang (ground). Sementara itu, output headset Apple dan beberapa merek lain dengan satu kabel memiliki dua kabel isolator (untuk sinyal kiri dan kanan) dan kabel ground di dalamnya.

3. Potong kabelnya
8 Cara Menyambung Kabel Headset / earphone yang putus Atau Rusak

Langkah selanjutnya, potong kabel headset menjadi dua. Jika kawat di dalam rusak atau terputus, potong kedua sisi. Jika Anda melakukan ini, pastikan Anda memotong kedua sisi dengan panjang yang sama. Panjang pemotongan yang tidak sama dapat menyebabkan kerusakan listrik pada headset Anda.

Jika hanya satu kawat yang rusak, Anda mungkin ingin menyolder kawat secara langsung tanpa memotong atau menghubungkan kembali kabel. Dengan cara itu akan menghemat waktu, tetapi perbaikan akan kurang kuat dan kabel rawan diputuskan.

4. Masukkan potongan selang bakar

Untuk memperkuat sambungan kabel pada kabel headset tetap, Anda bisa menggunakan selang bahan bakar. Selang yang terbakarnya adalah selang karet yang akan berkontraksi jika sisi luarnya dipanaskan. Selang ini sekilas terlihat seperti kulit kabel headset Anda (jika warna kabel headset Anda hitam hehe).

Potong selang bahan bakar di sepanjang kabel yang Anda lakukan sebelumnya (biarkan sedikit agar selang tetap terikat pada lapisan kabel yang tidak dikupas). Masukkan potongan selang bahan bakar ke dalam kabel headset untuk pengencangan lebih lanjut. Nanti, setelah kabel headset diperbaiki, selang yang dibakar bisa Anda geser ke kawat yang "telanjang".

Nah, jika Anda sudah mengupas kabel di banyak titik untuk mencari masalah, masukkan juga selang bakar pada setiap titik yang telah Anda kupas.

5. Sambung kawat yang putus

Sekarang saatnya Anda menghubungkan kabel headset yang rusak. Pastikan Anda menghubungkan kawat dengan warna kawat isolasi yang sama (atau tanpa isolator). Untuk menghubungkan isolator, Anda dapat melakukan dua cara: koneksi ekor kuda atau koneksi inline.

Jika Anda menerapkan ekor kuda, menyeberangi dua kawat yang akan disambung, kemudian potong sambungannya. Metode ini cukup cepat dan mudah, tetapi hasil perbaikan menjadi tidak terawat.
Jika Anda menerapkan koneksi inline, pegang dua kabel dalam garis lurus dan hubungkan (ujung ujung). Kemudian putar kedua kabel ke arah yang berlawanan. Teknik ini sulit, tetapi hasilnya lebih rapi.

6. Solder sambungan

Untuk memperkuat koneksi, lakukan penyolderan. Gunakan solder untuk melelehkan sedikit timah solder ke dalam kawat. Ulangi ini untuk setiap koneksi jika titik masalah luar biasa. Setelah itu, tunggu sampai timah meleleh dingin. Ada hal-hal yang harus Anda perhatikan ketika melakukan langkah ini, termasuk:

  • Kabel ground biasanya memiliki lapisan tipis untuk melindunginya. Keruk lapisan ini atau bakar dengan solder sebelum Anda menjualnya. Hal ini dimaksudkan agar solderan dapat menempel pada koneksi.
  • Hindari menghirup asap, karena asap dari pembakaran kaleng oleh solder berbahaya jika dihisap oleh manusia.


7. Geser selang bakar ke titik sambungan

8. Geser potongan selang bakar yang telah Anda sisipkan sebelumnya

Selanjutnya, geser slash dari selang bakar yang Anda tempelkan. Kemudian, panaskan selang bahan bakar dengan pemantik rokok atau korek api. Anda juga dapat menggunakan alat lain yang melepaskan panas. Contohnya seperti hairdryer, baju besi, dan lainnya. Jika Anda tidak memilikinya, Anda bisa menggunakan solder, dengan catatan jangan menutup logam solder dengan tabung bakar terlalu lama.

Seperti disebutkan sebelumnya, tabung pembakaran akan menyusut menjadi seperempat dari ukuran aslinya. Sebagai akibat dari depresiasi, selang akan membungkus sendi untuk melindungi dan memperkuat kabel yang baru saja diperbaiki.

Hati-hati ketika melakukan perbaikan headset, karena Anda menggunakan beberapa alat yang tajam dan juga mengeluarkan panas. Nah, jika Anda sudah memperbaiki headset Anda, namun ketika digunakan di PC headset Anda tidak mengeluarkan suara, maka Anda perlu melakukan beberapa cara mengatasi sound PC tidak bunyi. Atau jika Anda menggunakan OS Windows 7, Anda bisa mencari tahu cara mengatasi sound PC tidak bunyi pada Windows 7 yang ada di situs kami ini.

Bagaimana, mudah kan cara-cara menyambung kabel headset yang telah kami sampaikan di atas? Semoga artikel yang kami berikan kali ini bisa membantu Anda untuk memperbaiki headset kesayangan Anda. Semoga perbaikannya berhasil…
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar