--> Skip to main content

Penyebab Dan Cara Memperbaiki Speaker Laptop Tidak Bersuara Terlengkap

Penyebab Dan Cara Memperbaiki Speaker Laptop Tidak Bersuara, Rusak Atau Mati. Speaker adalah salah satu perangkat input dan output komputer dan laptop yang berfungsi untuk mengeluarkan output suara yang berasal dari file multimedia yang tersimpan di laptop atau komputer. Pembicara sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu speaker eksternal dan internal. Speaker eksternal biasanya digunakan pada komputer atau laptop, sementara speaker internal selalu tersedia di laptop.

Sebagai perangkat elektronik, speaker memiliki risiko kerusakan. Nah, karena tersedia di laptop internal, maka jika ada kerusakan pada speaker laptop, maka Anda perlu membuka casing laptop terlebih dahulu untuk mengakses bagian dalam laptop. Meski begitu, tidak selalu penyebab kerusakan pada speaker di laptop karena masalah perangkat keras. Bisa jadi, masalahnya adalah hasil dari masalah dengan perangkat lunak atau sistem operasi yang digunakan pada laptop Anda.
Penyebab Dan Cara Memperbaiki Speaker Laptop Tidak Bersuara Terlengkap

Beberapa tanda yang menunjukkan kerusakan pada speaker laptop seperti speaker laptop bersuara, speaker hanya mengeluarkan suara di satu sisi, atau suara keluar cenderung kecil. Dalam artikel ini, kami akan memberi tahu Anda tentang masalah pembicara diam, apakah itu diam sama sekali, atau hanya di satu sisi. Berikut informasi untuk Anda:

Masalah pembicara speaker tidak terdengar dapat disebabkan oleh beberapa penyebab, termasuk:

1. Kesalahan pengaturan suara

Sebenarnya, jarang ada kasus di mana speaker laptop tidak membuat suara karena pengaturan bunyi yang salah, karena biasanya orang sudah mengatur speaker dalam kondisi On. Namun, terkadang ada beberapa orang yang lupa untuk me-reboot speaker laptop setelah speaker sebelumnya dibisukan. Pastikan pengaturan audio pada laptop dan speaker volume telah ditingkatkan.

2.  Salah masuk jack audio

Kasus ini biasanya terjadi pada orang yang menggunakan speaker eksternal di laptop, di mana colokan audio yang terhubung ke laptop ada colokan USB atau colokan audio biasa. Nah, ada jenis port di komputer atau laptop yang memiliki fungsi tersendiri. Di laptop, ada dua jack audio, di mana setiap jack audio memiliki fungsi yang berbeda. Satu untuk mikrofon, satu untuk speaker. Tidak seperti di komputer, di mana setiap jack diberi lapisan warna yang berbeda untuk membedakan, jack audio pada laptop tidak diberi layer warna dan hanya dibedakan oleh ikon di sisi jack yang belum tentu terlihat. Tidak jarang, ini menghasilkan jack audio "salah masuk". Oleh karena itu, pastikan kabel speaker atau headset Anda terpasang dengan benar.

3. Driver audio bermasalah

Salah satu penyebab speaker laptop adalah diam adalah masalah dengan perangkat lunak audio di laptop Anda. Perangkat lunak yang dimaksud adalah driver audio yang diinstal pada laptop Anda. Masalah yang terjadi pada driver audio dapat disebabkan karena driver rusak atau crash pada OS laptop Anda. Jika demikian, maka driver audio di laptop Anda tidak dapat berfungsi dan OS laptop Anda tidak dapat mendeteksi speaker internal pada laptop Anda.

4. Ada masalah dengan OS laptop

Meski jarang, tetapi ada kemungkinan penyebab speaker laptop bermasalah karena ada masalah pada OS (operating system) yang terpasang di laptop Anda. Demikian pula, pada masalah driver audio, dalam hal ini, ada kemungkinan masalah driver audio di laptop Anda berakibat fatal bagi masalah di OS Anda. Akibatnya, kerusakan pada driver audio laptop mempengaruhi kerusakan pada beberapa bagian dari OS laptop Anda.

5. Ada masalah dengan kabel speaker internal

Karena kabel speaker internal laptop ada di dalam, ada kemungkinan kontak antara kabel speaker dan komponen laptop lainnya. Kontak dapat menyebabkan kabel speaker rusak, hancur, atau tidak sengaja terputus.

Setelah Anda mendengarkan beberapa penyebab speaker laptop tidak bersuara, kali ini kami akan memberikan beberapa cara untuk memperbaiki laptop tanpa suara. Inilah caranya:

Cara Memperbaiki Speaker Laptop Tidak Bersuara 

1. Ganti dengan speaker lain

Jika Anda menggunakan speaker eksternal atau menggunakan headset, coba gunakan speaker eksternal lain di laptop Anda. Jika ternyata speaker lain mengeluarkan suara, maka kemungkinan ada masalah pada speaker eksternal Anda. Masalahnya mungkin pada kabel, atau bagian internal speaker. Jika headset tidak terdeteksi pada laptop, maka mungkin ada masalah dengan headset Anda.

2. Hubungkan ke jack audio yang tepat

Jika penyebab speaker eksternal laptop Anda diam karena ada audio jack yang salah, segera colokkan colokan audio speaker Anda ke jack audio yang benar. Cara mencari jack yang tepat adalah dengan melihat ikon di sebelah jack. Pastikan Anda memasukkan plug speaker Anda ke jack di samping ada ikon headphone.

3. Menginstall kembali driver sound card

Periksa driver audio dengan menjalankan program "Windows Sound Troubleshooter" yang terletak di Control Panel. Untuk membukanya, buka Control Panel> All Control Panel Items> Troubleshooting. Kemudian pilih "Pemecahan masalah pemutaran audio". Setelah itu, jendela akan muncul memutar audio dan kemudian klik Next. Kemudian, Windows secara otomatis mendeteksi masalah pada audio laptop. Ikuti instruksi yang diberikan oleh Throubleshooter di layar laptop.

Kadang-kadang, masalah dengan speaker laptop juga dapat disebabkan oleh driver audio laptop Anda terkena virus atau malware yang menonaktifkan suara laptop. Untuk mengetahui masalahnya, Anda harus pergi ke Windows Device Manager dan memeriksa konfigurasi driver audio laptop Anda. Caranya, buka Device Manager dengan mengetik "devmgmt.msc" di kotak dialog Start Menu atau melalui Windows Run. Selanjutnya, klik pada "Pengontrol suara, video dan game". Jika ada tanda kuning, driver audio Anda mungkin rusak dan harus diperbarui. Untuk memperbarui atau menginstal ulang driver audio laptop, Anda dapat mencarinya di internet baik di situs web resmi pabrikan laptop Anda atau di situs penyedia driver laptop.

4. Menginstall  kembali codec atau media player

Selain driver, komponen yang membantu pemrosesan data dan hasil audio adalah codec. Nah, beberapa media player untuk laptop menyediakan codec, seperti Media Player Classic (default K-lite codec pack), Windows Media Player, VLC Player, dan lain-lain. Namun, terkadang ada beberapa video yang bisa dimainkan tetapi tidak ada suara. Jika ini terjadi pada Anda, kemungkinan ada kekacauan dengan codec yang diinstal pada laptop Anda atau ada beberapa codec yang dibutuhkan tiba-tiba hilang.

Sebenarnya, masalah ini cukup sepele, karena Anda dapat menggunakan media alternatif playe untuk memutar file video atau audio di laptop Anda. Namun, jika Anda sudah "sayang" dengan pemutar media yang Anda gunakan, cobalah untuk menghapus dan menginstal ulang codec atau pemutar media Anda.

5. Instal ulang atau restore OS di laptop

Agak jauh dengan masalah audio, tetapi ada kemungkinan OS Windows Anda rusak sehingga tidak dapat diperbarui secara manual dan itu mempengaruhi audio laptop Anda. Untuk masalah ini ada dua hal yang dapat Anda lakukan:

  • Restore OS Windows Anda ke pengaturan awal dengan System Recorvery
  • Instal ulang Windows Anda dan instal versi terbaru driver audio laptop Anda. Bagaimana menginstal ulang laptop yang dapat Anda lihat di situs kami.


6. Bongkar laptop

Jika masalah speaker laptop Anda disebabkan oleh kontak pada kabel speaker di dalam laptop, maka Anda perlu membongkar laptop Anda dan pastikan kabel speaker laptop tidak rusak atau menyusul komponen laptop lainnya. Jika kabel rusak, segera perbaiki.

Bagaimana,lengkap kan pembahasan kami mengenai diskusi kita tentang speaker dari laptop yang tidak bersuara ini? Semoga informasi kami bermanfaat bagi Anda yang ingin memperbaiki speaker laptop Anda yang tidak bersuara.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar