--> Skip to main content

8 Cara Menghilangkan Malware / Virus Iklan Di Komputer Dan Laptop Serta Penyebabnya

Cara Menghilangkan Malware / Virus Iklan Di Komputer Dan Laptop Serta Penyebabnya. Adware, ads virus atau juga dikenal sebagai Malware Ad adalah malware yang menyusup iklan untuk produk komersial tertentu pada perangkat yang diinfeksinya. Adware awalnya adalah alat promosi yang digunakan dan juga disediakan oleh beberapa penyedia iklan berbasis PPC (Bayar per Klik) tetapi sebagai era Adware secara bertahap berkembang menjadi program yang menjengkelkan dan juga mulai berdampak negatif terhadap korbannya. Jenis virus ini juga dapat digabungkan dengan virus spyware atau jenis virus lain yang tentunya dapat memberikan dampak yang lebih parah bagi korban

Jika komputer telah disusupi oleh virus ini, maka tampilan iklan di semua halaman yang Anda buka tidak dapat Anda hindari. Karakteristik peramban yang terinfeksi virus adalah salah satu tanda yang harus dipertimbangkan jika komputer Anda mulai memiliki kinerja yang menurun dan mulai tidak nyaman untuk digunakan.
8 Cara Menghilangkan Malware / Virus Iklan Di Komputer Dan Laptop Serta Penyebabnya


Berikut adalah beberapa fitur/ Ciri ciri  yang dapat Anda lihat di komputer Anda, jika komputer Anda mulai terinfeksi oleh virus.


  1. Sistem operasi yang anda gunakan pada perangkat anda menjadi mulai terasa lebih lambat
  2. Browser yang normalnya dapat berjalan tanpa ada masalah mulai menunjukkan permasalahan seperti error didampingi juga dengan proses browsing internet pada browser yang menjadi lebih lambat.
  3. Banyak plugin tambahan yang dapat muncul secara tiba – tiba.
  4. Ketika anda melakukan pencarian melalaui browser anda, seringkali hasil pencarian yang anda lakukan akan dialihkan ke mesin pencari lainnya, yang tentunya bukan merupakan sistem mesin pencari contoh dari mesin pencari tersebut adalah mysearch, ask dan sebagainya.
  5. Selain munculnya iklan pada berbagai halaman yang anda telusuri pada browser tertentu dapat terjadi munculnya berbagai macam pop up yang berisikan iklan – iklan yang mengganggu kenyamanan anda berinternet.
  6. Banyak plugin tambahan yang muncul tiba – tiba pada browser yang anda gunakan.
  7. Antivirus anda menunjukkan peringatan ketika anda menjalankan browser anda.
Jika satu atau lebih dari gejala-gejala ini ada di komputer Anda, kemungkinan komputer Anda telah terinfeksi oleh malware. Cara menghapus virus iklan yang menginfeksi komputer tertentu browser tertentu dapat diatasi dengan menghapus virus peramban.

Penyebab Kemunculan Malware Iklan


Iklan yang tidak diinginkan ini sering muncul karena tindakan pengguna mereka yang memasang aplikasi gratis yang telah disisipkan oleh program adware. Sebagian besar jenis perangkat lunak yang disediakan secara gratis atau lebih dikenal sebagai freeware memiliki kemungkinan untuk dimasukkan program tersembunyi tambahan yang ditambahkan untuk memberikan penghasilan tambahan bagi pengembang aplikasi.

Meskipun tidak semua pengembang aplikasi atau perangkat lunak freeware memiliki niat buruk, tetapi sebagian besar jenis aplikasi ini sering kali menyembunyikan pernyataan yang memberi tahu Anda bahwa program aplikasi akan menginstal program tambahan. Secara tidak langsung ini akan membuat Anda pergi menginstal aplikasi atau malware ke komputer yang Anda gunakan. Kemungkinan yang dapat terjadi karena infeksi malware iklan adalah keadaan di mana panas CPU tidak dapat dihindari. Selain itu, hilangnya data pribadi yang Anda miliki di komputer yang terinfeksi juga merupakan sesuatu yang harus Anda waspadai.

Cara Menghilangkan Iklan Malware Di Komputer

Dalam diskusi berikut, kami akan membahas tentang metode yang digunakan untuk menghapus malware iklan di komputer. Metode yang akan dibahas juga dapat digunakan untuk menghapus jenis malware lainnya dan tidak terbatas hanya dapat digunakan untuk menghapus malware iklan. Berikut ini cara menghapus malware adware di komputer Anda.

  • Persiapan sebelum menghapus virus
Jika Anda menggunakan Windows dan memiliki hambatan untuk mengakses Windows secara normal (karena terlalu lambat atau sering hang), Anda dapat mencoba cara alternatif dengan masuk melalui Safe Mode. Jika komputer Anda siap membersihkan malware yang ada, maka kita akan membahas cara menghapus virus iklan.

  • Menghapus Iklan Malware di komputer
Berikut ini cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan malware iklan. Salah satu perangkat lunak yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan Ad Malware di komputer adalah AdwCleaner. Perangkat lunak ini adalah aplikasi yang dikhususkan untuk menghapus perangkat lunak, aplikasi, dan malware yang tidak Anda inginkan seperti pembajak toolbar (program yang membajak browser Anda dan mengkonversi mesin telusur yang Anda gunakan) dan sejenisnya di komputer atau laptop Anda.

Adwcleaner dikembangkan oleh Xplode adalah program kecil yang sederhana dan juga tersedia portabel sehingga Anda dapat menggunakan tanpa harus melalui proses instalasi yang rumit. Penggunaannya sangat mudah, Anda tinggal mengunduh aplikasi lalu menjalankannya. Berikut cara menggunakan AdwCleaner untuk menghapus malware iklan apa pun yang ada di komputer Anda.

  1. Langkah pertama adalah mengunduh aplikasi AdwCleaner, program ini dapat diunduh dari situs web resmi AdwCleaner. Pastikan Anda mengunduh dari situs tepercaya karena jika tidak nanti itu akan dapat membahayakan diri Anda dan juga komputer yang Anda gunakan.
  2. Setelah Anda mengunduh aplikasi ini jangan lupa untuk menginstalnya.
  3. Kemudian setelah dipasang, sebelum menjalankan aplikasi ini pastikan bahwa setiap program dan browser internet yang Anda gunakan telah ditutup.
  4. Jika Anda telah mengonfirmasi itu, jalankan program AdwCleaner. Pastikan Anda juga menjalankannya dengan mode administrator.
  5. Di jendela yang terbuka klik tombol pindai untuk memulai proses pemindaian adware di komputer Anda.
  6. Jika diminta tekan OK untuk menutup semua program yang menghambat proses pemindaian.
  7. Setelah selesai nanti AdwCleaner akan menampilkan daftar hasil scan hasil scan yang dilakukan oleh program ini. Lakukan tindakan yang disarankan oleh aplikasi ini untuk menghapus semua malware iklan yang ada di komputer Anda.
  8. Jika proses pemindaian /scaning selesai, program akan meminta untuk memulai ulang. Tindakan ini dilakukan untuk menyelesaikan proses pembersihan malware iklan yang ada di komputer Anda. Ikuti sesuai kebutuhan.

Meskipun malware adware tidak sepenuhnya sebanding dengan virus komputer paling mematikan di dunia tetapi keberadaan malware jenis ini sering dapat mengganggu pekerjaan pemilik komputer yang terinfeksi. Ad malware dapat dihindari dengan mudah ketika memperhatikan proses instalasi program yang Anda unduh secara gratis melalui internet. Dengan memperhatikan langkah-langkah instalasi Anda, Anda dapat dengan mudah menyingkirkan malware iklan yang tersedia pada program instalasi.

Begitulah cara menyingkirkan malware iklan di komputer. Sampai ketemu lagi di diskusi berikutnya.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar