--> Skip to main content

15 Cara Print Booklet Menggunakan Microsoft Word Dengan Mudah

Cara Print Booklet Menggunakan Microsoft Word Dengan Mudah. Cara Print Booklet Dengan Mudah. Booklet adalah buklet yang digunakan untuk tujuan tertentu.Booklet umumnya memiliki fungsi sebagai media untuk menyampaikan pesan dari penciptanya kepada orang lain. Fungsi Booklet dapat digunakan untuk mewakili perusahaan atau untuk menyelesaikan tugas kuliah dan sejenisnya. Sebagai salah satu media cetak, Booklet biasanya memiliki desain dan kualitas yang baik yang dapat menarik perhatian pembacanya serta jumlah orang yang akan ditawarkan.

Ada beberapa asumsi yang menyamakan buku dan selebaran. Meskipun kedua jenis media ini sering muncul berdampingan dan pada pandangan pertama terlihat sama. Brosur dan selebaran memiliki perbedaan yang patut dicatat. Kedua media cetak ini bukan jenis media yang sama. Perbedaan Booklet dan selebaran dapat dilihat dari bentuk di mana Booklet dicerminkan dengan sebuah buku yang berisi beberapa halaman sedangkan selebaran itu berbentuk seperti selebaran / kertas lipat.
15 Cara Print Booklet Menggunakan Microsoft Word Dengan Mudah

Booklet sering tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran. Umumnya booklet selalu berukuran lebih kecil dari buku-buku yang sering ditemukan. Jumlah halaman itu sendiri biasanya terdiri dari 4 hingga 48 halaman, dan menggunakan soft cover dan pengikatan sederhana. Buku kecil yang tipikal dan sering ditemui biasanya merupakan kumpulan dari dua atau lebih kertas yang dilipat menjadi dua bagian. Jumlah halaman yang dimiliki oleh Booklet umumnya selalu dibagi menjadi empat kelipatan (4, 8, 12, dan seterusnya). Tentu saja tidak selalu halaman-halamannya selalu terisi penuh. Ada kalanya beberapa halaman ini hanya tersedia kosong.

Penggunaan buku kecil dapat digunakan sebagai buku cerita, buku panduan, buku resep, dan banyak lagi. Penggunaan Booklet yang paling umum sendiri adalah sebagai brosur, katalog, serta bagian dari penjualan CD dan DVD. Selain itu Booklet juga dapat ditemukan sebagai bagian dari laporan pendamping atau laporan kuliah laporan tahunan.

Bagaimana cara mencetak Print Booklet?

Mencetak Booklet terkadang bagi sebagian orang sesuatu yang bisa dilakukan dengan mudah. Tidak semua orang yang menggunakan komputer dapat mengetahui cara mencetak dokumen buku kecil dengan mudah. Padahal sebenarnya untuk melakukannya tidaklah terlalu sulit.

Booklet dapat dicetak menggunakan berbagai jenis perangkat lunak seperti Adobe Photoshop, Illustrator, Indesign, Corel Draw dan Microsoft Word. Namun, untuk diskusi ini kita hanya akan membahas proses pencetakan buku dengan menggunakan program Microsoft Word. Ini karena program ini adalah salah satu dari banyak program yang digunakan oleh pengguna untuk memproses hal-hal yang berkaitan dengan laporan dan dokumen lainnya. Meskipun fitur yang dimilikinya tidak sebanyak dan tidak dapat dibandingkan dengan jenis aplikasi lain seperti Adobe Photoshop, Illustrator, Indesign dan Corel Draw, program Microsoft Word juga banyak digunakan oleh orang biasa untuk mencetakBooklet

Perlu diingat bahwa keadaan fungsi printer di komputer akan memengaruhi hasil dari Booklet yang ada. Jadi, penting untuk memperhatikan kondisi printer Anda sebelum melakukan proses pencetakan Booklet. Selain itu printer yang digunakan harus dipertimbangkan jika salah satu pengaturan dapat menyebabkan printer macet.

Berikut merupakan beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mencetak booklet pada Microsoft Word.

  1. Cara pertama adalah menggunakan fasilitas bookfold yang dapat ditemukan di opsi Microsoft Word Page Setup.
  2. Cara kedua adalah memanfaatkan fitur-fitur booklet yang telah dimiliki oleh printer mesin printer Canon


Untuk pembahasan kali ini kita akan membahas lebih banyak tentang cara pertama yaitu dengan menggunakan fasilitas bookfold yang dapat ditemukan dalam pilihan pengaturan Microsoft Page Setup. 15 langkah mudah cara mencetak Booklet menggunakan Microsoft Word adalah sebagai berikut


  1. Langkah pertama adalah menyiapkan dokumen yang ingin Anda cetak. Jika printer yang akan Anda gunakan tidak aktif, perhatikan juga cara mengatasi printer offline
  2. Untuk memastikan hasil dari dokumen yang Anda cetak sesuai dengan keinginan Anda, jangan lupa untuk memperhatikan panjang kertas, margin dan hal-hal lain yang terkait dengan proses pencetakan buku.
  3. Jika sudah dikonfirmasi. Mulai proses cetak dengan menekan tombol cetak yang tersedia di aplikasi manajemen dokumen yang Anda gunakan. Umumnya dengan menekan tombol CTRL + P akan memunculkan jendela cetak yang akan membantu Anda dalam proses pencetakan.
  4. Setelah jendela cetak muncul, klik pada bagian Properties. Dengan demikian, jendela baru akan muncul.
  5. Di bagian jendela yang baru dibuka pilih menu Pengaturan Halaman
  6. Di bagian Tata Letak Halaman pilih menu Booklet. [AdSense-CC]
  7. Jangan lupa juga untuk memilih ukuran kertas yang akan digunakan dalam proses pencetakan nanti. Untuk memastikan bahwa cetakan dicetak dengan benar, penting untuk memilih ukuran kertas sesuai dengan kertas yang akan digunakan
  8. Jika ini telah dilakukan, klik menu Utama
  9. Untuk memastikan tidak ada lagi kesalahan yang dapat terjadi pada hasil cetak nanti Anda dapat memilih untuk memeriksa Pratinjau Sebelum Mencetak dan klik Ok.
  10. Jika sudah melakukan Printers Properties Window yang sebelumnya terbuka akan tertutup secara otomatis.
  11. Untuk memulai proses cetak, klik OK di jendela Utama
  12. Sesuai dengan opsi yang Anda buat sebelumnya, ketika Anda memeriksa Preview Before Printing akan menampilkan jendela Preview yang akan menampilkan proses cetak yang dapat dilihat sebelum proses cetak dimulai. Pratinjau ini akan menampilkan cetakan yang akan diperoleh dari dokumen Booklet yang ingin Anda cetak.
  13. Jika Anda yakin tidak ada lagi kesalahan dalam buku kecil yang akan Anda cetak. Klik Mulai Mencetak.
  14. Proses pencetakan Booklet akan mulai dan menunggu hingga proses selesai
  15. Setelah selesai, hasil yang telah dikeluarkan yang dapat Anda kumpulkan dan lipat di tengah dengan melakukannya maka Anda telah menyelesaikan langkah terakhir dari proses pencetakan buku di Microsoft Word


Jika Anda mengalami kesulitan saat melakukan proses pencetakan karena tinta tidak keluar Anda dapat mengatasinya dengan berusaha mengatasi tinta printer yang tidak keluar. Masalah dengan printer akan mempengaruhi hasil cetakan buklet yang akan dibuat. Jika printer Anda mengalami masalah seperti printer bergaris Anda dapat mengatasinya dengan mengetahui penyebab printer bergaris pertama.

Kiat: Untuk menambahkan sentuhan profesional, pertimbangkan untuk menambahkan nomor halaman di bagian header dan footer.

Itu adalah diskusi tentang 15 langkah mudah cara mencetak buklet dengan menggunakan Microsoft Word. Sampai ketemu lagi di diskusi berikutnya.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar