--> Skip to main content

Cara Mudah Cek Saldo Jamsostek / BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Cara Cek Saldo Jamsostek / BPJS Ketenagakerjaan Secara Online. Jamsostek adalah singkatan dari Jaminan Sosial Tenaga Kerja, adalah salah satu program pemerintah untuk melindungi pekerja dari risiko yang mungkin timbul dari pekerjaan mereka (misalnya kecelakaan kerja), sekarang Jamsostek telah mengubah namanya (tidak digugurkan) menjadi BPJS Ketenagakerjaan yang mulai beroperasi sejak Juli 2015 lalu, BPJS adalah singkatan dari Badan Peyelenggara Jaminan Kesehatan yang merupakan bagian dari program JKN (Asuransi Kesehatan Nasional) yang ada di akhir tahun 2013. 

Keberadaan Jamsostek / BPJS Ketenagakerjaan tentu saja sangat membantu para pekerja terutama dengan program JHT (Jaminan Hari Tua), program JKK (Asuransi Kecelakaan Kerja), program Asuransi Kematian dan program Pensiun, dalam diskusi kita kali ini, Saya akan membahas cara melihat rincian saldo Jamsostek / BPJS Ketenagakerjaan. (Baca juga: Daftar Kursus Teknik Informatika)
Cara Mudah Cek Saldo Jamsostek / BPJS Ketenagakerjaan Secara Online


1. Cek Saldo Jamsostek / BPJS Ketenagakerjaan via Situs Web Resmi

Anda dapat mengunjungi situs web resmi Jamsostek / BPJS Ketenagakerjaan di alamat http://www.bpjsketenagakerjaan.go.id, sebelumnya situs web resmi Jamsostek adalah https://www.jamsostek.co.id, tetapi terkait dengan pergantian nama Program pemerintah kemudian domain ikut di customize, sekarang domain (https://www.jamsostek.co.id) sepertinya sudah tidak aktif meski statusnya masih ada (ada) dan tidak bisa dibeli oleh pihak lain.

Untuk memeriksa saldo Jamsostek / BPJS Ketenagakerjaan melalui situs web resmi, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Silakan kunjungi situs web http://www.bpjsketenagakerjaan.go.id menggunakan aplikasi browser web di komputer atau perangkat seluler Anda, situs ini adalah situs web resmi Jamsostek sehingga akan menjadi ide yang baik jika Anda mem-bookmark-nya agar lebih mudah ketika membuka situs web suatu saat nanti saat membutuhkan.
  2. Pada menu "Layanan Elektronik" (lihat bagian kanan atas halaman web) ada item "Buruh", "Perusahaan" dan "Mitra", klik item "Buruh".
  3. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke URL https://es.bpjsketenagakerjaan.go.id/#tenagakerja, Anda akan melihat dua tombol di halaman web, tombol Login, dan tombol Registrasi.

Bagi Anda yang telah membuat (atau membuat) akun untuk masuk ke situs web yang disebutkan di atas, ikuti langkah-langkah ini, jika tidak (tidak pernah membuat akun), lewati langkah-langkah berikut dan lanjutkan ke langkah pendaftaran terlebih dahulu. 

  1. Klik tombol Login, Anda akan diarahkan ke URL https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/login.bpjs
  2. Pada halaman web tersebut Anda akan diminta untuk memasukkan alamat E-Mail (sebagai Nama Pengguna / ID Pengguna) dan PIN (sebagai Kata Sandi), silakan masukkan E-Mail dan PIN di kotak teks yang disediakan.
  3. Klik tombol "Masuk" setelah selesai.

Bagian ini akan menjelaskan langkah-langkah untuk pendaftaran (buat akun baru untuk masuk ke situs web Jamsostek / BPJS Ketenagakerjaan), silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini sebelum Anda lebih mempersiapkan data yang akan diperlukan selama proses pendaftaran, di antaranya: 

  1. Siapkan kartu kerja Jamsostek / BPJS Anda, atau cukup mencatat nomor (nomor KPJ aktif).
  2. Siapkan kartu identitas Anda (KTP atau E-KTP), atau cukup mencatat nomor (nomor induk penduduk, NIK).
  3. Anda harus mengaktifkan nomor ponsel Anda, menyimpan nomor yang ingin Anda gunakan untuk waktu yang lama (Anda tidak boleh mengubah nomor telepon)
  4. Anda juga perlu memiliki akun E-Mail, saya merekomendasikan akun Gmail (tidak ada alasan khusus, hanya berdasarkan pengalaman Gmail yang lebih menguntungkan dibandingkan dengan layanan E-Mail lainnya), dan kami menyarankan menjaga kerahasiaan akun E-Mail (hanya Anda dan / atau seseorang yang hanya Anda percaya yang mengetahui kata sandi akun E-Mail).

Setelah semua data di atas siap, silakan klik tombol "Registrasi" di halaman web https://es.bpjsketenagakerjaan.go.id/#tenagakerja di atas, Anda akan diarahkan ke URL https: //sso.bpjsketenagakerjaan.go. id / registrasi.bpjs


  1. Isi kotak teks "Nomor KPJ Aktif" dengan nomor kartu Kerja Jamsostek / BPJS Anda.
  2. Isi kotak teks "Nama" dengan nama lengkap Anda (sebaiknya sesuai dengan nama yang tertera pada kartu kerja Jamsostek / BPJS Anda, dalam beberapa kasus nama pada E-KTP tidak sama dengan yang ditampilkan pada Jamsostek / BPJS Ketenagakerjaan kartu, misalnya perbedaan judul, singkatan dan sebagainya)
  3. Isi "Tanggal Lahir" dengan tanggal lahir Anda (kotak teks DD (hari) dalam konten dengan tanggal, maksimum 2 karakter numerik antara 1 hingga 31, kotak teks YYYY (tahun) dalam konten dengan tahun lahir Anda, harus 4 karakter numerik , misalnya kelahiran 1985 harus diisi dengan "1985" tidak boleh "85" saja)
  4. Isi kotak teks "No. E-KTP card" dengan NIK pada kartu E-KTP Anda.
  5. Isi kotak teks “Nama Ibu Kandung” dengan nama lengkap Ibu Kandung Anda, sesuaikan dengan akta kelahiran Anda (pada beberapa kasus terjadi ibu kandung yang merubah namanya sehingga tidak sesuai dengan yang tertera pada akta kelahiran anaknya dengan pada kartu keluarga atau E-KTP si ibu tersebut)
  6. Isi kotak teks “No. Handphone” dengan nomor ponsel Anda, tidak perlu menggunakan awalan kode negara (+62).
  7. Isi kotak teks “Email” dengan alamat E-Mail Anda.
  8. Isi kotak teks “Kode Keamanan” dengan teks (captcha) yang ada di bagian atas kotak teks tersebut (biasanya 6 karakter alfanumerik dengan tulisan dengan efek seperti di coret – coret)
  9. Scroll ke bagian bawah halaman web, Anda akan menemukan kotak check dengan label “Ya, Saya setuju” (teks berwarna kuning), klik kotak check sehingga muncul ikon / simbol check.
  10. Klik tombol “Submit Data”.
  11. Selanjutnya Anda akan di minta untuk memasukkan kode aktivasi, kode aktivasi akan di kirimkan ke E-Mail Anda, pada beberapa kasus kode aktivasi di kirimkan pula ke nomor ponsel (via SMS) yang Anda masukkan saat registrasi.
  12. Setelah kode aktivasi di terima, masukkan pada halaman web tersebut, lalu klik tombol “Kirim”.

Hingga kini langkah pendaftaran telah selesai, Anda akan menerima rincian akun Anda melalui E-Mail yang dapat Anda gunakan untuk masuk ke situs resmi Jamsostek / BPJS Ketenagakerjaan, silakan login ke akun E-Mail Anda kemudian melihat Inbox, Anda akan menerima di minimal PIN (kata sandi) dan tautan untuk masuk ke situs web resmi Jamsostek / BPJS Ketenagakerjaan, harap dicatat PIN, untuk masuk ke situs web Jamsostek / BPJS Ketenagakerjaan silakan ikuti langkah-langkah masuk di bagian atas. (Baca juga: Cara Membuat Email Baru)

Setelah Anda masuk ke halaman anggota Jamsostek / BPJS Ketenagakerjaan

  • Klik menu "Lihat JHT Balance"
  • Kemudian "pilih KPJ Anda"
  • Klik tombol "Kirim"
  • Halaman web yang menampilkan rincian saldo Pekerjaan Jamsostek / BPJS Anda.

2. Cek Saldo Jamsostek / BPJS Ketenagakerjaan via Aplikasi Untuk Perangkat Mobile (BPJSTK Mobile)

Bagi Anda pengguna perangkat seluler dengan sistem operasi Android, Anda dapat menggunakan aplikasi khusus untuk memeriksa saldo Jamsostek / BPJS Anda dari Ketenagakerjaan melalui perangkat seluler yang terhubung internet, ada beberapa aplikasi di pasar tetapi yang saya ulas di bagian ini adalah aplikasi resmi dirilis oleh Jamsostek / BPJS penyedia Ketenagakerjaan atas nama produk BPJSTK Mobile.

Aplikasi ini adalah aplikasi resmi yang dirilis oleh BPJS Employment, mendukung perangkat seluler dengan sistem operasi Android 3.0 (Honeycomb) ke atas, aplikasi ini dapat diunduh secara gratis dari situs web Google Play Store dan menawarkan berbagai fitur yang mungkin berguna seperti di antara mereka: 
  1. Pendaftaran menggunakan data Demografi
  2. Jaminan Pemeriksaan Saldo Online (JHT) Online cepat dan akurat
  3. Simulasi Jaminan Hari Tua (JHT)
  4. Informasi Program
  5. Informasi Kantor Cabang
  6. Pusat Layanan dan Informasi Media Sosial
  7. Layanan Pengaduan
Aplikasi ini dapat diunduh melalui tautan https://play.google.com/store/apps/details?id=com.mitracomm.jamsostek, unduh dan instal aplikasi di perangkat seluler Android Anda dan ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memeriksa saldo Jamsostek / BPJS Ketenagakerjaan: (Baca juga: Virus Android Paling Berbahaya)

  1. Setelah aplikasi downlad dan diinstal, buka aplikasi BPJSTK Mobile di perangkat seluler Anda.
  2. Jika Anda pernah membuat akun (lihat langkah pendaftaran di bagian sebelumnya) tetapi Anda lupa E-Mail dan / atau PIN Anda, silakan klik "Forgot Account" di sudut kiri bawah antarmuka aplikasi BPJSTK Mobile (jika Anda ingat akun Anda, langkah ini).
  3. Jika Anda belum pernah membuat akun Jamsostek / BPJS Ketenagakerjaan, silakan klik "Buat Akun Baru" yang terletak di sudut kanan bawah antarmuka aplikasi, kemudian ikuti langkah-langkah pendaftaran seperti pada bagian sebelumnya.
  4. Jika Anda sudah memiliki akun dan ingat akun Anda (E-Mail dan PIN), silakan login dengan memasukkan E-Mail dan PIN dengan benar, Anda dapat masuk menggunakan akun Google+ (Google+ atau g +) Anda.
  5. Kemudian klik tombol "Login".
  6. Di menu JHT Balance, ada item "JHT Balance Details", klik item untuk melihat saldo Jamsostek / BPJS Employment Anda.
Anda akan mendapatkan rincian tentang saldo JHT yang relevan dengan nomor KPJ Anda, untuk pengguna perangkat seluler dengan sistem operasi iOS dapat mengunduh aplikasi di https://itunes.apple.com/id/app/bpjstk-mobile/id834834026?l = id & mt = 8, penggunaannya sedikit berbeda tetapi pada dasarnya sama, mengikuti langkah - langkahnya. (Baca juga: Cara Mendaftar untuk Bahan Bakar Delta)

  1. Unduh dan instal aplikasi BPJSTK Mobile dari Apple iTunes
  2. Buka aplikasi BPJSTK Mobile
  3. Ada tiga item di menu utama yang termasuk "Layanan JHT", "Simulasi JHT" dan "Informasi" (ada juga "Pengaturan")
  4. Klik "Layanan JHT"
  5. Anda akan diminta untuk memilih nomor KPJ, saya berasumsi Anda pertama kali menggunakan aplikasi ini sehingga nomor KPJ tidak ada dalam daftar, silakan klik "Tambah JHT" untuk mendaftarkan nomor KPJ
  6. Setelah nomor KPJ disimpan, pilih nomor KPJ dan masukkan PIN (sama seperti jika Anda login melalui situs web resmi Jamsostek / BPJS Ketenagakerjaan)
  7. Klik "Kirim"
  8. Tunggu hingga detail saldo JHT muncul di layar perangkat seluler Anda.

Demikian pembahasan tentang cara memeriksa saldo Jamsostek (BPJS Ketenagakerjaan), semoga bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan, sedikit catatan sebagai penutup diskusi kita kali ini, aplikasi mobile (BPJSTK Mobile) yang dibahas di atas nampaknya banyak pengguna memberikan penilaian negatif , Saya sebenarnya So, saya akan menyarankan Anda untuk mengecek saldo Jamsostek (BPJS Ketenagakerjaan) melalui situs resminya bukan melalui BPJSTK Mobile, tapi jangan pesimis, mungkin sekarang BPJSTK mobile lebih baik, kita tidak akan tahu sebelum mencobanya , semoga berhasil.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar