--> Skip to main content

7 Contoh Karangan Deskripsi Lengkap Dalam Bahasa Indonesia

Contoh Karangan Deskripsi Singkat Dalam Bahasa Indonesia – Deskripsi adalah salah satu jenis esai. Esai ini memiliki karakteristik menggambarkan peristiwa atau objek sehingga pembaca dapat merasa seolah-olah merasa, melihat, atau mengalami hal-hal yang dibicarakan sendiri. Panca indera memainkan peran penting dalam esai ini. Untuk lebih meningkatkan pemahaman pembaca, berikut beberapa contoh deskripsi singkat tentang berbagai topik. Selamat menyimak!

1. Gempa Bumi

Pagi itu jam 5:30 sore. Setiap anggota keluarga saya sibuk dengan bisnis mereka. Saya sedang mempersiapkan mandi untuk pergi ke sekolah. Ketika saya di kamar mandi dan bersiap-siap untuk mandi tiba-tiba ada kejutan besar. Selama beberapa detik pertama saya tidak menyadari itu adalah gempa bumi. Kejutan semakin keras dan saya memutuskan untuk keluar dari kamar mandi. Di luar kamar mandi sudah terlihat ibu dan kakakku berpegangan pada tembok. Ada rumah dua lantai di sebelah kiri goyangnya. Hanya hitungan detik gedung gudang di sebelah kanan kamar mandi ambruk.

Sumur kanan tepat di sebelah kanan saya, itu langsung runtuh. Syok berlangsung sekitar 5 menit. Setelah guncangan selesai, kami bergegas keluar rumah untuk melihat keadaan lingkungan. Betapa terkejutnya kami melihat semua orang melarikan diri, berteriak-teriak karena tsunami. Bahkan ada seorang warga yang lari dengan darah mengalir dari kepalanya. Semua berlarian mencari tempat yang aman. Rumah dan harta mereka ditinggalkan.

2. Bayi Kecilku
Saat itu pada 26 Januari 2017 pukul 03.30 WIB terdengar suara tangisan bayi mungil. Tangisan itu diikuti dengan ucapan syukur dari seluruh keluarga. Saat itu lahir bayi mungil dengan berat 2,75 kg dan panjang 45 cm. Bayi terlihat sangat kecil ketika disandingkan dengan bayi lain di kamar bayi. Selain bayi kecilku ada bayi yang terlihat sangat besar. Berat mencapai 3,9 kg dengan panjang 50 cm. Meskipun bayi saya adalah yang terkecil dari semua bayi lainnya, tetapi menangis dapat membuat bayi lain bangun dari tidur nyenyak mereka.

3. Rumah Kosong

Di samping rumah saya adalah rumah kosong yang tidak berpenghuni selama 13 tahun. Cat dinding putih kini telah berubah menjadi hitam. Pintu dan jendela sudah rusak dan keropos. Seluruh halaman depan penuh dengan gulma. Rumput liar bahkan tumbuh hampir setinggi rumah. Tidak hanya di halaman, di atap rumah juga ada tanaman liar yang tumbuh. Selain rumput liar, halaman depan dipenuhi mangga busuk yang jatuh. Memang ada pohon mangga di halaman depan rumah ini. Setiap beberapa bulan, pohon itu sangat berbuah. Tapi tidak ada yang berani mengambilnya. Setiap warga yang berniat membawanya ke sana adalah kejadian aneh dari dalam rumah. Akibatnya mangga menjadi busuk dan gugur.

4. Monumen Yogya Kembali

Salah satu museum bersejarah tentang perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia di Yogyakarta adalah Museum Yogya Kembali. Jika dilihat dari luar, museum ini berbentuk kerucut. Museum Yogya Kembali terdiri dari 3 lantai lengkap dengan ruang perpustakaan dan ruang serba guna. Ketika Anda memasuki museum ini, Anda akan menemukan di pintu rana sejumlah 422 nama pahlawan yang meninggal di wilayah Whrkreise III (RIS). Di lantai pertama ada empat museum yang menyimpan benda-benda bersejarah, seperti senjata, telepon, mesin tik, dll. Lantai kedua ada ruang diorama yang menceritakan perjuangan rakyat Indonesia. Di luar lantai dua ada relief dengan sekitar 40 relief. Di lantai tiga ada patung dan ruangan ini khusus digunakan untuk memperingati dan berdoa bagi para pahlawan yang gugur. Di tengah-tengah ruang lantai ketiga ada tiang bendera dengan bendera Merah-Putih berkibar.

5. Rumah Mungilku Istanaku

Rumah saya adalah rumah kecil di depan masjid. Rumah itu memiliki luas sekitar 36 meter persegi. Dengan cat hijau muda untuk membuat rumah terlihat keren di mata. Halaman yang sempit di depan rumah penuh dengan tanaman yang ditanam di pipa. Setiap tanaman tumbuh subur, bahkan tanaman cabe memiliki banyak buah. Rumah saya terdiri dari 1 ruang tamu, 1 kamar tidur, 1 ruang duduk, dapur dan 1 kamar mandi. Di ruang tamu hanya berisi karpet sebagai tempat duduk dan rak buku yang dipasang di dinding. Agar suasana harum, ada pewangi semprotan otomatis yang menempel di dinding. Semua barang di rumah selalu tertata rapi. Lantai keramik putih membuat rumah kecil ini tampak lebar.

6. Tips Memilih Ikan Segar

Ikan adalah makanan dengan kandungan gizi tinggi. Dari anak-anak hingga orang dewasa disarankan untuk menambahkan ikan di menu makanan. Namun, kandungan nutrisi ini mungkin tidak didapatkan jika kita memilih ikan dengan salah. Ikan yang baik dapat dikenali oleh beberapa karakteristiknya. Mata ikan segar akan terlihat jernih, cembung atau menonjol. Jika ikan masih segar, mata akan terlihat seperti ketika ikan masih hidup. Insang ikan segar juga berwarna merah gelap dan terang. Jika kita mencium bau dari insang ini, maka akan tercium aroma ikan segar segar seperti ikan segar. Jika ikan tidak segar maka baunya akan tercium ketika dicium. Keistimewaan lain dari ikan segar adalah ketika kita menekan daging maka akan terasa keras, Berbeda dengan ikan busuk yang akan sangat lunak dan mudah hancur. Memperhitungkan kondisi ikan berarti memperhatikan asupan nutrisi yang akan dikonsumsi.

7. Pencuri Pembobol Brankas
Tadi malam, brankas rumah Herman telah dibobol oleh pencuri. Tn. Herman menangkap pencuri, tetapi dia dibuat pingsan. Pak Herman dipukul dengan balok kayu di kepalanya. Masih terlihat memar yang sangat besar dan merah di pelipis kanan Pak Herman. Kepada warga, Pak Herman menceritakan karakteristik pencuri. Ketinggian pencuri adalah sekitar 160 cm dengan tubuh kurus untuk ukuran seorang pria, mungkin hanya sekitar 60 kg. Pencuri itu tidak berbulu atau telanjang. Ada luka seperti jahitan di punggung pencuri. Warna kulitnya disamarkan dengan baik. Dan apa yang paling diingat oleh Tuan Herman adalah pencuri yang pincang.

Sekian pembahasan mengenai contoh karangan deskripsi singkat dalam bahasa Indonesia. Semoga contoh karangan yang diberikan pada kesempatan kali ini semakin menambah pemahaman Anda tentang karangan deskripsi. Nantikan artikel bahasa Indonesia dengan materi pembahasan lainnya. Terima kasih.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar