--> Skip to main content

5 Contoh Karangan Argumentasi tentang Lingkungan

Contoh Karangan Argumentasi Tentang Lingkungan – Argumen adalah artikel yang berisi pendapat tentang sebuah ide dan bertujuan untuk memengaruhi pembaca. Melalui esai argumentasi ini, penulis berharap pembaca memiliki pola pikir yang sama dengan penulisnya. Umumnya, pola argumen adalah sebab atau akibat. Untuk lebih menambah pemahaman argumentasi, berikut beberapa contoh argumen. Khususnya esai berikut adalah artikel tentang argumentasi lingkungan.


1. Daur Ulang Berjuta Manfaat

Saat ini banyak aktivis mulai mempromosikan daur ulang. Kegiatan daur ulang ini dimulai dengan memisahkan jenis-jenis sampah. Daur ulang itu sendiri adalah proses pengolahan bahan yang digunakan menjadi bahan atau bahan baru yang masih bisa digunakan. Proses daur ulang memiliki banyak manfaat bagi masyarakat dan lingkungan. Berikut beberapa manfaat yang dapat dihasilkan dari proses daur ulang.

Daur ulang akan menghemat energi. Melalui proses daur ulang, bahan baku yang digunakan untuk produksi adalah produk daur ulang. Padahal biasanya bahan yang digunakan adalah bahan baku baru. Jika menggunakan bahan baku baru, maka energi yang digunakan dalam proses produksi akan lebih tinggi. Berbeda jika menggunakan bahan baku daur ulang. Energi yang dibutuhkan untuk memproduksi dan mengangkut bahan baku akan berkurang.

Manfaat daur ulang kedua adalah mengurangi polusi. Manfaat ini berasal dari sedikitnya jumlah energi yang digunakan untuk produksi industri. Jika energi yang digunakan semakin kecil, emisi gas rumah kaca yang dihasilkan juga akan semakin kecil. Ini akan sangat mempengaruhi pencegahan pemanasan global.

Daur ulang berguna dalam menghemat sumber daya alam. Pernahkah Anda membayangkan bahwa kertas yang digunakan saat ini sebagian besar adalah kertas daur ulang? Jika lebih banyak kertas bekas yang didaur ulang menjadi kertas baru yang dapat digunakan, semakin sedikit pohon yang akan dipotong. Seperti yang kita tahu bahwa setiap kertas baru menghasilkan maka itu berarti ada jutaan pohon yang ditebang. Dengan cara mendaur ulang ini, sumber daya alam dapat dipertahankan dan dilestarikan dengan lebih baik.

Daur ulang memiliki manfaat ekonomi. Ini terkait dengan biaya yang digunakan dalam proses produksi. Proses produksi dengan bahan baku baru membutuhkan biaya besar. Biaya-biaya ini termasuk biaya memperoleh bahan mentah, mengangkut bahan baku, memproses hingga proses pembuatan. Proses daur ulang akan menghemat banyak uang.

Daur ulang dapat diterapkan ke berbagai bahan. Karenanya, budidaya daur ulang bahan yang masih bisa digunakan akan memberikan banyak manfaat bagi lingkungan.

2. Ruang Terbuka Hijau

Ruang terbuka hijau (RTH) menjadi impian kebanyakan orang dari setiap daerah. RTH sendiri adalah area atau area yang penggunaannya terbuka dan banyak tanaman, baik secara alami atau dikelola oleh pihak-pihak tertentu. Masyarakat akan lebih terbantu oleh RTH di masing-masing daerah.

Faktor pertama RTH menjadi impian komunitas adalah sebagai tempat untuk tetap berhubungan dan berekreasi. Dengan RTH di setiap wilayah, orang memiliki tanah khusus untuk bermain dan menghirup udara segar di luar rumah. Melalui area ini juga setiap masyarakat dapat tetap berhubungan satu sama lain.

RTH juga berfungsi sebagai daerah ekologis atau sebagai "paru-paru" kota. Berbagai tanaman dan tanaman hijau akan semakin meningkatkan oksigen dan menyerap kadar karbon dioksida. Dengan suasana yang begitu dingin dan teduh akan terasa di daerah ini. Penyerapan gas karbon dioksida melalui berbagai tanaman hijau di kawasan itu dapat mengurangi dampak pemanasan global.

Tidak hanya sebagai tempat hiburan, tetapi RTH juga berperan dalam fungsi pendidikan. Area ini dapat digunakan sebagai ruang tempat hewan dan tumbuhan. RTH juga dapat digunakan untuk mengajarkan nilai-nilai sosial di masyarakat dan dalam melestarikan lingkungan.

Jika dilihat dari fungsinya terhadap lingkungan, RTH memiliki peran yang cukup besar. RTH berfungsi sebagai daerah tangkapan air, menangkap dan menyimpan air. Kehadiran ruang hijau juga dapat menjaga keseimbangan tanah sehingga dapat menjamin kesuburan tanah.

3. Ancaman Pemanasan Global

Pemanasan global adalah masalah panas hampir di mana-mana di dunia. Setiap negara berusaha mencari solusi alternatif untuk mengurangi peningkatan pemanasan global. Pemanasan global terjadi karena beberapa faktor kesalahan manusia itu sendiri.

Efek rumah kaca memiliki peran besar dalam terjadinya pemanasan global. Fenomena ini adalah istilah untuk proses atmosfer yang menghangatkan planet ini. Panas yang dikumpulkan dari bumi terperangkap oleh gas di atmosfer. Ini menghasilkan panas yang dipantulkan kembali ke permukaan bumi, bukannya diteruskan ke ruang angkasa. Efek rumah kaca yang berlebihan akan mengganggu iklim.

Faktor terbesar lainnya adalah polusi kendaraan bermotor. Kendaraan bermotor sebagian besar berbahan bakar bensin. Ini menghasilkan gas buang dalam bentuk gas karbon dioksida yang berlebihan. Gas ini sangat berperan dalam menangkap panas yang seharusnya keluar dari ruang angkasa. Semakin banyak gas karbon dioksida di dunia, semakin banyak pemanasan global akan mengancam.

Pemanasan global juga terjadi karena salah satu kesalahan gaya hidup, yaitu listrik boros. Penghematan energi listrik tidak hanya dimaksudkan untuk menghemat biaya, tetapi juga untuk mencegah pemanasan global. Hubungan antara listrik dan pemanasan global adalah penggunaan bahan bakar fosil untuk menyalakan listrik. Batubara adalah sumber listrik terbesar di dunia. Namun debu dan polusi yang dihasilkan oleh batubara sangat besar. Ini karena hanya sepertiga dari batubara yang digunakan sendiri dapat menghasilkan energi.

Pengurangan pemanasan global harus menjadi tanggung jawab bersama semua penghuni bumi. Oleh karena itu, akan lebih baik jika semua orang di bumi berpikir dan menerapkan solusi alternatif dalam mengurangi pemanasan global.


Sekian pembahasan mengenai contoh karangan argumentasi dengan berbagai topik lingkungan. Semoga contoh karangan yang diberikan pada kesempatan kali ini semakin menambah pemahaman Anda tentang karangan argumentasi. Untuk menguji pemahaman Anda, silakan berlatih untuk membuat karangan argumentasi sesuai gagasan Anda. Nantikan artikel bahasa Indonesia dengan materi pembahasan lainnya. Terima kasih.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar