--> Skip to main content

5 Cara Mendinginkan Laptop Saat Bermain Game ( Mengatasi Laptop Cepat Panas)

Cara Mendinginkan Laptop Saat Bermain Game ( Mengatasi Laptop Cepat Panas). Main game adalah sesuatu yang mungkin sudah menjadi kebiasaan bagi banyak orang. Namun, pengalaman bermain game tentu hanya bisa dinikmati jika Anda bisa bermain dengan nyaman. Salah satunya adalah ketika suhu laptop Anda masih dalam kondisi normal alias tidak terlalu panas meski sampai terlalu panas. Oleh karena itu dalam artikel ini kita akan membahas tentang cara mengatasi laptop yang cepat panas saat bermain game dengan singkat, jelas dan padat sehingga Anda dapat menerapkannya secara mandiri di rumah ketika Anda ingin memainkan game.

Jadi apa cara untuk mengatasi laptop dengan cepat panas saat bermain game? Lihat di bawah ini ya!

1. Selalu gunakan kipas tambahan jika Anda ingin bermain dalam waktu yang relatif lama

Pad atau kipas pendingin ekstra yang biasanya dipakai di bawah laptop dapat membantu mengurangi panas berlebih pada laptop, dengan mengalirkan udara segar melalui bagian bawah laptop, sehingga sirkulasi udara menjadi lancar. Namun Anda harus berhati-hati karena jika salah dalam menggunakan kipas tambahan itu justru dapat membawa debu ke dalam laptop. Oleh karena itu bersihkan pad pendingin yang Anda miliki sebelum menggunakannya di laptop Anda dari debu yang terlihat atau tidak terlihat.
5 Cara Mendinginkan Laptop Saat Bermain Game ( Mengatasi Laptop Cepat Panas)

Namun, menggunakan cooling pad kurang efektif jika desain perangkat laptop Anda terbuat dari sirkulasi udara di bawah monitor. Jika desainnya seperti itu, maka Anda tidak perlu menggunakan pad pendingin karena tidak akan begitu berguna. Karena udara hanya berputar di sana.

Jika Anda ingin menggunakan cooling pad, disarankan untuk memilih coolpad yang memiliki tiga kipas, karena memiliki tingkat suhu yang relatif lebih baik dibandingkan cooling pad yang hanya memiliki dua kipas saja.

2. Lakukan pembersihan total

Langkah kedua untuk mengatasi laptop yang cepat panas saat bermain game adalah membongkar atau membuka total laptopmu, lalu membersihkan komponen perangkat keras, terutama kipas debu dan kotoran yang dapat menyumbat sirkulasi udara di dalam laptop.

Beberapa tips ketika Anda ingin membongkar laptop, pastikan Anda menggunakan sarung tangan untuk menghindari listrik statis. Juga pelajari dulu arsitektur laptop Anda agar Anda tidak merusak beberapa bagian laptop saat mencoba membukanya.

 3. Perhatikan kondisi thermal paste

Ada banyak komponen di laptop Anda, salah satunya adalah prosesor. Prosesor adalah salah satu komponen tercepat dari panas dan oleh karena itu pabrik biasanya akan memberikan gel atau pasta termal dalam proses produksi. Memberi thermal paste digunakan untuk membantu mempercepat transfer energi panas dari prosesor, atau dengan kata lain mengurangi atau mengurangi panas yang dihasilkan oleh prosesor.
Thermal paste adalah salah satu komponen penting dalam laptop, tetapi jarang diperhatikan. Jika laptop baru, biasanya tidak ada masalah dengan pasta termal, tetapi setelah bertahun-tahun digunakan, pasta termal pada akhirnya akan mengering. Oleh karena itu ketika Anda membongkar laptop Anda dan menemukan bahwa pasta termal dalam keadaan kering atau hampir habis, Anda dapat menggantinya dengan pasta termal baru.

Jika kondisi thermal paste Anda tidak memperhatikan, thermal paste mungkin kering dan membuat prosesor Anda terlalu panas saat bermain game. Dalam kondisi paling parah, laptop Anda bisa mati dengan sendirinya.

4. Istirahatkan laptop Anda

Jika Anda sudah bermain selama lebih dari 8 jam (dengan asumsi laptop modern), maka Anda harus memberikan laptop Anda kesempatan untuk beristirahat selama sekitar 30 menit dalam kondisi mati. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga agar komponen laptop memiliki umur yang lebih panjang karena tingkat panas berkurang sehingga komponen dapat beristirahat dengan baik.

5. Perhatikan di mana Anda meletakkan laptop Anda

Di mana menempatkan laptop sangat penting untuk diperhatikan. Ini karena penempatan laptop dapat mempengaruhi sirkulasi udara yang dimiliki oleh laptop Anda sehingga langsung memengaruhi tingkat penyerapan atau tingkat efektivitas pendinginan laptop. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa penempatan laptop adalah sesuatu yang sangat penting untuk diperhatikan.

Disarankan untuk meletakkan laptop Anda di permukaan yang datar. Jangan meletakkan laptop di atas kasur, atau bahkan dipangku karena akan membuat arus panas sulit mengalir sementara laptop laptop dapat membahayakan diri karena laptop mengandung teknik elektro, radiasi, dan suhu panas yang berbahaya bagi tubuh.

Ketika Anda meletakkan laptop di atas kasur yang empuk, itu membuat laptop sangat cepat panas. Kejadian itu bisa terjadi karena kasur pad akan menyerap panas dari laptop, yang artinya laptop berada di atas alas pedestal. Oleh karena itu, menggunakan laptop di kasur untuk waktu yang lama tidak dianjurkan karena sangat berisiko tinggi menyebabkan komponen laptop mengalami kerusakan.

Jika Anda memiliki lebih banyak uang, Anda dapat membeli meja khusus untuk menggunakan laptop.

Selain lima cara di atas, berikut adalah cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi laptop cepat saat bermain game. Penasaran bukan? Ini daftarnya.

  • Membuat ruang atau celah di bawah bidang tempat laptop berada untuk sirkulasi udara
  • Membatasi aktivitas bermain game dengan jam-jam tertentu
  • Mengatur brightness agar tidak terlalu tinggi
  • Tempatkan pada meja atau alas yang dingin bila tidak menggunakan cooling pad
  • Memastikan kipas berfungsi dengan normal
  • Melihat pengaturan BIOS untuk mensetting kecepatan kipas dan pendinginan yang lain pada umumnya
  • Jangan memainkan game yang memiliki spesifikasi di atas laptopmu karena akan memicu kerja yang sangat berat dan melebihi beban komponen hardware laptopmu
  • Kalau bisa, bermainlah di ruangan ber-AC


Itulah beberapa cara mengatasi laptop cepat panas saat main game khususnya untuk mengantisipasi pada laptop yang sudah sangat berumur alias tua dan memiliki spesifikasi yang terbatas. Pada prinsipnya laptop dibuat dengan spesifikasi masing-masing, oleh karena itu laptop akan selalu memiliki keterbatasan tertentu baik dari segi kecepatan ataupun fitur-fitur tertentu. Apabila kamu ingin menggunakan laptopmu untuk bermain game, maka idealnya kamu juga harus memiliki laptop yang memiliki hardware yang mendukung. Tetapi tentu saja hal itu bisa jadi terkendala pada budget yang kamu miliki. Tetapi tentu saja, tidak ada yang tidak bisa dengan kerja keras. Apabila kamu ingin mendapatkan laptop untuk bermain game, maka rencanakanlah keuanganmu dan bekerjalah lebih keras untuk itu.

Selamat bermain game dan pantau terus untuk artikel-artikel menarik berikutnya ya!

Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar