--> Skip to main content

12 Cara Mengatasi Laptop / Komputer Hang Macet Not Responding

Cara Mengatasi Laptop / Komputer Hang Macet Not Responding. Laptop saat ini mungkin telah menjadi salah satu perangkat keras yang paling umum dimiliki dan digunakan oleh berbagai macam orang, dari anak kecil, remaja, orang tua, dan tentu saja mereka yang merupakan tulang punggung keluarga.

Evolusi komputer rumah ke laptop memang memiliki efek signifikan pada gaya hidup kita. Laptop menjadi alat penting di dunia kerja, sekolah, dan sebagainya. Hampir semua siswa, atau mahasiswa, menggunakan laptop untuk mengerjakan tugas belajar atau belajar. Meski begitu, hampir semua orang dewasa menggunakan laptop untuk melakukan tugasnya. Oleh karena itu, setiap orang setidaknya harus memiliki kemampuan untuk mengatasi laptop ketika laptop tidak merespons, karena ketika itu terjadi maka setiap pekerjaan atau aktivitas yang menggunakan laptop akan terhambat. Oleh karena itu berikut ini kami akan membahas trik atau cara mengatasi laptop yang tidak merespons yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah tidak merespons pada laptop Anda.
12 Cara Mengatasi Laptop / Komputer Hang Macet Not Responding


1. Menghapus instalasi aplikasi yang tidak penting

Jumlah aplikasi yang diinstal pada laptop Anda dapat menjadi masalah karena akan memakan penyimpanan serta sumber daya laptop Anda yang lain. Oleh karena itu, jika Anda sering melihat pengalaman laptop Anda tidak merespon, ada baiknya Anda segera melihat program manajer Anda untuk melihat apalikasi apa yang diinstal pada laptop Anda, dan yang mana Anda harus menginstal tidak terjadi tidak merespons lagi dan lagi.

2. Mengubah tampilan desktop menjadi lebih sederhana

Menggunakan tampilan desktop yang kompleks, seperti menggunakan banyak widget, banyak pintasan, aplikasi kalender yang berat dan sebagainya dapat membuat banyak sumber daya terhisap untuk menjalankan aplikasi desktop tersebut. Dan ketika Anda bekerja desktop tidak akan banyak Anda mengintip. Oleh karena itu, Anda harus mulai membersihkan desktop Anda dari hal-hal yang kurang penting. Ikon terlalu banyak aplikasi, sistem informasi terlalu rumit sehingga Anda harus menghapusnya dari desktop. Alih-alih gunakan saja task manager ketika Anda menggunakan Windows, atau applet saat menggunakan Linux untuk menggunakan sumber daya yang lebih efisien.

3. Kurangi multitasking

Multitasking, terutama menjalankan program yang sangat berat dapat membuat komputer Anda rentan terhadap kesalahan. Bayangkan saja misalnya Anda bermain game HD, lalu browsing 10 tab, lalu disambi dengan editing video 4K, jelas laptop Anda akan mati kutu karena tidak memiliki cukup sumber daya untuk menjalankan aplikasi ini dalam bersamana. Oleh karena itu, jika Anda ingin multitasking, batasi ke program yang memakan porsi RAM yang relatif kecil dan tidak memerlukan pemrosesan CPU yang tinggi. Dengan demikian kesalahan yang tidak menanggapi akan sangat jarang Anda temui.

4. Menghentikan aplikasi di latar belakang

Memiliki terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang juga tidak baik untuk laptop Anda. Ini karena aplikasi yang berada di latar belakang masih akan menyedot sumber daya laptop yang layak. Terutama jika ada terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang. Terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang dapat menyebabkan risiko kesalahan tidak merespons semakin besar. Oleh karena itu Anda harus menghentikan beberapa aplikasi latar belakang yang benar-benar tidak penting dan Anda dapat mulai secara manual.

5. Menghapus instalasi aplikasi yang tidak kompatibel dengan OS

Aplikasi yang tidak kompatibel dengan OS Anda adalah salah satu alasan mengapa kesalahan terjadi tidak merespons. Karena itu Anda harus segera menguinstall aplikasi dari informasi sononya yang ada agar aplikasi hanya bisa berjalan pada sistem operasi tertentu. Dengan demikian Anda akan menghindari konflik sumber daya yang dapat menyebabkan sistem operasi Anda macet tidak merespons.

7. Instal ulang

Menginstal ulang mungkin merupakan salah satu dari banyak pilihan yang dihindari oleh orang. Namun, untuk mengatasi tidak merespons kesalahan yang disebabkan oleh virus atau malware yang merusak file sistem dan tidak dapat dipulihkan lagi, maka solusi ini adalah satu-satunya solusi yang dapat Anda lakukan. Alasannya adalah tidak mungkin Anda akan menjalankan sistem yang file-nya telah dirusak oleh virus. Bahkan jika Anda ingin menjalankannya, risiko mendapatkan serangan lain dan mengalami tidak menanggapi kesalahan tetap tinggi. Oleh karena itu, Anda harus memberikan waktu dan juga kekuatan Anda untuk menginstal ulang untuk laptop Anda benar-benar sembuh sebagaimana mestinya.

8. Mengganti RAM laptop

Terkadang penyebab kesalahan tidak merespons adalah karena blok memori RAM yang telah rusak. Untuk mengatasinya, maka tindakan yang perlu Anda lakukan adalah mengganti RAM yang terpasang di laptop Anda. Sebelumnya, Anda harus melakukan tes memori RAM terlebih dahulu untuk melihat apakah ada sektor atau blok kesalahan itu di RAM Anda dengan aplikasi tetesan memori RAM laptop yang banyak tersedia di internet

9. Mengganti hardisk laptop

Selain masalah RAM, salah satu perangkat yang juga dapat menyebabkan tidak merespons kesalahan adalah adanya sektor atau blok yang rusak pada hard drive Anda. Akibatnya data yang Anda miliki tidak bisa terbaca dengan baik dan sering mengarah ke tidak menanggapi kesalahan. Untuk mengatasi ini, Anda dapat mengubah hard drive Anda.

10. Menambahkan RAM

Selain sektor memori yang rusak, tidak menanggapi kesalahan juga bisa disebabkan karena jumlah RAM yang Anda miliki tidak tersedia untuk menjalankan aplikasi yang membutuhkan lebih banyak RAM. Solusinya adalah dengan menambahkan lebih banyak RAM untuk mendapatkan lebih banyak slot memori untuk menjalankan aplikasi Anda.

11. Mengganti storage ke SSD

Selain mengganti hard drive, Anda juga dapat mengganti HDD ke SSD untuk memberikan akses lebih cepat sehingga kesalahan dalam masalah baca / tulis dapat diminimalkan.

12. Menginstal aplikasi yang sudah versi final

Aplikasi yang dalam versi beta atau alfa, terkadang memiliki bug yang dapat menyebabkan laptop Anda mengalami kesalahan yang sering kali tidak merespons masalah. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah di atas, maka cara yang dapat Anda lakukan adalah memilih untuk menginstal aplikasi yang memiliki versi final saja.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi laptop yang tidak merespons yang bisa Anda lakukan secara mandiri. Semoga cara-cara ini dapat membantu Anda menyelesaikan laptop yang tidak merespons masalah yang sering Anda alami saat ini. Terus pantau DosenIT untuk mendapatkan kiat dan trik yang lebih menarik, ya!
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar