4 Contoh Paragraf Kalimat Campuran tentang Ekonomi dalam Bahasa Indonesia

4 Contoh Paragraf Kalimat Campuran tentang Ekonomi dalam Bahasa Indonesia
4 Contoh Paragraf Kalimat Campuran tentang Ekonomi dalam Bahasa Indonesia
Contoh Paragraf Campuran tentang Ekonomi dalam Bahasa Indonesia Paragraf campuran adalah salah satu jenis paragraf berdasarkan posisi kalimat. Alinea atau paragraf ini sendiri adalah paragraf yang kalimat penjelasnya ada di tengah kalimat utama. Pola paragraf ini adalah umum-spesifik-umum. Dua kalimat utama dalam paragraf campuran memiliki kata kunci yang sama di dalamnya. Artikel ini akan menyajikan beberapa contoh paragraf campuran, terutama yang bersifat ekonomi.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa contoh paragraf campuran tentang ekonomi dalam bahasa Indonesia.

Contoh 1:
Ekonomi kreatif merupakan ekonomi yang berbasis pada ide dan kreativitas. Departemen Perdagangan Indonesia menyatakan bahwa ekonomi kreatif sebagai upaya pembangunan ekonomi secara berkelanjutan melalui kreativitas dengan iklim perekonomian yang berdaya saing dan memiliki sumber daya yang terbarukan. Oleh karenanya, setiap orang harus mempunyai kreativitas jika ingin memasuki ranah ekonomi ini.

Dua kalimat bercetak tebal pada paragraf di atas merupakan kalimat utama yang mengandung beberapa kata kunci yang sama, yaitu: ekonomi kreatif dan kreativitas. Adapun kalimat penjelasnya ada di tengah paragraf.

Contoh 2:
Investasi saham mempunyai sejumlah keuntungan dan kerugian. Keuntungannya, pemilik saham bisa menjadi pemilik perusahaan yang sahamnya telah dibeli. Pemilik saham juga bisa mendapat keuntungan saat sahamnya dilepas ke pasar saham. Sementara itu, terdapat dua kerugian yang akan didapat saat berinvestasi saham. Pertama, pemilik saham terancam dikenai likuidasi perusahaan yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi. Kedua, pemilik saham juga akan terancam mengalami capital lost jika sentimen pasar kian memburuk. Oleh sebab itu, perlu adanya pertimbangan yang matang serta kesiapan untuk menanggung segala kerugian saat hendak berinvestasi dalam instrumen saham.

Dua kalimat yang dicetak tebal adalah kalimat utama, yang dimana terdapat kata-kata kunci di dalamnya. Kata-kata tersebut antara lain: investasi, saham, dan kerugian. Sementara itu, kalimat penjelas pada paragraf di atas terletak pada bagian tengah alinea. Kalimat tersebut berfungsi untuk menjelaskan gagasan utama yang ada di kalimat utama pertama.

Contoh 3:
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mempunyai sejumlah peran penting dalam perekonomian Indonesia. Peran-peran tersebut diantaranya adalah: mengentaskan kemiskinan, meningkatkan tingkat perekonomian rakyat kecil, dan memberi devisa bagi negara. Oleh karenanya, pemerintah harus memberi perhatian kepada para pelaku UMKM karena mereka mempunyai peran penting bagi perekonomian negara ini.

Pada paragraf contoh 1, terdapat dua kalimat bercetak tebal yang merupakan kalimat-kalimat utama. Keduanya mempunyai beberapa kata kunci yang sama, yaitu: UMKM, mempunyai peran penting, dan perekonomian. Adapun kalimat pejnelas ada diantara kedua kalimat utama paragraf contoh 1.

Contoh 4:
UMKM dikatakan dapat mengentaskan kemiskinan karena jenis usaha ini mampu menyerap tenaga kerja relatif banyak.  Menurut data Kementrian Koperasi dan UMKM, ada sekitar 101, 7 juta pekerja yang mampu diserap oleh sekitar 55,2 juta UMKM. Itu sebabnya, UMKM dianggap mampu mengentaskan kemiskinan.

Kalimat utama pada contoh paragraf di atas ada di awal dan akhir paragraf. Keduanya mempunyai kata-kata kunci yang sama, yaitu: UMKM, dan mengentaskan kemiskinan. Adapun kalimat penjelasnya ada di bagian tengah alinea.


Contoh di atas hanya sebagian kecil dari contoh paragraf campuran dari ekonomi dalam bahasa Indonesia. Pembaca dapat menambahkan contoh dari paragraf itu sendiri. Semoga contoh di atas bermanfaat dan menambah wawasan bagi para pembaca juga. Terima kasih.