4 Contoh Kalimat Paragraf Campuran tentang Lingkungan dalam Bahasa Indonesia

4 Contoh Kalimat Paragraf Campuran tentang Lingkungan dalam Bahasa Indonesia
4 Contoh Kalimat Paragraf Campuran tentang Lingkungan dalam Bahasa Indonesia
Contoh Paragraf Campuran tentang Lingkungan dalam Bahasa Indonesia. Paragraf campuran adalah paragraf yang memiliki dua kalimat utama. Paragraf ini termasuk jenis paragraf berdasarkan posisi kalimat. Ada beberapa contoh paragraf ini dengan tema-tema tertentu, seperti contoh-contoh paragraf campuran tentang olahraga dan contoh-contoh paragraf campuran tentang ekonomi. Artikel ini juga akan menyajikan contoh paragraf campuran dengan tema khusus, yaitu tentang lingkungan.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa contoh paragraf campuran tentang lingkungan di Indonesia.

Contoh 1:
Obat-obatan yang sudah kadaluarsa sebaiknya jangan dibuang ke tempat sampah. Hal ini dikarenakan obat-obatan tersebut mempunyai bahan kimia yang dapat menimbulkan pencemaran lingkungan. Selain itu, obat-obatan yang dibuang ke tong sampah tersebut juga akan disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Itulah sebabnya obat-obatan yang kadaluwarsa sebaiknya diserahkan ke apotek atau rumah sakit untuk dimusnahkan.

Dua kalimat yang bercetak tebal di atas adalah kalimat utama. Keduanya mempunyai kata kunci yang sama, yaitu: obat-obatan dan kadaluwarsa. Adapun kalimat utama di awal paragraf berperan sebagai gagasan utama yang diikuti oleh kalimat penjelas. Sedangkan kalimat utama yang terakhir adalah sebagai kesimpulan dari paragraf di atas.

Contoh 2:
Limbah potongan rambut sebaiknya jangan langsung dibuang ke tempat sampah. Sebab, limbah tersebut bisa digunakan sebagai bahan untuk pupuk kompos. Limbah rambut sangat cocok untuk bahan kompos karena limbah tersebut mengandung zat nitrogen yang tinggi. Bisa disimpulkan, bahwa limbah potongan rambut ternyata bisa didaur ulang menjadi barang yang lebih bermanfaat.

Kalimat-kalimat yang bercetak tebal pada contoh 4 adalah kalimat utama yang mempunyai kata kunci yang sama, yaitu: limbah potongan rambut. Kalimat utama di awal paragraf berfungsi sebagai gagasan utama, sedangkan kalimat utama yang terakhir berfungsi sebagai kesimpulan paragraf.

Contoh 3:
Baterai bekas merupakan salah satu sampah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) yang jangan dibuang ke tong sampah. Hal ini disebabkan adanya kandungan merkuri, mangan, timbal, lithium, kadium, dan nikel di dalam sebuah baterai bekas. Jika sampai masuk ke tanah atau air, bisa dipastikan bahwa keduanya akan mengalami pencemaran. Oleh karenanya, baterai bekas sebaiknya diserahkan ke pengumpul baterai bekas.

Kalimat-kalimat yang tercetak pada paragraf di atas adalah kalimat utama yang mempunyai kata kunci yang sama, yaitu: baterai. Kedua kalimat utama ini mempunyai fungsi masing-masing. Kalimat uatam yang pertama sebagai gagasan utama paragraf. Gagasan ini kemudian dikembangkan oleh kalimat penjelas. Setelah dijelaskan, paragraf ini lalu ditutup dengan kesimpulan yang terdapat pada kalimat utama yang kedua.

Contoh 4:
Sampah plastik merupakan salah satu sampah yang mencemari permukaan laut. Hal ini dibuktikan dari beberapa sumber yang mengatakan bahwa 90% sampah yang mencemari permukaan laut adalah sampah plastik. Hal ini mengakibatkan sejumlah burung laut dan mamalia laut mengalami kematian.Oleh karenanya, penggunaan plastik mesti dikurangi agar tidak menambah jumlah sampah plastik yang akan mencemari permukaan laut.

Pada contoh paragraf di atas, terdapat dua kalimat yang dicetak tebal. Keduanya merupakan kalimat utama yang sama-sama mempunyai kata kunci tertentu, yaitu: sampah plastik, dan permukaan laut. Fungsi kalimat utama yang terdapat di awal paragraf adalah sebagai gagasan utama yang kemudian dikembangkan oleh kalimat  penjelas. Sementara itu, kalimat utama yang kedua berfungsi sebagai kesimpulan dan penutup bagi paragraf tersebut.

Demikian telah disajikan 4 contoh paragraf campuran tentang lingkungan dalam bahasa Indonesia. Jika pembaca ingin menambahkan referensi di sekitar kalimat, pembaca dapat membuka artikel kalimat deklaratif, kalimat interogatif, kalimat imperatif, contoh kalimat klasifikasi, contoh kalimat kalimat dalam bahasa Indonesia, contoh kalimat generalisasi, contoh kalimat peyorasi, ameliorian contoh kalimat, kalimat sinestis, kalimat asosiasi dan penjelasannya. Semoga diskusi ini bermanfaat dan mampu meningkatkan wawasan pembaca, baik pada pembahasan paragraf khususnya, dan bahasa Indonesia secara umum. Semoga bermanfaat.Semoga bermanfaatSemoga bermanfaat.