4 Contoh Kalimat Paragraf Campuran tentang Kesehatan dalam Bahasa Indonesia

4 Contoh Kalimat Paragraf Campuran tentang Kesehatan dalam Bahasa Indonesia
4 Contoh Kalimat Paragraf Campuran tentang Kesehatan dalam Bahasa Indonesia
Sebelumnya, kita sudah tahu contoh paragraf campuran tentang ekonomi dan contoh kalimat campuran tentang olahraga. Artikel ini akan menyajikan contoh paragraf campuran dengan tema kesehatan. Tema ini dibuat misalnya di beberapa artikel, salah satunya adalah artikel paragraf induktif pada artikel kesehatan.

Paragraf campuran itu sendiri adalah paragraf atau paragraf yang memiliki dua kalimat utama, baik di awal paragraf atau di akhir paragraf. Kalimat utama di awal berfungsi sebagai gagasan utama. Ide ini kemudian diikuti oleh kalimat penjelas. Di sisi lain, kalimat utama di akhir paragraf berfungsi sebagai kesimpulan dari paragraf. Kedua kalimat utama satu sama lain memiliki kata kunci yang sama. Pola paragraf ini adalah umum-khusus-umum.


Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa contoh paragraf campuran dalam bahasa Indonesia.

Contoh 1:
Es teh manis dapat menyebabkan batu ginjal jika dikonsumsi berlebihan. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan asam osfalat yang ada di dalam teh. Zat tersebut sulit diurai oleh pencernaan dan akan mengendap di dalam tubuh. Jika kandungan oksfalat makin tinggi, maka zat tersebut akan banyak mengendap di ginjal serta menjadi pemicu penyakit batu ginjal. Itu sebabnya, mengkonsumsi es teh manis harus dilakukan secukupnya.

Kalimat yang dicetak miring: kalimat utama, Kalimat yang tidak dicetak miring: kalimat penjelas, Kata kunci: es teh manis.

Contoh 2:
Buah kersen mempunyai sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah yang bernama ilmiah Muntingia Calabura ini mempunyai kandungan vitamin A dan betakaroten yang tinggi, sehingga dapat membantu meningkatkan kesehatan mata. Sifat inflamasi yang terkandung pada buah ini juga dapat membantu mencegah peradangan serta demam di dalam tubuh. Meskipun kecil, buah kersen ternyata mengandung sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh.

Kalimat yang dicetak miring: kalimat utama, Kalimat yang tidak dicetak miring: kalimat penjelas, Kata kunci: buah kersen, dan  sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh

Contoh 3:
Sarapan merupakan hal yang perlu dilakukan sebelum memulai beraktivitas. Jika tidak dilakukan, maka sejumlah dampak akan dialami oleh tubuh. Beberapa diantaranya adalah: kadar gula dalam tubuh jadi berkurang, bada lemas, dan sulit konsentrasi. Dengan demikian, sarapan sebelum beraktivitas harus dilakukan.

Kalimat yang dicetak miring: kalimat utama, Kalimat lainnya: kalimat penjelas, Kata kunci: sarapan, sebelum, beraktivitas,  dan dilakukan.

Contoh 4:
Air seduhan teh hijau bermanfaat dapat menyamarkan bekas luka dengan cepat. Hal itu dikarenakan adanya kandungan Epogallocatechin Gallate (EGCG) yang berkhasiat menyamarkan luka di kulit. Cara penggunaannya cukup mudah, dimana air seduhan teh hijau hanya tinggal dioleskan ke bagian kulit yang terluka. Dengan demikian, air seduhan teh hijau menjadi salah satu bahan alami untuk mengatasi bekas luka di kulit.

Kalimat yang dicetak miring: kalimat utama, Kalimat lainnya: kalimat penjelas, Kata kunci: air seduhan teh hijau, dan bekas luka.


Contoh di atas hanya sebagian kecil dari contoh ayat campuran kesehatan di Indonesia. Pembaca dapat mengembangkan contoh di atas atau membuat contohnya sendiri tentang paragraf campuran pada kesehatan. Semoga contoh-contoh dalam artikel ini bermanfaat, dapat dipahami, dan mampu meningkatkan wawasan pembaca, baik dalam memahami paragraf campuran atau dalam bahasa Indonesia. Terima kasih.