3 Contoh Paragraf Kalimat Campuran tentang Olahraga

3 Contoh Paragraf Kalimat Campuran tentang Olahraga
3 Contoh Paragraf Kalimat Campuran tentang Olahraga
Contoh Paragraf Campuran tentang Olahraga dalam Bahasa Indonesia.  Sebuah paragraf campuran adalah paragraf yang memiliki dua kalimat utama, salah satunya adalah kalimat utama pada awal paragraf dan sisanya di paragraf terakhir. Paragraf ini mencakup salah satu jenis paragraf berdasarkan posisi kalimat. Karakteristik paragraf ini adalah sebagai berikut:

  • Adanya pengulangan kata kunci dalam kedua kalimat utama.
  • Berpola umum-khusus-umum.
  • Kalimat penjelas terletak diantara dua kalimat utama.


Agar lebih memahami paragraf campuran, di bawah ini terdapat beberapa contoh paragraf campuran, dimana semua contoh ini memiliki tema yang sama, yakni olahraga.

Contoh 1:
Satu hal yang perlu diperhatikan dalam berolahraga adalah sejauh mana olahraga itu rutin dilakukan, bukan seberat apa olahraga itu dilakukan. Hal ini dikarenakan olahraga ringan yang dilakukan secara rutin dapat membuat badan menjadi terbiasa berolahraga dan tubuh pun menjadi lebih sehat. Hal ini akan berbeda jika memaksakan diri melakukan olahraga yang berta. Sebab, hal tersebut justru malah membuat tubuh semakin sakit dan tersiksa. Oleh karenanya, olahraga ringan yang dilakukan secara rutin harus lebih diutamakan dibanding melakukan olahraga berat.

Dua kalimat bercetak tebal pada paragraf di atas adalah kalimat-kalimat utama pada paragraf tersebut. Ada pun kata-kata kunci yang diulang dalam kedua kalimat tersebut adalah: olahraga, dan rutin. Adapun kalimat penjelasnya terletak diantara dua kalimat utama paragraf di atas.

Contoh 2:
Melakukan senam di rumah merupakan alternatif bagi yang ingin berolahraga namun malas ke luar rumah. Olahraga ini bisa dilakukan di kamar, ruang keluarga, atau pun ruang-ruang lain yang sekiranya kondusif untuk melakukan senam. Panduan gerakannya bisa diambil dari internet atau bisa memanggil langsung instruktur senam ke rumah. Senam bisa dilakukan 30 hingga 60 menit selama 2 kali seminggu atau setiap hari. Dengan demikian, olahraga senam di rumah sangat dianjurkan bagi Anda yang malas berolahraga di luar rumah.

Pada paragraf di atas, dua kalimat yang dicetak  tebal adalah kalimat-kalimat utama. Dua kalimat ini masing-masing mempunyai beberapa kata kunci yang sama, yaitu:  senam di rumah, bagi yang malas, serta luar rumah. Sementara itu, lalimat penjelas dari paragraf di atas ada di antara dua kalimat utama.

Contoh 3:
Berjalan kaki selama setengah jam mempunyai manfaat yang sangat baik untuk kesehatan organ jantung serta dapat mengatur kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini dikarenakan berjalan kaki mampu meningkatkan denyut jantung, meningkatkan sirkulasi darah, dan memperkuat jantung. Olahraga jalan kaki juga dapat menurunkan kadar kolesterol, gula darah, dan tekanan darah dalam tubuh. Oleh karena itu, berjalan kaki selama setengah jam sangat dianjurkan karena mempunyai manfaat untuk  kesehatan organ jantung serta dapat mengatur kadar kolesterol dalam tubuh.

Dua kalimat yang ditebalkan pada paragraf di atas adalah kalimat utama pada paragraf tersebut. Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa dalam paragraf campuran, ada pengulangan kata kunci di kedua kalimat utama paragraf campuran. Kata kunci yang diulang pada paragraf di atas adalah berjalan kaki selama setengah jam mempunyai manfaat untuk kesehatan organ jantung serta dapat mengatur kolesterol dalam tubuh. Sementara itu, kalimat penjelas pada paragraf di atas terletak diantara dua kalimat utama.


Contoh di atas hanyalah segelintir contoh paragraf campuran tentang olahraga dalam bahasa Indonesia. Pembaca juga dapat mengembangkan dan menambahkan contoh paragraf campuran. Semoga contoh di atas dapat dipahami dan bermanfaat bagi para pembaca juga. Terima kasih.