--> Skip to main content

8 CONTOH PARAGRAF DEDUKTIF SINGKAT ( Tentang Pendidikan, Lingkungan, Teknologi)

Contoh Paragraf Deduktif Singkat dalam Bahasa Indonesia – Paragraf deduktif adalah paragraf yang mengawali kalimat utama dan dikembangkan oleh kalimat penjelas. Paragraf ini mencakup salah satu jenis paragraf berdasarkan posisi kalimat. Karakteristik paragraf deduktif adalah sebagai berikut:

  • Berpola umum-khusus.
  • Kalimat penjelas merupakan rincian dari kalimat utama.
  • Kalimat utama berada di awal paragraf dan merupakan kalimat pertama sebuah paragraf.


Agar pembaca lebih memahami paragraf deduktif, berikut ini terdapat contoh paragraf deduktif singkat dalam bahasa Indonesia.

Contoh 1:
Meskipun dosen memberikan slide materinya kepada mahasiswa, membeli buku materi perkuliahan haruslah tetap dilakukan. Sebab, slide yang diberikan oleh dosen hanyalah inti materinya, sedangkan buku materi perkuliahan berisi pembahasan materi secara mendalam.

Contoh 2:
Dewasa ini, para generasi muda tidak lagi mencari kerja untuk mendapatkan gaji besar saja. Generasi muda saat ini pun kini juga mulai mempertimbangkan aspek kepuasan batin dalam bekerja. Hal inilah yang memicu para generasi muda ini untuk bekerja sesuai dengan minatnya.

Contoh 3:
Terdapat beberapa varian dendeng dalam masakan khas Padang, dimana salah satunya adalah dendeng balado. Makanan ini terbuat dari daging sapi yang dipotong tipis dan melebar. Daging sapi yang dipotong tersebut kemudian dijemur di bawah sinar matahari hingga kering. Setelah dikeringkan, daging sapi pun digoreng lalu kemudian diberi bumbu berbahan dasar cabai yang dikenal dengan nama bumbu balado.

Contoh 4:
Chairil Anwar merupakan salah satu penyair ternama di tanah air. Penyair kelahiran Medan ini juga merupakan bagian dari sastrawan angkatan ’45 yang terkenal selain Asrul Sani dan Rivai Apin. Puisi-puisi Chairil begitu dikenal dan dicintai masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah puisi berjudul Aku.

Contoh 5:
Curricilum Vitae atau CV merupakan salah satu syarat yang diminta perusahaan saat hendak melamar kerja. CV biasanya berisi data pribadi, riwayat pendidikan, pengalaman, keahlian, prestasi, dan data penunjang lainnya. Semua data tersebut harus dimasukkan ke dalam satu halaman CV secara singkat, padat, dan jelas. Usahakan, data-data yang dimasukkan CV hanyalah data yang penting saja, seperti data pribadi, riwayat pendidikan, pengalaman organisasi, serta pengalaman kerja.

Contoh 6:
Bekerja di perusahaan rintisan atau startup mempunyai sejumlah kelebihan. Pertama, Anda akan mendapat kesempatan untuk belajar membangun perusahaan secara langsung dari nol. Selanjutnya, Anda juga bisa bekerja di berbagai posisi mana pun yang tersedia di perusahaan, sehingga Anda bisa belajar lebih banyak hal serta membuat kemampuan Anda menjadi semakin bertambah.

Contoh 7:
Orang yang pendiam tidak selayaknya dijauhi atau dianggap aneh. Sebab, tak selamanya orang yang pendiam adalah pecandu narkoba, penderita kelainan jiwa, orang yang berkepribadian sombong atau bahkan seorang teroris. Orang yang pendiam hanyalah orang yang tidak pandai banyak bicara serta tidak terlalu senang berlama-lama di tempat yang ramai.

Contoh 8:
Komunikasi intrapersonal adalah komunikasi yang dilakukan antara individu dengan dirinya sendiri. Komunikasi ini dapat berbentuk introspeksi diri, merenung, berpikir, dan berimajinasi. Komunikasi ini perlu dilakukan agar individu dapat lebih mengenal dirinya sendiri.


Contoh di atas hanya segelintir paragraf deduktif sampel pendek dalam bahasa Indonesia. Pembaca dapat membuat bentuk paragraf deduktif singkat sendiri berdasarkan tema yang ada. Semoga contoh di atas dapat dipahami dan bermanfaat bagi semua pembaca. Terima kasih.

Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar